1/20/19

5 Tempat Wisata Edukasi Anak di Bandung

Jika menghitung nundur waktu dan saya mengingat masa kecil saya. Ingat dulu setiap habis liburan tuh teman-teman bercerita tentang liburan mereka yang jalan-jalan ke tempat wisata bersama orang tua mereka. Saya ditanya "Liburura kemana Ri?" saya hanya bisa jawab "Enggak kemana-mana". Orang tua saya dua-duanya berkerja, apalagi pekerjaan Mamah itu susah untuk libur jadi setiap liburan atau weekend ya saya dan kakak-kakak  menghabiskan waktu bermain saja bersama teman-teman. 



pic by canva

Cerita masa lalu itu membuat saya berjanji dalam hati "Anak-anak akan saya ajak jalan-jalan saat libur". Suami pun menyetujui keinginan saya, iya lah harus setuju kalau enggak istrinya ngambek hahaha. 

Beruntunglah saya tinggal di Bandung karena mencari tempat wisata di Bandung itu mudah, ada banyak sekali tempat wisata di Bandung. Makanya enggak heran setiap liburan telah tiba dan weekend Kota Bandung selalu saja macet padat kendaraan. Kota Bandung memang menjadi destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.

Tempat wisata seperti apa sih yang biasa saya kunjungin bersama anak-anak, enggak ada kriteria khusus sih tapiii saya selalu memilih tempat yang kids friendly, kan niat awal wisata buat nyenengin anak jadi ya cari tempat yang bisa membuat mereka nyaman dan senang donk. Kadang juga membawa mereka ke tempat wisata yang mengandung edukasi agar mereka bisa bermain sambil belajar.

Jika kalian ingin berwisata ke Bandung boleh coba main nih ke 5 tempat wisata edukasi anak di Bandung ini :

1. Jendela Alam

pic from eatinguntildiee.blogspot.co.id

Bulan Febuary ini Babang Iyas akan ada acara study tour dari sekolahnya ke Jendela Alam ini. Begitu guru si Babang mengumumkan Jendela Alam ini, saya langsung menyetujuinya. Jendela Alam merupakan tempat wisata edukasi anak yang banyak minati oleh sekolah-sekolah untuk melakukan study tour. Di Jendela Alam ini anak-anak bisa belajar tentang hewan seperti memberi makan hewan, mengambil telur ayam langsung dari kandangnya. Selain itu juga anak-anak bisa belajar tentang tanaman seperti ada kegiatan berkebun dan memanen. Dan masih ada banyak kegiatan edukasi lainnya seperti flying fox, berkuda, melukis layang-layang dan lain-lain. Anak-anak pasti akan senang sekali bisa bermain sambil belajar di Jendela Alam.

Lokasi : Jl. Sersan Bajuri km 4,5 Cihideung, Lembang, Bandung Barat.

2. Lactasari Mini Farm 

pic from www.urbandung.com

Kota Bandung memiliki julukan Paris Van Java, nah di Bandung ini ada sebuah mall yang bernama Paris Van Java juga loh. Bagi yang suka ke Bandung pasti tau tempat ini terutama anak muda, karena biasanya anak muda suka bermain kesana. Tapi tidak hanya untuk anak muda koq, disini juga cocok untuk anak-anak, anak-anak edukasi ngemall kah? NO bukan donk tidak perlu edukasi nanti akan pintar dengan sendirinya kalau ngemall sih.

Jadi di atap Mall Paris Van Java di lahan parkirnya ada sebuah peternakan mini, desain peternakan mini ini dibuat semirip mungkin dengan peternakan sesungguhnya sampai ada rumputnya juga. Di dalam peternakan ada 4 jenis hewan kambing, domba, sapi dan kelinci. Disini anak-anak bisa bermain dengan hewan-hewan seperti memberi makan hewan. Namun sayangnya tempatnya agak terbatas sehingga saat weekend akan agak sedikit padat.

Lokasi : Laktasari Mini Farm, Sky Level, Paris Van Java Mall, Jl. Sukajadi No. 137-139, Bandung.

3. Padepokan Dayang Sumbi

Pic from liburananak.com


Yess Bandung Timur tempat tinggal saya pun ada tempat wisata juga loh. Membaca namanya Padepokan Dayang Sumbi jangan sampai kalian berpikir ini pedepokannya para dayang-dayang loh ya. Jadi Padepokan Dayang Sumbi ini salah satu tempat wisata edukasi anak di Bandung,  yang merupakan pelopor pertama budi daya ulat sutera.

Di desa ini kita bisa mengajarkan anak-anak tentang budi daya ulat sutera mulai dari penetasan, membuat benang sutera sampai bagaimana cara menenun. Selain itu anak-anak disini dapat mengenal hewan ulat sutera dengan menyentuhnya tidak perlu kwatir Moms karena ulat sutera ini aman tidak menggigit, tidak menyebabkan gatal. Di Padepokan Dayang Sumbi juga ada hewan kelinci dan ikan, anak-anak bisa bermain bebas mengejar kelinci ataupun bermain air menangkap ikan.

Lokasi : Jl. Arcamanik Sindanglaya Km. 4 Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Bandung.

4. Kebun Strawberry Ciwidey

pic from tempatwisatadibandung.info

Jika kalian yang pernah main ke Kawah Putih Ciwidey pasti melewati hamparan kebun strawberry. Di Kebun Strawberry anak-anak bisa belajar mengenal tanaman dan buah-buah dan belajar memetik buah sendiri. Buah strawberry di Kebun Strawberry Ciwidey ini sedikit berbeda ukurannya lebih besar dan rasanya cenderung manis dan sedikit asam. Untuk masuk ke Kebun Stawberry biasanya tidak dikenakan tiket masuk, namun kalian harus membayar buah strawberry yang sudah dipetik. Harganya sekitar Rp. 35rb keatas ya lumayan lah anak-anak senang bisa memetik strawberry dan memakan hasil petikan mereka sendiri.

Sebaiknya kalau mau petik buah strawberry di Kebun Strawberry Ciwidey sebaiknya saat musim panas, karena saat musim panas biasanya buah akan tumbuh lebih bagus dibandingkan saat musim hujan.

Lokasi : Perkebunan Strawberry ada disekitar Kawah Putih, Kebun Strawberry di sekitar Rancabali, di sekitar Situ Patenggang pun terdapat Kebun Strawberry.

5. Taman Lalu Lintas



Untuk tempat wisata satu ini pasti sudah kenal donk ya, tempat wisata keluarga yang murah meriah dimana anak-anak bisa bermain dan juga belajar disini. Sesuai dengan namanya tempat ini mengajarkan anak-anak tentang berlalu lintas, disana ada miniatur kota dan jalan kecil nantinya anak-anak bisa berlalu lintas disana dengan mengendarai sepeda.
 

miniatur kota di Taman Lalin

Babang Iyas sangat antusias saat bermain kesana, dia belum bisa naik sepeda jadi saya hanya mengajarkannya bagaimana cara menyebrang jalan dan juga mengenalkan rambu-rambu lalu lintas. Selain itu di Taman Lalu Lintas Bandung ini ada taman bacaan anak-anak bisa bebas membaca disana.

Lokasi : Jl. Belitung No. 1 Merdeka, Sumur Bandung, Bandung

********

Gimana Moms sudah menentukan pilihan belum nih, kalau ke Bandung akan ajak anak-anak ke tempat wisata edukasi anak yang mana? Jika kalian sudah menentukan akan kemana, kalian tinggal pilih deh hotel di Bandung yang berdekatan dengan lokasi wisata yang kalian inginkan.

Bingung mencari hotel? Hotel di Bandung memang ada banyak sekali. Tidak perlu bingung Moms kalian bisa cari hotel murah di Pegipegi. Kenapa harus Pegipegi? Karena hanya di Pegipegi booking hotel mudah, murah dan banyak pilihannya. Banyaknya pilihan maka Kalian bisa menentukan hotel yang menurut Kalian nyaman dan sesuai dengan budget.

Agar lebih mudah booking hotel di Pegipegi, Kalian bisa instal aplikasi di Google Play atau di App Store. Oh, iya jika kalian download app Pegipegi nanti akan mendapatkan diskon khusus lumayan ya. Cara dowloadnya mudah saja koq, saya pengguna android jadi saya masuk ke Google Play, search Pegipegi, klik instal, tunggu dan terinstal.




Setelah Kalian register dan login, Kalian bisa langsung booking hotel. Pertama tentukan lokasi, tanggal check in dan check out, lalu kamar yang diinginkan. Nanti akan keluar hotel-hotel sesuai dengan pillihan kita. Kedua jika ingin memilih hotel yang murah bisa klik 'Harga Terendah' maka akn keluar hotel dengan harga termurah. Ketiga jika sudah menemukan hotel yang diinginkan, kalian tinggal pesan dengan 'Pilih Kamar'.

Mudah sekali ya, kalau liburan ke Bandung main bareng yuk :)




CatatanRia.com

68 comments:

  1. Asik tuh liburan ke Bandung suasanaya dingin dan banyak jajanan juga

    ReplyDelete
  2. Wah,kebun strawbery itu menggoda buat dipetik buahnya hehe. Bandung, tempat wisatanya,ramah anak ya. Dekat juga dari Jakarta.

    ReplyDelete
  3. Wah.. Belum ada yang saya kunjungi semua. Bandung jadi salah satu destinasi incaran buat piknik terdekat. Tandain dulu ah infonya

    ReplyDelete
  4. Sebagai urang Bandung aku merasa kuper karena baru mengunjungi 2 saja dari yang disebutkan. Hahahaha

    ReplyDelete
  5. Bandung banyak tempat edukasi ya Mba..

    ReplyDelete
  6. Seru ya liburan bareng bersama keluarga, kami baru ke Jendela Alam aja nih, yang 4 lainnya belum. In shaa Alloh mau berwisata juga 4 tempat itu pas ke Bandung lagi.

    ReplyDelete
  7. wah, taman lalu lintas sekarang makin keren ya. Saya ke sana sekitar 12 tahun yang lalu. Saya suka ke sana karena banyak pepohonannya

    ReplyDelete
  8. Eh, samaan nih. Aku wishlist kalo ke Bandung salah satunya ke Ciwidey ini. Mupeng banget rasain si merah segar itu langsung dari pohonnya

    ReplyDelete
  9. Saya tertarik ama taman lalu lintas nya tuh, kayaknya seru ajak anak main ke situ

    Langsung auto buka pegipegi deh intip2 hotel di Bandung.
    Banyak promo ya buat pilihan hotelnya

    ReplyDelete
  10. Aku lagi pengen banget nih ke Ciwidey. Kayaknya seru banget metik strawberry. Seumur-umur dari lahir sampai gede gini belum pernah metik strawberry. Haha.

    Beberapa tempat aku baru tahu nih, banyak banget ya wisata di Bandung.

    ReplyDelete
  11. Waaah maaksih, jd gak bingung lagi kalau ke Bandung mau ke mana. Soalnya anak2ku blm ngerti kan kalau wisata2 yg pemandangan dll gtu. Tauny yg kyk gtu2 edukasi hehe. Moga2 bisa ke sana nanti kalau ke Bandung :D

    ReplyDelete
  12. Bandung memang banyak banget destinasi wisata Untuk keluarga ya mbak. Bukan hanya menyediakan fasilitas liburan yanh seru aja, tapi juga banyak sekali yang mengedukasi

    ReplyDelete
  13. ih kangen ngeBandung.. mauuu
    asyik ada tulisan ini, wisata edukasi khusus anak. Kalau mamaknya edukasi kuliner aja ah :))

    ReplyDelete
  14. Taman lalu-lintas itu klasik. sudah ada sejak saya kecil sampai sekarang punya balita. Ruar biasa...

    ReplyDelete
  15. wow itu gambar stroberri menggiurkan pisan euy.... dah lama banget ga pergi bandung.. sekarang banyak tempat taman lactasari sepertinya sangat menyenangkan buat anak2 ada kelinci lucu2 pasti krucil betah berlama lama disanawisata yang menarik ya disana ,

    ReplyDelete
  16. dari yang disebut mbak cuma pernah ke ciwidey.. duh kangen pake banget sama Bandung . btw Naufal blom pernah aku aja kesana. moga2 taun depan bisa ksana 🙏

    ReplyDelete
  17. Wah, asyik nih buat rekomendasi kalau halan-halan keluarga ke Bandung. Memang punya anak harus pandai-pandai cari lokasi wisata yang edukatif ya, mba

    ReplyDelete
  18. Huaaa.. tempat-tempat wisatanya menarik semuaaaa.. Apakah harus meluangkan waktu ke Bandung nih..?

    ReplyDelete
  19. SAlfok sama stroberinya...mupeng ke sana jadinya.
    Rencana ke Bandung long weekend yang akan datang. Karena kalau cuma akhir pecan kuraaaang. Bandung banyak euy tempat wisatanya, sampai bingung saya.
    Aku keep itinerary ini ya Mbak Ria, pas banget nih untuk ajak anak-anak:)

    ReplyDelete
  20. Bandung itu emang indah dan ngangenin ya mba, diantara semuanya klo ke Bandung lagi pengen ke Ciwidey.. Kalo macem mall mah udah banyak di Jakarta. Hehe

    ReplyDelete
  21. Bandung banyak banget tempat wisata edukasi untuk anak. Bisa betah deh anak kalau main di tempat seperti itu

    ReplyDelete
  22. Aku juga tergiur dengan taman stroberry...ya ampun, besar2 sekali. Kelihatan banget segarnya. Anak2 plus ortu pasti betah di sini

    ReplyDelete
  23. Kemarin pas ke Bandung anakku minta ke Kawah Putih, tapi karena udah keburu mau pulang jadi gak jadi kesana. Nanti deh sekalian ke kebun Strawberry.

    ReplyDelete
  24. Itu ada padepokan dayang sumbi, namanya unik lucuu :D
    Aku tertarik dengan kebun strawberry Ciwidey, keliatan seger-seger sekali itu buah strawberry nya.

    ReplyDelete
  25. Yeyeeee sebentar lagi sy juga mau ke Bandung mb insyaallah pas Imlek. Lumayan nih referensi nya nanti bisa main ke sana.

    ReplyDelete
  26. belum pernah kesana doong..
    pokoknya nanti klo saya ada umur dan rejeki kesana bareng anak-anak wajib ditemani main ke tempat2 ini yaaaa Mbak :D

    ReplyDelete
  27. Mba, aku baru tahu loh ada banyak tempat wisata edukasi yang pas buat anak. Anakku pasti suka banget diajak ke sini. Aksesnya juga nggak susah kan ya ?

    ReplyDelete
  28. Bandung memang ramah anak dan keluarga. Kelihatan dari ketersediaan tempat wisatanya. Adem, banyak tempat belanja pula haha. Waktu itu ke bandung cuma ngerasain masjid rayanya aja padahal udah beberapa kali ke sana, kok ya nggak mampir sekalian ke tempat wisatanya heu

    ReplyDelete
  29. Jadi makin pengin liburan ke Bandung. Seumur2 belum pernah ke Bandung nih. Anak2 pasti suka tuh kalau diajakin ke sana. Kalau emaknya sih paling tertarik buat metik strawberry, bikin gemas banget penampakannya.

    ReplyDelete
  30. Makin banyak tempat seru-seru ya di Bandung, dan senangnya banyak yang kids friendly kaya beginiiii!

    ReplyDelete
  31. Kebun strawberry Ciwideynya bikin ngeces yaa. Itu Strawberry minta dipetik euy.

    ReplyDelete
  32. Seruuuu banget mbak! Aku suka deh Bandung sekarang tuh nyaman dan banyak taman. Aku belum banyak keliling Bandung sih, nanti aku catat tempat-tempat ini sebagai referensi :)

    ReplyDelete
  33. sekarang males kalau ke Bandung wkwkwk.. macetnya udah dari cikarang :( pengalaman trakhir ke Bandung pas pulang dari Bandung jam 8 malem, sampai rumah jam stengah delapan pagi!!! gilingan kan ya hehehe.. etapi penasaran juga sih, mau ajak anak2 kesini..

    ReplyDelete
  34. Terakhir aku datang ke Taman Lalu Lintas Bandung itu sekitar tahun 2008 lagi hamil anak kedua. Taman edukatif yang patut disukai dan dikunjungi anak2 beserta keluarga. Menambah wawasan dan pengetahuan berlalu lintas 🙂👌

    ReplyDelete
  35. bandunggg
    wahh ini favorit banget
    udahlah tempat wisata keren-keren
    dan makanannya itu wenak wenakkk
    bikin lupa diet
    #eh

    ReplyDelete
  36. Unik banget sampai di mall pun ada semacam peternakan. Bisa nge-mall sekaligus wisata edukasi. Jadi nggak ada bosannya ke Bandung.

    ReplyDelete
  37. Boleh nih kalau ke Bandung mampir kesini. Semuanya nyaman dan bikin kerasan. Apalagi cocok nih buat anak-anak...

    ReplyDelete
  38. Udah lama tinggal di Bandung, tapi diantara 5 tempat edukasi itu, saya baru pernah ke taman lalu lintas, deuuh...
    Sekarang anak-anak udah besar, gak mungkin mau diajak ke taman lalu lintas lagi hihihi

    ReplyDelete
  39. Banyak juga wisata edukasinya. Aku naksir Kebun Strawberry Ciwideynya deh. Apalagi bisa metik buahnya sendiri

    ReplyDelete
  40. Lactasari Mini Farm kayanya seru ya mba.. bisa kasih makan/minum hewan-hewan secara langsung, anak-anak pasti senang banget :)

    ReplyDelete
  41. Aku pernah metik starwberry di Kebun Strawberry Ciwidey, seru.. sayang waktu ke sana dulu pas musim liburan, pengunjung banyak jadi strawberry yg bisa dipetik dikit banget :(

    ReplyDelete
  42. Bandung emang kece banget untuk urusan kuliner dan wisatanya. Dan aku tuh takjub dengan atap mall yang dibikin peternakan gitu.

    ReplyDelete
  43. Nah ada aja tempat wisata ramah anak yang baru ditelinga saya, kecuali kebun strawberry itu. Kapan ya bisa ke Bandung lagi. Pengen bisa jabanin semua tempat wisatanya eh bisa gak tuh wekeke

    ReplyDelete
  44. Duh itu kebun strawberry jadi pengen bikin selai sama jus deh hehe. Btw jendela alam kayaknya seru ya disana anak-anak bisa belajar banyak mengenai binatang dan tumbuhan.

    ReplyDelete
  45. Bandung ni emang kota ramah aman ya Mbak. Enaknya... Banyak tempat rekreasi edukatif euy di sana. Coba di daerahku kayak Bandung begitu. Pasti seneng.

    ReplyDelete
  46. Wah belum pernah ke padepokan Dayang Sumbi nih anak2...di Bandung memang cukup banyak wisata edukasi ya..

    ReplyDelete
  47. Banyak amaaat tempat yang semacam farm-farm gitunya yaaa. Aku beberapa kali di PVJ tapi belum pernah sampai ke Sky Level. Padahal waktu itu bawa anak2, tapi ya nyatanya ribet boook jalan2 di PVJ sambil diburu2 waktu. Belum lagi ngebayangin macetnya keluar dari situ, udah paling capek duluan :D Jadilah ke sana cuma muter-muter cari empat makan yang cocok buat keluarga karena pas ke sana sama orang tua & bocah2 juga :D

    ReplyDelete
  48. Bandung ini ga habis habisnya tempat wisata ya, ada aja yang baru. Rasanya baru aja beberapa tahun yang lalu aku ke bandung, sekarang udah nambah lagi objek wisata nya. Lactasark farm itu kayaknya seru deh

    ReplyDelete
  49. Baru ke yang no 1. Mau ke kebun stroberi tapi waktu itu dimana2 macet akhirnya pilih main ke tempat dekat hotel he he

    ReplyDelete
  50. Di Bandung mah banyak tempat wisata edukasi anak, tinggal pilih lokasi dan sesuaikan budget, dulu ajak anak-anak ke Taman Lalu Lintas seneng banget tapi padat banget pengunjungnya jadi agak kurang menikmati

    ReplyDelete
  51. Yang paling bikin mupeng kebun strawbery di ciwedey ya ampun, merah-merah menggoda. Tapi semua juga bikin pengen dikunjungi. Bisa pesan langsung ke pegi-pegi ini. Asikkk

    ReplyDelete
  52. Banduuungg.. banyak banget sih tempat edukasinya. Aku penasaran sama kebun strowberrynya mba.

    ReplyDelete
  53. Yang Lactasari Mini Farm itu konsepnya menarik banget ya. Anak-anak jaman sekarang kan jarang yang punya hewan peliharaan karena minimnya ruang di rumah. Bagus untuk mengajarkan mereka akan arti sayang pada hewan.

    Coba ya di Semarang sini ada yang pake konsep seperti itu. Anakku bakalan seneng banget tuh.

    ReplyDelete
  54. makasih infonya mak karena anak-anakku masih usia sekolah jadi kalau pergi wajib banget tahu lokasi atau destinasi wisata edukatifnya

    ReplyDelete
  55. wah, 1, 2, dam 3 belo pernah ke sana. Kayaknya seru ya. Oke deh, noted untuk ngajak anak2 ke sana saat libur. Selain nyenengin juga nambah wawasan :)

    ReplyDelete
  56. Kalau begini aku pengennya langsung main ke Bandung lagi deh.. selalu banyak tempat yang seru

    ReplyDelete
  57. Kemarin sewaktu ke Bandung pengen main ke kebum strawberry Ciwidey ini, taoi oas lagi macet-macetnya dan waktunya mepet. Gemes aku lihat strawberry banyak gitu hihi pengen metik langsung.

    ReplyDelete
  58. Syukur deh semuanya sudah pernah aku jalani soalnya sudah pernah 7 tahun menjadi warga bandung.

    ReplyDelete
  59. Ah senengnyaa jadi auto pengen ajak anak2 liburan ke Bandung nih mbaa. Pasti suka diajak ke lactafarm ama kebun stroberi ciwidey :D

    ReplyDelete
  60. Alhamfulillah udah ngajak si kecil kesana, kecuali padepokan dayang sumbi sama kebun strawberry hihi. Tempat wisata edukatif di Bandung emang menjamur banget ya mba

    ReplyDelete
  61. Kangen Bandung beserta isinya. Kangen malam malam main ke Dago. Belum keturutan juga main ke kebun strawberry, dulu cuma numpang lewat. Banyak banget wisata yang belum saya kunjungi.

    ReplyDelete
  62. Tempat wisata di Bandung emang ga ada matinya ya, banyak bermunculan yang baru dan bagus-bagus pula. Jadi pengen ngajakin anak-anak wisata edukasi juga ke Bandung hihihi

    ReplyDelete
  63. Hiks makin mupeng mau ke Bandung
    Setelah beberapa saat butuh waktu untuk nabung. Semoga 2019 terijabah...

    ReplyDelete
  64. Wah mbak informasinya bermanfaat banget nih. Rencananya Februari besok kantor suamiku mau family gathering di Bandung.

    ReplyDelete
  65. Kudu ka bandung deui ieu mah....sekian banyak di list, belom ada yang sempat disinggahi...hiks...

    How I miss you Bandung

    ReplyDelete
  66. Kemaren aku kepo banget loh mba sama pegipegi. Karena ada promo Gempitanya. Dan emang enak yaa traveling oake pegipegi

    ReplyDelete
  67. Bandung selalu punya banyak pilihan tempat wisata ya mbak. Kesana kayaknya gak cukup sehari dua hari deh XD

    ReplyDelete
  68. uwuwu, pengen ke kebun stobery, lihat strawberry yg ranum kayak gitu jadi kabita akutu

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V