Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

10/12/16

Berkomentar yang Baik Dalam Sebuah Grup

Saya termasuk emak yang jarang sekali join grup FB ini itu. Saya hanya join grup yang membahas mpasi, blw, jual-beli, blogger eh banyak juga ya joinnya katanya sedikit join grup di FB *nepok jidad*. Ya saya hanya masuk grup FB yang memang saya butuhkan. Biasanya sih saya hanya menjadi silent reader jarang sekali posting atau komentar, kecuali grup blogger suka posting share update blog *yaeyalah*


Terkadang saya menemukan thread yang isinya membully ataupun pamer. Seperti digrup MPASI, sering kali ada seorang ibu yang sedang curhat bukannya solusi yang didapat tapi malah dibully. Dasar emak-emak ya mulutnya itu loh setajam pisau *tutup mulut pakai tangan*. Misalnya ada ibu yang curhat dan minta solusi karena anaknya masih belum bisa duduk atau merangkak, beberapa sih ada yang kasih solusi *kecupin satu2 emak yang kasih tips*, namun beberapa malah pada pamer anaknya udah bisa merangkak dan duduk dari umur sekian bla bla bla tanpa memberi tips bahkan ada yg menyalahkan *nepok jidad*.

Saya ada beberapa tips nih, berkomentar yang baik disebuah grup

1. No Bully.
Ketika seseorang membuat thread, namun isi threadnya kurang baik janganlah dibully. Lebih baik beri tau yang baik dan benar. Misal ada seorang ibu cerita kalau anaknya MPASI dini, thread begini biasanya ramai bully nih "hari gini koq masih mpasi dini", "enggak sekalian anaknya kasih nasi padang". Daripada membully seperti itu lebih baik memberi tahu tentang bahayanya mpasi dini dengan bahasa yang baik ya, biar enggak bikin baper sipembuat thread.

2. Beri tips dan solusi
Ketika seorang ibu galau memiliki seorang anak umur sekian tapi belum bisa ini atau itu. Komentarlah yang sesuai, misal "anaknya coba distimulasi aja atau bawa ke dokter tumbang", atau "anak saya sudah bisa dari umur 7 bulan, waktu itu saya stimulasi bla bla bla". Hindari berkata "ibunya kurang stimulasi kali" atau pamer saja "anak saya dari 6 bulan udah bisa duduk tegak koq".  Bisa baper nanti si ibu pembuat thread bacanya.

Namanya juga emak-emak ada yang sensitif, ada juga yang cuek. Baca komentar yang pedes dikit langsung tersinggung. Tapi kalau saya termasuk emak yang cuek, enggak pernah diambil hati setiap komentar yang datang ke saya.

Oh iya ada satu lagi komentar yang saya kurang setuju, bukan di grup sih. Jika ada individual yang sedang review makanan dan menulis minus dari si tempat makan misal "makanannya enggak enak". Beneran itu ditulis tidak enak. Entah kenapa saya kurang setuju, karena bisa menghalangi rezeki si pemilik tempat makan. Orang yang membaca terlanjur ikut menilai makanan disana tidak enak dan enggan mampir. Menurut saya sebaiknya jika makanannya kurang enak tidak perlu dipublish, cukup langsung beri tahu si pemilik tempat makan tentang rasanya agar pemilik tempat makan melakukan perubahan rasa. Tapi itu menurut saya loh hehehe.


CatatanRia.com

7 comments:

  1. Salam sesama silent reader di grup2 mbak ria ^_^

    Salam kenal :(

    ReplyDelete
  2. Tapi kadang ada juga emak2 yang minta saran, dikasi saran, malah mbantah n banyak alasan.. bikin gemezz, hha

    Kalau menurutku yg namanya review ya kudu jujur, ada plus negatifnya mbak, karena itu lah blog dikunjungi.. tapi kalau yg negatif mungkin bahasanya agak diperhalus.

    ReplyDelete
  3. Bener Mbak, group2 itu sering bikin baper. Huhuhuh

    ReplyDelete
  4. pasti kesel banget ya mbak kalau udah ada emak2 yang mulutnya setajam silet
    gemes gimana gitu pengen cubit pipinye

    ReplyDelete
  5. aku jg jarang mba ikutan grub ini itu... di FB aja cuma grun KEB ini.. kalo ada grub yg aku mulai ga suka bahasanya, biasanya sih aku lgs quit.. berarti memang udh ga cocok utk ikutan gabung.. drpd makan ati lama2 kan yaa ;D

    ReplyDelete
  6. bisa jadi kalau nggak sependapat lebih baik diem ya mbak jadi nggak makin makin masalahnya

    ReplyDelete
  7. bener banget, komen secukupnya aja, biar ga ada yg baper. hehe. soalnya klo ada yg baper biasanya malah pada left group

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V