9/13/19

Rencana Liburan ke Pantai Santolo Bersama Anak-Anak

Beberapa hari yang lalu tiba-tiba saja Babang Iyas minta pergi ke pantai,
"Mi, abang mau ke pantai"
"Mau apa di pantai?"
"Maen air mi, maen pasir"
"Ohh, nanti ya"
"Iya mi kayak spongebob"
Oalahh pantesan kok kenal sama pantai, padahal belum pernah diajak main ke pantai tapi udah tau aja di pantai banyak pasir.




Dipikir-pkir memang sih belum pernah satu kali pun mengafu jak anak-anak bermain di pantai, yang sering ke pantai malah Abinya yang hampir setiap tahun ke pantai sama teman-teman kerjanya. Sedih ya anak dan istrinya enggak diajak, hehe bukan enggak mau ngajak tapi memang saya yang enggak mau ikut. Alasannya cuma satu "Babang mabok naik bis" lumayan jauh soalnya lokasinya yang biasa Abi kunjungin itu Pantai Pengandaran.

Manfaat Liburan ke Pantai Bagi Anak-Anak

Selama ini kami memang kalau liburan hanya yang sekitar kota Bandung saja, belum pernah keluar kota Bandung. Paling ke Tangerang itupun dalam rangka mudik tahunan. Saya dengar-dengar juga pantai itu bagus untuk anak-anak.

Berikut adalah beberapa manfaat liburan ke pantai bagi anak-anak :

1. Menghilangkan Stress
Melihat pemandangan air laut bisa membuat anak menjadi lebih rileks dan tenang. Pastinya kan berbanding jauh dengan pemandangan sehari-hari anak yang lebih banyak dirumah atau main sekitar rumah. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun bisa rileks menikmati keindahan pemandangan pantai.

2. Anak Bebas Eksplorasi
Di pantai anak bisa dengan bebasnya bereksplorasi. Mereka bisa bermain dengan air, mengasah kreativitas bermain pasir, melihat benda-benda baru dipantai seperti bebatuan dan kerang. Pasti mereka senang sekali banyak hal baru yang bisa mereka lakukan selama di pantai, dan bisa juga melatih motorik kasar mereka.

3. Dapat Menyehatkan Kulit
Bukannya ke pantai malah bikin kulit gosong? Itu sih bisa diakalin oles sunblock biar enggak jadi hitam banget. Tahukah Mom, air laut itu mengandung magnesium yang bermanfaat mengurangi iritasi pada kulit. Jika anak memiliki riwayat eksim, bagus nih diajak berenang air laut karena air laut mengandung garam dan bersifat asin yang dapat memberikan efek baik untuk kesehatan kulit anak.

4. Terpapar Sinar Matahari
Semua pasti sudah tahu ya manfaat dari sinar matahari, terutama sinar matahari pagi. Sinar matahari tentu bisa membawa efek baik untuk anak-anak terutama untuk bayi. Kalau bisa main dipantainya pagi hari agar bisa mendapat manfaar dari sinar matahari.

Yang Wajib dibawa Saat Akan Liburan ke Pantai Bersama Anak

Saya akui membawa anak-anak liburan ke pantai itu tidaklah mudah, pasti bakalan agak sedikit repot mulai dari extra pengawasan dan barang-barang yang dibawa agak banyak. Extra pengawasan karena pantai tentu bukan tempat yang cukup aman untuk bermain bebas tanpa pengawasan. Ana-anak harus selalu diawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk bawaannya sendiri memang agak lebih banyak yang harus dibawa, berikut ini yang wajib dibawa saat liburan ke pantai bersama anak-anak :

1. Pakaian ganti yang nyaman
Tentukan terlebih dahulu ke pantainya akan menginap atau langsung pulang, agar kita bisa menentukan berapa banyak baju yang harus dibawa. Jika akan menginap bawa baju lebih banyak dari biasanya, namanya anak-anak main dipantai pasti kotor dan basah. Jadi harus sedia baju yang cukup. Pilihkan juga yang nyaman, udara di pantai tentu panas jadi pilih kaos yang bisa menyerap keringat.

2. Bawa skincare anak-anak
Jika anak Moms memiliki kulit yang sensitif wajib bawa skincare yang biasa dipakai, takutnya panas matahari dan air bisa bikin iritasi kulit. Tapi kalau tidak memiliki kulit sensitif cukup bawa sun cream saja biar gak gosong kena sinar matahari.

3. Peralatan mandi anak
Wajib juga ini, bayangkan anak-anak main di pantai pasti penuh pasir dan basah jadi wajib mandi biar cakep lagi. Peralatan mandi yang dibawa yang biasa dipakai saja, kecuali ada yang butuh perawatan khusus boleh dibawa.

4 Mainan anak
Agar anak-anak bisa anteng dan seru bermain di pantai bisa bawakan mainan kesayangannya. Kalau bisa mainan seperti khusus main pasir yang bisa buat istana-istanaan itu, atau truk atau apa saja yang anak-anak suka. Tapi jangan bawa mainan yang berbahan kain atau boneka nanti susah bersihinnya hehehe.

Liburan ke Pantai Santolo Garut

Pic source wiki

Sudah paham manfaat dari liburan ke pantai bersama anak-anak dan peralatan yang harus dibawa juga sudah siap, eh saya belum cerita ya mau pergi ke pantai mana. Saya dan suami berencana membawa anak-anak liburan di Pantai Santolo.

Ada yang baru dengar kah Pantai Santolo ini? Kalau saya yes baru mendengarnya, suami yang cerita dulu dia pernah kesana bersama teman-temannya. Lokasi Pantai Santolo di Kabupaten Garut tepatnya di kecamatan Cikelet, masih cukup terjangkau kalau dari Bandung. 

Jika melihat foto-foto Pantai Santolo cukup indah pemandangannya, lumayan buat refreshing anak-anak dan bumil. Pantai Santolo ini juga biasa dijadikan tempat bernelayan, jadi akan ada banyak nelayan pastinya disana. Wah enak pasti nih bisa menikmati makanan laut fresh disana nanti. Di Pantai Santolo juga menyewakan kapal untuk wisatawan menikmati air laut di Pantai Santolo. Tapi sepertinya saya skip untuk naik perahu ini, takut kontraksi mendadak karena takut naik perahu hihihi.

Lokasi dari Pantai Santolo ini memang masih terjangkau dari Kota Bandung, namun lumayan memakan waktu perjalanannya. Jadi saya memilih akan menginap saja, pergi kesana siang hari jadi sore sudah sampai dan cari penginapan, setelah itu bisa menikmati sunset deh di Pantai Santolo. Besok paginya baru mengajak anak-anak  main di pantai, lumayan bisa dapat sinar matahari dan udara pagi di pantai.

Untuk tempat menginap saya akan mencari penginapan dekat Pantai Santolo, tidak mau cari yang terlalu jauh biar hemat waktu dan pastinya yang murah karena cuma menginap semalam aja. Dekat biar bisa puas main ke pantainya dan bisa banyak waktu explore Garut juga biasa cari kuliner yang enak di Garut.

Sippp nih tinggal menentukan waktu yang tepat, enaknya sih sebelum saya masuk trimester tiga :D Yuk main ke Pantai Santolo juga Moms.




CatatanRia.com

49 comments:

  1. Saya sering main ke Santolo. Apalagi sekarang jalan lintas selatan sudah bagus. Bebas macet juga. Kami kan tinggal di Cianjur Selatan. Jadi tinggal ke arah Timur, biasanya kami ke Santolo kalai tahun baru. Enak banget ikan bakar fresh di sana. Selain Santolo ada juga pantai Sayang Heulang di sampingnya

    ReplyDelete
  2. Wisata pantai tu kesukaan semua usia ya, yang kecil dan besar suka semua. Wah, Pantai Santolo pasirnya putih ya... Kalau di Jogja kebanyakan pantainya pasirnya hitam. Kecuali pantai yang di daerah Gunung Kidul, banyak yang berpasir putih...

    ReplyDelete
  3. Pantai santolo aku juga baru tau nih, sepertinya kalau belum terlalu terkenal pantainya masih bersih dan asik buat santai ya mba. Karena kalau udah terlalu banyak wisatawan jadi terlalu penuh dan banyak sampah. Hehe

    ReplyDelete
  4. pantai santolo memang cocok buat liburan bersama anak tercinta dan keluarga, salah satu explore Garut

    ReplyDelete
  5. Aakkk aku sueneengg bgt kalo main ke pantai.
    Kecipak kecipuk dan bikin istana pasir. Ini beneran release stres bangeettt

    ReplyDelete
  6. Senangnya yang liburan ke Pantai Santolo, sekarang udah bagus ya. Aku terakhir kesana lewat Cisewu Pangalengan, seruu jalannya, jadi pen balik lagi tapi touring pake motor

    ReplyDelete
  7. Aku dulu pernah ke garut mom ria.. suka banget sama suasananya yang dingin dan bikin terus selera makan. Jadi kangen garut

    ReplyDelete
  8. Liburan ngajak anak bermain dipantai pasti seru banget ya mbak, anak-anak pun bisa merasakan deburan ombak dan main pasir. Anakku kalau diajak ke pantai suka gak mau udahan.

    ReplyDelete
  9. anak2 pasti suka ay secaramain air itu paling nikmat

    ReplyDelete
  10. Wah Santolo, pantai yang masih lama indah. Udah lama gak main ke sana. Tiap libur lebaran kepengen ke sana, biar bisa lama. Tapinya suka penuh ya. Kudu nyengajain cuti biar bisa kosong dan nyaman liburan di Santolonya

    ReplyDelete
  11. Saat terakhir ke Santolo belum sebagus ini. Sekarang sudah bagus dan bersih ya tempatnya.
    Anak2ku juga senang banget kalau diajak camping di pinggir pantai. Karena banyak hal yang bisa mereka lakukan disana. Terus juga senang dengar suara ombak airnya :)

    ReplyDelete
  12. Indah sekali pantainya dan bersih, anak-anak pasti enggak mau pulang kalo diajak ke pantai Santolo ini

    ReplyDelete
  13. Bapak saya asli orang Garut, tapi seumur-umur saya belum pernah ke Santolo. Paling cuman dengar ceritanya dari sepupu-sepupu kalau pantainya bagus :)

    ReplyDelete
  14. Bandung-Garut rasanya perjalanan sekitar 3 jam-an yaa..
    Tapi memang kalau diniatkan eksplor Garut, mesti lebih lama lagi...
    Aku hanya beberapa jam di Garut (niat pulang-pergi), jadi hanya 2 tempat wisata dengan durasi masing-masing di tempat wisatanya sekitar 2 jam.
    Hihii...kilat yaa...

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, aku bolak-balik dengar nama Pantai Santolo, tapi baru hari ini tahu lokasinya ternyata ada di Garut. Bagus ya ternyata pemandangannya.

    ReplyDelete
  16. Pantai Santolo itu Garut? Wah dekat yaa.. Baru tahu di Garut ada pantai cakep. Enak nih pantainya masih asri banget. Jadi pengen deh kesana sama keluarga.

    ReplyDelete
  17. Tidak menyangka ribet juga ya liburan bersama anak tetapi memang menyenangkan juga jadi bisa mengenal anak lebih dekat. Setuju banget, kalau nyari tempat penginapan yang dekat pantai aja biar puas bermain

    ReplyDelete
  18. Baru tau ada namanya Pantai Santolo, n letaknya di Garut. Kirain ada di wilayah Eropa kayak Spanyol gt Mba. hehe. Cakep bgt itu pantainya Mba

    ReplyDelete
  19. Yang penting liburan menyenangkan itu bareng keluarga, jangan lupa selalu waspada dan hati hati, plus bawa sunblock sama dompet tebelan yak, hihi

    ReplyDelete
  20. Wah senangnya bisa piknik ke pantai. Anak anakku juga udah minta main ke pantai nih. Cuma belum aja sebab gak tau pantai mana yang bagus di Bogor kan ga ada pantai wehehe

    Jadi pengen main ke Garut dan ke pantai Santolo. Baru tau ada pantai ini

    ReplyDelete
  21. Pantainya kaya masih perawan gitu ya kak, masih dikit pengunjung yang dateng, tapi malah enak, jadi bisa lebih relaks gitu deh...

    ReplyDelete
  22. Wah di garut ada juga pantai yang indah seperti ini. ada penginapan juga pula di dekat pantainya. jadi kalo mau destinasi wisata kesana gak perlu pusing lagi ya mbak. hmmm perlu dipertimbangkan nih, secara anak-anak udah minta ke pantai

    ReplyDelete
  23. Aku belum pernah ke Santolo teh sempat nelepon travel katanya jauh binggo wkwk akhirnya urung juga ke Santolo wacana dari tahun 2014 sampe kini 2019 belum aja jadi wkwkwk

    ReplyDelete
  24. Ini nih salah satu pantai yang ingin saya kunjungi sama anak-anak dan katanya emang bagus sih pantainya. Btw emang ga afdol banget ya kalau berwisata ke pantai tapi ga nginap gt hehe capek dijalan soale kalau PP.

    ReplyDelete
  25. Aku sering padahal ke Tasik lewat Garut kan ya to blm pernah menyengaja ke sana ..kayaknya asyik yah.kalau Pangandaran dulu minimal setahun sekali main ke sana..

    ReplyDelete
  26. Oh ini di Jawa BArat ya ternyata hihihi aku kok baru tau ya Pantai Santolo. Memang anak-anak seneng banget kalau ke Pantai, maklum di sini juga jarang nemu pantai

    ReplyDelete
  27. Wah baru tau di gaut ada pantai, kirain selama ini dia lokasi di tengah2 dan gak ada garis pantai :D
    Anak2 blm pernah aku ajakin ke pantai kecuali yg di Kenjeran haha. Moga kapan2 bisa ke pantai beneran yg ada pasirnya :D

    ReplyDelete
  28. Emang bener banget liburan ke pantai itu bikin fresh banget pikiran, anakku pun suka banget ke pantai sayangnya jaraknya terlalu jauh

    ReplyDelete
  29. dulu pas masih di jogja sering banget ke pantai, sekarang udah jauh dari pantai huhu

    ReplyDelete
  30. tebak-tebak si buah manggis, dari naanya ku kira dia berada di daerah mana ternyata eh ternyata ada di Garut mba, hehehe aku baru tau kalo Garut punya pantai.

    ReplyDelete
  31. Pengen ngajak suami main ke sini ah hehhehe. Nabung dulu tapinya. Indah banget lautnya. Nyaman dipandang menyenangkan liburan dimari ya Mba.

    ReplyDelete
  32. aku belum pernah ke Garut :)) baru tau kalo di sana ada pantai santolo, mbak. aku kira itu tadi nama pantai di daerah sulawesi gitu lho hehehe.

    ReplyDelete
  33. Aku juga pengen banget ngajak anak-anak ke pantai sayang suami susah banget diajak jalan-jalan. Heu

    ReplyDelete
  34. Waktu ke Santolo ini kondisinya mengenaskan. Banyak sampah berserakkan, sayang sekali.

    ReplyDelete
  35. pantainya bagus ya mba, lumayan deket lagi di Garut, mau nyoba main2 ahh

    ReplyDelete
  36. Pantainya bersih ya mbak, betul banget nih yang dikenal tu selalu Pantai Pangandaran ya padahal banyak pantai lainnya di jawa barat tapi belum terekspos dengan baik oleh wisatawan

    ReplyDelete
  37. ah iri aku mba kamu bisa liburan sama anak-anak ke pantai seindah pantai santolo.. semoga ya ada kesempatan buat aku liburan sama anakku di tempat seindah ini

    ReplyDelete
  38. Terakhir ke sana pas SMA teh, yg pertamaemang kegiatan research project dari sekolah, yang ke dua sama temen satu komunitas. Pantai nya keren banget dan masih perawan loh, teh. Cuma ga bisa berenang karena beberapa puluh meter dari pantai langsung palung laut.
    Enak ya sekarang udah banyak penginapan sekitar pantai Santolo, dulu aku nginep nya di rumah warga, heuheu.

    ReplyDelete
  39. Aku belum berani ajak anak ke pantai karena doi masih kecil banget. Nanti kalau udah agak gedean baru tak ajak ke pantai hehe

    ReplyDelete
  40. Aku penasaran sih sama pantai Santolo. Sayangnya katanya disana fasilitas dan hotel belum sebagus Pangandaran ya. Banyak sih tempat bagus buat wisata di Indonesia tapi selama ngga ada akomodasinya jadi kurang menarik...

    ReplyDelete
  41. Paling menyenangkan banget nih mbak kl jalan2 ke pantai, apalagi bersama keluarga.
    .
    Saya baru dengar nama pantai ini, bagus ya kayanya. Mupeng deh ajak suami kesana

    ReplyDelete
  42. baju ganti jangan sampai lupa. hihi pengalaman main ke pantai sama ponakan, itu tuh gak terencana. akhirnya abis dia basah2an, bajunya langsung dicuci dan dijemur di bagian belakang mobil, dia didalam mobil cm pakai selimut wkwkw

    ReplyDelete
  43. Aku juga paling seneng kalo main ke pantai dan selalu excited, btw Pantai Santolo ini lokasinya ga terlalu jauh yaa dari Bandung soalnya ada di Garut

    ReplyDelete
  44. liburaan ke pantai itu pasti selalu mengesankan, anak2 bisa bereksplorasi , mama n papa bisa mengurangi stress hihi

    ReplyDelete
  45. aku malah jadi penasaran sama skincare yang kakak bawa buat anak2, share dong kaak hihii siapa tau bisa jadi contoh buat aku kalau nanti punya anak ^^

    ReplyDelete
  46. Seneng ya akhirnya bisa liburan ke pantai juga. baru tahu ada pantai santolo mbak, pantainya masih resik yaa. keren deh.

    ReplyDelete
  47. Jadi kangen ke Santolo deh, padahal tiap tahun juga kesini haha soalnya kampung halaman bapak, jadi pasti mudik lebaran. Sekarang Pantai Santolo tuh rame banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen ke Santolo nih, kelamaan kalau nunggu lebaran hehheehe

      Delete
  48. Aku jadi kangen sekali liburan ke pantai nih mbak, pengen lari di pantai biar mengembalikan fisik lagi

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V