Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

1/13/16

Toddler Activity : Flabby Jelly

Saya iseng bikin permainan sensory play untuk iyas, sebenarnya bukan iseng juga sih waktu saya lagi mengikuti challange dari IndonesiaMontesseri. Ya walaupun saya akhirnya tidak full memenuhi semua challlange dari IndonesiaMontessori, karena alasan simple saja biasa emak - emak galau yang moodnya suka naik turun.

Resep bikin flabby jelly ini juga saya dapatkan dari websitenya IndonesiaMontessori.com, bahan yang digunakan mudah dan murah.

Resep sensory play flabby jelly
Bahan
1 sachet nutrijell (saya yang warna polos)
pewarna makanan (warna bebas)
2 liter air

Cara membuat
1. Masak nutrijell dengan 2 liter air, masak hingga mendidih, kemudian tuang ke dalam wadah (saya pakai nampan).
2. Beri pewarna makanan sesuai selera, kalau saya pakai warna merah dan kuning.
3. Dinginkan (saya cukup didinginkan disuhu ruangan), saat jelly sudah set mainkan deh bersama si kecil.

Iyas senang banget main ini, lumayan bertahan lama. Cuma ya gitu saya harus extra perhatikan karena kalau lengah si jelly udah masuk ke mulutnya, walau flabby jelly ini aman tetap saja iyas saya ajarkan untuk tidak memakannya. Dia harus belajar mana makanan dan mana mainan. Awalnya sama iyas hanya ditowel -towel aja hihihi masih bingung kali ya itu apaan kenyel. Lalu saya ajarkan dengan menarik flabby jelly menggunakan garpu dan tangan, baru deh dia ngikutin dan merasakan sensasi enaknya main flabby jelly. Btw narik flabby jellynya pelan - pelan aja ya biar enggak mudah hancur.

Permainan ini bagus untuk melatih sensory iyas indera perasa iyas, melatih konsentrasi dan juga melatih pengenalan warna untuk iyas. 1 resep flabby jelly ini bisa jadi banyak loh, 2 nampan ukuran besar. Saya dan iyas hanya memainkan satu nampan saja, satu nampan lagi saya simpan dikulkas untuk dimainkan besoknya. Reaksi iyas sewaktu saya isengin jellynya saya tempelkan ke kaki dia, dia langsung kelihatan jijik dan langsung disingkirkan tapi lama kelamaan sih dia jadi biasa aja enggak jijik lagi. Saya paling lucu lihat expresi iyas saat lihat flabby jelly jatuh ke ubin karena dilempar dia sendiri eh dia teriak kaget sendiri sambil bilang "yahhhh" hahaha.  Usai memainkan permainan flabby jelly saya tidak perlu bersusah payah menyapu karena sudah ada iyas yang menyapu, iyas kalau melihat saya nyapu pasti deh maunya ikutan nyapu. Enggak pernah saya larang sih kalau dia mau bantu nyapu, ya berharap kalau sudah besar nanti juga mau nyapu bantuin uminya.




CatatanRia.com

4 comments:

  1. Iyas mirip uminya yaa.. abis maen minta pudding beneran sama umi hehe. Seru klo lg ngajak anak maen yah mba, ekspresinya ngga ada duanya

    ReplyDelete
  2. kalo gitu jellynya jangan pakai gul aya biar ga lengket di lantai :)

    ReplyDelete
  3. wih aku kok sayang yaa kalo makanan dijadiin mainan. hihihi

    ReplyDelete
  4. Klo Faraz pasti bakalan langsung dimasukin ke mulut, semuamuaa pengen dimasukin ke mulut. Tp klo makanan yg harus masuk malah susah...huhuhuhh

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V