9/2/20

Blackmores Menghasilkan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

September ceria check, Alhamdulillah sudah memasuki bulan baru lagi dan sebentar lagi Karin usianya 8 bulan. Ya Allah enggak terasa sekali bayi kecil saya sebentar lagi akan menjadi toddler, sekarang juga sudah lincah banget merangkak keliling rumah, kadang manjat-manjat mau berdiri mau cepet lari kali dia. Rasanya kok baru kemarin mules-mules mau lahiran, galau karena masalah ASI eh sekarang sudah mau 8 bulan saja anaknya.


Alhamdulilah Karin sampai saat ini masih minum ASI, saya dari dulu keras kepala untuk selalu memberikan ASI sampai anak usia 2 tahun. Sampai dalam memilih tempat melahirkan pun saya memilih yang mendukung ASI eksklusif. Bagi saya ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi, saya pun selalu menyusui dengan keras kepalanya dan tidak terpengaruh teman-teman yang memilih MPASI dini sedangkan saya tetap bertekad memberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan dan tetap donk lanjut sampai usia 2 tahun.

Bahkan Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa ASI adalah satu-satunya nutrisi yang  terbaik di enam bulan kehidupan pertama bayi. Saya pun pernah mengikuti kelas mengenai ASI, menurut nara sumber di masa pandemi seperti sekarang ASI itu sangat direkomendasikan, karena ASI bisa membentuk antibodi bayi, bayi ASI akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih kuat.  

Pengalaman Pertama MengASIhi

Eh ngomongin masalah ASI nih, jadi ingat dengan pengalaman pertama mengASIhi saya menyusui anak pertama, itu adalah masa-masa tersulit saya dalam mengASIhi. Iya sulit karena dulu saya minim info masalah ASI dan payudara saya termasuk flat nipple untuk seorang ibu baru yang minim info tentu ini gak mudah sekali melaluinya. Selama satu bulan anak saya menyusu ASI perah karena belum bisa Direcft Breastfeeding (DBF) atau menyusu langsung ke payudara. 

Saat Babang Iyas usia 1 bulan saya pun bertekad untuk bisa DBF dengan bermodal baca-baca artikel di internet dan nasehat dari bu bidan, dan setelah dicoba hasilnya ternyata tidak mudah Babang Iyas sudah terlanjur bingung puting. Tapi berkat keyakinan yang kuat dan dukungan dari suami Alhamdulillah akhirnya Babang Iyas berhasil DBF di usia 1,5 bulan. Langsung deh rembes airmata saya terharu akhirnya dari sekian drama saya bisa menyusui langsung.



Pengalaman Menyusui Karin

Kalau untuk pengalaman menyusui Karin ini juga tidak kalah rumitnya dengan menyusui Babang Iyas, sepertinya hanya menyusui Aa Iyan saja yang masih terbilang lancar, bahkan hanya Aa Iyan yang berhasil IMD menyusu langsung. Untuk Karin ini saya mengalami puting lecet, padahal saya sudah menyusui dengan cara yang sama seperti Aa Iyan tapi tetap saja mengalami lecet lumayan banget sakitnya huhuhu. Hal ini membuat proses meyusui menjadi ketakutan sendiri untuk saya, jadi setiap bayi minta susu saya pun harus mengumpulkan keberanian beberapa detik baru menyusui.

Tak jarang akibat masalah puting lecet ini saya sampai jatuh sakit, karena sakit si puting dan juga karena kelelahan sih. Dimana saya harus mengurus bayi namun saya juga harus mengurus Babang Iyas dan Aa Iyan, belum lagi tumpukan pekerjaan lain yang harus saya selesaikan dan berakhir saya sering tumbang dan sakit. 

Manfaat Dukungan Lingkungan Sekitar dalam MengASIhi

Walaupun saya sudah memiliki pengalaman dalam hal menyusui, tapi ini gak bisa menjadi acuan proses menyusui akan berjalan lancar. Tetap saja proses mengASIhi terasa begitu berat dijalani apalagi di awal menyusui newborn.



Untungnya suami dan keluarga saya selalu mendukung penuh saya untuk memberikan ASI eksklusif, dan juga beruntungnya saat Karin ini saya bergabung dengan Birth Club, dimana membernya ya usianya sama dengan Karin sehingga bisa saling sharing disana. Disana saya dan member lain tentuya memiliki permasalah yang hampir sama selama masa mengASIhi, kami pun saling sharing, saling mendukung dan saling menguatkan. 

Tentu saja dukungan kecil seperti ini hasilnya tidaklah kecil tapi sangatlah besar, proses menyusui menjadi lebih ringan untuk saya dan ini juga bisa membuat saya bisa menghilangkan beban dalam menyusui terutama di awal proses menyusui. Dan yang terpenting itu, manfaat dukungan lingkungan dalam mengASIhi itu menjadi ASI Booster alami donk.

Tips Lancar Menyusui Buah Hati

Selain dukungan dari lingkungan, ada juga beberapa hal yang bisa membuat ASI kita mengalir lancar. Bagi saya ASI ini nomer 1 jadi apapun akan saya lakukan agar ASI saya bisa terus lancar dan bisa terus mengASIhi sampai anak-anak berusia 2 tahun. 

Saya share tips lancar menyusui buah hati yang manjur untuk saya, semoga juga bisa manjur yaa untuk Kamu :



1. Bahagia
Ini saya tuliskan di nomor satu, karena memang ibu menyusui itu harus bahagia. Jadi ASI itu dipengaruhi oleh dua hormon yaitu Prolaktin dan Oksitosin, hormon Prolaktin itu hormon yang bertugas merangsang produksi ASI sedangkan Hormon Oksitosin bertugas mempengaruhi pengeluaran ASI dari payudara. Nah hormon Oksitosin ini dipengaruhi olej suasana hati Ibu jadi kalau mood ibu bagus dan selalu happy ASI pun bisa mengalir lancar. Tapi memang benar loh ini, pernah pas saya sedang sedih eh berasa banget ASI keluar gak sederas biasanya, jadi ibu menyusui harus bahagia.

Bagaimana cara bahagia? Mudah sekali karena bahagia itu kita sendiri yang menciptakan. Sebaiknya sediakan waktu untuk me time walau hanya sebentar, melakukan apapun hal yang kita sukai misalnya menulis, memasak, menyanyi, maskeran atau apapun asalkn itu bisa bikin hati senang. Kunci utamanya buang jauh-jauh pikiran negatif atau apapun yang negatif sebaiknya dihindari.

2. Istirahat yang Cukup
Memiliki bayi pasti akan menguras waktu kita, tapi kita harus bisa curi-curi waktu untuk bisa istirahat, Misalnya saat bayi tidur ya ikutan tidur, atau bisa titip bayi ke orang rumah agar kita bisa istirahat sejenak. Kalau punya anak tiga seperti saya memang sulit sih curi-curi waktu istirahat, paling pas anak-anak lagi main saya memilih untuk rebahan sambil mengawasi.

3. Minum Air Putih yang Banyak
Khasiat dari air putih ini sudah tidak diragukan lagi yaaa, memang bagus sekali untuk tubuh kita ini. Termasuk untuk melancarkan ASI, berasa kok ketika saya kurang minum maka ASI saya jadi tidak kental berbeda jika banyak minum ASI jadi lebih kental dan lebih sering dapat Let Down Reflex (LDR) atau ASI yang keluar secara reflex. 

4. Makan Makanan yang Bernutrisi 
Kalau kata orang mah jadi busui itu bebas, boleh makan apapun yang penting makan banyak. YES benar tapi ada tapinya nih, yang harus diperbanyak itu adalah makanan yang bernutrisi, Jadi bukan perbanyak makan seblak, batagor, cuanki dan kawan-kawan yaaa. Saya lebih sering makan sayur dan buah, tidak lupa juga daging-dagingan biar lemak ASI tambah banyak.

Blackmores Pregnancy dan Breast-Feeding Gold Nutrisi Terbaik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Masih ada lagi nih tips lancar menyusui yang tidak kalah pentingnya dari yang saya tulis sebelumnya. Ibu menyusui juga membutuhkan nutrisi tambahan, karena terkadang dari makanan dan minuman yang konsumsi setiap harinya belum bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Seperti yang saya tulis sebelumnya pasca melahirkan saya mudah lelah dan serih jatuh sakit, Hingga akhirnya atas saran dari teman-teman saya pun minum suplemen tambahan agar nutrisi selama menyusui terpenuhi, Alhamdulillah jadi lebih sehat dan ASI pun mengalir lancar sampai sekarang Karin udah 7 bulan.



Diluar banyak suplemen yang bisa kamu konsumsi selama menyusui agar ASI bisa lancar dan bernutrisi. Kalau saya sih merekomendasikan Blackmores Preganancy dan Breast-Feeding Gold untuk kami konsumsi selama masa menyusui. Banyak sekali respon positif dari Blackmores ini, bahkan ada teman yang konsumsi sejak hamil dan hasilnya ASI sudah keluar dari pas hamil 7 bulan. Jadi pas lahir bayi bisa langsung merasakan ASI, sekeren ini ya Blackmores.

Blackmores Suplemen Lengkap yang Mengandung 17 Nutrisi Esensial

Kenapa sih saya merekomendasikan Blackmores ini? Karena memang sudah banyak teman-teman di Birthclub yang sudah mencobanya juga dan memang berpengaruh positif untuk mereka dan juga Blackmores suplemen lengkap yang mengandung 17 nutrisi esensial, yang dapat memenuhi nutrisi ibu menyusui sehinggan tercipta ASI bernutrisi untuk Ibu dan dan Bayi yang istimewa.



Inilah yang terkandung dalam suplemen Blackmores :


  • Tinggi Asam Folat, dapat mencegah ibu hamil atau menyusui dari anemia. Pada masa awal kehamilah asam folat penting loh untuk perkembangan janin.
  • Tinggi Kalsium, pernah gak sih selama merasakan badan pada sakit, tulang linu? bisa jadi kamu kekurangan kalsium. Kalsium ini bagus loh untuk pertumbuhan gigi si kecil dan mencegah osteoporosis.
  • Zat besi, namun tidak mengandung konstpasi, aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui dan bisa juga menambah energi untuk ibu agar tidak mudah sakit.
  • Omega 3/DHA, ini bagus sekali untuk perkembangan otak dan mata si kecil. Oh iya, ini tidak berbau ya di Blackmores sehingga tidak akan membuat kita mual saat meminumnya.
  • Vitamin & Mineral, yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui.
Lengkap banget kan si Blackmores ini, puas banget deh bikin ASI bernutrisi, ASI berkualitas, lancar menyusui. 


Blackmores Mendukung World Breastfeeding Week

Eh btw kamu sudah tau kan kalau di bulan Agustus ini tuh bertepatan dengan peringatan World Breastfeeding Week 2020. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding turut mendukung World Breastfeeding juga loh, karena Blackmores ini berkomitmen untuk bisa memenuhi nutrisi terbaik untuk ibu hamil dan menyusui di Indonesia.



Dukungan Blackmores untuk World Breastfeeding ini diwujudkan dalam kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation, jadi ternyata Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra dari tahun 2017 berarti udah 3 tahunan ya. Setiap tahunnya Blackmores mengirimkan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan ibu menyusui di Klinik Bumi Sehat yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Masyaallah dukungan Blackmores ini sangat bermanfaat sekali untuk ibu hami dan ibu menyusui seperti saya ini.


Masa kehamilan dan masa menyusui adalah momen yang sangat berharga sekali Moms, agar anak kita bisa tumbuh dengan sehat sebaiknya dari sejak hamil kita bisa memberikan nutrisi yang terbaik dan menghasilkan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sudah menjadi pilihan yang terbaik deh,  Untuk mendapatkan Blackmores pun mudah karena sudah tersedia di beberapa E-Commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store ya.

Untuk info lengkap tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, kamu bisa lihat di akun sosial media Blackmores Indonesia
Instagram : @blackmoresid
    




CatatanRia.com

30 comments:

  1. Pemenuhan gizi yang tepat bagi anak yang masih menyusui itu penting baget. Aku dlu mislanya makan makanan bergizi dan juga hidnari stres. Dan konsumsi multivitamin :)

    ReplyDelete
  2. Iiih, anak cantik shalihaaattt
    semoga senantiasa sehat, pinter, dan membahagiakan keluarga yaa
    Duh, gemesshh banget! Moga2 ASI nya selalu lancar ya Mak.
    Meng-ASI-hi memang perjuangan yg membahagiakan!

    ReplyDelete
  3. Senangnya ya kalau ASI banyak jadi lancar menyusuinya. Aku dulu tidak sampai setahun sudah tidak keluar ASI, jadi anak minum sufor.
    Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini pasti sangat membantu sekali buat bumil dan busui. Kebetulan nih adik iparku baru melahirkan juga, mau kuinfoin tetang Blackmores ini, biar ASI lancar. Makasih buat sharingnya.

    ReplyDelete
  4. gemesnyaaaa si anak bayi cantik.
    Sehat selalu yaaa :*

    Jadi ingat masa menyusui dulu, saya bisa kasih asi ekslusif cuman buat anak kedua, itupun menghasilkan baby blues hahaha.

    Memang kudu punya support yang selalu ada buat kita ya, biar kita semangat menyusui.
    Nggak kayak saya dulu menyusui sendirian, menikmati sakitnya puting lecet sendirian.
    Yang lain tidur ngorok hahaha

    ReplyDelete
  5. produk Kalbe ya, pasti bagus kualitasnya udah ga diragukan lagi ya, dan sepertinya banyak yang minum suplemen ini, ada teman dan saudara juga konsumsi

    ReplyDelete
  6. Have Bern reading good reviews about Blackmores. Will be my top choice when I get married and have baby in the future!

    ReplyDelete
  7. Tipsnya harus dicatat dan dipelajari buat Orangtua. Jadi Ayah Ibu sama-sama bisa ngasih ASI dengan caranya sendiri-sendiri

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu kalau menyusui itu serumit itu, dan setiap ibu memiliki cerita masing-masing

    ReplyDelete
  9. Blackmores itu asupan yang bagus. Tentunya sebagai ibu akan berusaha memberikan yang terbaik bagi anak. Semoga lancar terus ASInya

    ReplyDelete
  10. Dek Karin udah 8 bulan pasti lagi capek-capeknya deh karena sedang dalam masa eksplorasi jadi pengen segala tahu yaaah hehe.
    Semoga bisa full ASI sampai 2 tahun yah dek Karin, mamanya Karin rajin minum suplemen Blackmores yaaah

    ReplyDelete
  11. Asyiknya sekarang ada blackmores bs membuat ASI kita menjadilbh bermutu...

    ReplyDelete
  12. semangat buat semua pejuang asi hihihi, semoga asinya selalu lancaar dan melimpah hihihi, mau rekomendasiin juga ah ke temenku yang lagi menyusui

    ReplyDelete
  13. ASI yang bernutrisi sangatlah penting untum tumbuh kembang sang buah hati

    ReplyDelete
  14. ASI memang nutrisi yang terbaik ya untuk anak. Ibu harus menyiapkan asi terbaik supaya nutrisi anak bisa terpenuhi dengan maksimal. Banyak sekali ya kandungan yang ada di Blackmores ini.

    ReplyDelete
  15. Alhmdulillah si kecil lancar ya mbak minum asinya, duh aku jdi kangen sama masa-masa mengasihi. Apalagi dulu aku ibu kerja dan aku punys tekad kalau anakku harus bisa full asi.

    ReplyDelete
  16. Sekarang berkat adanya blackmores, kegiatan menyusui jadi bisa lebih lancar ya...

    ReplyDelete
  17. Faktor lingkungan memang pengaruh banget untuk keberhasilan mengASIhi. Ini ada tetangga yang habis lahiran SC sama ortunya nggak dikasih makan protein kecuali putih telur, tahu, tempe. Hiks. Aku sedih dengernya. Katanya anak nyusu terus dan badannya lemes.

    Baiknya memang konsumsi suplemen untuk busui supaya keduanya sehat.

    ReplyDelete
  18. Bagus dong bukan kreas kepala, mau kasih yang terbaik buat anak ya lewat ASI. Sama nih waktu anak pertama aku juga kurang ilmu tapi Alhamdulillah anak kedua bisa kasih ASI Exclusive & lanjut sampai 2 tahun.
    Untuk suplemet butuh banget ya untung ada blackmores skr

    ReplyDelete
  19. Soo cuteee, adik Kariin...
    Ternyata pengalaman mengASIhi setiap anak itu gak sama yaa...teh.
    Blackmores membantu para Ibu memenuhi kebutuhan kesehatan sekaligus ASI yang baik untuk adik beibiii..

    ReplyDelete
  20. Wah asyik ya teh sekarang ada produk blackmores ini jadinya kalau ada asupan gizi yg kurang2 itu bisa dilengkapi dengan produk ini...

    ReplyDelete
  21. Selalu seru baca pengalaman hamil dan mneyusui dan momen yang istimewa ini tentu saja ada dukungan yang kadang bikin moodboster meningkat.

    Seperti Blackmores suplemen Busui yangmenghasilkan asi bernutrisi.
    Aiihh debay kan tambah sehat dan menggemaskan.

    ReplyDelete
  22. menyusui emang terindh, pas berhasil, eh pas nyapihnya bikin melow. Saat anak pertama masih enak bisa sambung nyusuin adek. Pas adekgede ini melownya makin jadi haha :P
    Keren banget ya mbak programnya Blackmores ini, semoga makin banyak ibu yang teredukasi utk semangat memberi ASI :D

    ReplyDelete
  23. Dulu saya suka minum multivitamin saat menyusui dan sampai sekarang mbak, saya suka Blackmores juga dan hasilnya sangat membantu melancarkan ASI.

    ReplyDelete
  24. Semalam di supermarket terdekat di rumah, saya lihat suplemen ini nih. Alhamdulillah ya mudah dijumpai. Jadi ibu2 yang ingin ASInya lancar bisa dengan mudah membeli produk ini.

    ReplyDelete
  25. Senang banget kalau ASI lancar, aku pernah lihat ponakan yg nggak bisa ASI karena nggak lancar dan harus minum sufor. Support System untuk ibu menyusui sangat diperlukan terutama orang-orang terdekat.

    ReplyDelete
  26. Ah, jadi kangen. Masa-masa menyusui bagi saya penuh dengan cerita. Ada suka dan duka. Tapi secara umum suka lah ya. Pastinya ingin beri yang terbaik untuk buah hati. Termasuk minum suplemen agar ASI makin lancar ya. Apresiasi yang tinggi untuk para busui.

    ReplyDelete
  27. saat masih menyusui anakku, akupun minum blackmores mba. gak tau sih, rasanya bikin ASI kentel gt, jadinya baby juga kenyang dengan mudah :)

    ReplyDelete
  28. Balckmores emang andalan banget mbak. Bahagia terus ya busui, samaan nih, hehe

    ReplyDelete
  29. Blackmores ini vitamin kami sekeluarga juga mba. Udh percaya dari dulu. Pas aku hamil dulu, vitaminnya juga pake Blackmores , skr sedang pandemi gini, vitamin utk naikin imun tubuh aku pake Blackmores yg Bio C, dan untuk anak2 yg Blackmores body Shield for kids.

    Aku udh lama percaya Ama kualitasnya sih. Tapi kdg supaya LBH murah aku srg nitip Ama sodara yg sering bolak balik Australia, untuk nyetok vitamin blackmores ini :D. Apalagi ada bbrp vitamin yg dijual di sana, tapi ga ada di indo.

    ReplyDelete
  30. You’re so cool! I do not believe I’ve read anything like that before. So great to discover somebody with some original thoughts on this subject matter. Seriously.. many thanks for starting this up. This web site is one thing that’s needed on the web, someone with some originality!
    Agen Bola Terfavorit
    Taruhan Bola Terfavorit
    Kasino Online Terlengkap
    bandar Kasino Online Terlengkap

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V