Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

9/20/11

Makanan khas Aceh Mie Aceh

Kota Aceh, jujur saja aku kurang mengenal sejarah dan budaya yang ada disana. Namun jika aku ditanya "apa yang kamu ketahui tentang Aceh?" maka jawaban yang langsung terlintas di pikiranku adalah salah satu makanan khas dari Aceh yaitu Mie Aceh. Aku memang termasuk penggemar mie, segala jenis mie aku suka sekali. Namun untuk mie aceh aku belum pernah mencobanya dan sampai sekarang masih penasaran dengan rasanya. Kebetulan memang jarang yang menjual mie aceh di daerah tempat tinggalku.
Foto from detikfood

Dulu sempat pernah ada yang menjual mie aceh dikomplek dekat rumahku, gak deket juga sih butuh 10 menit dengan motor untuk kesana. Setiap pulang kuliah aku selalu tergiur ingin membelinya, tapi sayangnya aku malas turun naik angkot. Karena rasa malasku itu sampai sekarang aku belum pernah mencobanya, yang jualan dekat rumahku sudah gak ada lagi entah pindah kemana. Sebenarnya di mall ada yang menjual mie aceh, tapi aku maunya beli di pinggir jalan biar pas sesuai di kantong hehehe.


Aku penasaran seperti apa rasa mie aceh dan apa saja yang ada di dalam mie aceh. Aku sempat searching di google mencari resep dari mie aceh. Dan kudapati kalau isi dari mie aceh itu terdiri dari mie yang besar (seperti lo mie mungkin ya), ada sayuran seperti tauge dan kol, ada dagingnya dan pastinya bumbunya kaya akan rempah-rempah indonesia. Mie aceh sendiri ada dua jenis ada mie goreng aceh dan mie kuah aceh, kalau aku penasaran sama yang kuah. Hmmm aku membayangkannya saja sudah bikin cacing dalam perutku bergejolak, pasti lezat. Tapi sepertinyan mie aceh ini masakan perpaduan dari aceh dan china kali ya, kan mie itu sendiri konon terbuat dari chinna *CMIIMW*.

Waktu itu sempat membaca blog meutia dia cerita habis makan mie aceh di Aceh seharga Rp. 5000,- satu kata "WOW" hehe masih ada ya makanan semurah itu, tapi kalau soal rasa hanya meutia yang tau karena dia yang merasakannya.

Tulisan tentang Mie Aceh ini menjawab pertanyaan dari Giveaway Meutia "Apa yang kamu ketahui tentang Aceh?". Ada diantara kalian yang mengetahui tentang Aceh ikutan juga aja Giveaway Meutia ^____^.



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

19 comments:

  1. makasi ya Ria udah ikutan. Aceh memang paling terkenal dengan Mie nya. Bentuk mie lebih mirip sama spagethi deh kalo kata gw.

    untuk mie Rp. 5000 itu, enaknya subhanallah. mungkin karena rempah2nya langsung dr kebun sendiri, makanya murah dan enak bgt :D

    ReplyDelete
  2. hm ga tahu ga pernah,pengen nyoba teteh :'(

    ReplyDelete
  3. Belom pernah makan mie Aceh... *sigh*

    ReplyDelete
  4. aku suka mie aceh yang di goreng atau di tumis, kalau di rebus gak terlalu suka

    ReplyDelete
  5. Riaaaa..
    kok sama sih kesukaan kita mi? heheheh

    Ria, disini mie aceh nya enak lho ria, aku kayaknya pernah posting deh tentang mie aceh itu. cuman rp 12.000,-

    enaaaakkkkkkkkk

    isinya mie, kepiting, udang, hati ayam, ditaburin emping dan krupuk, ada kacang goreng, pedes, bersantan, dan sluuuuurrrrrrppppp....

    enak....

    http://meilyadwiyanti.blogspot.com/2011/05/mi-aceh-di-taman-bunga-delicious-so.html

    hehehehe. ayo Ria, makan mie aceh!!!

    dan smoga menaaang yaaaaa......

    ReplyDelete
  6. di dekat tempatku tinggal juga ada kios mie aceh, tapi saya lebih senang bakmi jawa. atau mie instan, lebih murah.

    ReplyDelete
  7. sebenernya sy penasaran dgn mie aceh, tapi belum pernah nyobain. Padahal sering ngelewatin kedai mie aceh ...

    sukses dgn lombanya ya ..

    ReplyDelete
  8. aku ga begitu apal permian
    orang kalo beli bakso apa mie ayam juga ga suka pake mie

    ReplyDelete
  9. Oh...Mi-nya ikut Lomba ye??
    Hehehehe

    Jangan lama2 ye, takut Basi.. :-)

    ReplyDelete
  10. kalau aceh daku taunya tari Saman dan Tsunami doang,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  11. ak pernah coba yang mie goreng-nya, rasanya kayak emm ya kaya akan rempah2 dan wangi kari gitu.
    makannya pake potongan lemon gitu klo g salah

    ReplyDelete
  12. di Bali ada dikenal rambutan bernama Aceh tapi ga tau deh apa dari aceh juga

    ReplyDelete
  13. waduh, makanan. jam segini di indonesia tengah mah, perut dah mulai labil. wkwkwkkwkwkkk

    ReplyDelete
  14. mau banget makan mie aceh, musti aku cari di ciputat nih dimana ada yg jual

    ReplyDelete
  15. Wah aq jg suka mie lho. Tp ga pernah makan mie aceh hikz

    ReplyDelete
  16. udah gak banyak komen, langsung santap ahhhhhhhh,,, hehehe
    bungkus ya non, yg pedes.

    ReplyDelete
  17. aku pernah nyobain mie aceh baik yg rebus mau pun goreng, roti cane nya juga dah pernah, tapiiii maafff bgt, aku nggak doyan :(

    rasanya gak sesuai dg lidah betawiku, hehehe, maklum, aku terbiasa dg mie tek2. lagipula, mungkin krn terlalu banyak rempah2nya kali ya jd menurutku rasanya aneh, tp jujur tampilan mienya menggiurkan, sukses ya untuk giveaway nya....... :)

    ReplyDelete
  18. wahhhhh ... yummy banget nih mie-nya ... mauuuuuuuuuu :D

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V