5/17/21

Kartini Masa Kini Mandiri Secara Finansial

Setiap tanggal 21 April kita selalu memperingati Hari Kartini, Ibu kita Kartini adalah sosok yang wanita tangguh di masanya yang memperjuangkan emansipasi wanita dan juga telah menerbitkan buku "Habis Gelap Terbitlah Terang". Itulah ingatan saya tentang Kartini, sejak dari jaman sekolah guru saya selalu menjelaskan siapa itu Kartini. 


mandiri secara finansial


Kartini Masa Kini Mandiri Secara Finansial

Seiring berjalannya waktu, umur saya pun semakin bertambah makna Hari Kartini menjadi berbeda untuk saya, sosok Kartini kini menjadi inspirasi saya dalam menjalani kehidupan menjadi wanita tangguh. Dimana saya selalu berusaha selalu bisa menjadi mandiri dalam menjalani kehidupan dan juga mandiri secara finansial. Apalagi setelah mengikiti acara bareng FWD Blogger Squad saya juga semakin melek tentang finansial juga.


Memang sih kita sudah memiliki suami yang bisa memenuhi kebutuhan kita secara finansial, namun karena saya sudah terbiasa pegang uang hasil kerja sendiri jadi rasanya ada yang beda saja hanya menunggu uang dari suami. Alhamdulillah suami selalu mendukung saya untuk punya penghasilan sendiri, lalu saya mencari uang di dunia online agar saya bisa tetap menjaga anak-anak.


Dalam rumah tangga memiliki double income dari suami dan istri, awalnya saya pikir akan menjadikan double power untuk kami, namun ternyata malah menjadi double trouble karena kami malah mempermasalahkan kemana perginya uang-uang kami. Akhirnya kami pun berdiskusi dan kami pun membuat kesepakatan akan pergi kemana saja uang dari hasil kerja kami. Dengan cara begini sih jadi terlihat jelas kemana uang kami pergi.


Kriteria Wanita Mandiri Secara Finansial

Kenapa sih wanita harus jadi Kartini Masa Kini mandiri secara finansial? Kalau untuk saya pribadi menjadi wanita yang bisa mandiri secara finansial itu bukan semata-mata ingin dihargai oleh suami, namun juga sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri membuat saya bangga akan diri saya sendiri bisa memiliki penghasilan dan bisa membahagiakan diri sendiri dan orang-orang yang saya sayangi dari hasil kerja saya.


Ada beberapa kriteria wanita mandiri secara finansial yang kamu harus pahami ketika kamu sudah menikah yaitu :



1. Memiliki Penghasilan

Ini seperti yang saya tuliskan diatas, sebagai wanita mandiri secara finansial harus memiliki penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memenuhi kebutuhan mendadak, risiko finansial yang mungkin bisa terjadi kapan saja, bahkan bisa juga digunakan untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Penghasilan dari istri pun bisa juga dipakai untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga jika ada kekurangan.


2. Memiliki Tabungan

Kebanyakan istri menjadi manajer keuangan di rumah tangga, jadi istri harus pintar dalam mengelola keuangan. Memiliki tabungan adalah hal wajib, tabungan ini bisa menjadi dana darurat jika sewaktu-waktu membutuhkan uang dalam waktu cepat, karena tabungan ini mudah untuk dicairkan.


3. Memiliki Proteksi Diri atau Asuransi

Seorang wanita yang mandiri secara finansial biasanya sadar akan pentingnya proteksi diri dengan asuransi, dan akan memproteksi diri sendiri dan juga keluarganya. Dengan memiliki asuransi maka pos-pos keuangan yang sudah kita kelola akan tetap aman pada posnya masing-masing tidak terganggu.


Salah satu produk asuransi yang harus kamu miliki adalah asuransi kesehatan, asuransi bebas handal yang bisa kamu beli secara online di FWD Insurance. Asuransi bebas handal dari FWD Insurance ini menawarkan manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat .inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp. 75 ribu dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp. 100 juta. Untuk produk asuransi syariah ini juga memiliki Manfaat Covid-19 tanpa tambahan biaya untuk seluruh nasabah aktif ataupun yang baru bergabung selama periode 1 -  30 April 2021 agar mendapat Manfaat Khusus Isolasi Mandiri (Isoman) serta perlindungan termasuk pengobatan selama isolasi mandiri.


Selain asuansi kesehata, kamu juga perlu memproteksi diri untuk menghindari risiko penyakit kritis agar kamu bisa terhindar dari rasa khawatir akan tingginya biaya perawatan yang bisa mengacaukan rancangan keuangan kamu yang sudah kamu kelola. Salah satu produk asuransi yang dapat menyelesaikan permasalahan penyakit kritis adalah FWD Critical Armor yang dapat kamu beli melalui jalur keagenan. Asuransi ini bisa menanggung hingga 3 kali lipat penyakit kritis major dan 1 kali penyakit kritis minor dengan total manfaat 420% dari uang pertanggungan. Nasambah selain mendapatkan manfaat meninggal dunia, nasabah juga akan dibebaskan dari membayar kewajiban premi sejak pertama kali didiagnosis penyakit kritis major dan 100% premi yang sudah dibayarkan tidak usah khawatir karena akan dikembalikan jika tidak ada klaim hingga akhir perlindungan.


4. Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Jika kamu sudah memiliki anak tentu pendidikan juga harus ikut diperhitungkan dalam rancangan finansial kamu. Mengingat biaya pendidikan yang tak murah dan setiap tahunnya akan naik biayanya. Mulailah merancang biaya pendidikan mulai dari TK sampai perguruan tinggi, semakin awal menyiapkan dana tentu akan semakin baik.


5. Memahami Pentingnya Investasi

Wanita yang mandiri secara finansial juga harus sadar akan pentingnya investasi. Dengan memiliki investasi maka akan berpotensi memiliki masa depan yang cerah. Dan hal ini tentunya akan membuat posisi keuangan kamu menjadi lebih terarah dan terukur.


6. Menyiapkan Dana Pensiun

Selama kita hidup tentu tidak bisa berkerja terus menerus apalagi jika usia kita sudah senja, tentunya tenaga kita untuk berkerja sudah semakin terbatas. Maka ada baiknya dari sekarang kita sudah menyiapkan dana pensiun, sehingga kelak kita akan menikmati hari tua dengan tenang dan bisa beristirahat tanpa harus berkerja keras kembali.


Itulah beberapa kriteria wanita mandiri secara finansial. Nah apakah kamu sudah termasuk salah satu dari kriteria diatas, jika belum ada yuk kita mulai dari sekarang karena tidak ada kata terlambat untuk memulai. Jika kamu ingin memiliki asuransi FWD Insurance bisa menjadi pilihan kamu.. Cek IG FWD Insurance @fwd_id untuk info lengkapnya atau bisa juga download FWD Max.



CatatanRia.com

22 comments:

  1. Kartini jaman sekarang kudu smart soal finansial. Apalagi hrs melek soal investasi termasuk produk asuransi. FWD jaminan soal itu yah, oke sip!

    ReplyDelete
  2. bener mba, wanita jaman sekarang harus mampu berjuang, jadi kalau ada apa2 bis atetap menyambung nyawa, salah satunya dengan cara mendaftarkan tulang punggung keluarga asuransi

    ReplyDelete
  3. Mandiri secara finansial bagi perempuan adalah memiliki penghasilan, mampu mengelola keuangan sendiri, serta memiliki kekuatan dalam pengambilan keputusan.

    Di saat ini, salah satu yang diharapkan adalah banyak perempuan yang bisa mandiri secara finansial. Tentu saja butuh pengetahuan literasi keuangan untuk mencapai tujuan ini.

    ReplyDelete
  4. Perempuan semakin terbuka kesempatan memperoleh penghasilan, Bahkan dari rumah saja. Ini tentunya membuat perempuan semakin kuat mandiri secara finansial ya mba

    ReplyDelete
  5. Memiliki tabungan sendiri bukan berarti mau menguasai atau menghak keuangan keluarga ya. Tapi emang ada kok mana harta istri, dan mana harta keluarga, dari suami. Jadi perempuan mandiri memang pantas memiliki tabungan sendiri. Karena itu memang harta pribadinya ...

    ReplyDelete
  6. Wanita memang dituntut untuk bisa banyak hal serta harus punya ilmu utk me-manage keuangan. Mandiri secara finansial perlu bgt, Alhamdulilah di rumah aja juga bisa menghasilkan dengan nulis. Tentunya persiapan pendidikan anak dan prepare keuangan masa tua juga perlu bgt yg gak cuma jadi pembahasan. Sekarang dipermudah juga dengan adanya asuransi sama halnya nabung tapi reward yg dicapai lebih dari nabung

    ReplyDelete
  7. Mempunyai asuransi kesehatan sangat penting banget ya, mbak. Selain itu juga wanita memang harus punya penghasilan, setidaknya utk ditabung.

    ReplyDelete
  8. dari keseluruhan kriteria wanita mandiri finansial, ada 2 yg blm sy miliki yaitu dana pendidikan dan paham investasi.. masih harus bnyk belajar rupanya.. Terima kasih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah udah beberapa poin aku lakukan teh semoga next bisa merambah ke investasi nih yang masih maju mundur syantiek hahaha

    ReplyDelete
  10. Sama, Mbak. Ingin mandiri secara finansilan juga bukan karena ingin dihargai oleh siapa pun. Tetapi, setidaknya menghargai diri sendiri. Bahagia rasanya kalau bisa mandiri secara finansial

    ReplyDelete
  11. Jaman sudah berubah ya.. banyak hal baru yang harus mulai diadaptasikan, dan kalo kita ngga bisa beradaptasi maka akan tertinggal.. dan mandiri secara financial tuh harus banget buat para perempuan jaman now

    ReplyDelete
  12. itu asuransi syariahnya bisa mengcover covid ya mba? bagus deh yaa karena setauku sekarang ada beberapa obat yang ga ditanggung pemerintah gituu.. semoga kalau ada asuransi gini lebih terjamin

    ReplyDelete
  13. Mandiri finansial buat perempuan itu emang goals banget ya, bisa beli apa yang di inginkan tanpa mengganggu keuangan rumah tangga.

    ReplyDelete
  14. Ah iya nih peer banget menyiapkan dana pensiun hehe...Mandiri secara fonansial memang perlu ya ternyata, kalau pas ada apa2 dengan suami jadinya kita ga terlalu kelimpungan :D

    ReplyDelete
  15. Perempuan masa sekarang harus bisa mandiri ya. Pandemi mengajarkan kita bahwa esok gak bisa selalu seperti yang kita harapkan. Kita gak tahu jika ketergantungan kita pada seseorang, suami misalnya, bisa terputus karena musibah seperti padndemi. Tapi dengan mandiri, kita jadi gak terlalu khawatir. Hayuk kemon kita mandiri. Berpenghasilan sendiri, punya asuransi, punya tabungan, punya dana pensiun. Supaya ada proteksi terhadap kejadian buruk sekalipun.

    ReplyDelete
  16. perempuan zaman sekarang lebih mandiri, tidak bergantung pada orang lain. memiliki penghasilan dan tabungan. investasi yg dipilih juga smart.

    ReplyDelete
  17. jadi wanita masa kini memang harus bisa mandiri secara finansial yaa, karena mau tidak mau, setiap keluarga harus melek literasi finansial juga dan ini akan membantu setiap keluarga untuk bertahan

    ReplyDelete
  18. Sebagai kartini masa kini wajib banget untuk tau tentang literasi finansial. Harus bisa me-manage keuangan dengan baik dan bijak mengelola keuangan. Mantap ini ulasannya mba.

    ReplyDelete
  19. Ternyata di FWD Max bisa untuk merencanakan dana pensiun juga ya. menarik banget ini. kayaknya bisa nih dilirik dikit2 biar makin pinter dan terjamin masa tuanya

    ReplyDelete
  20. menurutku, memiliki penghasilan sendiri itu membahagian. memiliki penghasilan sendiri juga membuat saya lebih menghargai uang karena sudah tahu betapa susahnya mendapatkan uang

    ReplyDelete
  21. Nah, bagus nih momennya..menyuarakan semangat kartini dengan dipadukan pada bagaimana agar wanita/perempuan masa kini bisa mandiri secara finansial :)

    ReplyDelete
  22. memang kalau mandiri finansial itu penting sekali, aku juga bercita-cita untuk mandiri finansial nih

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V