3/18/21

Bermasalah Bau Mulut? Ini dia Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Halo sebulan lagi menuju ramadhan nih, eh malah gak ada sebulan lagi ya. Gimana sudah persiapan apa saja menyambut ramadhan? Kalau saya sih mengumpulkan resep masakan buat menu buka, menyiapkan fisik sehat juga biar kuat selama puasa dan gak lupa menjaga kesehatan mulut juga biar gak bau mulut saat puasa nanti. Dari sekarang udah mencari cara alami menghilangkan bau mulut, kan gak lucu lagi puasa eh bau mulut jadi gak PD nanti.


cara alami menghilangkan bau mulut


Permasalahan bau mulut ini sepertinya sudah menjadi hal biasa ya, apalagi bagi orang-orang yang kurang menjaga kebersihan mulut. Jujur saya pun pernah mengalami bau mulut karena ya memang kesalahan saya juga sih ada gigi yang berlubang, tapi setelah di tambal Alhamdulillah gak bermasalah lagi. Masalah bau mulut secara medis memang tidak terlalu berbahaya, tapi bikin penderitanya tidak percaya diri.


Kenali dulu penyebab dari bau mulut sebelum kita lakukan cara alami menghilangkan bau mulut. Biasanya penyebab bau mulut itu dari sisa makanan, bakteri atau kotoran yang ada di mulut sehingga menyebabkan bau mulut. Nah, biasanya mereka yang giginya berlubang mudah sekali kena bau mulut, karena sisa makanan sering tertinggal di gigi yang berlubang. 


Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

cara alami menghilangkan bau mulut


Jika kamu mengalami bau mulut maka tidak perlu khawatir, karena masih bisa diatasi dengan cara alami menghilangkan bau mulut. Namun yang utama jika gigi kamu berlubang, sebaiknya segera melakukan perawatan di tambal atau cabut gigi. Untuk cara alami menghilangkan bau mulut lainya, adalah sebagai berikut :


1. Sikat Gigi

Lakukanlah sikat gigi secara rutin, minimal pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur namun boleh juga lebih dari itu jika mulut terasa kotor. Menyikat gigi yang bersih akan membuat gigi menjadi bersih dari sisa makanan dan kotoran, sehingga meminimalkan terjadinya bau mulut.


2. Minum Air Putih

Air putih ini memang memiliki seribu manfaat ya untuk tubuh, bisa untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mencegah timbulnya bau mulut. Dengan kita mengkonsumsi banyak air putih maka akan merangsang produksi air liur semakin banyak sehingga bakteri penyebab bau mulut tidak lagi berkembang biak di dalam mulut.


3. Menjaga Asupan Makanan

Tahukah kamu ada beberapa makanan juga loh yang dapat memicu timbulnya bau mulut, biasanya makanan yang memiliki aroma kuat dapat meninggalkan bau di mulut. Jadi sebaiknya dihindari jika tidak ingin mengalami bau mulut.


4. Berkumur dengan Air Garam atau Jahe

Untuk menghilangkan bau mulut kamu bisa juga melakukan berkumur dengan air garam atau jahe, caranya cukup campurkan garam atau jahe ke air lalu kumur-kumur. Garam dan jahe ini dipercaya memiliki antibakteri sehingga ampuh menghilangkan bau mulut.


5. STOP Merokok

Nah, untuk kamu yang merokok sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok agar tidak mengalami bau mulut. Rokok ini memang jahat ya selain menyebabkan bau mulut juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.


6. Menggunakan Herbal

Ada juga cara alami lainnya untuk menghilangkan bau mulut, seperti menggunakan bahan-bahan herbal. Adapun bahan-bahan herbal yang dipercaya dapat menghilangkan bau mulut yaitu siwak, daun sirih, rosemary, peterseli, adas, thyme.


Itulah beberapa cara alami menghilangkan bau mulut yang bisa kamu lakukan di rumah. Namun jika bau mulut masih terus terjadi, sebaiknya kamu segera konsultasikan ke dokter gigi agar segera mendapat penanganan yang tepat. Ke dokter gigi ini memang sebaiknya dilakukan secara rutin ya, setidaknya 6 bulan sekali agar kesehatan mulut tetap terjaga.


Semoga ramadhan ini kita terbebas yaa dari bau mulut, bye bye bau mulut :)



CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V