6/19/19

Inilah Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dengan 2 Tabung

Pekerjaan rumah yang tidak pernah ada selesainya apa hayu? Banyakkkk dan salah satunya itu mencuci baju. Perasaan sudah mencuci satu ember besar eh besoknya koq sudah menumpuk lagi cucian kotor yang siap di cuci. Dulu sebelum punya anak sih suka mencuci pakai tangan saja karena tidak banyak pakaian, namun semua berubah setelah krucil-krucil lahir saya menyerah jika harus mencuci tangan kembali. Mesin cuci menjadi solusi terbaik, untunglah ada mesin cuci tua yang lumayanlah masih bisa dipakai dirumah.


Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dengan 2 Tabung

Mesin cuci yang saya pakai masih yang model lama, model mesin cuci 2 tabung. Mulai terpikir sih untuk mencari mesin cuci baru karena kinerja mesin cuci tua ini sudah mulai berkurang karena usia. Saya tertarik sih dengan mesin cuci 1 tabung seperti mesin cuci LG 1 tabung, tapi entahlah kapan akan mengganntinya. Harga mesin cuci LG 1 tabung memang lebih mahal daripada yang 2 tabung. Tapi soal kualitas dan kemampuan kerjanya, keduanya hampir sama. Dua jenis ini merupakan jenis yang banyak beredar di pasaran.


Tapi apakah Kamu sudah tahu perbedaan mesin cuci 1 tabung dengan 2 tabung? Kalau belum tahu, yuk cek perbedaannya di bawah ini. 

Mesin cuci 1 tabung

a. Jumlah tabung
Mesin cuci 1 tabung merupakan mesin cuci yang hanya memiliki 1 buah tabung dengan dua fungsi sekaligus, yaitu untuk mencuci dan untuk mengeringkan. Menurut letak bukaannya, mesin cuci jenis ini terbagi menjadi dua, yaitu bukaan atas (top loading) dan bukaan depan (front loading).

Untuk jenis top loading, bukaan mesin cuci ada di bagian atas. Mesin cuci 1 tabung top loading lebih hemat listrik dibandingkan jenis yang front loading. Kemampuan mengeringkannya hanya 70%. Sedangkan untuk jenis front loading, lebih boros listrik tapi hasil cuciannya lebih bersih dan tidak merusak kain dengan kemampuan mengeringkan pakaian hingga 90%.

b. Harga
Harga mesin cuci 1 tabung lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Meskipun lebih mahal, bukan berarti harganya tidak dapat Kamu jangkau. Contohnya saja harga mesin cuci LG 1 tabung yang tetap terjangkau dan aman di kantong.

c. Cara kerja
Selain berbeda dari jumlah tabung, cara kerja mesin cuci 1 tabung juga berbeda. Dengan 1 tabung untuk dua fungsi sekaligus membuat mesin cuci jenis ini sangat praktis. Kamu tidak perlu memindahkan pakaian yang sudah selesai dicuci di tabung cuci ke tabung pengeringan. Dengan mesin cuci 1 tabung, baik pencucian maupun pengeringan dilakukan dalam 1 tabung yang sama.

Nah, untuk cara kerjanya, mesin cuci 1 tabung menggunakan sistem full otomatis. Jadi, tidak diperlukan bantuan manusia untuk menyelesaikan semua rangkaian tugas mencuci. Kamu tinggal memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, tambahkan deterjen, atur sesuai kebutuhan, dan Kamu hanya perlu duduk manis sampai proses mencuci selesai dengan sendirinya.

d. Biaya perawatan
Karena mesin cuci ini adalah jenis mesin cuci otomatis, maka biaya perawatannya lebih mahal. Begitu pula dengan harga sparepart-nya. 

Mesin cuci 2 tabung

a. Jumlah tabung
Mesin cuci 2 tabung tentu saja memiliki 2 buah jenis tabung yang berbeda dengan bukaan yang berada di atas. Yang satu digunakan untuk mencuci, yang satunya lagi digunakan untuk mengeringkan. Karena masih butuh campur tangan manusia dalam prosesnya, mesin cuci ini termasuk dalam mesin cuci semi otomatis.

b. Harga
Harga mesin cuci 2 tabung lebih murah jika dibandingkan dengan harga mesin cuci LG 1 tabung.  

c. Cara kerja
Karena proses mencuci dan proses mengeringkan dilakukan pada tabung yang berbeda, Kamu butuh memindahkan pakaian ke tabung yang lain begitu selesai dicuci. Jika menggunakan mesin cuci 2 tabung, Kamu tidak bisa duduk manis dan terima jadi. Kamu juga perlu turun langsung untuk menunjang proses yang ada.

d. Biaya perawatan
Dibandingkan dengan 1 tabung, biaya perawatan mesin cuci 2 tabung jauh lebih murah. Begitu juga dengan harga sparepart-nya.

Demikian perbedaan mesin cuci 1 tabung dengan mesin cuci 1 tabung. Apapun jenis mesin cuci yang Kamu pilih, harus sesuai dengan kebutuhan Kamu sekeluarga.

Kalau Kamu ingin mengganti mesin cuci 2 tabung Kamu dengan mesin cuci 1 tabung agar lebih praktis, Kamu bisa membelinya di Bukalapak. Kamu bisa cek info soal harga mesin cuci LG 1 tabung di sana. Kalau harganya cocok, tinggal pesan dan barang akan diantar sampai ke rumah Kamu. Beli mesin cuci jauh lebih mudah dilakukan secara online melalui Bukalapak yang dijamin aman.




CatatanRia.com

6 comments:

  1. Jual deterjen pun malah ada yang khusus untuk mesin cuci top loader dan mesin cuci front loader, apa karena menyesuaikan dengan spesifikasi mesinnya yah

    ReplyDelete
  2. Wah bener banget tuh Mbak. Ada banyak perbedaannya ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Wah ini bisa menjadi salah satu rekomendasi kalau mau beli mesin cuci nih

    ReplyDelete
  4. Kalau gitu mending memakai mesin cuci yang tabung 2 ya. Karena harganya murah hehe

    ReplyDelete
  5. Wah bermanfaat banget nih informasinya. Terima kasih ya Bun atas informasinya

    ReplyDelete
  6. Memang semua ada kelebihan dan kekuragannya ya Mbak. Kalau saya punya yang tabung 1 hehe

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V