8/21/18

Menggendong Bayi Kekinian yang Nyaman dan Aman

Menggendong adalah hobi saya. Sejak jaman Babang Iyas, saya suka gendong Babang kemana-mana. Baru libur gendong itu pas lagi hamil si adek, enggak kuat soalnya Babang udah 2 tahun jadi berat. Untung Babang mah bageur pisan, dibilang perut uminya ada dedek bayi jadi enggak kuat gendong eh dia mau ngerti. Dia lebih suka minta gendong ke abinya. Sudah merasakan deh suka dukanya menggendong.



Tapi waktu zaman Babang Iyas, saya masih buta ilmu menggendong. Tau sih tapi belum mengerti. Dan setelah adek lahir, saya mulai join di komunitas-komunitas menggendong dan akhirnya saya mendapat pencerahan tentang ilmu menggendong yang baik dan benar.

"Duh, rempong amat ya mamak kekinian gendong bayi aja ada ilmunya." (Keluhan emak sebelah)

Sebenernya enggak rempong koq masalah gendong menggendong ini. Gini aja deh bagi ibu-ibu yang seperti saya mengikuti ilmu gendong jaman now, memberi tahu ilmu menggendong ke ibu yang belum tau boleh tapi tidak MEMAKSAKAN atau merasa PALING BENAR. Lalu bagi ibu yang masih mengikuti cara menggendong klasik juga kalau tidak mau mengikuti ya sudah silahkan menggendong senyamannya saja, tidak perlu MENYIYIR atau merasa PALING BENAR juga. Jadi saya sih masih mendukung Stop Mom War.

Nganter sekolah anak, jadi terasa ringan

Seperti apa sih menggendong yang nyaman dan aman bagi saya?

Setelah saya bergabung dengan komunitas menggendong, dan saya membaca ternyata cara menggendong saya salah selama ini. Yuk simak nih menggendong yang nyaman dan aman berdasarkan ilmu yang saya pelajari selama ini..

1. T.I.C.K.S
Tight yang artinya erat sehingga bayi merasa seperti dipeluk ibunya, jadi hindari gendongan yang kendor. In view all the times yang artinya bayi selalu terlihat oleh ibunya, tidak tenggelam dalam gendongan agar ibu bisa mengetahui jalur nafas bayi tidak tertutup. Close enough to kiss yang artinya ibu dapat dengan mudah mencium kening bayi. Keep chin off chest yang artinya ibu perlu memperhatikan dagu bayi tidak menempel pada dada ibu, ini berbahaya bisa menutup jalur nafas bayi. Supported back gendongan yang dipakai ibu harus yang bisa menyangga punggung dengan baik untuk mencega bayi cedera, gendongan seperti apa? Gendongan yang saat menggendong kedua tangan kita bisa free.

2. M Shape
Apa itu M Shape? M Shape itu posisi kaki bayi saat digendong. Disebut M Shape karena saat digendong kaki bayi membentuk huruf M, posisi pantat bayi lebih rendah dari lutut bayi. Jika masih ada yang beranggapan posisi M Shape bisa bikin kaki bayi O itu mitos yaa, kaki bayi O itu karena faktor gen bukan karena posisi menggendong. Coba saja kalian lihat bayi yang sedang tidur pasti kakinya lebih sering mengangkang kan bukan lurus? Jadi posisi M Shape ini mengikuti posisi alami kaki bayi. Oh iya gendongan Hip seat tidak termasuk gendongan M Shape ya, soalnya kan lagi zaman nih pakai hip seat.

Pic from grup IBW

3. J Shape
Selain M Shape ada juga J Shape, sebenarnya saya masih belum mendalami untuk J Shape ini. Sepengetahuan saya J Shape ini posisi bayi saat digendong tegak membentuk huruf J bukan tiduran. Kebanyakan orang bilang gendong kangguru. Sebenarnya menggendong posisi seperti ini membuat kita lebih mudah melihat keadaan bayi, bagaimana jalan nafasnya tertutup atau tidak dan bayi menjadi lebih hangat dan nyaman karena merasa seperti didekap ibunya.

4. Memilih Gendongan yang Ergonomis
Gendongan ergonomis adalah gendongan yang sudah support TICKS dan M Shape, dan pastinya gendongan original bukan kw. Hiks nyesel dulu belum mengerti beli ssc kw yang harganya lebih  mahal dari ssc lokal yang ori. Seperti apa saja gendongan ergonomis? Bisa lihat digambar bawah ini.

pic from grup IBW


Itulah beberapa ilmu yang saya dapatkan tentang menggendong yang nyaman dan aman. Mudah bukan? Biasanya orang mempermasalahkan gendongan ergonomis karena rata-rata harganya cukup mahal. Sebenarnya ada yang murah koq, pakai kain jarik terus disimpul jangkar atau memakai tambahan ring jadi deh gendongan ergonomis. Malah menurut kebanyakan orang lebih nyaman menggendong memakai jarik. Oh, iya untuk ring yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih ring yang bercelah tetapi pilih yang tanpa celah karena lebih kokoh dan kain tidak akan terjepit ke celah ring. Nah, ini kesalahan saya juga memilih ringsling yang ringnya bercelah, sekarang sudah dimuseumkan gendongannya.

Saya sendiri kalau dirumah lebih suka memakai gendongan pouch untuk menggendong adek, tapi kalau pergi keluar lebih suka memakai ssc. Saya suka memakai ssc karena lebih gampang aja, tinggal klik klik jadi deh. Lain waktu saya akan review deh ssc apa saja yang sudah saya pakai.

Semoga bermanfaat ya tulisan saya ini, salam gendong.




CatatanRia.com

35 comments:

  1. makin banyak nih ilmunya ya Mbak..
    saya berarti salah nih kemarin beli hipseat, padahal udah jatuhcintrong sama ni barang.. keliatannya Adek pun tenang klo digendong disitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak salah diah, hip seat boleh digunakan. Cuma belum ergonomis, pemakaian dlm waktu lama (lebih dari sejam) bisa bikin pegel katanya

      Delete
  2. jaman sekarang sih model buat gendong bayi beragam ya

    ReplyDelete
  3. bisa jadi bahan referensi neh mbak kalau punya anak lagi. thanks for sharing

    ReplyDelete
  4. Saya sukanya pake yang hipseat. Pakai hipset juga nyaman ke anaknya. Mereka serasa duduk bukan digendong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, cuma klo hip seat kelamaan bisa bikin anaknya pegel. Kayak kita duduk lama suka pegel, kecuali sih anaknya emang nyaman duduk jd gak masalah

      Delete
  5. semenjak anak dah bisa jalan, aku lebih seneng taruh stroller aja wkwkwk.. abis gimanaaaa.... tiap mreka umur setahun pasti akunya hamil lagi.. dan skarang lg biasain nadine wat jalan sendiri kalau ngikut2 emaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2ku dari bayi anti stoller jadi gak kepake punya stoller hehe

      Delete
  6. Sampai umur berapa bulan mba kepake nya gendongan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umur setahun udah mulai jarang gendong, lepas gendongan anak saya umur 2 tahun. Itu jg karena saya hamil lg hehe kalo gak mungkin lanjutt

      Delete
  7. Aku juga suka gendong, apalagi gendongan skrg lucu2 dan nyaman dipake. Yang nyinyir mah hempaskan sajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk senyumin aja biar dapat pahala mba

      Delete
  8. Penting banget ini gendongan bayi. Supaya kaki bayi tidak letter X atau letter O. Karena tulang nya masih lembek. Dibutuhkan treatment yang baik untuk mendukung tumbuh kembang optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa posisi M Shape sangat baik untuk pertumbuhan tulang

      Delete
  9. Saya paling menyerah deh kalau disuruh gendong pakai gendongan. Anak-anak saya juga selalu rewel kalau saya gendong mereka pakai gendongan. Herannya kalau suami yang gendong, anak-anak kelihatan nyaman hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba anak mah beda2, klo anakku dari orok anti sana stoller gak bertahan 😁

      Delete
  10. pelajaran yang sangat bermanfaat nih Mbak.. penting banget untuk dipraktekkan, secara menggendong itu bisa meningkatkan bonding ibu dengan anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba salah satu keuntungan menggendong bisa membangun bonding ibu dan anak

      Delete
  11. Coba dari dulu aku baca ini ya, ,
    Tapi emang bener gaya seperti ini memang cara terbaik. Aku pernah baca di salah satu puskesmas, cara seperti ini juga memudahkan ibu saat anak rewel minta gendong namun bentrok sama kerjaan rumah. Ya mirip2 gendong koala gitu. Intinya selama ini saya salah gendong anak waktu kecil.. you know lah gendong kesamping di antara pinggang waktu usia 1 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah masuk ya ke puskesmas disana wahhh hebat 😍. Sama mba aku jg baru belajar ini,kemaren masih salah 😁

      Delete
  12. Punya anak mau lima, tapi aku ga pandai menggendong karena jarang gendong. Mota ke lima ini bisa banyak tahu macam macam cara menggendong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti anteng-anteng ya mba anaknya malah enak itu mbs

      Delete
  13. Gendongan bayi jaman sekarang ini banyak macamnya jadi si ibu terbantu banget kalau pas harus gendong ketika tidak ayahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba pas ada tugas negara, pas anak rewel. Lumayan tetep bisa tetep kerja tgas negara sambil menggendog

      Delete
  14. Saya suka dengan gendongan kaos atau geos. Lebih praktis dan simpel. Lebih seneng juga kalo masak didaput sambil pake geos.

    ReplyDelete
  15. Sejak kenal berbagai jenis gendongan ergonomis aku jd jatuh cinta dengan menggendong 😍

    ReplyDelete
  16. Setelah aku tahu cara menggendong yang baik, aman dan nyaman buat ibu dan bayi, akupun pilih gendongan SSC merek lokal. Rasanya enak banget di badanku, nggak begitu pegel di pundak.

    ReplyDelete
  17. Kalau urusan gendong pakai kain atau sejenisnya, aku ga jago mba. Apalagi pakai jarik. Tapi dlu pas anak sakit kan lebih tenang kalau digendong pakai jarik, eh aku susah pakainya ampe diketawain suami. Akhirnya suami bantu pasangin. Hhehee

    ReplyDelete
  18. Zaman now ada ya grup2 gendong bayi, zamanku dulu aku blm kenal hehe. Aku termasuk yg gak tahan gendong pakai gendongan, lbh sering mendekap tanpa alat. Mungkin krn jarang keluar rmh jg. Skrng pilihan gendongan ergonomis banyak yaaaa. Membantu ibu2 yg aktif keluar sama anak.
    Gendongan anak2 dulu msh ada sih, pengen kukasi ponakan kalau ada ponakan haha

    ReplyDelete
  19. Belum begitu pengalamn soal gendong menggendong baby mbak, tapi jadi catatan saya jika punya anak nantinya

    ReplyDelete
  20. Mbak ilmu nya bermanfaat banget, ini aku lagi banyak belajar tentang dunia pergendongan hihi pasti seru banget nih kalau bisa hadir ya

    ReplyDelete
  21. Penting niihh. Aku suka gemas liat bayi masih kecil banget tapi ngegendongnya udah di ngangkangin kakinya. Kan kasian ya...

    ReplyDelete
  22. saya pernah nyobain gendong anak pake model M shape itu mbak, pake gendongan sling gitu, malah melorot terus anaknya heuheu akhirnya ya balik lagi ke posisi biasanya deh, menyamping

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V