5/7/21

Jadi Orang Tua Kebanggaan bersama SMA Pintar Lazuardi

Tidak terasa ya sudah satu tahun lebih kita mendampingi anak-anak belajar dirumah, dari yang awalnya kaget dan bingung namun sekarang sudah mulai terbiasa dengan sistem pembelajaran yang baru ini. Tentu saja awalnya dulu saya kaget karena sudah terbiasa mempercayakan guru untuk masalah pendidikan anak namun berubah saya sebagai orang tua ikut serta dalam pembelajaran anak. 




Menurut saya sih orang tua ikut serta dalam pembelajaran anak-anak ada plus minusnya, nilai plusnya tentu akan membangun kedekatan hubungan ibu dan anak, anak jadi merasa mendapatkan dukungan lebih dari orang tua. Lalu minusnya, mungkin masalah dalam berbagi waktu saja kalau untuk saya.


Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menghadiri Virtual Open House dan Webinar Parents & GenZ Menjadi Tim Solid, Gapai cita-cita. Acara kemarin inspiratif sekali untuk kami para orang tua, saya menjadi lebih tau apa saja yang anak butuhkan dan banyak lagi insight yang saya dapatkan.



SMA Pintar Lazuardi ini hadir dengan konsep Blended Learning yaitu konsep yang menggabungkan menggabungkan metode belajar online dan metode belajar tatap muka. 


Nantinya pada saat pembelajaran online, para siswa akan dibantu oleh LMS (Learning Management System) yang kemudian diberi nama Pintar (Pedagogycal Intelligence Architecthure).


Lalu pembelajaran tatap muka akan dilakukan di sekolah home based , yaitu :

  • SMA Lazuardi Global Compassionate School ( GSC) - Depok
  • SMA Lazuardi Ideal GCS - Purwakarta
  • Sekolah Lazuardi Kamila GCS - Solo
  • Sekolah Lazuardi Haura GCS - Lampung
  • Sekolah Lazuardi Athailah GCS - Makassar
  • SMA Hellomotion Tangerang Selatan

Prinsip Pendidikan di SMA Pintar Lazuardi

Yang membedakan dengan sekolah lainnya, salah satunya adalah dari prinsip pendidikan di SMA Pintar Lazuardi. Kepala SMA Pintar Lazuardi, Ibu Sonya Sinyanyuri mengemukakan isi dari prinsip pendidikan di SMA Pintar Lazuardi :

1. Pengembangan Karakter
SMA Pintar Lazuardi mengembangkan karakter siswa melalui program Gen Z Action dan juga penanaman nilai-nilai kepedulian (Compassionate Program)

2. Growth Mindset Approach (pola Pikir Bertumbuh)
Pada saat proses belajar SMA Pintar Lazuardi mendorong agar para siswanya aktif bertanya, praktik langsung dan berani untuk mencoba, tentunya semua didukung sepenuhnya oleh Guru-Guru secara bterus menerus sehingga proses berpikir siswa dapat terus bertumbuh

3. Siswa memiliki fleksibilitas 
Di SMA Pintar Lazuardi para sisa di beri kebebasan dalam menentukan waktu belajar, materi mana yang ingin dipelajari terlebih dahulu. Dengan cara seperti ini para siswa jadi memiliki proses belajar yang sesuai dengan keinginan dan minat mereka

4. Mengutamakan interaksi yang kuat antara Siswa dan Guru
Agar tercipta interaksi yang kuat antara Siswa dan Guru SMA Pintar Lazuardi terdapat community feedback system dan ruang diskusi yang terintegrasi dalam LMS

5. Berorientasi masa depan
SMA Pintar Lazuardi sangat memperhatikan masa depan para siswanya dengan laanan program pendampingan bimbingan karir dan personalized program

6. Membekali pengembangan keterampilan Abad 21
Adapun keterapilan yang diberikan SMA Pintar Lazuardi mencakup creativity, critical thinking, colloration, confidence, dan computational thinking


Proses Belajar di SMA Pintar Lazuardi

Untuk proses belajar di SMA Pintar Lazuardi Bapak Setiyo Iswoyo selaku Direktur SMA Pintar Lazuardi menyampaikan bahwa proses belajar menggunakan teknologi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan sekolah masa depan, dan siap mendampingi putra dan putri dalam menggapai cita-citanya.


Selain menyiapkan sistem digitalisasi, juga mempersiapkan model pembelajaran berbasis proyek. Untuk model ini diharapkan para siswa menjadi lebih peduli dengan masalah yang sedang terjadi disekitarnya, dianalisa dan ditemukan solusinya. Bapak Setiyo Iswoyo juga menyampaikan bahwa pada masa pandemi ini akan ada perubahan dalam cara pembelajaran, yang awalnya esensi pendidikan dari sekolah berubah menjadi di rumah dan sekolah berperan sebagai support system.


Menurut saya sistem belajar yang ditetapkan dari SMA Pintar Lazuardi sangat bagus sekali, karena cara pembelajarannya memperhatikan kebutuhan dan keinginan siswanya tentu akan membuat siswa bisa nyaman belajar. Semoga sukses terus ya untuk SMA Pintar Lazuardi.



CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V