2/1/19

Pengalaman Saya Apply Pinjaman Uang Tunai Lewat Aplikasi Kredivo

Sesuai tagline Kredivo “Beli Sekarang, Bayar Nanti”, saya sendiri udah jadi pengguna Kredivo dari jaman Kredivo masih cuma bisa untuk belanja cicilan di toko online kayak Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Kenapa pake Kredivo? Karena Kredivo ini cocok buat orang yang males berurusan sama birokrasi pendaftaran kartu kredit, tapi tetep mau bisa belanja barang mahal dengan cara nyicil. Contohnya saya. 


Dari yang limit awal Kredivo maksimal cuma sampe Rp 20 juta, dan sekarang limitnya udah naik jadi Rp 30 juta. Plus, baru-baru ini, Kredivo juga udah bisa dipake buat pinjaman uang tunai. Jadi, limit yang kita punya di akun Kredivo, bisa kita cairin secara resmi lewat fitur “Pinjaman Tunai” yang tersedia di aplikasi Kredivo.

Waktu dapat notifikasi otomatis dari Kredivo soal fitur terbarunya ini, saya nggak tertarik. Saya mikir, buat apa sih pinjam uang lewat aplikasi?

Tapi, yang namanya kondisi mendesak emang nggak ada yang tau kan. Kita semua pasti pernah ada di kondisi darurat yang gajian masih lama, tapi perlu uang lebih saat itu juga. Well, nggak semua sih, at least saya pernah ngalamin, kebetulan baru aja bulan lalu.

Karena lagi nggak punya cicilan apa-apa di Kredivo, saya cukup excited buat nyobain fitur pinjaman uang tunai dari Kredivo. Pertimbangan awalnya selain butuh, selama pake Kredivo buat nyicil ini itu juga nggak pernah ribet dan prosesnya selalu lancar.

Limit kredit yang saya punya di akun Kredivo juga lumayan. Tapi, karena butuhnya nggak banyak, cuma Rp 2 jutaan, saya pinjam secukupnya aja. Di aplikasi Kredivo, ada dua fitur pinjaman uang tunai yang tersedia: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bedanya, yang mini tempo pengembaliannya maksimal cuma 30 hari dengan jumlah pinjaman minimal Rp 500 ribu. Sementara yang jumbo, tempo angsurannya ada dua pilihan: 3 bulan atau 6 bulan, dengan jumlah minimal pinjaman Rp 1 juta. Suku bunga Kredivo untuk pinjaman uang tunai, sama dengan suku bunga yang dikenakan buat cicilan: 2,95% per bulan. 


Proses pengajuan pinjamannya ternyata beneran segampang itu. Cuma tinggal klik menu “Pinjaman Jumbo”, isi form yang ada di aplikasi: tujuan pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan jumlah pinjaman. Yang saya suka dari Kredivo, aplikasi ini “cerdas” karena selalu kasih simulasi cicilan di awal sebelum kita ngelanjutin proses kredit/pinjaman. Jadi semuanya serba transparan.

Selesai isi form daftar, selanjutnya kita perlu cantumin nomor rekening yang wajib atas nama pribadi/sesuai nama lengkap kita yang terdaftar di akun Kredivo. Setelah selesai, konfirmasi pengajuan dengan PIN dan OTP, terus tunggu proses approval pinjaman dari Kredivo. Dengan pinjaman Rp 2 juta dan pilihan tenor angsuran 3 bulan, nggak sampe setengah jam, pengajuan saya udah disetujui dan dana langsung masuk ke rekening.

Welcome to the digital world! Pinjam uang jutaan tapi prosesnya serasa lagi daftar akun Facebook. Nggak pake lama, nggak pake ribet, nggak pake jaminan, dan nggak pake survey.

Nggak cuma proses pinjaman tunainya aja yang cepet, proses daftar dan approval akun Kredivo juga nggak sampe 1 hari. Dan syarat pendaftarannya cuma:

1. Wajib berusia minimal 18 tahun,
2. Punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan,
3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Sekarang, Kredivo juga udah nambah cakupan wilayah operasionalnya. Jadi, buat yang tinggal di wilayah Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, semua bisa daftar akun Kredivo.

Nggak cuma cakupan wilayah yang diperluas, aplikasi Kredivo juga punya beberapa fitur baru: bisa pesan tiket pesawat semua rute (domestik & internasional), beli pulsa dan paket data semua operator, token listrik, dan bayar tagihan BPJS, PDAM, PLN & telepon pascabayar.

Yang paling menarik, minimal pembelanjaan untuk bisa cicilan s.d 12 bulan pake Kredivo juga jadi turun! Dari yang awalnya harus belanja minimal Rp 1,5 juta cuma untuk satu barang, sekarang jadi cuma Rp 1 juta aja. Dan jumlah Rp 1 juta ini berlaku untuk akumulasi beberapa barang sekaligus. Yang penting dalam satu keranjang belanja, jumlah totalnya minimal Rp 1 juta.

Kapan lagi bisa belanja cicilan dan apply pinjaman uang tunai tanpa perlu syarat kartu kredit atau jaminan? Bisa dibilang, Kredivo punya fungsi yang sama kayak kartu kredit perbankan, tapi dengan proses pendaftaran yang jauh lebih gampang, dan tanpa biaya kartu, biaya tahunan, atau biaya administrasi bulanan. Kita cuma bayar cicilan atau tagihan kalo pernah ngelakuin transaksi pakai Kredivo. Kalo nggak pernah ada transaksi, otomatis nggak ada tagihan yang harus dibayar. 

Ada yang sudah pernah coba Aplikasi Kredivo juga kah? Share ya di kolom komentar :)




CatatanRia.com

18 comments:

  1. terima kasih mba sharingnya, kebetulan saya lagi cari info lebih detail tentang aplikasi kredivo ini, karena bisa pinjam uang tanpa pakai kartu

    ReplyDelete
  2. Kredivo CinTaKu, Cicilan Tanpa Kartu. Iklan ini kayak udah bikin penasaran aja kok bisa cicilan tanpa kartu trus sistem akad nya gimana? Ternyata semua melalui proses yang sama seperti cicilan lainnya ya kak.

    ReplyDelete
  3. Wah, di Gresik belum tercakup wilayahnya kredivo. Jadi aku belum bisa nyobain juga heehee...

    ReplyDelete
  4. Kalo freelancer kayak kita, syarat penghasilan minimal 3 juta gimana? Kan gak ada bukti slip gajinya.

    ReplyDelete
  5. Jogja tercover ya mba, asikk ceki ceki aah. Kali aja butuh suatu saat nanti

    ReplyDelete
  6. Hihi, honestly blm pernah coba aplikasi kredit mba.
    Ternyata memang simple yaa penggunaannya. Ngga heran banyaj yg oakai Kredivo ;)

    ReplyDelete
  7. wah baru tahu ini kredivo solusi cepat buat yang butuhin :)

    ReplyDelete
  8. Wah, kredivo keren banget ya mbaa, meski pinjaman online tapi maks. pinjamannya bisa sampe 30jt. Kerenn. Recommended

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau kalau kredivo bisa minjam uanh hehe

    ReplyDelete
  10. Skrng makin mudah ya pinjam uang, ini membantu banget buat yg bener2 butuh, misal buat modal usaha dll. Tapi tetep kudu dipikir2 sblm pinjam, krn butuh apa krn ingin. Trus yg penting bisa dilunasin :D

    ReplyDelete
  11. Sekarang semakin banyak ya mbak aplikasi peminjaman uang tunai seperti ini. Yang penting bayarnya tepat waktu ya.

    ReplyDelete
  12. Wah, kredivo ini setahuku yang ngadain acara konsernya siapa gitu. Iklannya sering sliweran dimana-mana ya. Aplikasi kayak gini menurutku jadi pedang bermata dua, di satu sisi memudahkan, tapi di sisi lain khawatir jadi membiasakan untuk berhutang.

    Semoga rejeki kita selalu dicukupkan sama Allah ya mbak, supaya bisa beli semua barang yang dibutuhkan dengan cash :)

    ReplyDelete
  13. wah baru tau tentang aplikasi kredivo, sekarang bisa pinjam uang lebih praktis yaa tanpa ribet ini itu. Canggih. Biasanya yang kayak gini lebih cocok dipake kalo untuk kebutuhan yang urgent banget yaah, asal ngga khilaf buat belanja berlebihan trus lupa dibayar hehee..

    ReplyDelete
  14. Aplikasi ini membantu memudahkan orang untuk meminjam uang ya, tapi jangkauan lokasi masih terbatas di kota-kota tertentu ya

    ReplyDelete
  15. Sering lihat fasilitas Kredivo ini di ecommerce. Asal pandai melihat mana yg kebutuhan dan hanya keinginan ya sebelum ajukan kredit.

    ReplyDelete
  16. Sekarang banyak aplikasi fintech kaya gini ya, tapi aku mah percayanya sama kredivo soalnya pertama meluncur sih

    ReplyDelete
  17. Dududuh, sekarang ada pinjaman online juga yaa ... Terdaftar di OJK kan mba?

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V