Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

4/28/20

Tips Aman Selama Masa Pandemi Covid-19 dalam Mencegah Penularan Virus Corona

Halo masih semangat kan untuk dirumah aja? Jujur saja saya mulai jenuh hahaha yang pada akhirnya berbagai cara menghilangkan bosan dirumah saya lakukan, hasilnya ya lumayan lah bisa sedikit mengobati kejenuhan. Saya sadar sekarang belum waktunya saya untuk jalan-jalan keluar, semua ini demi diri saya sendiri dan juga keluarga agar terhindar dari virus corona yang sedang mewabah di negeri ini.




Alhamdulillah ya sekarang sudah memasuki bulan ramadhan, walau ramadhan kali ini terasa sangat berbeda lagi. Masjid yang biasanya ramai orang terawih sekarang sepi, biasanya juga ramai orang yang lewat depan rumah pergi terawih ataupun shalat subuh di masjid. Apalagi sekarang beberapa kota di Indonesia sedang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), termasuk kota Bandung tempat saya tinggal saat ini.

Tips Aman Selama Masa Pandemi Covid-19 dalam Mencegah Penularan Virus Corona

Sejak di berlakukannya PSBB perubahan besar tentu terjadi pada kota Bandung, aktivitas seperti pasar sudah mulai dibatasi waktunya dan beberapa pedagang sudah ditutupkan, banyak pabrik yang tutup dan karyawan dirumahkan. Semoga sja sih perubahan ini gak sia-sia, virus corona ini bisa segera pergi dari negeri kita tercinta ini.

Saya sih nurut aja deh kata pemerintah karena dirumah aja merupakan salah satu cara untuk memutus jalan penularan virus corona. Selain mengikuti anjuran pemerintah ada juga tips aman selama masa pandemi Covid-19 dalam mencegah penularan virus corona, yaitu :


1. Dirumah aja
Seperti anjuran pemerintah sebaiknya kita dirumah saja, kalau pun keluar rumah hanya karena benar-benar perlu saja. Kata dirumah aja itu sepertinya mudah ya tapi prakteknya susah donk, apalagi bagi mereka yang terbiasa jalan-jalan seperti travel blogger pasti sulit sekali. Tapi perlahan pasti bisa lah menyesuaikan dan terbiasa. Saya pun sekarang sudah mengurangi aktifitas diluar, ke tukang sayur saya hanya seminggu satu kali saja. Terus kalau ke warung biasanya saya bikin list dulu mau beli apa aja, yang rutin dibeli saya beli agak banyak biar gak bolak-balik tapi gak sampe ngeborong ya hehehe secukupnya aja, jangan sampai deh kita jadi panic buyer. Anak-anak pun sudah saya larang main keluar rumah, cukup diteras rumah aja kalau bosan dalam rumah. Cuma suami aja nih yang susah karena masih tetap kerja setiap hari.

2. Pakai Masker Kain bukan Masker Medis
Jika memang terpaksa harus keluar rumah wajib pakai masker, saya pergi ke warung juga tetep pakai masker kain. Oh iya maskernya masker kain ya karena tau sendiri kan masker medis sudah langka dan harganya pun mahal. Biarlah masker medis hanya untuk tenaga medis dan orang sakit yang membutuhkan saja ya. Masker kain sekarang mudah didapatkan, banyak yang menjualnya dan harganya pun masih terjangkau. Saya juga sudah punya beberapa masker kain, untuk anak-anak juga sudah saya belikan walau mereka gak pernah keluar rumah.

Oh iya pernah satu hari saya ke tukang sayur tanpa masker ini sebelum ada PSBB ya, terus gak sengaja saya batuk (bukan sakit batuk tapi karena tenggorakan tiba-tiba gatal) saya langsung ditegur sama ibu-ibu "Batuk neng, pakai masker atuh. Sekarang mah harus hati-hati." yang ngomong tapi gak pakai masker hehehe. Gak tersinggung saya, malah saya jadi sadar sejak itu keluar rumah selalu memakai masker biar kalau tiba-tiba saya batuk gak bikin panik orang sekitar.

3. Sosial Distancing
Mulailah menjaga jarak dengan orang sekitar, libur dulu ya cipika-cipiki kalau ketemu teman atau kerabat. Salaman boleh asalkan langsung cuci tangan ya, tapi sebaiknya sih salam tangan jauh atau tidak bersentuhan saja amannya. Bukan menghindari ataupun tidak bersosialisasi, sekarang zaman udah modern kan kita tetap bisa bersua dengan teman dan kerabat diluar dengan sosial media atau chit-chat ataupu video call. Masih banyak cara kita bisa tetap bersosialisasi kan. Saya juga sekarang banyak menghabiskan waktu chat dengan teman dan kerabat.

4. Menjaga kebersihan
Nah kegiatan menjaga kebersihan ini termasuk yang wajib ya untuk mencegah penularah virus corona. Rutin membersihkan rumah seperti gagang pintu dengan cairan disinfektan. Lalu selalu rajin mencuci tangan dengan sabun, pokoknya jangan bosen deh kalau abis apa-apa cuci tangan. Kalau lagi diluar rumah bawa hand sanitizer agar tangan selalu bersih bebas dari virus, hand sanitizer juga agak mahal jadi dipakai kalau pas kondisi gak ada air dan sabun cuci tangan aja. Saya juga kalau pulang dari tukang sayur langsung deh mandi dan mengganti baju saya dengan yang bersih. Cari aman saja ya.

Itulah beberapa tips aman selama masa pandemi Covid-19 dalam mencegah penularan virus corona. Semoga ya dengan segala usaha yang kita lakukan selama ini bisa mengurangi bahkan memutus penularan virus corona.

Melakukan Rapid Test melalui Aplikasi Halodoc

Jika segala usaha sudah kita lakukan namun ternyata kita atau salah satu keluarga kita ada yang mengalami gejala terkena virus corona, jangan panik ya apalagi sampai menjauhinya. Segera bawa keluarga yang memiliki gejala terkena virus corona ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk diperiksa. Atau bisa juga melakukan rapid test melalui aplikasi Halodoc untuk kalian yang tinggal di Jabodetabek, karena Halodoc ini sudah berkerja sama dengan beberapa mitra rumah sakit di Jabodetabek. Sudah tau kan rapid test? Yups, rapid test ini merupakan tahap awal memeriksakan seseorang apakah terindikasi virus corona atau tidak.

Cara rapid test melalui Halodoc 

Jika kamu termasuk tim yang gak mau ribet cocok deh pakai aplikasi Halodoc saja untuk menjalankan rapid test, tidak perlu bingung cari rumah sakit mana yang menerima rapid test dan gak usah bingung lagi berapa biayanya karena di Halodoc sudah tercantum. Adupun cara rapid test melalui Halodoc pun sangat mudah :

Buka aplikasi Halodoc kemudian kamu klik tombol COVID-19 Test. Setelah itu kamu pilih lokasi rapid test drive  ---- Lanjut pilih tempat dan tentukan waktu untuk melakukan rapid test ---- Setelah itu kita akan diminta mengunggah informasi diri (foto/scan KTP untuk orang dewasa dan Kartu Keluarga untuk anak-anak) lalu lakukan pemesanan ---- Lanjut lagi ke proses pembayaran, untuk biayanya sendiri tergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan peyedian alat yang diberikan oleh rumah sakit ---- Finish, setelah itu kamu akan mendapatkan SMS konfirmasi tentang jadwal test dan detail pesanan. SMS ini nantinya kamu tunjukan ya ke tenaga medis saat melakukan pemeriksaan. Pastikan nomor yang kamu daftarkan aktif ya.

Mari bersama kita lawan ya virus corona ini, tetap dirumah saja dan selalu jaga kesehatan, Semoga kehidupan kita semua bisa kembali normal lagi. Saya pun rindu orang tua yang sekarang sedang ada di zona merah, rindu sekali ingin bertemu.

Stay Safe Gaess :)




CatatanRia.com

50 comments:

  1. Aku mau coba juga deh cek level di halo doc. Aku kebetulan tetep kerja neh mbak jd tetap di luar rumah. Makasih infonya Mbak Ria.

    ReplyDelete
  2. Banyak hal yg kita rindukan ya Mbak selama pandemi ini. Tetap jaga kesehatan, akses info yang benar2 terpercaya seperti di apl halodoc ini.

    ReplyDelete
  3. Wah ada rapid test melalui aplikasi Halodoc ya, aku baru tau ini. Thanks informasinya kak..

    ReplyDelete
  4. Aku juga selalu pakai masker kain nih kalau keluar. Tapi paling cuma ke minimarket depan komplek aja sih. Tukang sayur rumahku untunglah baik banget, pesen lewat whatsapp aja besoknya dianter ke rumah hehe.

    Wah, ternyata sekarang bisa Rapid Test via Halodoc yah. Lebih praktis nih

    ReplyDelete
  5. hihihi, makanya kok saya kalau keluar pakai masker medis selalu dipelototin orang-orang, padahal ya memang sebelumnya kami selalu beli masker medis, makanya punya stock.

    Asyik banget ya pakai halodoc, semua lebih praktis :)
    Nggak perlu antri lama lagi :)

    ReplyDelete
  6. saya sebelum pandemi ini sudah biasa menggunakan masker mbak, jadi saya masih punya stok masker hehehe

    ReplyDelete
  7. Samaaa, suamiku juga masih kerja tiap hari di kantor, bikin was-was. Kalo aku dan anak-anak sudah di rumah aja, belanja bulanan juga lewat online. Belanja sayur ada 'mlijo' yg mampir tiap pagi depan rumah.
    Btw Rapid Test sekarang bisa lewat Halodoc ya, aku biasanya cuma beli obat2 aja di situ. Praktis.

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata rapid test bisa dihalodoc juga. Luar biasa yah kak. aku sayang banget nig kak nggka bisa dirumahaja. masih harus kekampus untuk menyelesaikan berkas TiM SATGAS kampus

    ReplyDelete
  9. Aku cuci tangan terus sampe kuku tangan jadi lembek mudah patah. Huhuhu. Tapi demi menjaga jaga ya jadi pasrah aja.

    Halodoc membantu banget ya. Jadi mudah, mau konsultasi kesehatan aja juga bisa.

    ReplyDelete
  10. hiyaaa si Ibuk ngasih saran ke orang lain tapi dirinya sendiri gak make yee, hihih.
    emang sih Mbak ya sekarang orang jadi pada parno, batuk dikit aja udah sensi, huhuhuh.
    rapid test Halodoc ini baru ada di Jabodetabek ya? moga nanti bisa meluas ke wilayah lain juga biar lebih mudah ya Mbak :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ya, sekarang bisa rapid test lewat aplikasi halodoc, pernah baca juga, cuma daerah Jakarta aja ya mbak?

    ReplyDelete
  12. Halodoc ini bermanfaat sekali yaa...apalagi di zaman yang penuh dengan rasa was-was.
    Mau keluar rumah sebentar aja asa ga tenang...
    Instal apps Halodoc dan dapatkan informasi terkini yang benar.

    ReplyDelete
  13. Asik banget bisa rapid test dengan mudah tanpa ribet ya mba. Dan bener untuk jaga jarak demi kebaikan bersama

    ReplyDelete
  14. Semoga ke depannya lebih banyak lagi rumah sakit yang menjadi mitra Halodoc ya, terutama rumah sakit daerah. Agar saudara kita yang di luar Jabodetabek bisa ikut melakukan rapid test

    ReplyDelete
  15. Sekarang mau diberlakukan PSBB di kota saya tinggal, semoga semua segera berlalu dan kita semua disehatkan

    ReplyDelete
  16. Jadi bisa melakukan rapit test levat aplikasi halo doc ini ya mbak. Jadi pengen ikut tes, karena virus ini tidak tampak, bahkan penderitanya pun tanpa gejala. Bener2 harus kita patuhi anjuran pemerintah untuk jaga jarak dan tidak mendekati kerumunan.

    ReplyDelete
  17. Wah mudah ternyata ya melakukan tapis test via halodoc. Menghemat waktu dan tidak takut tertular yang lain karena dilakukan secara deive thru.

    ReplyDelete
  18. Betul itu semua, bila dilakukan maka negeri ini akan baik baik sj

    ReplyDelete
  19. Menjaga kebersihan ini jadi parno banget deh rasanya. Berasa was-was saja ini kurang bersih itu kurang higienis...
    Di rumah saja tapi khawatirnya melebihi ojek online yang sering wara-wiri mencari rezeki

    ReplyDelete
  20. Iya nih mbak, semoga pandemi ini berlalu dan memang aplikasi Halodoc ini mantap banget apalagi bisa rapid test dari aplikasi.

    ReplyDelete
  21. so very true mbaaa..and we need all the discipline in this world! We can only beat the virus when we all respect all the prevailing rules

    ReplyDelete
  22. Andalanku sebelum Corona ini kalo pergi pake masker. Sekarang tambah lagi pake masker kain ganti2

    ReplyDelete
  23. Kisaran harganyanberapa teh di halodoc kemarin juga aku liat sihnfiturnya cuma sama aku ga dibuka heehehe

    ReplyDelete
  24. Ya sekarang aku makin membiasakan diri untuk pakai masker kain mba. Langka juga kan masker medis tapi pengen ini normal juga

    ReplyDelete
  25. Jadi penasaran nih kalau di Semarang udah bisa nggak ya apply untuk rapid test via halodoc ini. Membantu banget ya fitur ini bagi masyarakat yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  26. Aku nih sekarang kalau belanja ke supermarket tak lupa pakai masker, bahkan jalan-jalan sekedar olah raga keliling perumahan juga selalu maskeran. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri dan keluarga yang paling penting.

    ReplyDelete
  27. Makasih tipsnya mbak..
    Oh ya saya juga sudah mencoba rapid test di halodoc..
    Sangat membantu ya

    ReplyDelete
  28. Wah sekarang ada layanan rapid test Halodoc ya? Rapid test ya Mbak bukan swab tes PCR?

    ReplyDelete
  29. terima kasih untuk tipsnya ya mbaaak hihihi, waah aku belum cobain rapi test nih di halodoc, jadi pengen cobain juga deh hehe

    ReplyDelete
  30. Aku baru tau di halodoc bisa rapid test, keren euy. Jadi lebih mudah ya jika ada masyarakat yg ingin tes mandiri

    ReplyDelete
  31. Wah baru tahu kalau bisa rapid test di Halodoc. Lebih praktis dan aman ya, nggak perlu antri lama di rumah sakit. Masker sekarang sudah jadi the new normal ya mbak, kemana-mana harus pakai masker. Demi kesehatan diri sendiri dan tentunya orang-orang di sekitar kita juga.

    ReplyDelete
  32. Aku belum coba nih mba, soalnya selama ini masih di Rumah aja dan alhamdulillah sudah sebulan lebih juga. Insyallah aman <3

    ReplyDelete
  33. Ku baru tahu halodoc menyediakan fasilitas untuk rapid test, sayangnya baru Jabodetabek ya. Semoga bisa lebih luas jangkauannya, di seluruh Indonesia, karena halodoc ini membantu banget di masa-masa sekarang.

    ReplyDelete
  34. Makasih infonya kak, aku jadi tau nih kalau holodoc bisa rapid test. Semoga kita semua sehat², aku kangen mau silahtuhrahmi. Lebaran tahun ini beda banget huhu sedih

    ReplyDelete
  35. Untung ada Halodoc yang bisa kasih info soal rapid test ya. Kalo ga bingung cari infonya gimana.

    ReplyDelete
  36. Di rumah aja akan sangat sangat membantu yaa mba...semoga kita bisa terhindar dari penyebaran virus yang menyebalkan ini

    ReplyDelete
  37. Betul banget mbaaa kesemuanya harus kita jaga apalagi tertib untuk tetap dirumahaja kalo ga ada kepentingan yg mendesak, juga disiplin pakai masker

    ReplyDelete
  38. Aslik aku tu parno banget Mba. Tiap abis keluar belanja sayur, semua dicuci gak tangan aja. Pengennya gak keluar-keluar, tapi gimana ya. Beli online, penuh mulu, ngandelin suami, seringnya salah beli haha

    ReplyDelete
  39. Sudah dilakukan semua nih 🙏 Semoga sehat2 terus ya. Parno banget

    ReplyDelete
  40. Anjuran pemerintah untuk menjaga diri dari penularan ini yang masih sedikit yang sadar di daerahku mba Ria. Jadi sedih ngerasainnya. Tapi sekarang kalo apa-apa bisa diskusi langsung ya dengan halodoc memudahkan

    ReplyDelete
  41. Memudahkan sekali kalau ada rapid test dengan kemudahan seperti ini ya mba. Makasih mba infonyaaa

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah sudah dilaksanakan semua :) Semoga sehat2 selalu ya

    ReplyDelete
  43. informasi yang sangat bagus ternyata bisa pesan untuk rapid test melalui Halodoc ya, baru tahu saya, ini sangat membantu sekali meminimalisir kita harus antri di rumah sakit ya mba

    ReplyDelete
  44. Mencegah penularan Covid 19 memang sebaiknya berada di rumah saja, sebenarnya di rumah saja pun harus tetap berjaga2 ya mbak. Btw saya senang banget dengan aplikasi HaloDoc ini karena bisa lakukan rapid test.

    ReplyDelete
  45. alhamdulillah ya sekarang banyaak banget kemudahan, semoga kita pun juga pintar menyaring informasi dan menjaga keamanan identitas. jadi bisa cari cuan dengan nyaman dan aman :D

    ReplyDelete
  46. aku habis pakai halodoc juga kapan ahri mba, bukan buat corona tapi buat ibuku. tanya dokter subuh2 alhamdulillah ada yang online hehe bener2 ngebantu banget :D

    ReplyDelete
  47. aku lagi sakit kepala, pengen konsul ke halodoc gitu, tapi apakah setiap konsul itu berbayar kak? atau cuma untuk rapid test COVID-19 aja yg berbayar?

    ReplyDelete
  48. Bagus nih ya kita sebarkan informasi tentang adanya aplikasi halodoc ini. Banyak lho yang butuh berkonsultasi dengan dokter tapi bingung karena ga bisa pergi-pergi. Mendingan appointment dulu dengan dokternya, atau konsultasi online saja juga bisa.

    ReplyDelete
  49. Tips aman dengan membeli obat melalui aplikasi Halodoc sangat membantu kita di saat pandemi Corona seperti sekarang ya mba.

    ReplyDelete
  50. iya nih mbak sedih corona engga ilang
    dan kita mau engga mau harus memulai new normal ini
    pakai masker ke mana mana jangan lupa

    wah rapid test ya ah aku pingin
    tpi ya aagk takut juga sih klo reaktif kan harus tes swab
    semoga sehat sehat aja deh

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V