Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

7/29/19

Mau Melakukan Operasi Caesar? Perhatikan Dulu 2 Hal Berikut

Rasa tegang menjadi salah satu perasaan yang dimiliki oleh setiap ibu yang akan melakukan persalinan. Sebab, mereka akan menjalani salah satu fase paling tidak terlupakan dalam hidupnya yakni melahirkan. Melahirkan sendiri dapat dilakukan melalui dua proses yakni antara proses secara normal maupun caesar. 


Hal yang harus diperhatikan pasca operasi caesar

Hampir setiap ibu hamil tentu menginginkan bisa melahirkan secara normal. Namun kenyantaan kadang tidak sesuai dengan harapan, ada beberapa hal yang membuat ibu hamil harus mengambil keputusan untuk  melahirkan secara caesar. Jika ada orang yang bilang melahirkan secara caesar itu tidak merasakan menjadi ibu yang sesungguhnya, duhh kejam sekali ya yang bilang seperti itu. Padahal baik caesar ataupun normal, ibu sudah berjuang dengan seluruh tenaga yang dia miliki agar bisa melahirkan buah hati. Jadi jangan diambil hati ya Moms kalau ada yang bicara seperti itu.

Bagi Kamu yang ingin melakukan operasi caesar, ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu Kamu ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya.


Memilih pakaian yang tepat
Agar bekas luka pasca operasi caesar bisa sembuh dengan sempurna, Kamu perlu memilih pakaian yang tepat. Beberapa ibu tidak terlalu memperhatikan masalah berpakaian pasca melahirkan caesar padahal pakaian perlu diperhatikan betul, karena sangat menentukan proses penyembuhan luka pasca operasi. Sebab, pakaian bisa membuat luka semakin lama mengering atau bahkan bisa memperburuk luka bekas operasi caesar di perut Kamu.

Dalam memilih pakaian, usahakan untuk memilih pakaian yang tidak terlalu ketat. Pilihlah pakaian yang lebih longgar untuk meminimalisir risiko luka menjadi lecet hingga berpotensi menjadi iritasi. Pilih juga pakaian dengan bahan yang licin agar bekas luka tidak menempel dan memperlambat proses pengeringan luka. Dengan memilih pakaian yang tepat, luka bekas operasi bisa kering lebih cepat dan Kamu juga akan merasa nyaman dengan pakaian tersebut.

Apakah bekas luka yang berdarah berbahaya?
Apabila setelah proses operasi pendarahan terjadi di area sekitar vagina, maka hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pada proses tersebut sedang terjadi proses penyembuhan di area rahim Kamu. Ini disebabkan karena saat plasenta terpisah maka akan tertinggal pembuluh darah yang terbuka dan mengalir ke dalam rahim. Rahim akan kembali menyusut usai proses operasi dan sisa-sisa darah akan keluar melalui vagina.

Akan tetapi, apabila pendarahan terjadi di area bekas luka operasi, maka Kamu perlu berhati-hati. Sebab, ketika terjadi gesekan, bekas luka bisa menjadi iritasi dan bahkan berujung pada luka yang kembali berdarah. Ketika bekas luka kembali berdarah, maka proses pengeringan akan berjalan lambat dan tertunda sekitar 4-6 minggu. Pastikan bekas area operasi tetap kering dan hindari gesekan untuk meminimalisir terjadinya pendarahan lanjutan pada area sekitar bekas operasi.


Itulah dua hal seputar luka operasi yang perlu Kamu ketahui. Penggunaan obat luka operasi jadi salah satu hal yang wajib agar luka jadi lebih cepat sembuh. Kamu bisa mendapatkan obat untuk mempercepat penyembuhan luka melalui Go Apotik secara lebih praktis dan lebih mudah.

HPL saya sendiri masih lumayan lama bulan Januari 2020, harapan saya tentu ingin melahirkan secara normal seperti kehamilan-kehamilan saya sebelumnya. Namun saya tidak tau bagaimana ke depannya semua sudah harus persiapkan dari sekarang, mulai dari mental, kesehatan dan tentunya dana. Semoga sih nanti bisa berjalan dengan lancar, minta doanya ya teman-teman.




CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V