8/28/18

Syarat Dasar Menjadi Seorang Blogger

Jika dihitung-hitung berapa lama sudah saya menjadi seorang blogger, ternyata sudah cukup lama sekitar 10 tahun saya berada di dunia blogging. Sudah berapa banyak nih prestasi yang saya dapatkan dari dunia blog? Jawabannya Nol hahaha. Saya memang belum pernah mendapatkan pencapaian yang berarti selama menulis blog. Namun bagi saya pribadi tujuan menulis blog bukan sekedar memenangkan sebuah lomba blog ataupun mendapatkan banyak job menulis, menurut saya itu hanyalah sebuah bonus. Tujuan saya menulis blog adalah saya mendapatkan kepuasan dari setiap tulisan yang saya buat.



Hadeuh... Terkesan munafik banget ya tujuan saya? Tapi memang itulah yang menjadi prioritas saya, mendapatkan kepuasan dalam setiap tulisan yang saya buat. Jika tulisan yang saya buat ternyata bisa mendatangkan rezeki, mendapatkan prestasi, dan menyenangkan pembaca maka itu adalah bonus istimewa bagi saya.

Apakah ada yang ingin mejadi blogger juga? Apa saja sih yang diperlukan sebagai seorang blogger?

Ketika kalian menjadi seorang blogger pasti kalian akan terjebak dalam dunia blog dan sulit untuk meninggalkannya. Karena itulah yang saya rasakan setelah menjadi blogger, beberapa kali saya pernah vakum dari menulis blog tapi tetap saja saya akan kembali lagi menulis blog. Karena menulis blog itu sangatlah menyenangkan.


Nah, untuk menjadi seorang blogger itu syarat utamanya ya kamu harus suka menulis. Menulis apa? Menulis apapun yang suka kamu tulis, seperti saya yang suka menulis diary dulu sebelum kenal blog. Daripada kamu hanya sekedar menulis status di sosmed, lebih baik dituliskan dalam blog bisa lebih panjang dan lebar daripada status sosmed. 

Rajin mengupdate pengetahuan, maksudnya harus tau berita-berita terbaru atau apapun yang sedang kekinian. Karena ini bisa menjadi ide untuk kamu menulis blog. Biasanya juga tulisan tentang yang kekinian juga suka bikin rame pengunjung, pasti senang donk kalau banyak baca tulisan yang kita buat.

Selain itu menjadi seorang blogger juga harus suka memotret dimanapun dan kapanpun. Karena hasil dari jepertan kita nantinya bisa dijadikan foto pendukung dalam artikel yang kita buat. Semakin bagus dan menarik foto yang kita tampilkan di blog maka akan semakin menarik untuk pembaca blog kita. Ya, syukur-syukur pembaca blog kita akan setia terus membaca artkel yang sudah kita buat.

Gimana susah kah menjadi blogger?

Enggak donk ya syaratnya kan mudah-mudah, tapi itu hanya menurut pendapat saya ya seorang blogger amatir. Saya sendiri pun masih belum bisa menampilkan foto yang ciamik dalam setiap blogpost yang saya buat. Selama memotret saya hanya mengandalkan kamera handphone saja, jadi hasilnya masih kurang memuaskan bagi saya.

Dulu sih saya suka memakai kamera digital, tapi sayang kameranya sudah rusak dan sudah dimuseumkan. Sebenarnya kamera handphone juga lumayan sih kalau kita bisa memakainya, namun ada kelemahan dari kamera handphone. Kadang saat ada momen diluar rumah yang kece banget seperti anak-anak lagi pas kece untuk difoto eh batre handphonenya habis, jadi terlewat deh momen itu. Atau sedang liputan blog diluar, lagi asyik foto-foto eh batre handpone habis bete banget deh banyak momen yang terlewat jadinya.

Jika memakai semacam kamera khusus kan setiap momen penting tidak akan terlewat karena biasanya batre kamera jauh lebih hemat dibandingkan batre handphone. Saya sih udah colek-colek suami siapa tau mau nambahin dana untuk membeli kamera baru. Salah satu kamera yang menjadi incaran saya adalah kamera GoPro. Sempat bingung juga dimana mencari daftar harga kamera GoPro yang murah? Eh, ada yang bilang coba saja cari di salah satu ecommerce terkenal seperti blibli,com katanya sih murah-murah disana.

pic from blibli.com

Berharap suami menerima colekan saya hahaha maksudnya semoga dia bersedia nambahin atau beliin deh si kamera GoPro biar foto-foto makin kece lagi.




CatatanRia.com

5 comments:

  1. Dengan menulis kita bisa mengeluarkan isi pikiran kita, syukur-syukur kalau mendatangkan rezeky ya alhamdulilah. ya gak mbak?

    ReplyDelete
  2. Sama mbak saya juga pengen beli kamera baru. Tunggu ada rezeky. heheh

    ReplyDelete
  3. Kalo ditanya tujuanku ngeblog, sama kok mba. Hanya utk nyalurin hobi nulis. Blm kepengin cari uang dr situ. Ikut lomba aja ga prnh juga, kecuali sekali doang, itupun ug ngadain twmen blogger sendiri wkwkwkwk. Nulis itu bisa ngilangin stress ya. Rasanya semua ug ngeganjel bisa plong kita stlh ditulis.. :)

    ReplyDelete
  4. Setuju. Syarat dasar menjadi blogger kudu punya passion menulis dan konsisten menurutku.
    Dan kalau bisa memberikan manfaat atau bahkan menginspirasi.

    Mood ngeblog juga bisa naik turun, kayak dollar aja, hahaha...
    Jadi harus siap dengan solusi saat mood terdegradasi, ini sekaligus self reminder juga lho, xixixi.
    Tuh, kan, malah curhat jadinya ;)

    ReplyDelete
  5. Semangat kadang naik turun. Tapi suatu saat kalo anak baca tulisan2 kita dia bangga punya ibu pinter nulis. *mywish*

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V