3/14/19

Kandungan Gizi pada Susu yang Baik Untuk Anak

Anak-anak harus enggak sih minum susu? Harus donk, dari mulai masih bayi baru lahir, anak-anak sudah meminum susu ASI atau sufor. Ada yang bilang sih susu (bukan ASI) sekarang sudah enggak wajib karena sudah mengacu pada gizi seimbang. Namun kalau saya sih tetap memberikan susu tambahan untuk anak-anak sebagai gizi tambahan mereka.



Adek Iyan sejak usia 13 bulan sudah minum sufor dan UHT selain ASI. Eitss, jangan nyinyir yaaa kalau saya membuat keputusan memberikan sufor di usia 13 bulan. Ini saya lakukan atas saran dari bidan posyandu yang memantau timbangan Adek setiap bulannya, Adek memiliki masalah dengan BBnya yang selalu berada di garis kuning. Sehingga selain asupan makanan berprotein, bidan menyarankan agar memberi nutrisi dan lemak tambahan dari susu anak.


Saya pun awalnya sedih harus memberikan susu tambahan, tapi seorang sahabat berkata ke Saya keputusan saya ini tepat "Jangan egois dengan prinsip sendiri, tapi pikirkan untuk kebaikan anak". Lalu apakah si Adek suka susu selain ASI? Enggak hahaha dia hanya minum sedikit saja, tapi tetap saya kasih rutin semaunya si Adek aja tanpa saya paksa harus habiskan.

Kandungan Gizi pada Susu Anak

Bidan yang memantau BB Adek mengatakan jika Adek terus berada di garis kuning atau bahkan turun di bawah garis kuning, maka kemungkinan Adek Iyan mengalami gizi buruk. Ya Allah dengernya saya langsung merasa menjadi Ibu yang gagal. Saya akui Adek Iyan ini anak yang unik sekali, dia susah sekali makan dan hanya mau makan berdasarkan mood dia saja bukan berdasarkan apa yang dimakan.


Menurut Ibu Bidan untuk memenuhi nutrisi tambahan Adek disuruh minum susu anak seperti sufor atau UHT plain. Nah, berikut ini beberapa kandungan gizi pada susu anak yang baik untuk tumbuh kembang anak, yang perlu kita ketahui : 

1. Protein. 
Susu merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi untuk tubuh, Protein yang terkandung dalam susu dapat membantu penyerapan mineral seperti kalsium dan fosfor, selain itu protein dalam susu juga baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. 

2. Lemak
Lemak pada susu merupakan salah satu lemak yang kompleks. Ini baik sekali untuk tumbuh kembang anak.  Tapi yang perlu diingat berikan susu sesuai kebutuhan jangan berlebih untuk menghindari obesitas. 

3.  Zat Besi
Anak-anak dalam masa pertumbuhan terutama yang masih MPASI sangat membutuhkan zat besi untuk menghindari anemia pada anak.

4. Vitamin A dan B2
Semua pasti sudah tau ya manfaat dari vitamin A dan vitamin B2 ini bagus untuk mata, dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.

5. Magnesium
Magnesium yang terkandung dalam susu ini baik untuk menguatkan jantung dan sistem saraf sehingga tidak mudah lelah.

Setelah mengkonsumsi susu tambahan apakah Adek berhasil keluar dari garis kuning? Iya tapi sedikit jadi masih tetap tapi naik setiap bulan walau cuma 1ons saja. Adek memang enggak rutin minum susunya paling hanya satu gelas sehari dan 1 kotak UHT sehari, dan makannya pun masih susah sesuka dia aja paling sering ya ASI aja. Hiks sedih sih, mungkin ada Moms yang punya saran agar Adek Iyan bisa cepat keluar dari garis kuning?

Beli Susu Anak Online Aja

Karena Adek minum susunya tidak terlalu banyak saya pun mengakalinya dengan membeli susu yang bisa diminum untuk anak 1 - 5 tahun jadi bisa diminum berdua sama Babang Iyas, Babang sih enggak usah ditanya segala dimakan diminum.

Biasa saya membeli susu anak via online di Shopee untuk amannya. Aman? Iya kalau beli online aman dari pajak anak-anak hahaha. Dulu itu kalau ke supermarket niat beli satu barang pulang bawa banyak. Membeli via online juga lumayan menghemat tenaga dan bahan bakar karena barang akan datang sendiri ke rumah (diantar kurir tentunya).


Alasan saya pilih Shopee untuk membeli susu anak adalah pertama pilihannya ada banyak, kedua harganya terjangkau, dan ketiga ada gratis ongkos kirim. Selain membeli susu saya juga suka beli produk lainnya seperti fashion, dekorasi rumah, peralatan dapur dan lain-lain.



CatatanRia.com

30 comments:

  1. Banyak juga ya kandungan gizi yang ada pada susu anak

    ReplyDelete
  2. Wah bener banget nih ya sumber protein memang berkualitas tinggi untuk tubuh

    ReplyDelete
  3. Wah bener banget tuh ya. Kandungan gizi yang ada pada anak itu memang sangat penting ya

    ReplyDelete
  4. Ternyata kandungan gizi baik untuk menguatkan jantung dan sistem saraf sehingga tidak mudah lelah.

    ReplyDelete
  5. Ini nih yang aku suka dari Shopee. Gratis ongkir :D

    ReplyDelete
  6. mungkin pilih yg ada kandungan minyak ikannya mba, siapa tau bisa menambah nafsu makan.

    anakku juga pernah bb nya stuck, terus dokter nyaranin utk ganti susu yg khusus utk naikin bb anak seperti sgm gain dan pediasure. aku udah nyoba keduanya, yg pediasure ini cocok di anakku bisa naikin bb nya.

    ReplyDelete
  7. Asyik banget ya sekarang, beli susu bisa lewat online. Jadi gak khawatir lagi kebingungan pas susu anak mau habis dan enggak bisa belanja ke toko offline

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini memang lebih praktis kalo beli online ya. Nggak perlu panas2 keluar rumah. Biasanya juga banyak promo di toko onlinenya. Asyik!

    ReplyDelete
  9. Waaahhh Shopee tempat belanja favorit saya nih, cuman emang belum pernah sih beli susu, kayaknya lebih murah ya, apalagi ada bebas ongkir, bikin mupeng emak2 deh harganya.

    Mau cobain ah :)

    ReplyDelete
  10. Aku juga beli susu buat teteh Neyna kemarin online di shopee gratis ongkir dan harganya lebihmurah untunglah aku ini cermat milih2 harga jadi bisa hemat deh beli susu hehehe *muji diri snediri :D

    ReplyDelete
  11. Anakku udah 7 tahun tapi masih minum susu, Mba. Menurutku susu memang penting sih untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita :)

    ReplyDelete
  12. Sekarang kita gak perlu susah-susah ke suparmarket untuk beli susu anak-anak kita yaa, Mba. Cukup dibeli lewat online aja, apalagi sekarang banyak ecommerce yang memberikan fasilitas bebas ongkir, makin mudahlah para ibu membeli susu anaknya tanpa perlu keluar rumah :)

    ReplyDelete
  13. aku baru tahu kita bisa beli susu online. apa nanti packingnya dikasi es atau gimana ya mengingat susu itu termasuk produk yang cepat rusak jika di suhu ruang.

    ReplyDelete
  14. Anak aku yang bungsu full ASI, tapi Kayla anak pertamaku campur ASI dan sufor jadi aku paham banget sama yang dimaksud nyinyiran unfaedah itu lah ehe ehe ehe semangat yaaaah! Yang penting adek Iyan sehat terus dan kebutuhan gizinya terpenuhi :))

    Wah, asyik sekali yah sekarang beli susu bisa via online di Shopee. Jadi lebih praktis :))

    ReplyDelete
  15. Aku sampe seumur ini aja masih minum susu. Hehehehe. Suka soalnya. Apalagi yang gurih dan full cream

    ReplyDelete
  16. Saya juga pernah beberapa kali beli susu secara online. Enak malahan gak perlu keluar rumah

    ReplyDelete
  17. Di shopee, kita bisa beli apa aja ya. Termasuk susu anak. Kalo aku kemarin beli seprai di Shopee.

    ReplyDelete
  18. Bener banget temennya Mba. Aku setuju, jangan terlalu ego dengan prinsip sendiri, lebih penting memikirkan kesehatan anak juga. Kesehatan anak adalah yang no.1 kalo menurut aku sih :)

    ReplyDelete
  19. Adek Fawwaz jg udah minum sufor ini, apalagi sejak lepas nenen, dia minumnya yg rasa Vanila. Klo UHT blm pernah cobain, anaknya blm tahu minum pake sedotan. Udah dicoba ajarin tp tetap blm bisa. Yasuudd. Hidup botol deh.

    Saya jg sejak kenal Shopee belanjanya pasti di Shopee. Secara free ongkirnya itu menolong banget bagi saya yg tinggalnya di daerah gini. Ongkir mahal cyiiiinn 😁
    Pokoknya beli apa aja sukanya di Shopee! :)

    ReplyDelete
  20. Sekarang beli susu pun bisa juga via online ya. Kalo belanja di Shopee suka dapat diskon ongkir yaaa

    ReplyDelete
  21. Susu emang penting banget untuk pertumbuhan anak apalagi elanja di shopee ya mbak

    ReplyDelete
  22. Aku lebih suka kasih anak susu UHT mba nggak ribet hihihi, sekarang tinggal klik barang dateng ya mba

    ReplyDelete
  23. di shopee pi pi pi ... anakku nih yang hafal kalau belanja ya di shopee :))

    ReplyDelete
  24. Aku pernah beberapa kali beli susu di marketplace. Tapinya susu bubuk. Kalo susu cair akut knapa-knapa. Lumayan lebih murah ya dibanding di minimarket deket rumah.

    ReplyDelete
  25. Toss dong mbak buat pelanggan shopee.
    Pilihan toko dan produknya lengkap banget dan gratis ongkir

    ReplyDelete
  26. Anak saya juga minum susu, karena memang doyan heheeh. Tapi tetap saya batasi sih, ngga boleh kebanyakan biar porsi makanan lainnya ngga terganggu :)

    ReplyDelete
  27. Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi ya kak hehe. Btw belanja online emang bahagia banget ya tinggal klik klik bayar terus barang sampai hehe.

    ReplyDelete
  28. Mungkin susu yang dimaksud susu kemasan ya mba klo susu segar khawatir rusak selama pengemasan n perjalanan

    ReplyDelete
  29. Susu memang penting ya utk pertumbuhan dan perkembangan anak kita. Beli online biasanya lbh murah ya Mba...

    ReplyDelete
  30. Ada yang nggak setuju orang dewasa or anak-anak minum susu, katanya begini begitu. Buat saya sih asal halal dan tidak berlebihan why not. Kan salah 1 minuman kesukaan nabi juga. Anak2pun suka minum susu sapi segar, kandungan nutrisinya juga bagus kan ya ^_^

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V