Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

10/22/16

Cara Menentukan Harga Jual Rumah Dengan Tepat

Saya tidak memiliki pengalaman pribadi dalam menjual rumah, rumah pribadi saja saya tidak punya. Tapi saya pernah memiliki teman yang menjual rumah keluarganya, dia menemui kesulitan karena harga yang tidak cocok kedua belah pihak. Lalu rumah keluarga besar suami juga pernah dijual, namun karena terlalu terburu-buru akhirnya rumah terjual dengan harga murah. Yang berarti untung di pembeli dan rugi di penjual.

pic from google

Menentukan harga jual rumah merupakan hal penting sebelum memasarkan atau menpromosikan rumah yang akan kita jual. Harga rumah memang bervariasi karena beberapa faktor kondisi rumah bisa berpengaruh terhadap harga sebuah rumah. Saat kita akan menjual rumah, kita harus bisa menentukan harga jual yang pas atau sesuai dengan pasaran, karena jika harga rumah terlalu murah maka akan membuat kita rugi, dan jika harga rumah terlalu mahal maka akan rumah kita akan sulit terjual. Untuk itu berikut informasi tentang cara menentukan harga rumah dijual di surabaya dengan tepat.

1. Lakukan survei harga untuk perbandingan 
Dalam menentukan harga jual sebuah rumah, lebih baik melakukan survei harga terlebih dahulu. Survei harga dilakukan dengan cara mencari pembandingan harga rumah yang mirip dengan karakteristik rumah kita dan berada di sekitar daerah rumah kita. Dengan melakukan survei harga-harga akan membantu kita dalam menentukan harga yang pas sesuai dengan tanah dan rumah yang akan kita jual. Selain itu dengan melakukan survei perbandingan harga, akan memberikan kepercayaan diri dalam menentukan harga yang pantas, tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah dari pasaran sehingga akan menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak pembeli maupun penjual.

2. Kualitas rumah 
Kualitas rumah juga berpengaruh terhadap harga suatu rumah. Karena apabila kondisi tanah dalam keadaan bagus dan strategis, maka harga rumah juga akan naik. Namun jika kondisinya buruk atau kurang bagus maka harga tanah dan rumah juga mudah turun. Untuk itu dalam menentukan harga jual sebuah rumah harus menggunakan perhitungan yang matang.

3. Analisa harga tanah dan harga bangunan secara terpisah 
Dalam menentukan harga rumah, lebih baik menggunakan beberapa perhitungan khusus, salah satunya adalah dengan cara menganalisa harga tanah dan harga bangunan secara terpisah. Misalnya jika harga tanah kita sebesar 500 juta rupiah dan harga bangunannya sebesar 200 juta rupiah, maka lebih baik menentukan harga jual rumah dengan harga 20% diatas harga tersebut, yakni sekitar 850 juta rupiah.

Itulah beberapa cara dalam menentukan harga jual rumah dengan tepat. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang bingung dalam menentukan harga jual rumah kalian. Syukur-syukur kita bisa mendapatkan untung banyak setelah menjual rumah, keuntungan bisa dipakai untuk keperluan lainnya.




CatatanRia.com

1 comment:

  1. harus dipertimbangkan dengan baik ya mbak biar gx rugi hehehe

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V