3/7/19

5 Penyebab Bibir Hitam yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi wanita ada dua hal yang wajib harus dilakukan saat akan keluar rumah. Biasanya wajib memakai pensil alis, duluuu sih saya gak peduli dengan yang namanya alis. Namun setelah saya mulai mencoba memakai pensil alis eh lama-kelamaan  malah jadi enggak percaya diri keluar rumah tanpa pensil alis. Jangankan keluar rumah, kadang di dalam rumah juga digambar alisnya.



Selain pensil alis ada lagi yang wajib saya gunakan saat akan keluar rumah, yaitu memakai gincu atau lipstik. Pokoknya setelah kenal yang namanya merias diri, bibir pun wajib dilipstik kalau keluar rumah. Jadi enggak percaya diri aja keluar rumah dengan bibir yang pucat. Bagaimana dengan riasan lainnya? Sebenarnya penting juga sih yang lain tapi bagi saya dua hal itu aja yang bisa mempengaruhi rasa percaya diri jika tidak dilakukan.


Salah satu alasan saya suka  memoles bibir dengan lipstik karena bibir saya yang berwarna agak gelap. Kalau sudah dipoles kan enjadi lebih berwarna bibirnya. Sebenarnya sudah lama saya memiliki warna bibir yang agak gelap mungkin dari kecil sepertinya. Dulu sih enggak masalah tapi sekarang koq masalah bibir hitam membuat rasa percaya diri hilang.

Baca juga : Bermasalah dengan Bibir? Pakai saja Produk Nivea Perawatan Bibir Hitam dan Kering 

Katanya sih memang sebagian besar wanita Indonesia memiliki bibir yang gelap. Ada beberapa yang saya baca penyebab bibir hitam adalah :

1. Merokok
Warna bibir bisa berubah menjadi hitam akibat dari kebiasaan merokok. Merokok bisa membuat bibir menjadi hitam itu karena rokok yang dinyalakan tentu panas donk dan rokok menempel pada bibir kita. Panas dari rokok ini dapat mematikan sel-sel darah merah dan menyebabkan timbunan pigmen di bibir.

2. Bahan Kimia pada Kosmetik
Salah dalam memilih lipstik pun bisa menyebabkan bibir menjadi bibir menjadi hitam karena kandungan bahan kimia  pada lipstik yang tidak cocok dengan bibir kita. Ada baiknya sih memakai lip balm sebelum memakai lipstik.

3. Sering Mengkonsumsi Kafein
Kafein ini juga dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein yang merupakan zat diuretik yang dapat membuat kita sering buang air kecil terus menerus. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, dan menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah, tidak sehat dan warna bibir menghitam.

4. Anemia
Anemia ini bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Hal ini disebabkan karena penderita anemia kekurangan hemogoblin yang merupakan zat yang membawa oksigen dan zat gizi dalam darah. Zat ini yang membuat warna merah pada darah, kekurangan zat ini mengakibatkan perubahan warna kulit di beberapa bagian salah satunya bibir yang menghitam.

5. Bibir Kering
Bibir biasanya mudah sekali kering apalagi kalau kita kurang asupan cairan. Kulit bibir yang terbuka mengakibatkan kelembapan bibir mudah berkurang apalagi cuaca yang panas juga bisa membuat bibir menjadi tambah kering. Hal ini yang membuat bibir menjadi pecah-pecah dan menyebabkan menghitam perlahan.

Itulah beberapa penyebab bibir menjadi hitam, kalau kalian termasuk yang mana? Saya termasuk bibir kering, dari kecil saya memang kurang dalam hal minum sehingga bibir sering pecah-pecah. Untuk menutupinya ya saya memakai lipstik, biasanya saya suka memakai lip matte atau lip cream dengan warna yang tidak mencolok. Kecuali akan kondangan baru deh pakai lipstik yang merah merona.


Beberapa waktu lalu saya melihat teman memakai liptint wardah, eh lucu juga kayaknya dan saya jadi penasaran mau mencoba lip tint ini. Yang saya suka dari lip tint ini ringan terlihat natural di bibir seperti tidak memakai lipstik, Namun sayangnya liptint biasanya kurang cocok dengan bibir yang berwarna hitam, tapi bisa sih diakalin dengan mengoles lipstik warna pink baru deh oles liptint dibagian tengah bibir.

Kalian suka memakai liptint? Ada rekomendasi enggak liptint yang bagus?



Sumber ;
https://doktersehat.com/penyebab-bibir-menghitam-pada-wanita/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/penyebab-bibir-hitam-tidak-merokok/


CatatanRia.com
07/03/18

23 comments:

  1. iya ya mbak anemia itu bikin bibir hitam juga
    eritrositnya kurang...

    ReplyDelete
  2. Saya juga bibirnya kering Mbak. Hmmm, saya sukanya pake lip gloss/hydrogloss gitu dehh daripada lipstik, malah gak PD, hihihih *aneh emang. Malah kadang keluar tu ya lempeng gitu ajah, huhuhuh. Bukan perempuan biasa wkwkkk.
    Ini dari kapan tau mau beli lip cream tp blm terlaksana juga (malas) 😂

    ReplyDelete
  3. saya termasuk bibir kering dan efek ganti-ganti merk lipstik juga :D berusaha pakai lip care tapi terpothel juga dimainin anak :D

    ReplyDelete
  4. Kalau aku nggak pede sama sekali pakai pensil alis. Kalau aku biasanya pakai lipgloss atau madu biar bibir nggak kering. Belum pernah pakai liptint soalnya.

    ReplyDelete
  5. Saya juga kalau keluar rumah pasti harus pakai lipstik soalnya pucat gak pede juga. Tapi kalau alis saya gak pernah pakai soalnya alis saya sudah tebal bahkan terlalu lebat tapi tetap tidak pernah saya cukur.

    Btw saya juga menggunakan produk Wardah. Alhamdulillah sepertinya cocok.

    ReplyDelete
  6. Faktor keturunan juga bisa jadi salah satu penyebabnya :)
    Bibir saya juga gelap dan pucat banget kalau ga pakai lipstick.
    Makanya sering pakai lipstick bold.

    Bibir saya juga gampang kering, jadi hampir tiap saat saya oles2 tender care.

    Btw, pengen deh cobain liptint Wardah, tapi setiap ke toko mesti bimbang mau beli atau enggak :D

    ReplyDelete
  7. bibir ku menghitam efek jadi perokok berat dan coffee addict jaman old hahaha, setahunan ini rajin banget lip scrub dan lip mask keluaran brand korea :D kalau liptint aku lagi suka sama Apieu Water Tint yang shade 04. Kalaupun sudah pudar di bibir masih mencerahkan bibir.

    ReplyDelete
  8. Untuk liptint saya pakai wardah juga mbak..buat sehari-hari aja
    Memang ya bibir hitam banyak sebabnya..tapi bisa kita rawat juga siasati ..

    ReplyDelete
  9. Wah iya, saya termasuk kurang minum mbak Ria, sering lupa kalau harus minum apalagi hawa hujan beini, pernah sehari cuma 2 gelas. Makasi infonya ya, saya kudu banyak minum nih....

    ReplyDelete
  10. Bibirku juga cenderung hitam mba.. karena kurang asupan cairan (sama yaa...toosss..). Jadi kalo keluar rumah pake lipstik dehhh... Kalo liptint? Saya belum pernah pake, mungkin perlu nih nyobain liptint-nya Wardah :)

    ReplyDelete
  11. Saya baru tau nih kalau anemia bisa bikin bibir jadi hitam. Jangan-jangan penyebab bibir saya agak gelap memang karena anemia

    ReplyDelete
  12. Aku nih lagi kering bibirnya dan kemarin mencoba pakai perawatan dengan diberikan pelembab terus di masker, lumayan sekarang normal lagi. Mungkin efek sering gonta-ganti lipstick juga.

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka antisipasi pakai liptint dari wardah mba. Bibir aku kadang suka kering. Aku kalau pas lagi umrah pasti yang aku pakai dan bawa adalah liptint dari wardah ini karena menjaga kelembaban bibir aku ditambah wangi nya aku suka

    ReplyDelete
  14. Oalaah gitu toh ternyata. Makanya aku suka heran, kalau liat ibu2 tanpa lipstik kok bibir aslinya bisa iteeem banget padahal dia putih kulitnya. Emang ada bahan kimianya kali ya lipstiknya yg menjadikan bibirnya item. Kalau aku semua rata itemnya, hihi...

    ReplyDelete
  15. aku juga teh bibirku gelap amkanya lipstikku kebanyakan bold klo yang nude ga keliatan jadi keliatan pucet akunya hahaha

    ReplyDelete
  16. Ilmu baru nih mba, aku pikir selama ini bibir hitam karena dasarnya perokok. Ternyata, banyak faktor lainnya yg menjadikan bibir hitam ya mba.

    Btw, aku belum pernah cobain pake liptint, kayak boleh juga nih buat dicoba liptint nya Wardah

    ReplyDelete
  17. I know skrg mba, kebetulaan anggota keluarga besar ada yg bibirnya hitam dan skrg aku tahu kenapa huhu.. Aku pribadi jg termasuk bibir kering mba

    ReplyDelete
  18. nah bener nih kafein emang ngaruh banget, aku tuh suka banget sama kopi dan teh, dan kalo malas scrub atau pakai madu, berasa gelap dan pucat banget bibir.

    ReplyDelete
  19. Kafein dan rokok emang bisa bikin bibir hitam ya. Lebih baik hal hal itu dihindari ya. Tapi ada juga sih yang bibirnya memang berwarna asli gelap.

    ReplyDelete
  20. Pengen nyoba juga nih jadinya...liptin wardah ini favorit banget loh karena beberapa teman merekomendasikannya juga untuk saya...

    ReplyDelete
  21. Ternyata bahan kimia kosmetik juga bikin bibir hitam ya, seram juga ya.

    ReplyDelete
  22. Suamiku bibirnya hitam padahal bukan perokok dan lain-lain. Tapi pigmen kulitnya, suka sebel sih dia gak bisa ngerawat diri hehehe jadi keliatan kumuh ya ampun jahat banget. Iya seriua karena kulitnya gelap dan suka pake baju warna gelap trus dia pake jenggot aku sebel. Besok aku coba deh yang tentang kafein bikin bibir hitam aku suruh stop ngopi dulu

    ReplyDelete
  23. Bener mbaak. Bibir kering plus ga cocok sama bahan kimia di lisptick bisa bikin hitam

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V