Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

6/12/19

Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil di Kehamilan Keempat

Hello lama enggak menulis disini, bulan puasa dan lebaran pun sudah terlewat dan saya belum update apapun disini. Lama enggak update bukan karena malas menulis tapi belum ada moodnya ditambah rasa mual yang membuat saya enggan membuka laptop. Mual? Nah loh jangan-jangan? 

pic from pixabay, edit by rianugros

Yups Alhamdulillan bulan ramadhan kemarin saya di beri kepercayaan kembali untuk memiliki anak yang ke empat. Bingung ya koq 4 padahal anak baru 2 si Babang dan Adek Iyan? Babang sebenarnya punya Kakak namanya Bella tapi sekarang sudah tinggal di Surga :) kawan lama di blog saya ini pasti tau yaaaa.


Saat saya mengetahui saya hamil kembali, jelas kaget karena saya selama ini memang belum kepikiran untuk menambah anak kembali. Namun saat mengetahui hamil ajaib semua perasaan takut yang sebelumnya ada dipikiran saya, secara otomatis saya merasa siap harus hamil kembali. Abi gimana? Dia malah santai saja hahaha mungkin sudah bosan dia mendengar istrinya hamil (lagi).


Awalnya saya berpikir saya akan bisa melewati kehamilan ini dengan mudah, kenyataannya berbeda donk. Saya mengalami mual yang cukup parah, dari pagi hari sampai malam hari saya harus merasakan mual dan pusing. Tentu saja ini mempengaruhi aktifitas saya,  selama bulan puasa sampai lebaran memutuskan untuk off menulis blog. Yang kasihan anak-anak karena yang biasanya mereka mandi rutin pagi dan sore sekarang mandi ya pas saya sedang merasa enak jadi tidak tentu jamnya. Begitu pula makan, makan pun seadanya saya masak saja kadang saya beli jika tidak sanggup masak yang penting anak-anak bisa makan sehari 3x, maafkan Umi ya anak-anak.

Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

Beberapa waktu lalu saya ke Bidan untuk memeriksakan kandungan dan konsultasi, saya menyampaikan keluhan saya yang kesulitan makan karena rasa mual yang berlebih. Menurut Bidan mual pada ibu hamil itu sudah menjadi hal biasa dan biasanya itu dari faktor psikologis si Ibu. Dan hanya berlangsung di trimester pertama kehamilan saja, di kehamilan saya sebelum-sebelumnya memang tidak mual parah seperti sekarang dan hilang di saat usia kehamilan 12 minggu.

Adakah cara mengatasi rasa mual saat hamil, Yups ada donk saya dapat wejangan dari Ibu Bidan. Saya share beberapa tips cara mengatasi rasa mual saat hamil :


1. Makan sayuran berkuah dan buah-buahan
Sayuran berkuah dan buah-buahan dapat mengurangi rasa mual karena memang segar sekali jika dikonsumsi. Buah-buahan bisa pilih yang banyak mengandung air biar segar atau buah pisang, buah pisang ini dipercaya bisa menghilangkan mual.

2. Konsumsi Vitamin B6
Ini harus resep dari dokter atau bidan yaa Moms. Vitamin B6 dipercaya dapat mengatasi rasa mual, namun tidak menjamin akan hilang sepenuhnya rasa mual. Diminum saat sebelum makan yaa, saya minum ini jika sudah jam makan namun rasa mual terus ada.

3. Perbanyak Istirahat
Usahakan setiap hari ada waktu untuk tidur siang, saya biasanya mengambil waktu saat Adek Iyan tidur saya ikut tidur. Saatnya memanjakan diri lupakan sejenak piring kotor, rumah berantakan, cucian menggunung dan lain-lain, itu bisa dikerjakan saat senggang saat rasa mual reda. Syukur-syukur suami mau membantu.

4. Hindari bau-bauan
Kalau sedang hamil pasti hidung menjadi sensitif, mencium bau yang menyengat langsung deh mual. Saya sih memilih untuk tidak memakan wangi-wangian dan kosmetik karena baunya bikin saya mual dan si Abi juga saya larang merokok dekat saya, bau dari asap rokok juga bikin saya mual dan lagipulan asap rokok itu berbahaya.


Itulah beberapa tips cara mengatasi rasa mual pada saat hamil. Tips ini dijamin 100% tidak akan membuat rasa mual itu hilang yaaaaa, Loh??? Iya jadi ini sifatnya hanya meredaka rasa mual saja, setidaknya saat rasa mual mulai reda kita bisa beraktifitas dan makan tetap sehari 3 kali. Jangan sampai rasa mual benar-benar membuat aktifitas berhenti dan makan jadi berkurang drastis. 

Untuk para bumil yang juga berjuang melawan rasa mual, semangatt yaaa. Anggap lah rasa mual ini adalah masa-masa terindah saat hamil, tanda cinta dari si utun di perut.




CatatanRia.com

9 comments:

  1. Alhamdulillaah Ria akan diberi amanah lagi. Semoga sehat terus dan adek bayinya sehat terus dan lancar hingga persalinan. Aaamiiin

    ReplyDelete
  2. Selamat ya Mbak. Semoga sehat selalu sehat selamat sampai tiba saatnya lahiran. Semoga menular ke saya hamilnya. Amin.

    ReplyDelete
  3. caraku mengatasi mual saat hamil: ciumin essential oil peppermint hehehe,

    ReplyDelete
  4. Rasa mual tak bisa dianggap enteng ya pada saat kehamilan, dapat ilmu baru nih, prakteknya nanti pas udah nikah, hihi

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah..selamat untuk kehamilannya ya Mbak
    Semoga dimudahkan dan dilancarkan-Nya. Sehat Bunda dan calon debay sampai nanti

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya rasa mual, ngidam itu ajaib ya Mbak. Kalau kita udah ketahuan hamil, eeeh perasaan itu langsung muncul, tapi coba deh lihat sebelum tahu itu biasanya mah santai aja ya, hihihih.
    Anyway selamat tuk kehamilan keempatnya ya Mbak. Sehat2 ya Umiii, moga babynya cewek lagi nih, tapi kalau mau kompakan ma saya, cowok aja lagi Mbak, hihihih

    ReplyDelete
  7. Mbak aku tuh mual muntah kalau ada di rumah doang
    Giliran keluar rumah atau diajak jalan kemana gitu, enak aja
    Suami saya jadi heran...

    ReplyDelete
  8. Selamat atas kehamilannya, mbak. Semoga lancar sampai lahiran nanti.

    ReplyDelete
  9. Vitamin B6 yaa. Noted! Aku blom hamil sih hahahaha tapi siap siap lah. Makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V