Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

5/19/20

#TalkingMama - Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Sebulan sudah anak-anak belajar dirumah aja, kejenuhan udah mulai terlihat dari si Babang. Dia udah mulai sering nanya
"Kapan sih Abang sekolah lagi?"
"Masih ada corona ya diluar mih?"
"Coronanya masih di sekoalah ya?"
"Abang pengen main di sekolah nih mih"
"Sabar ya Bang, mudah-mudahan virus coronanya cepat pergi dari sekolah ya." jawaban yang ini yang bisa saya berikan untuk dia, karena ini yang paling mudah dia cerna. Dia itu menganggap corona virus jahat yang sedang menguasai sekolahnya hihihi.




Belajar dirumah memang keputusan yang tepat sih, mengingat daya tahan tubuh anak yang lemah sehingga rentan terpapar virus covid-19. Memiliki tiga anak yang masih kecil-kecil membuat saya sangat khawatir sekali, apalagi suami yang gak bisa seperti kami diem dirumah. Iya suami kerja selama 7 hari tanpa hari libur, kalau suami pulang saya langsung cerewet suruh dia mandi atau minimal cuci tangan dan ganti baju. Serem soalnya dirumah ada anak-anak yang masih kecil, entahlah apa saya yang terlalu parno ya.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak 

Gak apa deh dianggap lebay juga, yang penting keluarga saya insyaAllah aman dan sehat. Sebagai orang tua tentu kita harus usaha agar anak-anak dijauhkan dari Covid-19 ini, salah satu cara menghadapi virus corona adalah menjaga daya tahan tubuh anak. Kebetulan nih tulisan collab #TalkingMama sama Diah temanya tips menjaga daya tahan tubuh anak dalam menghadapi pandemi Covid-19. Nah ini tips menjaga daya tahan tubuh anak versi saya, untuk versi diah bisa kalian lihat disini ya.

1. Makan Makanan Sehat dan Bergizi
Ini sih wajib ya, makan makanan sehat dan bergizi. Yang simpel aja ada makan sayuran dan buah terus ada karbohidrat, protein nabati dan hewani. Makanan yang bergizi selain bagus untuk tumbuh kembangnya juga. Kalau saya sih biasa masak yang aman-aman aja sayuran berkuah biasa anak-anak mau, terus tinggal tambahain protein nabati sama hewaninya aja,  buah buat cemilan.

2. Minum Multivitamin
Jika anak Moms susah makan, seperti Aa Iyan nih susah banget makan dan termasuk picky eater juga dia. Jadi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh saya memberi multivitamin aja, atau bisa juga madu, madu juga bagus untuk anak.

3. Berjemur dan Olahraga di Pagi Hari
Nah ini untuk anak-anak saya wajib banget. Setiap hari saya bawa anak-anak berjemur kalau sedang ada matahari karena terkadang awan mendung dan matahari pun tak nampak. Sambil berjemur biasanya anak-anak saya suruh olahraga, olahraga yang simpel aja yaitu lari hehehe kan paling seneng mereka lari atau kadang senam  yang penting gerak aja.

4. Tidur yang Cukup
Anak-anak yang memiliki kualitas tidur yang bagus, biasanya memiliki daya tahan tubuh yang bagus juga. Soalnya kayak anak saya saat mereka kurang tidur maka mudah sekali terkena flu. Jadi sebisa mungkin mereka harus tidur siang, kalaupun gak tidur siang berarti pas malam harus tidur lebih cepat.

5. Menjaga Kebersihan
Ini juga penting, rumah yang bersih tentu bebas dari kuman, bakteri dan virus. Sekarang rajin-rajin aja bersihin rumah seperti gagang pintu dengan disinfektan. Selain itu juga tubuh anak juga harus dijaga, bisa dengan rajin mandi dan juga mengganti baju.


Itulah beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selebihnya kita cuma bisa berdoa dan pasrah saja, semoga saja masa pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir. Saya mendukung sekali dengan keputusan pemerintah mengambil keputusan PSBB untuk beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Bandung tempat saya tinggal sekarang. Walaupun dengan resiko suami akan dirumahkan sementara, dan pasti tidak mendapat gaji hiks. Tapi gak apalagi yang terpenting virus corona ini bisa pergi dari negeri kita tercinta ini ya.



CatatanRia.com

4 comments:

  1. vitamin yang tepat buat anak 3-6 tahun apa yang mba?

    ReplyDelete
  2. Sama mba, sempat cemas saat pandemi ini, jaga sekali jangan sampai si kecil.sakit. semoga kita semua sehat terusnya...

    ReplyDelete
  3. sama nih anak-anak siang tuh wajib tidur siang biar gak gampang capek dan rewel, tapi si Kakak biasanya jarang tidur karena selama pandemi ini bangunnya diatas jam 9 pagi mulu, hihihih.
    syukurnya sih anak-anak pada suka sayur tapi kalau buah, duuh, jangan ditanya deh.

    ReplyDelete
  4. vitamin itu perlu banget ya mbak biar daya tahan meningkat

    semoga pandemi ini segera berakhir

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V