11/1/18

Inilah 4 Jenis Mesin Cetak Beserta Fungsinya yang Harus Diketahui

Pada zaman sekarang bisnis di bidang percetakan atau printing memang tergolong sebagai bidang usaha yang memiliki peluang cukup bagus. Mengingat sekarang kan enggak hanya orang atau pekerja kantoran saja, melainkan juga anak-anak sekolah kini sangat membutuhkannya untuk menunjang pengerjaan tugas. Sehingga bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi Kamu yang lagi bingung pilah-pilih sekiranya bakal berwirausaha di bidang apa. Jika ngomongin mengenai modal yang harus dikeluarkan kayaknya juga enggak begitu besar, cukup dengan membeli mesin cetak dan menyediakan tempat saja, ditambah juga beberapa perlengkapan pendukung.



Saya dan suami sewaktu awal menikah pernah membuka usaha cetak kecil-kecilan, hanya rental komputer kecil dan alat cetaknya pun masih menggunakan printer biasa saja. Namun hasilnya lumayan karena banyak orang dari segala kalangan mulai dari pelajar sampai orang dewasa membutuhkan jasa kami untuk mencetak dokumen atau sekedar mencetak foto. Tapi sayangnya usaha kami ini sudah lama terhenti karena terkendala tempat.

Ngomongin tentang alat cetak ini sendiri di pasaran memang tersedia cukup banyak, tentunya akan berbeda dengan mesin printing atau printer biasa, ukurannya terbilang lebih besar dan juga memiliki kemampuan dalam mencetak dokumen secara lebih cepat dan juga kapasitasnya besar. Biasanya enggak hanya banyak digunakan pada bidang usaha bisnis saja, melainkan juga perkantoran banyak yang sudah menyediakannya secara langsung. 

Adapun setidaknya beberapa jenis alat cetak yang harus Kamu ketahui,agar tak salah dalam membeli, diantaranya adalah:

1. Offset, mesin printing offset ini terbilang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, karena dapat dipakai untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang tinggi secara cepat, itulah mengapa enggak heran jika seandainya mayoritas yang memakainya adalah para pelaku bisnis. Kualitas cetakan yang dihasilkan bagus,baik itu untuk hasil cetakan biasa maupun gambar.

2. Digital printing, seiring dengan perkembangan teknologi, maka produk yang juga cukup baru dikeluarkan di pasaran adalah digital printing ini, inovasi terbaru yang banyak dipakai oleh beberapa perusahaan karena memang bekerja secara otomatis. Fitur yang disediakan pada jenis mesin yang satu ini juga terbilang begitu banyak, enggak hanya cocok dipakai untuk mencetak biasa, melainkan juga berwarna seperti diantaranya adalah pamflet, kalender, banner dan sejenisnya.

3. Flexography, ini adalah mesin yang pemakaiannya bukan untuk mencetak kertas saja, melainkan juga pada media kemasan yang lainnya, sebut saja diantaranya adalah plastik, karung, karung kertas dan sejenisnya. Harganya memang agak mahal, tetapi sesuai dengan fungsinya yang cukup tinggi tersebut.

4. Gravure, gravure ini juga agak berbeda dengan alat cetak pada umumnya, karena media yang dipakai untuk mencetak keras seperti diantaranya adalah kayu, sehingga hasil akhir dari cetakan tersebut nantinya adalah berbentuk ukiran dan tak akan mudah hilang, banyak dipakaidalam industri manufaktur.


Penting untuk Kamu dalam mengenal jenis dari mesin cetak ini sehingga Kamu enggak akan salah dalam membeli, kenali terlebih dahulu kebutuhan Kamu, berbeda produk maka tawaran harga yang diberikan juga jadi jauh berbeda. Hendaknya pilah-pilih juga merk yang berkualitas, pertimbangkan juga spesifikasi dari mesin tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya, sesuaikan dengan usaha yang Kamu jalankan, jika tingkat produktivitasnya tinggi, maka pilihlah yang bagus sekalian jangan tanggung pilih yang kualitas biasa agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat ya untuk Kalian yang sedang bingung dalam mencari mesin cetak.



CatatanRia.com

21 comments:

  1. Baru tau saya perbedaannya.
    Biasanya cuman sering baca offset dan digital printing aja.
    Itupun gak tau bedanya apa hehehe.

    Thanks udah berbagi :)

    ReplyDelete
  2. wah jadi tambah tahu tentang mesin cetak mba, emang yg penting spesifikasinya y mba disesuaikan dengan kebutuhan :) temenku juga punya usaha percetakan pasti punya nih mesin2 gini

    ReplyDelete
  3. Aku jadi tau tentang perbedaan mesin print ini, siapa tau ingin membuka usaha printing :)
    Terima kasih untuk sharingnya, mbak :)

    ReplyDelete
  4. Penting banget nih ya infonya.. digital printing aku familiarnya..

    ReplyDelete
  5. Aku pernah kerja di perusahaan distributor mesin offset. Sampai apal merk2 kaya heidelberg, sakurai, hamada, xerox. Baca tulisan mba jadi kaya flashback hahaa :))

    ReplyDelete
  6. baru tau ini ternyata banyak juga ya jenisnya. selama ini cuman tau offset tapi masih blur soal digital printing.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu nih mbak diriku tentang jenis mesin cetak ini, jadi para usaha percetakan jenis mesinnya juga beda2 ya...

    ReplyDelete
  8. Eh aku pernah nyetak ebook melalui digital printing dan hasilnya bagus banget. Pakai kertas majalah *eh apaan sih namanya hehe. Tapi baru tau nih mbak bedanya, dari tulisan ini :)

    ReplyDelete
  9. ternyata banyaak ragam mesin cetak
    Biasa kenal digital printing saja atau dulu kala offset.
    Thanks for sharing Mbak

    ReplyDelete
  10. aku baru tau tentang Gravure, nice info mba, buat wawasan dan pengetahuan baru nih

    ReplyDelete
  11. Ternyata mesin cetak itu banyak juga ya. Selama ini yang ku ketahui cuma digital printing aja. Setelah baca postingan jadi tahu deh sekarang.

    ReplyDelete
  12. Ternyata mesin cetak itu banyak juga ya. Selama ini yang ku ketahui cuma digital printing aja. Setelah baca postingan jadi tahu deh sekarang.

    ReplyDelete
  13. Aku yang kerja di penerbitan aja nggak ngerti jenis-jenis mesin cetak. Hehehe... Taunya cuma mesin cetak besar (untuk buku-buku berwarna) sama mesin kecil untuk buku hitam putih, plus mesin cetak cover buku.

    ReplyDelete
  14. nambah pengetahuan nih jadinya tentang digital printing.. selama ini ya tau hasil jadinya aja, boro boro liat penampakan mesinnya kayak gimana bentuknya juga gak tau! hehehe

    ReplyDelete
  15. Belakangan kan lagi marak kain dengan motif printing, itu nyetaknya pakai digital printing apa ya? Sama penasaran juga print buat kue tart, itu alatnya masuk di antara 4 di atas itu gak sih? Atau udah beda jenis?

    ReplyDelete
  16. Biasanya saya hanya cetak digital yang paling sering sekarang ini, karena kebutuhan sih. Tapi kalau ngeprint yang biasa-biasa bisa dirumah sih pakai printer yang ada.

    ReplyDelete
  17. Wah kebetulan ada yang mau ditulis seputar printing mba. Makasih info awalnya yaa, jadi tau spesifikasi alat2 printing. Aku izin bookmark mba

    ReplyDelete
  18. Oalah ternyata ada 4 jenis. Aku taunya cuma digital printing mba hehe kemarin lg butuh banget buat ngeprint buku media pembelajaran buatanku

    ReplyDelete
  19. Wuahhhh ternyata ada banyak ya macamnya sesuai kebutuhan ya.. Aku dulu juga pengen usaha cetak gt to ga dpt izin yasudahhh

    ReplyDelete
  20. Nah alat2 ini juga ngebedain harga biasanya ya mba... baru liat bentuk alatnya taunya cetak doang hehehe

    ReplyDelete
  21. Dulu adikku kerja di fastprint, salah satu tempat cetak yang besar di tangerang. Aku cuma liat dari jauh alat cetaknya gede gede tanpa tau nama namanya. Nah sekarang aku tau abis baca tulisan ini. Hihihi

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V