7/8/19

Tips Bebas Penyakit Jantung bagi Wanita Sibuk

Jika jaman dulu penyakit jantung selalu identik dengan penyakit orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun sekarang tidak hanya orang lanjut usia saja yang rentan terkena penyakit jantung, yang berusia muda pun bisa rentan terkena penyakit jantung.


Membuka kisah beberapa tahun yang lalu, kita pernah dikejutkan dengan meninggalnya seorang artis terkenal yang juga bekerja di DPR yaitu Almarhum Adjie Masaid. Almarhum pergi secara mendadak sepulang olahraga dan terena serangan jantung. Tentu saja tidak hanya keluarga yang terkejut, tapi semua penggemarnya pun kaget dengan kepergian mendadaknya ini. Di usianya masih terbilang belum tua lah tapi bisa kena serangan jantung.

Tidak hanya Almarhum Adjie Masaid saja, ada beberapa artis lainnya yang meninggal karena penyakit jantung, Apakah hanya laki-laki saja yang rentan terkena penyakit jantung? NOO, wanita pun beresiko, seperti ada temannya mamah yang meninggal karena penyakit jantung, Beliau sendiri tidak mengetahui kalau mengidap penyakit jantung karena kesibukannya dia tidak pernah memeriksakan kesehatannya.

Mamah saya pun sudah lama mengidap penyakit jantung, untunglah dulu Mamah bekerja di rumah sakit sehingga rajin memeriksakan kesehatannya. Sampai saat ini Mamah selalu minum obat, katanya sih kalau tidak minum obat maka dadanya akan terasa sakit. 

Tips Bebas Penyakit Jantung bagi Wanita Sibuk

Risiko penyakit jantung bisa meningkat jika Kamu tak menjaga kesehatan. Para wanita, yuk terapkan lima tips ini. 

Meski sibuk dengan urusan rumah tangga dan tugas kantor, seorang wanita tetap harus menjaga kesehatan jantung. Apalagi saat memasuki masa menopause, risiko penyakit jantung bisa semakin tinggi.

Hal itu dibenarkan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter

“Sebuah studi menyatakanakan terjadi peningkatan serangan jantung pada wanita yang telah mengalami menopause selama 10 tahun. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen, yaitu hormon yang menjaga fleksibilitas pembuluh darah arteri dan membuat dinding arteri kuat,” kata dr. Theresia.

Terlepas dari menopause, risiko penyakit jantung juga bisa meningkat jika Kamu tak menjaga kesehatan. Jadi, para wanita, Kamu bisa menerapkan lima tips berikut:


• Aktif berolahraga
Olahraga melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati serta menjaga kesehatan jantung. Kamu sangat dianjurkan untuk berolahraga aerobik secara teratur untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari juga bisa jadi solusi.

• Bersosialisasi
Cari waktu untuk bertemu teman dan orang-orang terdekat. Studi menunjukkan bahwa isolasi sosial meningkatkan risiko penyakit jantung dan dikaitkan dengan perilaku berisiko seperti kurang aktivitas fisik dan merokok.

• Menjaga asupan makanan
Beberapa makanan tinggi kolesterol dan lemak dapat mengganggu kesehatan jantung. Hindaricamilan dan makan dalam porsi besar di malam hari karena dapat menyebabkan masalah serupa. Sebagai gantinya, pilihlah makanan bernutrisi tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.

• Nikmati waktu berkualitas seorang diri
Meski sibuk dengan urusan kantor dan rumah, Kamu tetap harus punya waktu untuk diri sendiri. Pastikan Kamu meluangkan waktu untuk makan makanan bergizi, olahraga, dan menjalani hobi yang bikin Kamu bahagia.

• Menerapkan pola pikir positif
Menerapkan pola pikir positif dan optimistis mampu meningkatkan kesehatan. Sebuah studimenunjukkan, optimisme sanggup meningkatkan pemulihan dari sindrom penyakit jantung koroner akut.

Seorang wanita boleh saja sibuk dengan urusan rumah tangga dan kantor, tapi Kamu tetap harus memperhatikan kesehatan diri agar terhindar dari penyakit jantung. Terapkan tips di atas agar Kamu tetap bahagia dan jantung tetap terjaga. Jika timbul gejalaserangan jantung, segera konsultasikan pada dokter.



CatatanRia

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V