4/15/21

Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami untuk Gangguan-gangguan Kesehatan

Temulawak termasuk satu dari sekian banyak rimpang asli Indonesia yang khasiatnya sudah tak perlu diragukan lagi. Umumnya rimpang temulawak ini mengandung senyawa kurkuminoid, minyak atsiri, protein, selulose, pati dan masih banyak lagi diantaranya. Jadi memang tak perlu diragukan lagi manfaat temulawak, karena komponen terbesar yang ada didalamnya adalah kurkuminoid yang juga termasuk zat pemberi warna kuning ini mengandung zat-zat aktif lain yang bagus untuk kesehatan layaknya germakron, tumeron P-toluilmetillkarbon.


manfaat temulawak


Meskipun tampak mirip namun ternyata temulawak dan juga kunyit ini berbeda. Perbedaannya sebenarnya dapat dilihat dari segi warnanya. Jika kunyit memiliki warna orange pada rimpangnya, maka untuk temulawak ini memiliki warna yang kuning. Bahan herbal yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, minuman sampai dengan obat-obatan karena khasiat yang dimiliki olehnya memang sudah tidak perlu diragukan lagi.


Manfaat Temulawak

Temulawak ini ternyata bisa menjadi obat alami untuk gangguan-gangguan kesehatan yang kita alami loh. Berikut ini diantaranya manfaat temulawak yang memang patut untuk Kamu ketahui, yaitu:


1. Mengatasi gangguan pencernaan

Temulawak ini dapat merangsang produksi cairan empedu, sehingga nantinya akan membantu pencernaan dan juga metabolisme makanan dalam tubuh lebih baik. Bahkan gangguan-gangguan pada sistem pencernaan yang lainnya layaknya perut kembung juga dapat diatasi. Tambahan lagi ia juga bagus digunakan sebagai bahan untuk membangkitkan nafsu makan. Bahkan ada juga jurnal yang mengatakan bahwa temulawak ini akan sangat membantu pasien yang mengalami peradangan usus.


2. Mengobati osteoarthritis

Ini adalah penyakit degeneratif yang memang rentan sekali menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut. Dimana ia akan membuat sendi terasa sakit dan juga kaku. Ternyata dengan konsumsi temulawak ini akan sangat membantu untuk mengatasi kondisi tersebut. karena efeknya sama ibuprofen yang mampu untuk menghilangkan rasa sakit.


3. Membantu dalam pengobatan kanker

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada temulawak ini sangat membantu di dalam pengobatan pasien kanker, diantaranya adalah jenis kanker prostat, kanker payudara maupun kanker usus. Hal ini sudah didukung oleh beberapa penelitian. Memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya kandungan antioksidan pada temulawak ini juga sangat tinggi.

Baca juga : Cegah Kanker dengan Hidup Sehat


4. Sebagai obat antiradang

Temulawak juga mengandung senyawa anti radang yang sangat bagus untuk menghambat produksi prostaglandin E2 yang memang dapat memicu peradangan. Itulah mengapa anti radang yang ada didalam bahan herbal yang satu ini dapat membantu untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan tersebut.


5. Menjaga kesehatan liver

Temulawak ini nyatanya juga mengandung senyawa yang mampu untuk melindungi hati dari hepatotoksin, seperti diantaranya adalah karbon tetraklorida dan juga acetaminophen. Karena memang organ hati ini juga bekerja keras dalam menetralkan setiapracun yang masuk dalam tubuh, sehingga ada potensi mudah mengalami kerusakan.


6. Obat jerawat

Jangan salah karena temulawak ini juga dapat dipakai sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit yaitu jerawat. Karena memang sifat astringent yang ada didalamnya berguna untuk mengurangi produksi minyak yang berasal dari kelenjar. Kandungan antiseptiknya juga sangat bagus untuk melawan bakteri yang jadi pemicu jerawat.

Baca juga : 5 Cara Aman dan Murah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


7. Obat diuretik

Manfaat temulawak yang lainnya adalah sebagai zat yang akan membantu membersihkan garam dan air yang menumpuk di dalam tubuh. Sehingga nantinya tidak akan ada penumpukan cairan. Zat ini nantinya akan merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak natrium dalam urine.

 

Gimana bagus sekali kan manfaat temulawak untuk tubuh? Untuk mengkonsumsi temulawak memang membutuhkan proses yang lumayan, tapi ada kok sekarang cara praktisnya tetapi khasiatnya tetap sama. Pakai saja produk Herbana Temulawak saja, lebih praktis bisa langsung dikonsumsi, tak perlu repot-repot mengolahnya.



Catatanria.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V