5/1/19

5 Tips Belajar Online Untuk Anak TK di Rumah

Babang Iyas sekarang sudah TK A, dan tahun ini akan naik ke TK B. Berarti udah hampir 3 tahun ya dia sekolah taman kanak-kanak. Yups, 3 tahun karena pada usia 3 tahun Babang Iyas sudah sekolah tapi masih masuk kober (kelompok bermain). Alhamdulillah sih Babang Iyas masih menikmati masa-masa sekolah tanpa rasa bosan.



Kebetulan saya memang memasukan Babang ke sekolah yang tidak ada paksaan harus bisa membaca dan menulis, di rumah pun saya tidak pernah memaksa Babang untuk belajar. Tidak memaksa bukan berarti tidak mengajaknya belajar sama sekali loh ya.

Belajar Online Untuk Anak TK di Rumah

Saya tetap mengajak Babang belajar mengenal warna, bentuk, angka, huruf dan lain-lain, namun saya mengajak belajarnya dengan cara yang Babang sukai. Apa yang Babang Iyas sukai? Tentu saja HANDPHONE favoritnya anak-anak jaman now. Saya bukan orang tua yang sempurna, jadi maaf ya ibu-ibu yang anti handphone jangan bully saya. Gak takut anak jadi kecanduan handphone? Enggak sih, anak-anak kan takut sama saya hehehe jadi masih bisa dibatasi untuk screentime.


Untuk belajar online caranya saya mendownload aplikasi belajar anak-anak yang tersedia di play store. Dan sepulang dari sekolah biasanya sih setelah makan siang, Babang Iyas saya ajak belajar online di rumah, tidak ada belajar yang serius tapi lebih banyak belajar sambil tertawa karena Babang yang senang disangka dia itu mah lagi main game bukan lagi belajar.

Tips belajar online untuk anak TK di rumah

Untuk belajar online ini sih cukup efektid untuk saya, memang tidak setiap hari juga sih saya mengajak Babang Iyas belajar online kadang saya selingi dengan belajar tanpa gadget tapi teteppp dengan konsep belajar santai atau bermain sambil belajar.

Saya ada beberapa tips belajar online agar anak-anak tidak cepat bosan belajar ala saya. 


1. Pilihlah waktu yang tepat
Saat akan mengajak anak belajar, kita harus memilih waktu yang tepat. Waktu yang tepat itu ya saat anak-anak sedang tidak dalam jam tidurnya atau jam makannya, lebih enak sih pas anak lagi aktif-aktifnya saat moodnya lagi bagus.

2. Batasi waktu belajar online
Kita harus selalu ingat donk ini anak-anak yang butuh waktu bermain juga, jangan sampai hari-hari di rumah terus menerus dijejali pelajaran, semenarik apapun aplikasi belajarnya pasti bakal bikin anak-anak tetap jenuh. Saya malah kalau mengajak belajar Babang Iyas tidak lebih dari 15 menit sehari.

3. Pilih aplikasi belajar yang menarik
Di play store banyak banget kan tuh aplikasi untuk belajar anak, sebaiknya pilih aplikasi yang kira-kira menarik untuk anak kita. Misal anak kita suka tayo, carikan aplikasi yang ada gambar tayonya. Kan nanti anak juga akan semakin semangat.

4. Pilih aplikasi sesuai kemampuan anak
Nah ini juga penting, jangan sampai kita pilih aplikasi belajar yang susah sedang anak kita baru usia 3 tahun. Kasihan bu masih kecil sudah menanggung beban berat, cukup emaknya saja yang menanggung beban berat yaaa.

5. Buat suasana yang menyenangkan
Saat mengajak anak belajar pun sebaiknya tidak usah terlalu serius, sloww santai saja ibu-ibu usahakan anak merasa dia sedang bermain tapi bermain sambil belajar. Jadi kalau nanti saat proses belajar ternyata anak tidak bisa menjawab dengan benar, jangan marahh yaaa sabar.

Itulah beberapa tips belajar online untuk anak TK di rumah ala ala saya. Tips ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi yaa. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga : Senangnya Anak Bermain di Dalam Rumah

Yuk Moms, segera download aplikasi-aplikasi belajar untuk anak kita agar bisa belajar di rumah bersama kita. Jika smartphone Moms sudah tidak mendukung download aplikasi-aplikasi belajar terbaru, mungkin sudah saatnya mengganti dengan smartphones baru. Coba deh Moms lihat-lihat dan membeli smartphones terbaru di iPrice, di sana ada banyak smartphones terbaru yang bisa mendukung anak-anak agar bisa belajar online di rumah bersama orang tua.




CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V