2/28/19

Mewujudkan Kebajikan dengan Program Wakaf dari PRUsyariah

Semua pasti sudah mengenal ya dengan yang namanya wakaf. Namun adakah yang memiliki pemikiran seperti saya, jika wakaf itu berupa tanah atau masjid. Ternyata pemikiran saya ini sempit sekali. Hari Sabtu yang lalu 23 Februari 2019 saya dan beberapa teman blogger Bandung berkesempatan menghadiri workshop Program Wakaf dari PRUsyariah Prudential Indonesia. Dan di Acara ini merubah pemahaman saya tentang wakaf, wakaf tidak selalu berupa tanah atau masjid namun bisa juga berupa uang.


Mengenal Wakaf

Acara dibuka oleh Ibu Nini Sumohandoyo selaku Goverment Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia. Menurut Ibu Nini, Prudential menghadirkan Program Wakaf dari PRUsyariah sebagai wujud dari komitmen Prudential yang baru yaitu WE DO GOOD atau Kami Mewujudkan Kebaikan. Prudential Wakaf diharapkan dapat membantu nasabahnya yang ingin melaksanakan wakaf dan mereka yang ingin mewujudkan kebajikan secara berkelanjutan. Prudential menghadirkan program ini untuk melengkapi serangkaian produk dan layanan asuransi mereka yang berbasis syariah yang komprehensif.


Kemudian acara dilanjutkan oleh narasumber Bapak Muhammad Yusuf Helmy selaku Corporate Director of Business Services - KARIM Consulting Indonesia. Saat mendengarkan penjelasan dari Pak Helmy ini membuka pikiran saya tentang wakaf. 


Pak Helmy menyampaikan bahwa wakaf adalah amalan yang jika dilakukan maka pahalanya bersifat tetap, pahalanya akan terus mengalir meskipun orang yang memberi wakaf telah meninggal. Selain itu harta benda yang diwakafkan tetap utuh terpelihara, terjamin kelangsungannya dan tidak akan hilang ataupun berpindah tangan, karena pada prinsipnya tidak boleh dijual, dihibahkan atau diwariskan.

Program Wakaf dari Asuransi Syariah Prudential Indonesia

Saat ini wakaf tidak selalu berupa uang ataupun bangunan masjid, harta wakaf bisa berupa uang (cash waqf), seperti melalui manfaat asuransi dan manfaat investasi dari polis asuransi jiwa. Harta wakaf yang berupa uang nantinya dapat digunakan untuk membangun berbagai fasilitas umum, seperti rumah ibadah, lembaga paendidikan, rumah sakit, properti, perkebunan dan lainnya yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Untuk Program Wakaf ini Kalian tidak perlu ragu karena Prudential Indonesia sudah bermitra dengan tiga lembaga wakaf atau nazhir yang terpercaya, yaitu :

1. Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa ini tidak asing di telinga saya, sudah sering mendengarnya namun belum mengetahui jelas apa saja program dari Dompet Dhuafa ini. Dompet Dhuafa ini aktif berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur dan mengelola rumah ibadah, layanan kesehatan, layanan pendidikan dan usaha produktif.

2. Iwakaf
Untuk Iwakaf saya baru mendengarnya, kalian sudah mendengar tentang lembaga satu inikah? Iwakaf didirikan oleh Lembaga Kemanusiaan Yayasan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) pada Juni 2016. Iwakaf memiliki visi untuk menjadi Wakaf profesional terpercaya yang menginspirasi dan banyak bermanfaat untuk orang banyak. Program wakaf dari Iwakaf meliputi bidang kesehatan, pendidikan dan juga usaha produktif.

3. Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI)
LW-MUI ini juga saya baru mendengarnya, sepertinya saya yang kurang update ya. LW-MUI ternyata belum lama berdiri, baru didirikan pada bukan Mei 2018. Awalnya lembaga ini bernama Badan. Walaupun masih baru sudah banyak program wakaf yang dilakukan seperti pembangunan Menara MUI di area seluas 22 hektar di Islamic Center Business District (ICBD) di Cipayung, bangunan ini disewakan oleh MUI dan uang hasil sewanya digunakan untuk berbagai kegiatan sosial di bidang pendidikan, dakwah dan penanggulangan bencana.

Untuk berapa banyaknya yang bisa diwakafkan dari manfaat polis asuransi itu berbeda-beda, bagi nasabah lama bisa sampai 95% dengan syarat membeli polis asuransi yang baru, sedangkan untuk nasabah baru bisa mewakafkan 45% dari manfaat polis asuransi.

Menurut Badan Wakaf Indonesia, tanah seluas 2.700 kilometer persegi di lebih dari 366 ribu lokasi telah masyarakat wakafkan. Alhamdulillah ya ternyata masyarakat Indonesia dermawan, bahkan menurut World Giving Index oleh Charity Aids Fund, Indonesia termasuk peringkat teratas sebagai masyarakat paling dermawan di dunia. Dan untuk potensi wakaf sendiri diperkirakan mencapai Rp.180 triliun per tahun, wow ini per tahun loh ya.



Menurut saya pribadi, saya sangat mendukung sekali adanya Program Wakaf di asuransi syariah Prudential. Wakaf ini selain mendatangkan pahala yang berlimpah untuk pemberinya, wakaf juga dapat memberi pengaruh positif untuk pembangunan ekonomi di Indonesia, dapat pula mengurangi kemiskinan dan ketimpangan di negeri ini.

Gimana kalian tertarik untuk mengikuti program wakaf dari asuransi syariah Prudential Indonesia? Yuk kita jalanin bareng berwakaf :)




CatatanRia.com

46 comments:

  1. Semoga Program Wakaf ini bisa mendukung niat untuk hijrah sembari menabung untuk masa depan, ya.

    ReplyDelete
  2. Prudential selalu jadi yang terdepan dalam inovasi ya. Saat yang lain wakaf masih dianggap sebatas menyerahkan tanah atau bangunan untuk diambil manfaatnya, ini sudah melangkah ke wakaf asuransi syariah dan memberi edukasi kalau wakaf tidak hanya sebatas di tanah dan bangunan

    ReplyDelete
  3. Wah baru tau pru syariah punya produk wakaf dan kerjasama jg dg lembaga wakaf yg terpercaya. Keren!

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, ternyata sekarang untuk berwakaf pun bisa melalui cara yang mudah. Tak hanya bagi mereka yang punya tanah atau harta tak bergerak lainnya ya. Wakaf juga bisa melalui Prudential gini.

    ReplyDelete
  5. Prudential selalu berinovasi memberikan yang terbaik untuk nasabahnya. Saya sangat mendukung program waqaf ini, karena sangat bagus diterapkan dalam lingkungan masyarakat Indonesia yang jiwa sosialnya tinggi. Dengan program waqaf tentu kita bisa membantu mengurangi angka kemiskinan. Pahala didapat, ekonomi syariah pun berjalan sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  6. Alhmdulillah skrg makin marak program berbagi yg bermanfaat begini. Semoga makin banyak yg terbantu dengam program baik ini

    ReplyDelete
  7. keceberatdeh ini prusyriah, aku gak henti hentinyakagum sama ini deh mom ria.gebrakan yang oke banget buat kita tergerak untukw akaf.transparan dan jelas sekali aliran dananya ya

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, sekarang wakaf semakin dimudahkan ya. Ternyata tidak harus sepanneg uang tanah atau bangunan ya

    ReplyDelete
  9. Enak ya, sekarang ini kalau kita mau waqaf banyak caranya. Selah satunya dengan asuransi. Apalagi kalau di Prudential, mitranya memang sudah yang terpercaya.

    ReplyDelete
  10. Keren nih Pru Syariah..kita jadi bisa berasuransi sekaligus berwakaf ya..

    ReplyDelete
  11. Semoga wakaf kian memasyarakat. Prudential telah melakukan langkah tepat, bahwa dunia asuransi pun bisa merambah hal yang syariah seperti wakaf itu.
    Sebuah cara tepat untuk berwakaf dengan mengandeng beberapa lembaga wakaf, mengajak masyarakat bergotong royong dalam berwakaf bersama program PRUSyariah. Jadi, wakaf yang semula terasa berat ternyata bisa dilakukan secara bertahap. Semoga berkah dan kian banyak peminat.

    ReplyDelete
  12. Prusyariah sudah kerja sama dengan lembaga wakaf tepercaya ya di Indonesia, jadi yakin deh dananya disalurkan ke tempat yang tepat, bermanfaat banget ya programnya

    ReplyDelete
  13. Jaman sekarang berwakaf makin mudah ya, nggak harus tanah atau bangunan. Tapi bisa dengan ikut asuransi sambil berwakaf

    ReplyDelete
  14. Saya sebelumnya juga taunya kalau wakaf itu hanya berupa tanah. Tapi ternyata ada bermacam-macam benda yang bisa kita wakafkan yaa. Yang paling sering saya dengar sih wakaf Al-Qur'an.
    Tapi sekarang malah Prudential juga memberi jalan pada kita yang ingin berwakaf dengan asuransi yaa... Luar biasa..

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah, seneng banget sama inovasi Prudential ini. Bisa menjadi wadah untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah. Daya juga baru tau nih soal iwakaf. Selama ini kepikiran gak ada tanah, apa yang mau diwakafkan, ternyata bisa pakai iwakaf ya.

    ReplyDelete
  17. Prudential memberikan banyak sekali inovasi, sebagai penggunakan Prudential jadi bangga mbak. Ini Prusyariah juga bermanfaat untuk teman-teman yang menabung dan bekerjasama dengan lembaga wakaf jadi bisa berbuat kebaikan terus ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Inovasi produknya Prudential selalu keren yaa, ini bisa berasuransi sambil menabung untuk wakaf, jadi proteksi diri dapat, amal jalan terus :)

    ReplyDelete
  19. Salut dengan kedermawanan orang Indonesia. Ikut senang juga kalau banyak lembaga yg amanah bisa memfasilitasi. Moga moga makin berkah semuanyaa aamiin

    ReplyDelete
  20. Suami udah jadi nasabah prusyatiah sejak 10 th yg lalu
    Alhamdulillah
    Ngomongin soal wakaf umumny dalam bentuk tanah padahal kan gak ya
    Seperti yg mb sebutkan dalam postingan ini juga

    ReplyDelete
  21. Waah makin banyak cara berwarna saat ini 😍 memudahkan mereka yg terkendala dg wakaf cara konvensional ya mba

    ReplyDelete
  22. Aku lagi nabung nih mbak buat wakaf. Aku sama suami pengen punya wakaf. Jadi tertarik nih nyari info ttg wakaf nya Prudential ini

    ReplyDelete
  23. Aku justru tau ada wakaf tunai dari perusahaan asuransi juga awalnya. Nah, beberapa waktu lalu aku juga ikutan workshop yang diadakan oelh Prudential jadi kami diperkenalkan mengenai macam-macam wakaf.

    ReplyDelete
  24. Wakaf jadi semakin mudah ya, dan langsung disalurkan ke yang tepat juga :)

    ReplyDelete
  25. Prusyariah ini memudahkan banyak orang untunk berwakaf yaa. Keren nih, karena tak perlu menunggu jadi orang kaya baru berwakaf :)

    ReplyDelete
  26. Berwakaf jadi mudah banget yaa, Mba. Dengan begini, masyarakat yang dulu gak pernah kepikiran untuk berwakaf jadi punya kesempatan melakukannya :)

    ReplyDelete
  27. Aku sering dengar mengenai Iwakaf ini, semoga makin banyak orang berwakaf ya. Biar membantu masyarakat yang membutuhkan

    ReplyDelete
  28. Asli deh workshop kemaren membuka mata dan pengetahuan. Jadinya kepengen juga ikut wakaf dengan harta bergerak ini. Soalnya kalo nunggu harta berwujud mah lama kayaknya.

    ReplyDelete
  29. Lembaga wakaf yang berasosiasi dengan PruSyariah banyak ya mba..dan juga trusted. Aku banyak baca mengenai exposure ini tapi masih perlu info lebih banyak sepertinya

    ReplyDelete
  30. Mantep prudential, selalu memberikan program yang banyak diminati
    wakaf pula, ini barang yang diwakafkan atau materinya bakalan dapet balasan surga nih.

    ReplyDelete
  31. Asyiknya beribadah dengan cara berwakaf ya, Teh. Pahala yang didapatkan akan mengalir terus, meskipun kita sudah gak ada lagi di dunia ini.

    ReplyDelete
  32. Inovasi yang keren banget dari prudential ini. Saya pun baru tahu ya mbak klu program wakaf sekarang ini bisa lewat asuransi. Tentunya akan menguntungkan juga buat nasabah.

    ReplyDelete
  33. emang selama ini saya mengenal wakaf itu berupa tanah atau bangunan. ternyata bisa juga ya wakaf berupa uang. Terus apa bedanya ya dengan shodaqoh jariyah?

    ReplyDelete
  34. Saya setuju banget Mbak Ria, wakafitu memberikan kontribusi positif buat umat ya? Dan potensi wakaf di Indonesia tu gede banget. BAyangkan kalau banyak org berwakaf pasti ekonomi jg terangkat.
    Apalagi skrng bisa berwakaf dengan lbh mudah melalui asuransi syariah Prudential ya?

    ReplyDelete
  35. Truly, aku pengen banget gabung dengan PRUdential ini. Tapi sepertinya belum support di daerahku. Termasuk daerah ujung di Kalimantan. Ah, sepertinya perlu seacrhing lagi.

    ReplyDelete
  36. Wah, aku baru tahu lho Mbak soal seluk-beluk wakaf Prusyariah Prudential ini, ternyata bermanfaat banget nggak cuma untuk diri sendiri tapi juga berpengaruh kepada orang banyak ya, menarik sekali ^^

    ReplyDelete
  37. Sekarang sudah serba mudah ya mba.. melalui pruSyariah kita sudah bisa wakaf.. yang tentunya terpercaya..

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah.. PRUsyariah mewujudkan niat kita untuk berwakaf dengan cara baru, yaitu dengan metode asuransi.. sangat unik dan inovatif karena selain bernilai ibadah, juga bisa memberi perlindungan..

    ReplyDelete
  39. Prudential sekaran programnya semakin banyak dan juga bagus, apalagi ini tentang program wakaf. YAng mana lagi banyak sekali dibeberapa asuransi menggalakkan ini tapi Prudential selalu memiliki yang terbaik.

    ReplyDelete
  40. Sama, Mbak, selama ini yang paling sering dengar/baca cuma Dompet Dhuafa. Kalo Iwakaf dan LW-MUI aku juga baru tau setelah baca tulisan ini. Alhamdulillah makin banyak kerja sama dengan lembaga wakaf di Indonesia, ya. Insya Allah amanah.

    ReplyDelete
  41. MashaAllah melalui Prudential kita bs berwaqaf secara aman dan mudah ya mbak :) Karena waqaf jadi pahala yang terus mengalir saat kita sudah di tanah.

    ReplyDelete
  42. Prudential Wakaf melengkapi serangkaian produk dan layanan asuransi yang berbasis syariah yang komprehensif. Keren Prudential

    ReplyDelete
  43. Suka deh dengan program Prudential yang makin OK, apalagi sesuai dengan perkembangan zaman, tanpa meninggalkan esensinya

    ReplyDelete
  44. Saat ini kita dipermudah untuk melakukan kebaikan ya mba, bahkan untuk melakukan wakaf. Semoga Prudential amanah dalam mengelola wakaf yang kita lakukan ya :)

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah ternyata orang Indonesia paling senang berbagi ya :)) Prudential sekarang programnya bagus bagus!

    ReplyDelete
  46. Jadi, Prudential ingin masuk ke pasar donasi syariah dengan mendirikan program wakaf.
    Dana untuk program wakaf disuplai oleh nasabah asuransi, dengan cara mengkonversi nilai manfaat asuransi menjadi donasi untuk wakaf.
    Cerdas juga.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V