3/28/21

Mulai dari Sekarang Yuk, Perilaku Hidup Sehat dan Bersih

Hai, gak terasa ya sudah masuk akhir Maret saja dan akan segera berganti bulan. Bulan ini saya diberi cobaan kesehatan, iya kami sekeluarga estafet sakitnya sampai saya pun kebagian juga merasakan sakit. Padahal selama ini untuk menjaga kesehatan menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, namun kembali saya flash back ke belakang ternyata saya masih ada yang kendor dalam menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.


perilaku hidup sehat


Seperti waktu itu Karin sempat saya ajak ke sekolah sebentar untuk mengambil tugas sekolah punya Babang Iyas, dan Karin sempat main sebentar di sekolah lalu pulang. Nah, bodohnya saya saat itu saya lupa mencuci tangan Karin setelah selesai bermain, sedangkan Karin punya kebiasaan mengisap jempol. Malamnya dia langsung panas, dan pas saya periksa ternyata kena bakteri fix ini kelalaian saya kurang perilaku hidup sehat dan bersih. 


Perilaku Hidup Sehat dan Bersih

Setelah kejadian sakit estafet ini, saya mulai lebih ketat menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih agar kami semua bisa sehat-sehat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang rasanya khawatir kalau sudah sampai sakit. 


Berikut ini adalah beberapa perilaku hidup sehat dan bersih, yang Kamu lakukan sehari-hari :

1.  Makan Makanan Sehat

Makanan sehat itu wajib sekali, minimal makanan yang gizi seimbang. Jika Kamu masih suka jajan makanan yang bisa dibilang kurang sehat gak apa, tapi untuk makanan utama selalu usahakan masak masakan yang sehat ada sayur, protein hewani dan nabati. Makan makanan sehat dan bergizi sangat baik untuk tubuh, daya tahan tubuh pun akan semakin kuat.


2. Minum Air Putih

Air putih juga hal yang wajib ya, minum air putih yang banyak setiap harinya tapi tidak kebanyakan juga ya nanti gak bagus juga untuk tubuh. Minimal kamu minum air putih 8 gelas setiap harinya, kalau Kamu sedang hamil atau menyusui bisa dilebihkan lagi sampai 13 gelas sehari.


3. Olahraga Teratur

Lakukanlah olahraga setiap harinya, agar badan tetap bugar dan sehat. Tidak perlu olahraga yang berat, bisa dengan olahraga ringan selama 15 menit. Bisa juga olahraganya sambil berjemur di pagi hari, jadi semakin sehat kan kena matahari pagi. 15  menit cukup? Ya bagi saya sebentar saja cukup daripada tidak sama sekali.


4. Rajin Membersihkan Tubuh 

Setiap hari wajib mandi minimal 2 kali sehari, bisa di pagi dan sore hari. Kegiatan membersihkan tubuh ini wajib karena jika kita mandi maka akan banyak bakteri yang menempel pada tubuh kita dan tentunya itu tidak baik untuk kesehatan kita. Selain mandi 2 kali sehari, harus rajin mencuci tangan juga di air yang mengalir dan menggunakan sabun. Mencuci tangan di masa pandemi juga sudah menjadi anjuran pemerintah, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.


5. Rajin Sikat Gigi

Selain menjaga kebersihan tubuh, kita juga wajib menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sama seperti mandi, sikat gigi dilakukan minimal 2 kali sehari saat pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Kebersihan mulut juga tak kalah pentingnya, karena mulut bisa menjadi pintu masuk bakteri atau virus.


6. Minum Vitamin Tambahan

Untuk vitamin ini tidak wajib untuk dilakukan, tapi baik juga jika dilakukan. Dengan meminum vitamin tambahan maka diharapkan daya tahan tubuh kita bisa semakin kuat lagi.




Yuk, Kawan kita mulai dari sekarang perilaku hidup sehat dan bersih, semoga di masa pandemi ini kita selalu terlindungi dari segala penyakit.



CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V