10/19/18

Pekan Menggendong Internasional 2018 bersama PVJ Babywearers

Hai, postingan saya kali ini akan bercerita tentang pengalaman perdana saya ikutan kopdar dengan salah satu komunitas menggendong di Bandung yaitu PVJ Babywearers, Sebenarnya saya sudah mengenal PVJ Babywearers ini sudah cukup lama. Namun saat itu saya hanya sekedar tau dan masih malu-malu kucing mau bergabung. Sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk bergabung di bulan Agustus kalau enggak salah sih. Dan itupun saya hanya menjadi silent reader di WAG PVJ Babywearers.


pic doc PVJ Babywearers

Mengenal PVJ Babywearers

Mungkin ada yang masih asing mendengar komunitas PVJ Babywearers? Atau berpikir gendong anak aja ada komunitasnya? Yuk kenalan, PVJ Babywearers adalah sebuah komunitas menggendong anak di kota Bandung. PVJ Babywearers sendiri belum lama terbentuknya sekitar bulan Desember 2017 yang lalu. Menurut salah satu admin dari PVJ Babywearers Teh Fitri Setyaningsih visi dan misi dari komunitas ini adalah mensosialisasikan pentingnya menggendong anak. Dan mengedukasi para orang tua tentang cara menggendong anak yang optimal. Nah, visi dan misinya cocok banget dengan saya yang masih belajar menggendong yang aman dan nyaman, jadi saya pun merasa tidak salah masuk komunitas donk.

pic doc PVJ Babywearers

Bagaimana cara PVJ Babywearers mensosialisasikannya? Salah satunya ya dengan mengadakan kopdar anggotanya ditempat umum. Selain itu juga ada WAGnya dimana kami para ibu-ibu penggendong bisa saling sharing ilmu menggendong, selain itu juga di WAG kami juga sharing tentang yang lain juga seperti membahas MPASI, tumbang anak, sampai diskonan pun kami sharing kan sharing is caring donk hehe.

Kopdar PVJ Babywearers

pic doc PVJ Babywearers

Tanggal 7 Oktober 2018 kemarin PVJ Babywearers mengadakan kopdar dalam rangka memperingati hari Pekan Menggendong Internasional 2018, acara diselenggarakan di Taman Lalu Lintas. Untuk acaranya sendiri GRATIS tapi hanya bayar tiket masuk ke Taman Lalu Lintas saja itupun bayar masing-masing dan untuk makannya juga bawa masing-masing, jadi kopdar ini sungguh tidak memberatkan yang berat itu saat anak-anak rewel hikss.

Acara Kopdar PVJ Babywearers

Acara dimulai pagi hari sekitar jam 9, kenapa pagi hari? Karena kalau siang dikwatirkan anak-anak sudah lelah dan mengantuk lalu jadi rewel, emak-emaknya enggak bisa fokus nanti. Saya datangnya sekitar jam 10, sempat bingung cari-cari dimana berkumpulnya karena memang sedang ramai sekali. Terus sidik-sidik ada kumpulan ibu-ibu dengan gendongan kecenya, yang terbesit dalam hati "Oh, itu mereka mungkin ya?" awalnya ragu malu-malu nyamperinnya. Tapi udah kagok ah masa udah sampai enggak disamperin. Jadi tarik urat malu dan bergabung dengan Ibu-Ibu PVJ Babywearers.

Saya sendiri sepanjang acara enggak banyak bicara, karena memang masih canggung bingung hehehe maklum orang intovert seperti saya memang agak sulit berbaur. Tapi saya pribadi sangat senang sekali bisa datang ke Acara kopdar ini.

pic doc PVJ Babywearers

Saya datang agak telat dan pulang lebih dulu hehehe jadi tidak mengikuti rangkaian acara secara utuh. Acara kopdarnya sendiri kami saling sharing tentang menggendong dan juga bahas yang lain sih ya namanya juga Ibu-Ibu, dan disana juga kami bisa saling mencoba gendongan. Yang seru itu saat PVJ Babywearers dance dipanggung yang ada di Taman Lalu Lintas. Sungguh itu diluar rencana, awalnya kami bingung akan dance dimana karena lahan padat banyak pengunjung. Akhirnya coba ke panggung saja yang kebetulan sedang ada band yang nyanyi.

Setelah mendapat persetujuan kami pun naik ke atas panggung, eh saya enggak ikut sih karena saya enggak pede jika harus dance didepan orang banyak. Begitu Ibu-Ibu PVJ Babywearers naik panggung langsung deh taman lalu lintas bergoyang haha lebay ya. Tapi benar koq kami langsung menjadi pusat perhatian, bahkan ada Ibu-Ibu yang diluar komunitas kami ikut bergoyang mengikuti gerakannya.


Selesai dance kami kembali ke lapak hehe ke tempat awal kami duduk untuk makan siang, kebetulan memang saya juga sudah lapar dan inget anak-anak juga belum pada makan. Selesai sesi makan, saya pamit duluan pulang karena pengen ngajak anak-anak muterin Taman Lalu Lintas dan si Abi juga lagi buru-buru karena sorenya ada jadwal main bulu tangkis dengan teman-temannya.

Saya senang sekali bisa hadir dalam kopdar kemarin dan senang juga bisa menjadi bagian dari komunitas PVJ Babywearers, Mungkin saya harus sering-sering ikutan kopdar biar enggak canggung lagi. Terima kasih ya Bunda-Bunda PVJ Babywearers ilmu dan sharingnya.

Salam gendong :)




CatatanRia.com

27 comments:

  1. sayaaaaa bingung mau komen apaa .. salam gendong ajaa teh hihiihi .. terus semangat nulis yaaa .. keren kereeen 😘😘😘

    ReplyDelete
  2. Mantap teteh....
    Saya pun silent reader yupz.. malu pisan buat berbaur.. engga pede.. wkwkwkw
    Salam kenal teteh

    Salam menggendong

    ReplyDelete
  3. Ini di Bandung ya, mbak?
    Aku baru tau ada komunitas ini, mungkin krn anak2 ku uda besar juga ya, hihihi.

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada pekan menggendong juga ya. Dan gak semua tau cara menggendong dengan benar, bagus ada komunitasnya jadi bisa sharing ilmu

    ReplyDelete
  5. Seru ya ada komunitas menggendong gitu,, jaman dulu punya anak tak ada komunitas buat berbagi kaya gini, saya pun kalau gendong anak ya gendong aja gitu pakai kain wkwkw.

    ReplyDelete
  6. Waaah seneng ya ibu ibu jaman now, sudah banyak komunitas yang mengapreasiasi dan mensupport para ibu yang aktifitasnya gak jauh-jauh dari gendong anak. Kalau jaman dulu kan ndak ada sama sekali ya, mengendong ya masih konvensional gitu

    ReplyDelete
  7. Aku dari zaman SD sudah belajar gendong bayi. Tadinya aneh waktu SMA dan temenku takut2 gitu pegang bayi. Kebiasaan orang ternyata beda2 dan kini dia udah gendong duluan

    ReplyDelete
  8. Asyik banget ya Mbak, di Bandung ada komunitas spt ini. Pertemanannya jadi makin luas dong. Makin banyak ilmu juga pastinya. Ayoo dong Mbak, kan Blogger. Gak harus malu2 mulu doong, heheheh

    ReplyDelete
  9. Baru tau bahwa ada komunitas buat gendong anak. Apa berarti kalo anaknya dah ga digendong lagi anggotanya harus keluar dari komunitas ini?

    ReplyDelete
  10. aku baru tau teh ada PVJ babyweares kalau ikutan juga pasti sama kayak teteh malu2 gitu deh hehe

    ReplyDelete
  11. Ternyata menggendong anakpun ada komunitas nya ya..keren juga nih jadi bisa saling sharing bagaimana cara menggendong anak yang benar.

    ReplyDelete
  12. Pernah liat di youtube bapak-bapak ngedance sambil gendong anak-anak mereka.. Selamat mengendong

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah nih gabung sama komunitas menggendong, pingin deh, biar lebih tau ilmunya

    ReplyDelete
  14. Ternyata ada komunutasnya juga, ya. Seru dong kalau begitu. Tapi, saya juga termasuk introvert. Jadi paling kalau kayak begini, biasanya mengamati aja :D

    ReplyDelete
  15. Mba, kayaknya beberapa daerah juga melakukan kegiatan seperti ini ya. Aku ya baru tahu kalau ada komunitas ini dan mnurtuku bermanfaat buat ibu ibu :) . Menggendong skaligus mendekatkan ibu ke anak ya

    ReplyDelete
  16. Jaman aku masih gendong gendong belum ada komunitas kayak gini, kalau ada pasti udah ikutan juga secara aku suka banget ngompulin Gendongan macam-macam :))

    ReplyDelete
  17. Seru ya ada komunitas menggendong, kalau saya sudah lulus dar urusan gendong menggendong, hehehe...sesekali sih si kecil minta digendong tapi nggak pakai gendongan, udah ga kuat, pegel pinggang

    ReplyDelete
  18. Wah seru, ya. Jaman anak-anak saya bayi-batita, belum ada nih komunitas menggendong. Tujuannya salah satunya menyangkut bonding juga ya

    ReplyDelete
  19. Keren ya ibu-ibu zaman Now. Ada komunitas menggendong dan kece lagi. Aku dulu andalannya pakai jarik kain. Semakin lemes kainnya semakin enak buat gendong hahahahaha

    ReplyDelete
  20. Keren ini, banjir ilmu tentang menggendong. Kalau di Batam namanya Kepri Menggendong kalau nggak salah, Mbak. Saya belum join, tp suka kepo ilmu menggendongnya juga. Hehehe

    ReplyDelete
  21. Aiih kerennya bu ibu zaman sekarang ada komunitas menggendong segalaaa....makin banyj ilmu yaa

    ReplyDelete
  22. Menggendong pun harus benar caranya ya agar anak merasa nyaman selama ada dalam gendongan. Dulu pas anak2ku masih kecil aku selalu pakainya kain jarik mba :)

    ReplyDelete
  23. Wah seruuu, zamanku dulu kyknya gak ada komunitas mengendong ini hehe.
    Menggendong itu emang bikin bonding ibu anak jd kuat ya mabk :D

    ReplyDelete
  24. Asyik nih ada komunitas menggendong
    Makin nambah ilmu cara menggendong yang tepat.
    Biar anak gk salah posisi yg bs berakibat fatal

    ReplyDelete
  25. makin banyak komunitas mama-mama yaa. Tapi kayaknya komunitas menggendong ini baru ada di kota-kota besar deh, kalo di kota kecil seperti kotaku masih belum ada

    ReplyDelete
  26. seru banget nih ikutan komunitas gendong. Aku telat tahunya jadi waktu anak masih bayi ya asal aja gendongnya. Nanti deh kalau diberi rezeki anak kedua mau belajar menggendong yang benar.

    ReplyDelete
  27. Wah komunitas menggendong ini harus semakin disosialisasi, supaya banyak ibu yg mengetahui bahwa menggendong jg pny seni dan bisa nyaman.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V