9/10/19

Review Minyak Bekatul Oryza Grace Rice Bran Oil

Memasak tentunya sudah menjadi kegiatan sehari-hari saya sebagai seorang istri dan juga Ibu. Untuk menu yang saya masak sehari-hari hanyalah menu rumahan biasa yang memasaknya mudah saja kalau gak ditumis ya digoreng atau bikin sayur bening yang mudah. Bukannya enggak bisa masak yang ribet, tapi memang waktu saya yang terbatas. Kalau saya masak yang ribet bisa habis waktu saya di dapur, sedangkan masih banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan.


Tidak heran sih minyak goreng 2 liter itu bisa habis dengan cepat. Saya itu terbiasa kalau memakai minyak goreng hanya sekali pakai, jika sudah selesai goreng dan akan menggoreng yang lain maka saya ganti minyak yang baru lagi. Boros? Iya sih tapi ini demi donk, demi kesehatan keluarga. Memakai minyak goreng terus-terusan secara berulang tentu enggak akan baik untuk kesehatan, lemak jahat siap menghantui kita nantinya.

Minyak Dedak (Rice Brain Oil)

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba mengganti minyak goreng biasa dengan minyak dedak atau bekatul. Sebenarnya ini sudah menjadi salah satu resolusi tahun 2019 yang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mungkin banyak yang belum mengenal dengan minyak dedak ya, kenalnya pasti dedak pakan hewan itu. Iya dedak ini juga memiliki manfaat loh untuk  manusia, yaitu dapat dijadikan sebagai minyak goreng.

Oryza Grace Rice Brain Oil


Minyak bekatul yang saya gunakan adalah Oryza Grace. Oryza grace ini adalah minyak goreng hasil alami dari ekstrak alami bekatul padi yang memiliki nutrisi yang tinggi. Oryza Grace ini juga merupakan minyak bekatul padi pertama loh di Indonesia, dan pernah menerima penghargaan pada Award Ceremony Pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Infobrand.id.

Keunggulan dari Minyak Bekatul Oryza Grace

Selama ini kita mengetahui salah satu minyak yang bermanfaat baik untuk manusia adalah minyak zaitun, namun jangan salah loh minyak bekatul padi Oryza Grace ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah bagusnya dari minyak zaitun bahkan dalam hal kecantikan.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari minyak bekatul Oryza Grace :

pic source web Oryza Grace

1. Rendah Lemak Jenuh
Oryza Grace ini memiliki konfigurasi lemak yang mendekati standar dari American Heart Association (AHA). Lemak yang terkandung dalam minyak Oryza Grace ini cukup seimbang berkisar antara 37% lemak tak jenuh tunggal, 33% lemak tak jenuh ganda, dan 30% lemak jenuh.

2. Tinggi Tingkat Asap
"Jangan makan goreng-gorengan nanti batuk loh" teringat nasihat orang tua saya dulu. Titik asap dari Oryz Grace ini termasuk yang tertinggi dibandingkan semua jenis minyak goreng, yaitu 254 derajat celcius. Sehingga pada saat menggoreng pun di wajan pun aman, yang saat menggoreng panas wajan mencapai 220 derajat celcius.

Bila minyak goreng memiliki titik asap rendah (di bawah suhu panas wajan) maka pada saat menggoreng minyak akan nampak berasap. Hal ini yang menandakan telah terjadi 2 hal yaitu rusaknya ikatan rangkap pada semua kandungan lemak tak jenuh dalam minyak, yang kemudian dapat berubah menjadi lemak jenuh yang dapat menyebabkan kolesterol. Lalu hal yang kedua adalah terbentuknya zat akrolein dalam minyak yang menimbulkan akibat tidak baik untuk kesehatan seperti menyebabkan batuk.

3. Melezatkan Makanan
Tidak perlu kwatir minyak Oryza Grace ini akan membuat rasa masakan kalian menjadi aneh, malah justru membuat masakan menjadi lebih lezat. Oryza Grace ini bisa dipakai untuk menumis ataupun menggoreng, hasil gorengannya pun gak berminyak banget, gurih dan renyah.

Tumis capcay dan martabak telor mini menggunakan Oryza Grace


Kemasan dan Harga dari Minyak Bekatul Oryza Grace



Oryza Grace Bran Oil ini dikemas dalam botol plastik dengan 2 ukuran, yaitu botol kemasan 1 liter dan botol kemasan 5 liter. Di botol kemasan tertera kandungan informasi lengkap, seperti nomor BPOM, tanggal expired produk, komposisi, informasi gizi dan keterangan mengenai Oryza Grace Bran Oil ini. Untuk tutup botolnya sendiri model fliptop, sehingga mudah untuk membuka dan tutupnya.

Untuk harga dari Oryza Grace Bran Oil ini memang sedikit lebih mahal dari minyak goreng biasa, tapi mengingat manfaat dari minyak bekatul sendiri tentu terasa lebih murah.

Harga Minyak Goreng Oryza Grace :
1 liter Rp. 79.000,-
5 liter Rp. 377.000,-


Mulai beralih juga yuk Moms memakai Healthty Oil dengan menggunakan Oryza Grace Bran Oil di setiap masakan Mommies. Jika ingin mengetahui lebih lengkap mengenai minyak goreng sehat Oryza Grace ini, Moms bisa cek disini :

Website: www.oryzagrace.com
FB: www.facebook.com/ricebranoil
IG: www.instagram.com/oryzagrace



Catata

20 comments:

  1. harganya lumayan ya moms. tapi emang utk kesehatan itu mahal :)
    itu minyaknya bisa buat menggoreng dengan minyak banyak ya moms?

    ReplyDelete
  2. lah unik ya, minyak goreng dari bekatul... aku mesti cobain nih buat masak di rumah

    ReplyDelete
  3. harganya lumayan ya. memang ya kalau ingin lebih sehat ada harga yang harus dibeli. tapi dibanding mengobati lebih baik menjaga ya bun

    ReplyDelete
  4. berhubung jaman sekarang banyak penyakit yang disebabkan karena kolesterol, rasanya aku tertarik deh sama Oryza Grace Bran Oil yang penting masakan keluarga tetap sehat

    ReplyDelete
  5. Minyak bekatul ini, daku belum coba rasanya. Belum menemukan juga jenis kuliner yang menggunakan minyak ini. Ada rasa penasarannya hihi

    ReplyDelete
  6. Baru tahu tentang minyak bekatul ini. Bagus ya, Mbak? Rasanya juga enak, kah? Kapan-kapan coba juga ah soalnya banyak manfaatnya ya ternyata

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu loh ada minyak bekatul. Pastinya lebih sehat ya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Oalaahh jadi itu toh terjadi ketika menghitung, muncul asap. I see. Emang utk yang sehat-sehat hrus dimuali sejak dini, dipaksakan bahkan supaya jadi terbiasa hehe

    ReplyDelete
  9. Wow harganya. Tapi memang benar, ada harga ada rupa. Untuk yang menjalani program sehat minyak ini bisa sekali mendukung hidup sehat kita.

    ReplyDelete
  10. Harganya lumayan mahal yah mom, tapi mengingat manfaatnya,sebanding lah, emang kita harus mulai hidup lebih sehat. aku belum pernah coba pakai minyak oryza ini, penasaran juga

    ReplyDelete
  11. Kalau mau sehat memang perlu beralih ke minyak goreng sehat ini cuma memang perlu save money buat belinyaa harganya lumayan banget heheh

    ReplyDelete
  12. Mantap nih. Tapi dia gak mempengaruhi rasa ya mom? Untuk membiasakan hidup sehat memang butuh perjuangan yaa mom

    ReplyDelete
  13. Harganya pasti sebanding dengan kegunaannya. Kesehatan memang penting banget ya...

    ReplyDelete
  14. Minyak goreng favorit saya, nih! Malah saya pakai buat skincare juga, lho

    ReplyDelete
  15. Minyaknya emang bikin sehat ya..

    Tapi harganya lumayan ya...

    Sehat itu mahal :)

    ReplyDelete
  16. Baru tahu ada Minyak Bekatul, harganya lumayan juga ya mbak. Tapi sebanding dengan kualitasnya sih

    ReplyDelete
  17. Belum pernah nih nyobain minyak goreng ini. Lebih sehat ya.. jadi penasaran.

    ReplyDelete
  18. Aku udah nyoba minyak ini dan memang lebih sehat mba. Cita rasa makanan pun jadi lebih enak dan lezat banget :)

    ReplyDelete
  19. Wih, harganya hampir sama dengan olive oil atau minyak zaitun ya. Manfaatnya mungkin sama ya. Untuk kesehatan memang harus pilih yang nomer 1. Well, thanks for sharing, mom :)

    ReplyDelete
  20. Harganya ternyata mahal juga ya. Tapi sepadan dengan segala keunggulannya. Keren juga ya produk minyak bekatul ini. Yang aku tahu sih bekatul cuma untuk makanan hewan ternak kalau di kampungku.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V