11/29/18

Superbrands Smart Festival 2018 di GOR Saparua Bandung

Good bye November, enggak terasa ya besok hari terakhir di bulan November 2018. Kali ini saya mah cerita tentang Smart Festival 2018, jadi kebetulan akhir weekend di bulan November ini saya berkesempatan menghadiri acara Smart Festival 2018 bersama teman-teman dari blogger Bandung. Tepatnya acara berlangsung hari minggu tanggal 25 November 2018 di Gor Saparua Bandung. Acara berlangsung dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore, dan saya hadir pada jam 12.00 siang.

Smart Festival 2018

Ada yang masih asing kah dengan Smart Festival? Smart Festival adalah program unggulan dari Superbrands Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan saran untuk mempertemukan stakeholder (brand-brand), konsumen, komunitas, entertainer, pelaku UMKM dan pemerintah dalam kegiatan produktif yang dikemas secara kreatif dan interaktif untuk memberikan edukasi, motivasi dan inspirasi kepada semua orang.


Sebelumnya saya akan menjelaskan Superbrands Indonesia, Superbrands Indonesia ini berdiri sejak tahun 2004, sebagai lembaga arbitase independen pertama yang memberikan penghargaan kepada beberapa brand terkemuka tanah air.


Acara Smart Festival ini diselenggarakan rutin setiap satu tahun sekali di kota-kota besar di Indonesia. Dan tahun ini Gradindo Konsultama selaku pemegang lisensi Superbrands Indonesia memilih dan menetapkan kota Bandung sebagai lokasi penyelenggaraan Smart Festival 2018. Kenapa kota Bandung? Karena kota Bandung ini termasuk kota yang produktif melahirkan banyak sekali industri kreatif disana. Hal ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi kota lainnya untuk bergerak maju juga. Sebagai warga kota Bandung tentu saya senang dan bangga dengan terpilihnya kota Bandung, sehingga saya punya kesempatan untuk  menghadirinya.

Tujuan Smart Festival 2018

Adapun beberapa tujuan diselenggarakannya Smart Festival 2018, yaitu :
  1. Untuk meningkatkan prestasi generasi muda di bidang olahraga
  2. Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap seni dan budaya yang menjadi identitas bangsa
  3. Memberikan ruang apresiasi dan kesempatan berekspresi bagi para komunitas di area publik
  4. Memberikan inspirasi, motivasi dan edukasi kepada para generasi muda agar memiliki pola pikir, tindakan dan rasa percaya diri menjadi entrepreneur di era digital. 
  5. Memberikan sarana bagi para pelaku usaha dan pemilik brand untuk mengedukasi masyarakat dalam memilih dan membeli produk atau layanan yang berkualitas.

Dalam setiap penyelenggaraan Smart Festival, Superbrands Indonesia selalu mengacu kepada tiga pilar utama 3E, yaitu Exercise, Expression dan Education dengan fokus pengembangan kepada generasi muda Indonesia agar mampu berkompetisi dari era global seperti saat ini.

Pilar Exercise

Untuk exercise ini, para generasi muda dilatih untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga ekstrim. Selain itur para generasi muda diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pola hidup sehat dan kepedulian menjaga kebersihan lingkungan.


Olahraga ekstrim yang ada di Smart Festival 2018 kemarin ada BMX dan Skate board yang tampil dalam satu lapangan. Tahukah kalian, komunitas BMX Bandung ini banyak terdapat rider pro yang berprestasi. Dan komunitas Skate Board Bandung termasuk yang terbesar dengan jumlah anggota lebih dari 1500 orang.


Selain ada juga olahraga inline skate, untuk olahraga ini diikuti oleh anak-anak. Saya kagum sekali usia mereka yang belia namun sudah sangat mahir sekali.


Kemudian ada wall climbing, untuk olahraga ini diperuntukan para spider kids. Lagi-lagi saya dibuat kagum dengan kehebatan anak-anak yang berani untuk melakukan wall climbing ini.


Pilar Expression



Pilar Expression ini memberikan kesempatan kepada para generasi muda untuk mengekspresikan kecintaannya kepada seni dan budaya sunda yang dinamis. Untuk acaranya seni dan budaya tampil di outdoor tepatnya dipanggung bersebelahan dengan area inline skate. Acaranya sendiri diisi dengan perfomance dari seni kerawitan, tari pencak silat dan tari rampak kendang yang dibawakan oleh para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam sanggar seni Sakata kota Bandung. Dan untuk  kegiatan pasanggiri tari rampak kendang serta tari klasik sunda diikuti oleh lebih dari 30 sanggar seni di jawa Barat.

Pilar Education

Pada pilar education fokus mendukung program pemerintah untuk mencetak entrepeneur muda melalui seminar akbar digital marketing dan entrepeneurship. Acara ini dihadiri lebih dari 750 peserta loh, nampak sekali ya antusias para generasi muda yang ingin belajar.

Untuk acara seminar ini Superbrands Indonesia menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bandung, melibatkan para entrepeneur muda Jawa Barat yang syarat akan prestasi dan pengalaman yang menginspirasi.

Saya datang sekitar jam 12.00 dan didalam GOR Saparua saat itu Ahmad Syarif atau biasa orang memanggilnya Kang Syarif sedang sharing mengenai digital marketing. Saya salut dengan Kang Syarif ini beliau membantu para disabilitas untuk tetap bisa menghasilkan walau dengan keterbatasan fisik. Beliau mengumpulkan para disabilitas kemudian mengajarkannya digital marketing, jadi mereka diajarkan untuk menjadi reseller online, berjualan online. Jadi penyandang disabilitas pun juga bisa produktif.


Setelah Kang Syarif lanjut ada artis ibukota yang cukup terkenal dan sekarang sedang terjun ke kancah politik yaitu Kirana Larasati. Saya baru melihatnya langsung dan ternyata cantik sekali dan langsing haha bikin iri deh lihatnya. Ibu muda ini sharing tentang bagaimana cara generasi milenial dalam dunia politik. Ada pesan dari beliau yang saya ingat, bagaimana cara menanggapi komentar pedas dan tidak membangun dari netizen, menurut beliau abaikan saja karena tidak ada untungnya dipikirkan dan ditanggapi. Hmm iya juga sih.

Foto bareng Bapak Surya Butara

Acara selanjutnya diisi oleh Bapak Surya Butara selaku ketua umum BPC HIPMI kota Bandung, beliau sharing tentang digital entrepeunership.


Ada juga sharing tentang produk digital seperti website gratis dari Yusep Maulana selaku CEO PT. Mobidu dan Founder websitegratis.id, penasaran dengan website gratis bisa langsung cari tau di website beliau. Oh iya beliau ini pengusaha muda loh usianya baru 23 tahun, pas mendengar umurnya saya jadi malu jauh banget dari saya.


Ada sharing tentang HIV AIDS juga, ini saya rasa tepat sasaran juga karena sebagian besar peserta adalah para muda-mudi, sehingga ini bisa menjadi pembelajaran untuk mereka tentang bahayanya AIDS dan bagaimana cara penularannya.


Lalu ada juga Fahmie Hendrawan Owner dari Fatih Indonesia, sebuah label fashion pakaian batik untuk pria. Produknya sudah melanglang buana ke luar negeri loh dan Bapak Gubernur Jawa Barat Kang Emil pun memakai baju dari Fatih Indonesia. Beliau dulunya adalah pekerja kantoran biasa yang kemudian banting stir menjadi pengusaha, memulainya pun dari dasar sekali belajar otodidak menjahit dengan membantu pekerjaan penjahit. Hingga sekarang produknya bisa terkenal sampai luar negeri suatu pencapaian yang luar biasa.


Menurut beliau kunci kesuksesan adalah fokus dengan apa yang dijalankan jangan mudah tergoda dengan peluang usaha lain yang menggiurkan, sabar untuk bisa mendapat hasil yang besar tentu butuh proses tidak bisa instan, never give up jangan menyerah saat gagal tapi perbaiki dan terus bangkit, dan terakhir perbayak relasi dan teman dengan semakin banyak relasi maka kita bisa mengenalkan dan menawarkan produk kita.

ini bonsai harga 17,5 juta loh

yeay bonsai kreasiku dapat mendali

Acara terakhir dari seminar ini adalah workshop Bonsai dari komunitas Bonsai, semua peserta mendapatkan gratis bonsai loh saya dan teman-teman blogger Bandung sangat antusias sekali mengikuti workshop ini belajar membuat bonsai, bonsai yang kami dapatkan adalah dari pohon cemara. Untuk membuat bonsai batang pohon dililit dengan kawat kemudian bentuk bonsai sesuai yang diinginkan, bentuk akan terlihat setelah 2 bulan berikutnya. Biasanya membutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkan bonsai yang cantik dan siap jual, bisa dijual dengan harga puluhan juta loh. Bisa menjadi peluang usaha juga nih, dengan modal yang tidak terlalu besar hanya butuh kesabaran.



Selain ada olahraga ekstrim, penampilan tradisional dan seminar. Disana juga ada banyak bazaar dari produk-produknya brand yang tergabung dengan Superbrands Indonesia dan beberapa UMKM. Saya beruntung sekali bisa hadir dalam Smart Festival ini sehingga banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dan isi goodie bagnya pun banyak beberapa produk dan voucher, yang paling saya suka ada voucher Mcd jadi pulang dari Smart Festival langsung cuss tuker voucher Mcd. Terima kasih Superbrands Indonesia, semoga saja tahun depan Smart Festival diadakan kembali di kota Bandung.




CatatanRia.com

32 comments:

  1. Wah, senengnya abis acara dpt voucher McD. Lumayan tuh buat makan2 sama keluarga. Selain itu dapat gratis bonsai pula... Bagus buat nambahin keindahan rumah

    ReplyDelete
  2. wah, makin sore makin seru ya teh acaranya :)

    ReplyDelete
  3. Rasanya kita belum pernah ketemu pas event yaa, teh Ria...?
    Padahal aku juga sering (hahha...seringnya aku siih...) hadir ke acara-acara bloher Bandung.

    Btw,
    Selamat yaa teh...dapet juara menghias bonsai.

    Ngerawatnya gampang ga teh?

    ReplyDelete
  4. Acaranya seru banget ya, kayaknya semua kegiatan yang lagi ngehits ada

    ReplyDelete
  5. wah....kelihatannya seru banget ya mba acaranya. Btw jadi penasaran cara bikin bonsai. Tapi kyknya kalau saya bikin bonsai nggak sabar deh kalau nunggunya 2 tahun.

    ReplyDelete
  6. Acaranya lengkap banget ya, sesuai tema!
    Ada sisi fun olahraga, ekspresi dan edukasi.
    Pasti betah ikut acara seperti ini.
    Apalagi pulang dapat buah tangan, sempurna!

    ReplyDelete
  7. Seru banget ya acaranya. Jadi pengen ke Bandung deh. Kalau lihat wall climbing gitu aku jadi keinget sama stadion baru Kendal dan temenku yang suka banget sama wall climbing.

    ReplyDelete
  8. beugh mantep amat mba bonsai harganya 17,5jt :O
    btw, selamat ya buat medali ma voucer mcd nya hihihi

    ReplyDelete
  9. Seru acaranya. Yang suka olah raga pasti senang banget ke sana. Mana ada acara buikin bonsai. Aku pernah lihat kayanya ribet tapi seru

    ReplyDelete
  10. Pengen juga kalau diadakan di Jakarta nih biar aku bisa ikutan. Banyak informasi menarik yang bisa diperoleh ya mba

    ReplyDelete
  11. Wah pasti seru ya festivalnya. Btw, keren juara menghias bonsai. Selamat, ya, Mbak saya pernah punya bonsai, mati deh gak pinter merawatnya 😄

    ReplyDelete
  12. Acaranya kreatif banget, dan Bandung memang anak2 mudanya kreatif. Banyak produk2 kreatif dari Bandung.

    ReplyDelete
  13. Keren nih acara.. mudah2an suatu saat kudapat melihat langsung keseruannya..

    ReplyDelete
  14. Kegiatannya banyak juga ya. Kalo baca cerita dari Teh Ria, kayaknya acaranya seru deh :)

    ReplyDelete
  15. Aaah seru amat siih acaranya! Beruntung banget mbak bisa dateng ke Superbrands Smart Festival 2018 yg keren gini. :)

    ReplyDelete
  16. banyak sekali yaa kegiatan di Bandung ddan kota lainnya.. andai jarak gak memisahkan kita ya mba

    ReplyDelete
  17. Aku tertarik sama workshop bonsainya itu loh. Andai di Jakarta juga ada kegiatan kaya gini pingin ikutan

    ReplyDelete
  18. Wah tertarik sama bonsainy, acara kayak gini informatif banget ya

    ReplyDelete
  19. Bewww bonsai ternyata harganya segitu 😁 selamat mba dapat medali, suatu kebanggaan. Btw ini acara keren yah bisa menyatukan UMKM dan stakeholder lainnya, makin semangat bikin usaha jadinya

    ReplyDelete
  20. Aku senang kalau ada acara kayak gini, sepertinya di Tangerang belum pernah ngadain acara kayak gini..seru dan nambah wawasan ya.

    ReplyDelete
  21. Ahhh seru banget kegiatannya ya , semoga aja di kota-kota lain diadakan seperti ini juga.

    ReplyDelete
  22. Seminar yang keren dan super komplit nih, ada beragam acara keren. Usul dong diadakan di Semarang juga

    ReplyDelete
  23. Asyik banget sih acaranya, ada menghias bonsay segala, kan jarang tuh ada event yg isinya kreasi tanaman gitu. Selamat yaa mba :)

    ReplyDelete
  24. Acaranya menarik yaaaa. Mulai pameran sampai olahraga dan aktivitas2 lain. Tapi blm pernah tahu acara serupa di Jakarta.
    Wah congrats bonsainya dapat medali :D

    ReplyDelete
  25. Jaman skrg ya, era digital, jd entrepreneur pun semakin dimudahkan, gk ada lg alasan gk ada waktu, gk punya pasar,semua bisa dijangkau dg mudah via internet di gadget. :)

    ReplyDelete
  26. Keren nih acaranya di bandung. Bandung memang orangnya kreatif-kreatif.

    ReplyDelete
  27. Seru kayaknya acaranya. Aku baru tau event ini

    ReplyDelete
  28. Anak2ku pada suka naik wall climbing.

    ReplyDelete
  29. Luar biasa ya Bandung, sangat memperhatikan masa depan generasi muda dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkembang melalui smart festival. Layak dicontoh oleh daerah2 yang lain nih.

    ReplyDelete
  30. seru sekali acaranya ya mba dan dapet goodie bag pula. Senengnya double ya mba.

    ReplyDelete
  31. Bandung mengapa kamu makin keren dari tahun ke tahun. festival ini salah satunya, jadi pengen pindah ke bandung supaya gampil ikut acara-acara berfaedah, haha

    ReplyDelete
  32. Aduh itu harga bonsainya =___=
    Acaranya ramai sekali dan menambah wawasan juga.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V