9/27/20

Pilihan Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat merupakan salah satu jenis bentuk vitamin B kompleks. Zat ini memiliki banyak manfaat dan sangat diperlukan oleh tubuh, dari membantu proses produksi DNA sampai pembentukan sel darah merah dalam darah. Nutrisi ini dianggap penting untuk memelihara kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Untuk ibu hamil di trimester pertama asam folat sangat dibutuhkan sekali.


asam folat untuk ibu hamil


Manfaatnya dapat mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi serta menurunkan risiko terjadinya keguguran. Bagi yang sedang menjalankan program kehamilan, zat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, mempengaruhi fungsi ovarium, implantasi, pembentukan embrio dan seluruh proses sampai dengan kehamilan.


Jadi sangat baik dikonsumsi mulai dari perencanaan kehamilan hingga masa kehamilan. Jumlah asupan yang direkomendasikan sekitar 500 mikrogram setiap harinya. Dapat diperoleh dari makanan yang mengandung nutrisi lengkap, seperti sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan buah-buahan.


Pilihan Asam Folat untuk Ibu Hamil

Apabila kebutuhan tidak dapat terpenuhi dari makanan, sebaiknya mengonsumsi supelemen asam folat, tentunya berdasarkan rekomendasi dokter agar sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh. Kini banyak pilihan suplemen asam folat untuk ibu hamil. Tersedia dalam bentuk yang mudah untuk dikonsumsi dalam memenuhi semua kebutuhan, baik untuk si calon bayi dan juga ibu. 


1. Folic Acid Hearts dari Nature’s Plus, Kandungan Asam Folatnya Mampu Mencegah Anemia

Setiap tabletnya mengandung 400 mcg asam folat. Terdapat juga kandungan vitamin B6 dan B12. Suplemen ini dapat membantu menjaga kesehatan, terutama jantung dan pembuluh darah serta dapat membentuk sel darah merah. Sehingga dapat membantu mencegah anemia yang terjadi pada ibu hamil. Rentang harga di pasaran adalah sekitar Rp 120.000 – Rp 250.000.


2. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold, Kandungan Asam Folatnya Mempersiapkan Produksi ASI

Suplemen Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold menjadi paket komplit untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan lainnya seperti zat besi agar tubuh tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Selain itu terkandung Vitamin C, Omega 3, dan Kalsium. Serta mendukung sampai dengan pemberian ASI, untuk membantu merangsang produksi ASI. Rentang harga di pasaran adalah sekitar Rp 120.000 – Rp 350.000.


3. Folavit, Kandungan Tinggi Asam Folat 

Merk suplemen ini, memiliki kandungan asam folat atau vitamin B9 yang cukup tinggi. Sehingga akan mencukupi kebutuhan ibu selama hamil. Suplemen ini dapat mulai dikonsumsi sejak program kehamilan hingga usia kehamilan tiga bulan. Setiap hari satu tablet, akan membantu mencukupi kebutuhan ibu hamil. Rentang harganya Rp 9.000/ 10 tablet  – Rp 87.500.


4. Folamil Genio

Kandungan lain yang diberikan seperti DHA, ARA dan jenis-jenis vitamin yang tentunya baik untuk ibu hamil. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu perkembangan otak dan saraf bayi, sehingga dapat mengurangi resiko cacat pada bayi. Suplemen ini sudah pasti aman dikonsumsi. Rentang harga di pasaran adalah sekitar Rp 130.000  – Rp 180.000


5. Avolat

Suplemen ini dapat dikonsumsi dari masa program hamil, kehamilan hingga menyusui, serta dapat digunakan sebagai terapi penunjang pengobatan anemia. Kandungan di dalam suplemen ini berfungsi penting dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga akan menunjang kesehatan ibu hamil terutama di trimester pertama kehamilan. Rentang harga sekitar Rp40.000  hingga Rp60.000



Beberapa pilihan suplemen asam folat untuk ibu hamil tersebut tentu dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun tetap pastikan suplemen benar-benar aman dikonsumsi selama hamil. Penuhi juga kebutuhan nutrisi tetap dari sumber makanan sehat. Tidak lupa untuk tetap konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen yang tepat. Salam sehat dan tetap jaga protokol kesehatan. 





CatatanRia.com

2 comments:

  1. Kebetulan temanku sedang hamil dan dia bener2 ga bisa makan dan minum karena katanya mau muntah terus. Boleh nih cobain suplemen asam folat

    ReplyDelete
  2. Aku dulu pakai yg folamil Genio. Dokter yg ngeresepin itu, jadi ya ngikut :). Penting sih ya mba asam folat itu, supaya janin Juga tumbuh sehat dan ga cacat otak. Makanya aku ga pernah skip vitamin ini. Jujurnya dari makanan blm yakin terpenuhi setiap harinya. Jd LBH praktis dengan vitamin lgs :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V