Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

3/14/12

Jadilah Bunda yang Cerdas dan Sehat

Setiap pasangan yang telah menikah kehadiran buah hati pastilah sangat diharapkan. Dan perempuan yang diberi anugerah dititipkan seorang anak dalam rahimnya sungguh dia perempuan yang sangat beruntung, karena ada yang bilang perempuan akan terasa sempurna jika ia memiliki anak dari rahimnya sendiri. Maka para perempuan harus benar-benar dapat menjaga kandungannya agar anak yang dilahirkan pun sehat dan lincah. Terkadang masih ada beberapa perempuan yang lalai dalam menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Kebanyakan sih mereka tidak mengetahui atau latar pendidikan yang rendah tapi ada juga perempuan yang berpendidikan yang lalai karena mereka cuek. 

Pernah suatu hari saya bertemu dengan seorang bunda usianya terlihat masih muda mungkin sekitar 25 tahun, dia tengah asyik menghisap rokok padahal saya melihat perutnya buncit yang artinya dia sedang mengandung. Saat itu ingin rasanya membuang rokok ditangannya ahh bodohnya saya hanya memandangnya saja dan berdoa semoga janin yang dikandung bunda itu baik-baik saja.

Ada baiknya sebelum menikah atau diawal pernikahan calon bunda yang ingin segera memiliki anak harus melakukan beberapa persiapan sebelum kehamilan terlebih dahulu. Calon bunda harus memiliki pola hidup yang sehat, memperhatikan asupan gizi yang seimbang dan melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum kehamilan jika menginginkan tidak bermasalah saat kehamilan berlangsung dan bayi dapat lahir sehat dan pandai.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan kehamilan :
1. Index massa tubuh
Calon bunda harus memastikan IMT normal saat sebelum hamil. Cara menghitung IMT yaitu berat badan dibagi tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. IMT normal adalah 18,5 - 22,9.

2. Kebutuhan Kalori
Calon bunda dalam mempersiapkan kehamilan membutuhkan komposisi Zat gizi yang seimbang. Kebutuhan kalori calon bunda pastikan terpenuhi yakni 2050 kal per hari. Zat gizi seimbang didapatkan dari karbohidrat 50 - 60 %, lemak 30 persen, dan protein 15 %. Dan yang perlu diperhatikan adalah pola makan sehat jumlah, jenis dan jadwal.

3. Jangan terlalu gemuk atau kurus
Berat badan juga menentukan kesehatan calon bunda, antara tinggi badan dan berat badan haruslah seimbang. Cara menghitung berat badan ideal yakni rumusnya (90 % x (Tinggi badan - 100)). Namun jika calon bunda memiliki tinggi kurang dari 150 cm maka rumusnya adalah (Tinggi badan - 100).

4. Hindari rokok, alkohol dan narkoba
Untuk satu ini tidak hanya calon bunda yang menghindarinya tapi semua perempuan harus menghindari rokok, alkohol dan narkoba. Rokok berpengaruh dalam kerusakan sel, kebiasaan ini bisa membuat bayi lahir tidak normal.

5. Lingkungan sehat
Calon bunda jika ingin mempersiapkan kehamilan kalau bisa tinggal dalam lingkungan yang sehat. Namun ada kendala bagi para calon bunda yang tinggal di daerah perkotaan sulit mendapatkan lingkungan sehat karena sudah banyak tercemar polusi udara. Tapi ada cara menanggulanginya yakni dengan gaya hidup sehat, olahraga sehat, pola makan sehat. Calon bunda perlu memilih asupan antioksidan dari buah dan sayur, serta asupan kaya nutrisi lainnya. Asupan vitamin C dan E bisa mengatasi pengaruh radikal bebas yang berpengaruh buruk pada tubuh.

6. Pemeriksaan penyakit dan Virus
Sebelum memutuskan untuk hamil calon bunda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, apakah dalam tubuh calon bunda sudah bersih dari penyakit dan virus. Beberapa virus dan penyakit yang harus dihindari saat akan hamil yakni ;
  • Virus rubella, sitomeglovirus, herpes, varicella zoster, dapat menyebabkan kecacatan pada bayi
  • Virus hepatitis dan HIV, virus-virus ini dapat menurun kepada bayi yang dikandung calon bunda
  • Penyakit toksoplasmosis, penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan pada bayi dan keguguran
  • Penyakit seksual menular, penyakit ini berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada bunda yang mengandung, janin dan bayi yang dilahirkan. 
  • Penyakit yang biasa diderita calon bunda seperti asthma, diabetes mellitus dan jantung. Pada bunda yang sedang hamil penyakit ini membahayakan jika tidak dilakukan perawatan dan pengobatan secara teratur. Sebaiknya untuk penyakit ini di konsultasikan kepada dokter, dokter nanti akan memantau kondisi dari pasiennya dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk hamil
  • Penyakit kekurangan zat-zat tertentu, seperti kekurangan zat besi dapat menyebabkan animea. Penyakit ini dapat menyebabkan bayi lahir prematur bahkan dapat menyebabkan keguguran.

7. Pemeriksaan golongan darah
Pemeriksaan golongan darah dan rhesus/Rh darah pada pasangan suami dan istri dilakukan untuk menghindari golongan darah dan rhesus darah yang berbeda antara bunda dan bayinya. Perbedaan golongan darah dan rhesus dapat membahayakan janin dalam kandungan.

8. Pemeriksaan faktor genetika
Pemeriksaan genetika ini untuk mengetahui penyakit dan cacat bawaan dari calon bunda dan suami yang mungkin akan diturunkan kepada bayi. Khususnya untuk pasangan suami istri yang masih terkait hubungan persaudaraan. Tes ini sebaiknya dilakukan sebelum kehamilan.

9. Persiapan mental
Kondisi kejiwaan pada bunda yang sedang hamil dapat mempengaruhi janin, maka dari itu calon bunda harus mempersiapkan secara mental sebelum hamil. Dukungan dari suami juga diperlukan untuk memberi semangat agar mental calon bunda kuat dalam menghadapi proses kehamilan.

10. Periksa kesehatan gigi
Sebaiknya calon bunda juga harus memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi sebelum kehamilan. Jika pada saat kehamilan bunda mengalami gigi berlubang ini dapat membahayakan keselamatan bayi dalam kandungan. Gigi berlubang dapat menimbukan komplikasi saat kehamilan, menghambat perkembangan bayi yang dikandung, bayi terlahir prematur dan bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Untuk permasalahan gigi saya memiliki pengalaman untuk ini, bukan saya yang mengalaminnya tetapi tetangga saya. Saat itu dia sedang mengandung anak keduanya, usia kandungannya masih terbilang muda belum ada 3 bulan. Mungkin dia kurang perhatian dengan kesehatan giginya. Hingga suatu malam dia menahan rasa sakit di gigi, dia menolak untuk meminum obat sakit gigi karena takut membahayakan janinnya. Dia menangis menahan rasa sakit di gigi dan di perutnya, hingga akhirnya dia tidak sadarkan diri. Dia akhirnya mengalami keguguran. Dari pengalaman ini saya jadi sadar akan pentingnya perawatan kesehatan gigi sebelum kehamilan.

**************

Setelah calon bunda telah melewati tahapan persiapan sebelum kehamilan, maka bunda pun dapat segera merencanakan memiliki anak. Bunda memperhatikan asupan gizi sehat dan seimbang tidak hanya sebelum kehamilan namun pada saat kehamilan berlangsung pun harus diperhatikan untuk perkembangan janin dalam kandungan. Pada zaman yang sudah modern seperti saat ini nutrisi dan vitamin sudah ada yang instan berupa tablet-tablet. Namun saya sarankan lebih baik mengkonsumsi nutrisi dan vitamin dari bahan makanan yang alami. Tinggal bunda dengan cerdas mengolah bahan makanan sehat tersebut untuk dikonsumsi bunda.

Makanan dan nutirsi yang diperlukan pada masa kehamilan
1. Karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat dibutuhkan bunda yang sedang mengandung sebagai sumber energi dan perkembangan janin. Normalnya bunda yang hamil membutuhkan 286 kilokalori per hari. karbohidrat bisa didapatka dari makanan nasi, roti, jagung, dan umbi-umbian.

2. Protein
Protein berguna untuk pembentukan jaringan tubuh pada bayi dalam kandungan bunda. Pada saat hamil bunda memerlukan protein sebanyak 12 gram. Protein bisa didapatkan dari makanan seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

3. Zat besi
Zat besi berguna untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dan mencegah terjadinya animea. Plasenta pada bunda yang sedang hamil sangat memerlukan zat besi. Bayi memperoleh oksigen dan zat-zat gizi makanan yang bunda konsumsi melalui plasenta. Pada saat melahirkan bunda akan mengeluarkan banyak darah, karena itu bunda yang sedang hamil membutuhkan zat besi. Zat besi bisa didapatkan dari makanan daging, hati, dan sayuran hijau.

4. Air Mineral
Pada saat kehamilan bunda memerlukan lebih dari 6 gelas sehari, karena saat hamil bunda akan sering berkeringat dan buang air kecil. Jika bunda merasa mual kalau meminum air putih bisa diganti dengan jus buah.

5. Vitamin
Beberapa vitamin yang dibutuhkan pada saat kehamilan, yakni :
  • Vitamin B6 berguna untuk mengatur penggunaan protein oleh tubuh. Vitamin B6 bisa didapatkan dari susu, ginjal, hati, kacang hijau dan sayur-sayuran.
  • Vitamin B12 dan Asam folat berguna untuk pembentukan sel darah. Vitamin B12 bisa didapat dari telur, hati dan daging. Lalu untuk Asam folat bisa didapat dari sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Selain terdapat pada sayuran asam folat juga terdapat dalam buah-buahan jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kekurangan dari asam folat dapat mengganggu perkembangan otak dan cacat bawaan pada saraf pusat maupun otak janin dalam kandungan.
  • Vitamin B1 dan B2 berguna untuk menghasilkan energi. Vitamin B1 bisa didapatkan dari kacang hijau, ragi, susu, telur, gandum dan daging. Sedangkan Vitamin B2 bisa didapatkan dari sayur-sayuran, susu, kuning telur dan susu kacang kedelai. 
  • Vitamin D berguna untuk menyerap kalsium dan untuk pembentukan tulang bayi. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari, susu, yoghurt, dan mentega.
  • Vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Vitamin E bisa didapatkan dari biji-bijian, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.
6. Kalsium
Bunda yang sedang hamil membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, serta melindungi bunda dari penyakit osteoporosis. Kalsium bisa didapatkan dari sayur-sayuran, kacang hijau dan susu.

**************

Selain makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh bunda yang sedang mengandung, bunda juga harus bisa  dengan cerdas memilih makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan pada saat hamil. Kalau bunda mengikuti nafsu sendiri untuk bebas memakan apa saja yang bunda mau, nanti kasihan dengan janin dalam kandungan bunda. Karena janin dalam kandungan bunda menyerap makanan apa saja yang bunda makan. Jadi hati-hati lah karena bukan untuk diri bunda sendiri tetapi untuk anak bunda dalam kandungan. 

Beberapa makanan, minuman dan hal lainnya yang perlu dihindarkan saat kehamilan, yakni :
1. Makanan yang diawetkan, karena biasanya makanan tersebut mengandung pewarna dan pemanis buatan.
2. Makanan ringan dan minuman ringan mengandung soda.
3. Daging atau makanan laut yang dimasak setengah matang, karena daging dan makanan laut yang dimasak setengah matang dapat mengandung kuman dan berbahaya untuk janin dalam kandungan.
4. Alkohol dapat membahayakan janin dalam kandungan bunda.
5. Rokok, karena nikotin dapat menghambat suplai darah ke plasenta.
6. Kopi dan Teh. Kafein dari kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Lalu meminum teh berlebihan dapat mengganggu penyerapat zat pada usus.
7. Sebaiknya bunda menghindari daerah yang berpolusi tinggi. Karena asap dari kendaraan dan rokok berbahaya untuk janin, dapat menyebabkan cacat dan bahkan kematian pada bayi.
8. Hindari juga makanan-makanan yang mengandung penyedap rasa.

************** 

Setelah melahirkan bunda pun masih harus cerdas memilih makanan yang akan dikonsumsi bunda. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi agar ASI  tetap berproduksi banyak. Bunda kalau bisa memberikan ASI eksklusif pada buah hati bunda karena ASI bagus untuk bayi dan biasanya anak yang minum ASI jauh lebih cerdas dan sehat. Maka bunda harus makan makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran dan minum susu. Selain itu bunda juga harus banyak istirahat, karena kalau bunda dalam keadaan stress dapat mempengaruhi produksi ASI.

Bunda sehat maka anak bunda pun sehat. Mari jadi bunda yang cerdas dan sehat.


************

Artikel ini diikut sertakan dalam Lomba Blog NuB. Ayo Dukung Bunda : Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita.


Sumber :
http://female.kompas.com/read/2011/06/07/12512440/5.Langkah.Menyiapkan.Kehamilan
http://bidanku.com/index.php?/persiapan-sebelum-kehamilan
http://www.anneahira.com/makanan-sehat-ibu-hamil-muda.htm
http://www.resep.web.id/makanan-sehat/6-nutrisi-terbaik-bagi-ibu-hamil.htm



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

18 comments:

  1. Ternyata banyak juga persyaratan-persyaratannya T__T

    ReplyDelete
  2. hoho..ikutan lomba lagi nih mbak nya
    semoga juara..
    =D

    ReplyDelete
  3. wah kirain dah jadi ahli kesehatan hehehe.gak taunya utk kontes toh

    ReplyDelete
  4. biarlah mbak kalo dia masih merokok.. ntar kan dia yah ngerasain kalo anaknya ga normal, baik secara fisik, mental, maupun genetik... :D

    ReplyDelete
  5. kesehatan dan psikologis ibu hamil sangat mempengaruhi pertumbuhan janin dan bayi kelak sampai dewasa....
    :)

    ReplyDelete
  6. @asep : hehe iya kalau mau semua sehat :D

    @rezka : iyah ka Aamiin makasih ya

    @Mba Fanny : hahaha lumayan Mba ikutan kontes ini aku jg jadi ikut belajar tentang kesehatan kehamilan

    @Nuell : iyah sih tapi semoga anaknya gak apa2 dalam kandungan :D

    @Dihas : betulll itu ;)

    ReplyDelete
  7. itu baru bunda yang sayang sama anaknya, hahahaa...

    ReplyDelete
  8. nice info mbak ria buat calon bunda pasti bermanfaat banged ni..
    sukses jg ya buat kontes nya ;)

    ReplyDelete
  9. Kalau mau anaknya lahir sehat ternyata persyaratannya banyak juga ya

    ReplyDelete
  10. orang hamil merokok egois banget ya mbak orang itu, berani mempertaruhkan kesehatan si jabang bayinya

    ReplyDelete
  11. ibu yg sehat, anak yg akan dilahirkan juga sehat :)

    ReplyDelete
  12. keterlaluan emang kalo lg hamil ngerokok.. ayo riaa.. udah bs mikirin dari sekarang ya persiapan kehamilan. hihihihi

    ReplyDelete
  13. salut...walaupun posting setiap hari tapi menyajikan postingan yang berkualitas..

    ReplyDelete
  14. Waduuuuuuhhhh. Saya takut euy kalo nanti hamil, kenapa ya? Apakah ini termasuk fobia atau euforia yang berlebih ya Mbak? :(

    ReplyDelete
  15. wih, jadi bunda yang cerdas dan sehat mmang banyak rumusnya yah. makanya, kaum adam di luar sana, sayangilah perempuan2, ibu2 anak2 kalian.

    #semangat pembelaan gender. :)

    ReplyDelete
  16. wah bumil banyak pantangan na dan jaga kesehatan yaa mbak ria :D

    ReplyDelete
  17. ternyata ikutan kontes juga ya kwkwkwkwk. . . semangka. ..

    ReplyDelete
  18. nais inpo!
    memang jadi bumil itu berat. harus benar2 jaga kesehatan. gak kebayang ada ibu hamil yang tega merokok. masa sih dia 'sebodoh' itu sampai gak tahu bahaya rokok buat janinnya? ckckck

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V