9/20/19

Back Up Memori Smartphone Mudah dan Cepat dengan USB OTG SanDisk

Pernah gak sih, kalian mengalami saat tengah asyik foto-foto atau merekam video eh langsung ada peringatan memory full. Rasanya tuh mau nangis, kesal, sebal, pokoknya nano-nano deh. Saya pun pernah bahkan sering sih, seperti saat saya tengah merekam video anak saya menyanyi untuk sebuah campaign eh tiba-tiba memory penuh dan proses merekam pun otomatis berhenti sendiri. Hiks, padahal sudah susah payah dapetin mood si Babang yang mau direkam eh malah gagal videonya.



Smartphone Sudah Menjadi Kebutuhan Orang Indonesia

Siapa yang setuju nih smartphone sudah menjadi kebutuhan? Untuk saya pribadi YES, karena pekerjaan saya sebagai blogger tentu smartphone menjadi modal utama yang harus saya miliki. Di smartphone saya bisa sambil update sosmed dan blog, kirim dan terima email dari klien, sebagai kamera untuk foto produk atau event dan banyak lagi.

galau lagi motret eh memori penuh

Indonesia ini merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak, Indonesia berada di posisi keenam. Kira-kira ada 73 juta pengguna smartphone di Indonesia, angka yang cukup fantastis ya. Kebanyakan dari mereka menggunakan smartphone untuk kegiatan sehari-hari mereka, mulai untuk belanja atau jualan online, bermain game dan termasuk aktivitas menyimpan data dokumen, foto dan video. 

Penyebab Utama Memori Handphone Penuh

Oke saya akui, itu murni kesalahan saya penyebab utama memori handphone penuh karena saya tidak rajin melakukan back up memori, sehingga insiden memory penuh pun selalu terjadi. Apalagi hp saya yang penuh dengan game anak dan video lagu-lagu anak, ini membuat space untuk menyimpan foto dan video semakin sedikit.

Tahukah kalian, menurut hasil suvey yang dilakukan DEKA yang dikomisikan Western Digital Corp, berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey 67 % orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka. Nah ini pun pernah terjadi sama saya ketika itu smartphone saya rusak dan mau tidak mau harus di reset yang artinya semua data di memory internal saya pun terhapus. Pernah juga kartu memory saya mendadak rusak dan semua data pun hilang. Aslinya saya mau nangis mengingat foto-foto dan video kenangan yang terhapus begitu saja.


Oke lanjut ke hasil survey, dan ternyata sebenarnya 80 % orang Indonesia menyadari pentingnya back-up data. Namun sayangnya hanya sepertiga saja yang rajin melakukan back-up memori smartphone sebulan sekali, dan sisanya tidak melakukan back-up memori (termasuk saya). Hasil riset ini berdasarkan dari 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar.

Kalau untuk saya pribadi yang menjadi masalah malas back-up memori di smartphone adalah dua hal berikut :
  1. Jika memindahkan data menggunakan kabel data itu memakan waktu yang cukup lama, maklum saja laptop saya masih jadul jadi masih banyak keterbatasan.
  2. Malas copot dan pasang kembali kartu memori, kadang juga card reader saya suka error tidak bisa membaca kartu memori.

Back Up Memori dengan Mudah dan Cepat dengan SanDisk

Untunglah saat ini ada solusi bagi orang-orang yang seperti saya tidak rajib back-up memori. SanDisk #SanDiskAPAC sudah mengeluarkan produk USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone), masih bingung USB apakah ini? Jadi produk USB OTG SanDisk merupakan perangkat yang memudahkan kita sebagai pengguna smartphone dalam melakukan back-up memori dari smartphone ke laptop.

Jika kamu pengguna aktif smartphone tentu wajib untuk memilikinya, agar memori internal kamu terhindar dari peringatan memori penuh. Nah ini ada beberapa alasan kamu wajib memiliki USB OTG SanDisk ini :


1. Pemakaian yang mudah dan praktis
Cara menggunakan USB ini sangatlah mudah sekali, hanya cukup plug and play saja. Jadi kamu cukup pasang USB OTG SanDisk Dual Drive pada smartphone kalian, lalu lakukan back-up memori. Jika sudah selesai, kamu tinggal pindahkan data ke laptop. Praktis bukan.

2. Bisa untuk dibawa traveling
Ukuran dari USB OTG SanDisk Dual Drive ini kecil, sehingga bisa dibawa-bawa saat kita berpergian. Jadi kita bisa bebas foto-foto dan merekam video saat traveling tanpa kwatir memori penuh.

Tipe dari USB OTG SanDisk Dual Drive

USB OTG SanDisk ini memiliki dua tipe, yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan dan yang sreg dihati.

1. SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C


* Kapasitas
SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C memiliki 5 pilihan kapasitas USB yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, beda kapasitas tentu akan berbeda harganya. Ada kapasitas 256 GB, 128 GB, 64 GB, 32 GB, dan 16 GB. 

* Desain 
Untuk desainn dirancang khusus dengan port USB Type-C yang baru. Konektornya dapat dibalik dan didesain simetris selalu menghadap ke kanan, sehingga mudah dan cepat saat digunakan.

*Performance
USB tipe ini memiliki High-Speed USB 3.1 dengan performance bisa sampai 150 MB/s, ini memudah kamu tentunya dalam proses transfer data. 

2. SanDisk Ultra Dual Drive m3.0


*Kapasitas
SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 ini memiliki 4 pilihan kapasitas, yaitu 128 GB, 64 GB, 32 GB dan 16 GB. Kalian bisa pilih sesuai kebutuhan saja.

*Desain
SanDisk Ultra Dual Drive memiliki desain yang ramping. Dan ada dua konektor pilihan yaitu micro-USB dan USB 3.0. Tentunya konektor USB 3.0 kinerjanya lebih tinggi dan kompatibel dengan USB 2.0 ports.mi.

*Performance
High-speed USB 3.0 memungkin kamu bisa mentransfer film berdurasi panjang ke drive lebih cepat daripada USB 2.0 drive3, kecepatannya bisa mencapai 150 MB/s.

3. iXpand Mini Flash Drive for iPhone


Jika kedua tipe diatas adalah khusus untuk smartphone Android, untuk tipe ini khusus digunakan untuk iPhone atau iPad. 

*Kelebihan 
iXpand Mini Flash Drive dapat back-up data foto-foto secara otomatis saat perangkat terpasang, jadi tidak perlu memilih-milihnya lagi. Tipe ini pun mendukung format video seperti MP4, MOV sehingga kamu bisa menyimpan dan menonton video langsung dari drive, semudah itu ya bisa jadi hiburan saat perjalanan.

*Kapasitas 
iXpand Mini Flash Drive ini hanya memiliki satu pilihan kapasitas yaitu hanya 64 GB saja.

*Desain
iXpand Mini Flash Drive ini memberi kemudahan yaitu dapat langsung mencoloknya ke iPhone atau iPad kamu tanpa harus membuka casing.

*Performance
Setelah kamu pasang ke port USB 3.0 komputer kamu transfer akan berjalan cepat hingga 90 MB/s.

Kalian mau pilih yang mana nih? Saran saya sih pilih yang sesuai dengan kebutuhan saja, dan untuk kapasitas kalau bisa pilih yang lebih besar dari memori internal.

Tidak Ingin Memori Penuh Gunakan USB OTG SanDisk

Jika kalian tidak ingin memiliki pengalaman seperti saya saat menggunakan smartphone eh memori penuh mau dihapus foto-foto lama kok ya #DibuangSayang, atau yang lebih seram sampai kehilangan data. Kalian harus lebih rajin lagi melakukan back-up memori smartphone kalian. Biar lebih mudah dan praktis dalam back-up memori ya gunakan saja USB OTG SanDisk, data kalian pun jadi aman tersimpat di laptop dan memori smartphone pun FREE.




CatatanRia.com

43 comments:

  1. saya juga pernah mengalami mbak, semua data di hape ilang termasuk ratusan foto si kecil :( gara2 hang hiks, sekarang mah dipindah di simpan di usb saja biar aman dan sebagian di cetak biar nggak nyesek kalau ilang

    ReplyDelete
  2. Mantap nih. Ada berbagai tipe colokan ya. Tinggal disesuaikan dengan hp kita

    ReplyDelete
  3. Aduh ini pas banget memori hape aku udah penuh banget. Dan kayaknya aku harus ounya Scandisk ini mba

    ReplyDelete
  4. sekarang jadi lebih aman ya mbak kalau punya USB OTG ini, karena emang perlu banget kalau untuk kayak kita gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin pas banget waktu keluar kota handphoneku penuh gak bisa nerima transfer foto dari kamera. Terus aku gak bawa memory cadangan kamera pulak, jadi kepikiran memang kayaknya harus banget punya si otg ini ya.

      Delete
  5. Wajib punya USB OTG jaman sekarang mah, apalagi aku nih yang tiap hari punya foto baru hahaha. Paling gede kapasitas 128gb ya, mau beli Sandisk ah :D

    ReplyDelete
  6. Aku pilih beli yang nomor 1 atau 2 ya? Heheheh Iya nih aku memang lagi transfer2 banyak foto dari HP ke laptop. Masih ada 1800 foto nih huaaaa :( Yang gede GB nya aja kali ya 128 GB jadi lebih luas space nya.

    ReplyDelete
  7. Ini solusi tepat kalo pas memori hp penuh ya mbak.
    Kalo aku biasanya sih langsung pindahin data-datanya ke laptop biar memori di hp berkurang. Tapi emang makan waktu banget sih.

    ReplyDelete
  8. Aku dari dulu pakai ini nih untuk hape android, bener2 cocok banget lho dan memudahkan kegiatan dan pekerjaan hehe..

    ReplyDelete
  9. Untuk aku yang sering membuat konten, tentunya memori cepat penuh & selalu dipindahkan ke flashdisk untuk mengatasinya

    ReplyDelete
  10. Pas banget storage hp aku full, sayang banget kalau harus di delete, mending dipindahin ke sini aja ya..

    ReplyDelete
  11. USB OTG ini ngebantu kita banget ya. Aku juga uda harus mulai rutin nih jadwalin backup berkala biar hasil karya ga tiba2 lenyap. Sakittt hahaha

    ReplyDelete
  12. Wajib banget punya nih, soalnya aku suka banget ngabisin memory hp dan suka males mindahin data ke laptop.

    ReplyDelete
  13. Aku belum punya tapi pernah ngalamin memori penuh dan malah menganggu aktifitas sehari-hari

    ReplyDelete
  14. Setuju Mbak jangan sampai terulang kehilangan data karena hp eror. Segera backup ya. USB flashdisk OTG Sandisk ini saya incar juga. Bermanfaat banget pastinya buat blogger

    ReplyDelete
  15. Aku kayaknya lagi butuh banget OTG ini deh buat backup data di hp
    Nanti kalo ke BEC mau beli ah hehe

    ReplyDelete
  16. Wah iya hapeku suka penuh krn aku paling sayang menghapus foto atau video hahaha. Bagus nih OTG-nya bisa masuk ke hape langsung ya? Selama ini aku pakai OTG yang buat mindahin isi kamera, tapi blm pernah buat transfer2 data dr hape hehe

    ReplyDelete
  17. Aku penasaran banget nih dengan USB SanDisk ini. Udah banyak yang merekomendasikan ya. Hapeku juga cepat full memorinya. Bikin kesel.

    ReplyDelete
  18. Back up memory itu penting banget menurutku, kalo aku sekarang udah mulai back up online mba mengingat begitu banyaknya data yang perlu di back up... Btw aku pake sandisk juga di rumah

    ReplyDelete
  19. Sandisk ini memang merk yang udah ngetop dan memiliki kualitas oke. USB OTG gini tepat banget menjadi penyelamat para pengguna smartphone yang biasanya memorinya cepet penuh karena hobi jeprat-jepret dan nyimpen aneka document agar bisa kerja mobile dengan tenang

    ReplyDelete
  20. Aku suka sekali ada OTG USB dari Sandisk ini karena bisa back up data dengan lebih mudah ya

    ReplyDelete
  21. Hadeuh benar nih, aq harus beli USB Sandisk ini, memori hpq cepat full

    ReplyDelete
  22. Aku juga sudah pakai OTG ini mba, benar-benar teknologi yang mempermudah hidup yaa, apalagi bagi aku yang suka malas melakukan backup foto 🤦🏽‍♀️. Sayangnya OTG ini belum ada yang langsung bisa dipakai untuk handphone apple ya?

    ReplyDelete
  23. Wah.. Suamiku juga pake ini nih.. Lebih praktis ya emang, gak perlu kabel data, apalagi Bluetooth..

    ReplyDelete
  24. Foto2 anakku yg jaman kecil pada hilang smuaa bkin sebel deh sma hpku yg dlu makanya butuh Sandisk ini untuk menyimpan kenangan yang tidak mungkin kembali.lagi

    ReplyDelete
  25. Ini saya banget mbak, jadi kadang terpaksa beberapa foto dan file tuliaan mesti dihapus krn kepenuhan memori HP. Kl ada OTG sih gak perlu pusing2 lagi ya mbak

    ReplyDelete
  26. jadi keinget dulu sebelum kenal otg sandisk ini, saya selalu bawa kabel kemana3. akhirnya ngilang, wkwkwk. terus pas butuh transfet foto dr hp ke pc jd kalang kabut. wkwkwk

    ReplyDelete
  27. Saya sedang mengalami itu hehehe... Saya harus merelakan beberapa video dan foto dihapus gara-gara memori HP sudah penuh. Wah ini mah harus bin kudu punya barang satu ini.

    ReplyDelete
  28. Dulu hp tiba2 mati karena memory penuh, maklum hp murahan. Barutau ada solusi simple begini. Kok nggak dari dulu ya :(

    ReplyDelete
  29. Sandisk, merek USB andalan jaman kuliah-kerja dulu hehehe. Mau ngintip ke toko ah USB OTG Sandisknya, karena aku pun salah satu anggota Paguyuban Yang Sering Kehilangan File Di Hape :') makasih sharingnya ya mba :)

    ReplyDelete
  30. Senang ya kalau file file bisa aman dengan San Disk
    Jadi bisa pastikan tidak ada yang kebuang percuma apalagi momen penting

    ReplyDelete
  31. USB OTG Sandisk memang sesuai kebutuhan kita ya, apalagi buat aku yang suka simpen banyak foto di smartphone

    ReplyDelete
  32. Aku butuh juga ini teh USB Sandisk karena memori HP juga full dan solusi aku selama ini ya delete padahal kan kenangan yah setiap moment hehhee

    ReplyDelete
  33. Penting banget back up file atau data ya mbak, apalagi memori hape saya suka full dan kadang enggak bisa nyimpan lagi. Untung ada sandiks OTG ini mbak.

    ReplyDelete
  34. saya juga mbak suka malas back up data di hape kecuali kalau sudah dapat peringatan baru deh nyari kabel data buat back up. memang perlu banget punya USB OTG begini ya

    ReplyDelete
  35. Nah pas kebetulan nih kalau punya hape yang bisa otg punya usb san disk ini, biar hape kita nggak nge hang dan kirim filenya gak pake ribet colok sana sini hihi

    ReplyDelete
  36. kalo dulu malas back up data, semenjak ada sandisk jadi lbh sering y wanti2 buat back up datanya biar gk ilang dan memory full

    ReplyDelete
  37. yng mudah dan prktis ini yang wajib punya. biar data juga aman

    ReplyDelete
  38. Perlu banget usb san disk untuk kegunaan hp, untuk kegunaan transfer data agar hp tetep lancar,bye bye hp ne hang

    ReplyDelete
  39. Penting banget pokonya USB OTG ini, biar gak kehabisan ruang memori di gadget kita

    ReplyDelete
  40. Aku punya nih USB OTG sandisk ini. Tapi sampai sekarang gak bisa-bisa koneksi ke handphone aku.

    ReplyDelete
  41. Aku juga pakai yg 32GB dual drive
    memang berguna banget apalagi klo kepenuhan memori tiba2 hehee
    bisa pindahin ke drivenya sanDisk

    ReplyDelete
  42. Aku pernah dong mbak, apalagi saat event gitu..
    Andai bawa USB OTG SanDisk pasti ngggak akan ngalami hal dmemikian aku hehee

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V