Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

5/5/19

Asyiknya Bermain Air di Sungai Cireong Ciamis

Lebaran sebentar lagi, eh masih sebulan lagi deh. Artinya siap-siap nih menyambut liburan, kalau sekolahnya Babang Iyas baru libur nanti sekitar akhir Mei ini. Niatnya sih mudik ke Tangerang dari sebelum lebaran, dan rencana sih mau liburan ngajak jalan anak-anak ke tempat wisata keluarga di Tangerang.

Bermain Air di Sungai Cireong Ciamis

Sungai Cireong Ciamis

Kalau Kamu mau kemana nih? Ada rencana mau bermain air enggak? Cobain deh mai ke Sungai Cireong Ciamis. Sungai Cireong Ciamis merupakan Wisata alam yang ada di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mengenang masa kecil dengan bermain air sepuasnya di sungai.

Objek wisata ini mungkin masih relative baru, namun keunikannya mampu menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah. Salah satu hal yang unik dari objek wisata ini adalah kejernihan air sungai yang dapat dimanfaatkan untuk bermain air juga aman untuk berenang bagi siapapun. Mau dewasa atau anak-anak sekalipun bisa bermain air di sungai yang airnya tak pernah keruh ini.

Warung Wisata Tempat Beli Oleh-Oleh di Sungai Cireong Ciamis

Bukan itu saja, dibangunnya Warung Wisata akhir-akhir ini membuat para pengunjung tak lagi kebingungan untuk membeli oleh-oleh khas Dusun Cireong, Ciamis. Seperti dilansir harapanrakyat.com, warung wisata resmi dibuka pada awal Januari 2019. Warung wisata ini dibangun bersama oleh Karang Taruna bekerja sama dengan BUMDES Desa Sukaresik.

Warung Wisata ini di kawasan wisata Sungai Cireong Ciamis ini banyak menampung kreativitas warga setempat ataupun oleh-oleh khas warga Cireong yang akan dijual kepada para pengunjung. Banyak warga desa yang kemudian menitipkan barang dagangannya di Warung Wisata ini.

Tempat Munggahan di Sungai Cireong Ciamis

Selain itu, Sungai Cireong ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat ‘munggahan’ atau makan bersama menjelang Bulan Ramadan. Biasanya ini suka dilakukan oleh orang sunda acara munggahan ini, saya juga baru tau munggahan pas tinggal di Bandung. 


Keberadaan warung di kawasan sungai Cireong banyak yang menyajikan nasi liweut. Jadi kalau mau piknik ke Sungai Cireong Ciamis, Kamu tak perlu repot bawa bekal makanan, karena Kamu bisa memesan nasi liweut di sini yang bisa Kamu nikmati bersama keluarga maupun sahabat.

Alasan Memilih Wisata ke Sungai Cireong Ciamis

Saat Kamu memilih wisata ke Sungai Cireong Ciamis, maka pilihan kamu tepat sekali. Karena di sana dapat menikmati banyak hal, ini dia beberapa alasan memilih wisata ke Sungai Cireong Ciamis :


Sungai Cireong Airnya Tidak Penah Keruh

Sungai Cireong berjarak hanya sekitar 5 kilometer dari jalan raya nasional Sindangkasih, Sungainya sengaja dibendung dengan menggunakan bebatuan alami. Makanya, muncul kemudian kolam-kolam besar yang aman bila digunakan untuk berenang. Uniknya lagi, walaupun banyak yang berenang di sini, namun dijamin airnya tidak akan pernah keruh. Makanya, tak perlu khawatir jika ingin berenang ataupun hanya ingin bermain air di sini.

Konon, walaupun musim hujan sekalipun, air sungai Cireong Ciamis tidak akan pernah keruh. Hal ini karena bagusnya vegetasi hutan yang ada di hulu sungai cireong. Bahkan sungai ini tersembunyi di balik rerimbunan vegetasi hutan.

Sungai Cireong Akses Jalannya Baik

Akses jalan ke arah Sungai Cireong pun kini sudah beraspal baik, Namun, Kamu tetap harus berhati-hati, karena jalanan cukup sempit, selain itu kondisi jalan juga menanjak. 

Sungai Cireong Pemandangannya Indah

Jika sudah sampai ke Sungai Cireong Ciamis, Kamu tidak hanya bisa berenang atau pun menikmati kejernihan airnya saja. Namun, Kamu juga bisa berjalan kaki ke arah hulu Sungai Cireong. Kamu akan disuguhi pemandangan indah luar biasa, karena Kamu akan menyusuri pematang sawah dan pinggiran sungai.

Sungai Cireong Bisa Jadi Tempat Bersepeda Gunung

Ada lagi, bagi yang hobi ‘gowes’ bersepeda gunung, kondisi jalan di seputar sungai Cireong akan sangat cocok untuk dijelajahi dengan kendaraan kesayangan Kamu tersebut. Begitu juga bagi yang punya hobi fotografi, Sungai Cireong Ciamis yang memiliki banyak spot foto ini, sangat menarik untuk kegiatan fotografi, Apalagi untuk sekedar swa-foto. Sekarang bahkan disediakan spot unik bagi Kamu yang hobi swa-foto.

Awal Mula Wisata Alam Sungai Cireong Ciamis

Wisata Alam Sungai Cireong yang berada di bawah kaki Gunung Golkar ini, sudah dikelola oleh masyarakat setempat. Rupanya para pemuda di sana berusaha menyulap Sungai Cireong menjadi kolam pemandian dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Padahal konon dulunya, Sungai Cireong ini hanya sungai biasa yang tidak terawat dan dipenuhi semak belukar di sisi kiri kanan sungai. Walaupun begitu, sudah sejak lama Sungai Cireong di Desa Sukaresik ini jadi tempat tujuan bermain anak-anak yang ada di sekitar sungai.

Mulai dari sanalah, Sungai Cireong Ciamis akhirnya jadi buah bibir di kalangan anak-anak maupun remaja, Banyak orang-orang dari luar Desa Sukaresik sengaja datang untuk piknik ke tempat ini. Lama kelamaan makin banyak pengunjung, pemuda dari Karang Taruna Desa Sukaresik mulai mengatur masalah parkir. Sekali parkir, cukup membayar Rp. 2000. Kini semakin berkembangnya Sungai Cireong membuat para pengunjung dikenakan tiket masuk.

Sungai Cireong Ciamis
Pic from ciamis.info

Foto-foto keindahan Sungai Cireong sempat viral di berbagai media sosial  makin dikenal setelah foto-foto keindahannya viral di berbagai media sosial. Beberapa pengunjung bahkan mengakui jika mereka mengunjungi Sungai Cireong karena tertarik setelah melihat foto-foto indah Sungai Cireong di media sosial, dan memutuskan untuk berwisata bersama beberapa teman atau kerabat ke Sungai Cireong.

Ketua Karang Taruna Desa Sukaresik, sempat mengatakan kalau tiap harinya tak lebih dari 2 ribu pengunjung atau lebih wisatawan lokal maupun luar daerah datang ke Sungai Cireong.

Bahkan, tidak bisa dipungkiri, wisata alam ini telah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar, Pasalnya, seperti dibahas sebelumnya, wisata alam Sungai Cireong selain menawarkan kejernihan sungai dan bebatuan alami, ada juga warung-warung yang menawarkan jajanan sampai paket nasi liwet yang bisa dinikmati pengunjung. Keberadaan warung yang penjualnya berasal dari warga setempat inilah yang berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat di sana.


Sebagai tempat wisata, Sungai Cireong Ciamis menawarkan paket komplit untuk piknik, Kamu bisa bermain air, menikmati nasi liweut, atau mau sekalian hiking atau ‘gowes’? Tinggal kunjungi objek wisata di Ciamis ini.




CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V