Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

10/2/16

Resep Susu Kacang Kedelai Homemade

Sebagai seorang ibu pastinya selalu ingin memberi yang terbaik untuk keluarga terutama untuk buah hati. Termasuk soal asupan makanannya. Iyas sejak mulai makan sudah saya biasakan dengan makan masakan saya. Dan sebisa mungkin makanan untuk Iyas harus serba homemade.

Namun sayangnya saya hanyalah seorang ibu biasa, yang terkadang lelah dan jenuh *males intinya*. Kadang sudah prepare belanja ini itu mau bikin frozen food dan cemilan homemade untuk Iyas. Eh malah enggak jadi karena mood tiba-tiba berubah. Kasihan juga ya Iyas punya Umi yg moodnya berubah-ubah. Saya memang biasanya kalau masak itu selalu tergantung mood, harus bener fresh badan dan pikiran baru deh bikin yg homemade2 untuk Iyas. Eits tapi tetep ya makanan Iyas masih dijaga, masih menu gizi seimbang dan non msg.


Postingan kali ini sebenarnya, sudah lama didraft. Berhubung ada saja halangan nyelesein tulisan ini, jadi baru dipublish sekarang. Beberapa waktu lalu saya membuat susu kacang kedelai homemade, buat saya sih susunya tapi karena Iyas juga suka jadi berdua deh minumnya.

Awalnya males banget bikin, karena yang dalam bayangan saya akan ribet memakan waktu dan tenaga. Belum dikerjain koq ya udah berpikir ribet *dasar emak malas*. Setelah dikerjakan ternyata enggak seribet bayangan saya, kalau enggak salah saya hanya butuh waktu sejam membuatnya. Itupun ngerjainnya sambil santai dan ngemong Iyas.

Langsung aja ya ini resep dari saya

Resep Susu Kacang Kedelai

Bahan
1 cup kacang kedelai
4 cup air
daun pandan sesuai selera
jahe sesuai selera
gula pasir sesuai selera

Cara membuat
1. cuci dan rendam kacang kedelai semalaman. Bersihkan, usahakan buang semua kulit kacang kedelai.
2. blender kacang kedelai. saya pakai perbandingan 1 : 4. jadi saya ambil 2/3 cup kacang lalu beri air 4x2/3 cup. ulang sampai habis.
3. peras hasil blender dengan kain bersih. saya 2x saring.
4. masak hasil perasan dengan jahe Dan daun pandan. gunakan api kecil. beri gula sesuai selera. sering diaduk ya. jika keluar buih pertama matikan api. tidak perlu sampai mendidih banget nt susu bisa pecah.
5. saring kembali dengan saringan Teh sebelum dituang ke botol. simpan dalam botol, simpan dalam kulkas.

Saya sekali bikin hanya 2/3 cup saja. Gula yang saya gunakan juga sedikit karena Iyas juga ikut minum. Ini bisa jadi 2 botol syrup, dan habis 2-3 hari saja. Sengaja enggak bikin banyak karena susu kacang biasanya tidak awet lama, jadi bikin sesuai kebutuhan saja. Untuk bayi yang MPASI juga bisa, namun skip gulanya ya.

Selamat mencoba maks :) Hidup Homemade :D




CatatanRia.com

5 comments:

  1. Thank you resepnya. semoga emak malas ini sempat mencobanya. Hehe

    ReplyDelete
  2. susu kedelai gini aku rutin minum dulu pas hamil... dan memang lbh enak yg homemade drpd yg udh jadi ya mbak.. yg udh jd nth kenapa rasanya kemanisan lah, kenceran lah... ga pernah pas.. dulu pas msh kuliah, aku homestay di rumah keluarga chinese, dan ibunya rutin bikin susu ini tiap bulan... aku slalu dibagi.. enaaaaak banget.. ga terlalu encer, manisnya pas, dan haruum.. sjk itu sih bsnrnya jd ketagihan.. dan aku lbh suka minumnya pas msh anget mba..

    ReplyDelete
  3. Ternyata lumayan gampang bikin susu kacang kedelai ya mba, tapi memang kudu bergumul sama malasnya nih biar bisa praktek dan bikin sendiri di rumah :)

    ReplyDelete
  4. Perbandingan kacang dan airnya ini yg saya belum tau, makanya belum pernah nyoba :D Pakai jahe jadi lebih enak ya dan ada aroma daun pandannya.

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget susu kacang kedelai, apalagi klo dingin.Thx resepnya.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V