Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

8/2/19

Penuhi Nutrisi si Kecil dengan 1 Mangkuk CERELAC

Saat anak-anak saya memasuki usia 4 bulan, saya sudah mulai mencari tahu tentang MPASI. Karena 2 bulan lagi akan memasuki usia 6 bulan yang artinya sudah memasuki usia yang cukup untuk diberikan MPASI. Kenapa sih bayi harus MPASI bukannya sudah minum ASI? Bayi 6 bulan membutuhkan lebih  banyak nutrisi yang sudah tidak bisa didapatkan dari ASI saja, kan usia segitu mereka sudah mulai pintar belajar merangkak, duduk, berdiri dan lainnya.



Waktu anak pertama si Babang Iyas sih agak deg-degan takutnya salah dalam memberi makan, takutnya Babang akan menolak dikasih makan dan banyak ketakutan lainnya. Namun saat memiliki anak kedua si Adek, saya sudah lebih santai karena sudah ada pengalaman. 


Yang terpenting dalam memberikan MPASI pada bayi itu bukan dari banyak porsi makan bayi namun yang penting itu nutrisi yang terkandung dalam makanan mereka itu cukup. Ada ya Ibu yang dengan bangganya cerita "anak saya makannya banyak loh semangkok penuh habis, kadang nambah" lalu saya jawab "wah hebat, menunya apa sampai selahap itu?" dan dia jawab "Ah, cuma bubur nasi aja yang beli di si mang bubur" dalam hati saya teriak "WHATTTT.. bubur nasi kan hanya ada karbohidrat aja".

Sebenarnya anak 6 bulan itu tidak perlu makan banyak karena perut anak usia 6 bulan hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, kecil kan jadi tidak perlu dipaksakan untuk menghabiskan makanan dalam jumlah banyak. Yang harus diperhatikan itu kebutuhan nutrisi anak usia 6 bulan yang memerlukan 5x lebih banyak dari orang dewasa.

Pic from IG @cerelacindonesia

Hati-Hati ADB pada Anak yang Baru MPASI

Untuk memenuhi tumbuh kembang anak kita sebaiknya menu MPASI yang kita berikan kepada anak kita adalah menu yang memiliki kualitas zat gizi yang baik dan seimbang. Jangan sampai anak kita kekurangan nutrisi karena kita tidak memperhatikan zat gizi apa yang terkandung dalam menu MPASI.


Saya sering sekali membuka grup yang suka sharing tentan MPASI dan ada beberapa ibu yang mengeluhkan anaknya terkena ADB (Anemia Defisiensi Besi) atau kekurangan zat besi. Setiap bayi yang sudah berusia 6 bulan membutuhkan asupan zat besi sekitar 11 mg/hari sedangkan ASI hanya dapat memenuhi 0,2 mg saja per hari sehingga sisanya didapat dari MPASI.

Kekurangan zat besi atau ADB ini dapat menghambat perkembangan tubuh dan otak anak, selain itu juga membuat anak menjadi mudah  terserang penyakit akibat dari penurunan daya tahan tubuh. Anak yang terkena ADB kemungkinan akan menghadapi kesulitan belajar dan masalah prilaku dikemudian hari.

MPASI Kemasan YES

Untuk memastikan apakah MPASI yang kita berikan kandungan zat besinya sudah terpenuhi atau belum, pillihlah bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi. seperti daging sapi. Kira-kira dalam sehari itu anak membutuhkan sekitar 400 gr daging sapi untuk dikonsumsi. Tentu itu adalah hal yang tidak mudah mengingat lambung bayi yang masih sangat kecil dan juga ada bayi yang susah makannya seperti Adek Iyan. Solusinya bagaimana? Kalau saya ya terkadang saya selingi dengan MPASI Kemasan untuk memenuhi nutrisi si Adek yang GTM parah.


Nahh setelah saya menulis MPASI kemasan yes jangan langsung perang ya di kotak komentar. Saya sendiri selalu berusaha memberikan MPASI yang baik untuk anak-anak, dengan membuatkan MPASI dengan gizi seimbang mengandung karbohidrat dan nutrisi lainnya. Apa saya selalu memberikan MPASI rumahan? Waktu Babang Iyas yes, namun saat Adek saya memberikan MPASI rumahan dan juga kemasan. Karena apa? Karena ya itu Adek Iyan itu makannya susah sekali, tentu saya kwatir jika saya tetap keukeuh MPASI rumahan sedangkan Adek lagi enggak mau memakannya kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi.

Sarapan Cerelac Kesukaan Adek

CERELAC Bernutrisi, Aman Higienis dan dengan Bahan Terpilih

Dalam memilihkan MPASI instan pun saya memilihkan yang terbaik untuk Adek, seperti CERELAC. Alasan saya memilih CERELAC untuk menu MPASI Adek Iyan karena CERELAC bergizi, aman higienis dan dengan bahan terpilih. CERELAC menggunakan bahan baku dari alam yang terpilih dan terjaga kualitasnya untuk memenuhi nutrisi harian si kecil. 



CERELAC ini diperkaya 11 viitamin dan 6 mineral yang dapat mendukung tumbuh kembang si kecil. Jadi kita bisa selingin pemberian ASI dan MPASI rumahan dengan 1 mangkuk CERELAC untuk memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Tahukah Mom, 1 mangkuk CERELAC varian susu itu mengandung zat besi hingga 65% AKG (Angka Kecukupan Gizi) serta vitamin mineral lainnya untuk mendukung nutrisi harian buah hati kita.

pic from IG @cerelacindonesia


Tahun 2004 kebutuhan gizi untuk anak usia sekitar 6-8 bulan berdasarkan AKG untuk orang Indonesia adalah Energi 650 kkal, Protein 16 gr, Vitamin A 400 retinol equivalent (RE), Folat 80 mikrogram, Kalsium 400 mg, Zat Besi 10 mg, Yodium 120 mikrogram, dan Zat Seng 7,5 mg.

Adek Iyan dan Cemilan Kesukaannya

Nah Mom yuk mulai sekarang kita perhatikan kembali MPASI anak kita apakah nutrisinya sudah cukup terpenuhi? Jika merasa belum tidak ada kata terlambat untuk kita merubahnya agar tumbuh kembang anak kita bisa optimal dan sehat.



CatatanRia.com

18 comments:

  1. Ahh soal MPASI inu emang Bikin deg degan apalagi kalo anak pertama. Btw emang ga semua MPASI kemasan itu ya baik, Ymyang penting sebelum membeli teliti ya mom

    ReplyDelete
  2. Gemes ya lihat anak anak yang doyan makan dan begitu aktifnya. Informasi-informasi seperti ini sangat membantu untuk perempuan perempuan lain yang belum tiba di tahap ngasih anak makan. Heheh. Jadi sekarang ngumpulin ilmu dulu, biar nanti ngga kaget pas udah punya momongan sendiri

    ReplyDelete
  3. Sewaktu anak-anak MPASI juga makan Cerelac. Jangankan mereka, kadang kalau aku iseng, aku bikin juga.

    ReplyDelete
  4. Klo udah masuk tahap mpasi peer y mba buat ortu ya, akupun pakai cerelac kmrn buat anak2 ku kndungannya lngkap dn praktis

    ReplyDelete
  5. Pentingnya konsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan anak karena usia-usia dalam kurun 2 tahun lagi berkembang otaknya yaah kak

    ReplyDelete
  6. Pisang di blenyekin dan Cerelac beras merah adalah MPASI yang pertama kali aku berikan ke anak bungsuku 4 tahun yang lalu :)

    ReplyDelete
  7. Aih sama dengan Fahmi putra saya, waktu MPASI ia juga saya beri Serelac. Waktu itu sih masih varian lama. Sekarang Fahmi usia 6 tahun kalau sepupunya makan Serelac suka nyicip juga sih hehehe

    ReplyDelete
  8. Pemenuhan makanan bergizi memang penting untuk tumbuh kembang anak ya

    ReplyDelete
  9. Cerelac ini jadi andalan saya juga dulu.. Bahkan sekarang kalau anak lagi sakit dan malas makan, saya kasih cerelac juga. Soalnya rasanya enak.. Anak-anak suka..

    ReplyDelete
  10. Memperhatikan asupan si kecil, terlebih di 1000 hari pertamanya ini penting banget ya mba. Karena, bukan hanya sekadar melatih si kecil makan, namun juga memenuhi kebutuhan gizinya agar proses tumbuh kembangnya baik. Dan, cerelac ini tepat banget ya mba menjadi pilihan para ibu.

    ReplyDelete
  11. Waahh kalo di tambah bubur cerelac pasti makin sehat dan tentublebih aktif ya kak ria.

    ReplyDelete
  12. Ini sih kedemenan Ponakan daku kak Ria. Dia makan cerelac ini, dan kadang kalau lagi menyuapinya suka daku icip, hihi enak

    ReplyDelete
  13. Sebenernya apapun yang diberikan ibu ke anaknya, baik mpasi kemasan atau rumahan, mereka ngarep yang terbaik buat anaknya. Ya kan mba? Hehe

    ReplyDelete
  14. Kesukaan keponakan akuuu Serelac dari dulu emang terkenal banget dengan pilihan MPASI yang enak dan bergizi :)

    ReplyDelete
  15. Cerelac yang baru makin bagus ya kandungan gizinya. Apalagi bahan-bahannya sekarang udah Baby Grade. Tenang jadinya ngasih MPASI ke anak.

    ReplyDelete
  16. Untuk pertumbuhan anak nutrisi gizi sangat diperlukan mulai dari makanannya maupun cemilannya

    ReplyDelete
  17. Anakku sempat kena ADB juga mbak krn ASIX trus anakknya picky eater. Jd pa itu dapat pencerahan dari dokter anakku gak masalah MPASI-nya bubur kyk cerelac krn zat gizinya udah difortifikasi shg justru kalau anaknya potensial ADB sebaiknya makanannya itu, di samping pemberian makanan homemade jg

    ReplyDelete
  18. untuk pemberian apapun k anak harus kita pastikan semuanya aman untuk baby ya mbaa. Dan cerelac terbaik banget kandungan gizi nih

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V