Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

8/18/16

Tempat-Tempat Wisata yang Menarik di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu kota yang paling sering jadi tujuan wisata di Indonesia oleh para wisataawan. Kota Yogyakarta yang selain terkenal sebagai "Kota Pelajar", kota  ini  juga terkenal dengan warganya yang ramah dan santun. Budaya jawa di kota ini masih terasa kental sekali, bisa dilihat dari orang-orang tua yang masih teguh memakai pakaian adat jawa. 

Kebetulan kampung halaman saya letaknya tidak terlalu jauh dari Yogyakarta, yaitu di Klaten. Beberapa saudara saya pun ada yang tinggal di Yogyakarta. Sejak Mbah kung dan Mbah Putri tiada, memang keluarga kami sudah mulai jarang mengunjungi kampung halaman.

Kota Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan indah, sayang sekali jika dilewatkan jika sedang berkunjung ke kota pelajar satu ini. Saya sudah lama sekali tidak mengunjungi kota Yogayakarta, terakhir saat saya masih sekolah dan study tour ke kota Yogyakarta. Sekarang saya udah menikah dan punya anak, belum kesana-kesana lagi. Ingin sekali bisa berkunjung ke kota Yogyakarta kembali, mengajak anak liburan namun mungkin nanti saja jika anak-anak sudah agak besaran. Kalau masih kecil gini, yang tadinya mau bersantai liburan malah sibuk ngejarin anak yang jalan aja masih suka jatuh sendiri.

Berikut beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat sudah pernah saya kunjungi, beberapa tempat lagi mungkin akan menjadi next destination saya nantinya.

1. Candi Prambanan
 Pic from wiki
Candi prambanan atau terkadang disebut dengan Candi Loro Jonggrang. Konon candi prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso dibantu oleh para jin dalam satu malam demi memenuhi permintaan dari Rara Jonggrang jika ingin menikahinya. Namun sebelum Bandung Bondowoso berhasil menyelesaikan satu candi, Rara jonggrang mengelabuinya dengan membuat seolah suasana desa sudah pagi. Jin-jin yang membantu Bandung bondowoso pun pergi berhamburan karena menyangka sudah pagi hari. Bandung Bondowoso yang marah kemudian mengubah roro jonggrang menjadi batu dan untuk melenkapi candi yang kurang satu tersebut. Cerita dongeng ini masih sering saya ceritakan ke Iyas, karena kebetulan saya memiliki buku dongengnya.

Candi Prambanan yang merupakan candi hindu terbesar di Indonesia, memiliki tempat yang luas dan indah. Tak jarang halaman dari Candi Prambanan ini dijadikan sebuah tempat acara atau event. Jika kesini siang hari sebaiknya bawa payung dan kacamata hitam. karena suasananya terik sekali. Pengalaman saya kesana yang rela kepanasan demi menganggumi candi-candi yang indah.

2. Candi Borobudur
pic from wiki

Candi Borubudur candi yang megah ini juga menarik untuk dikunjungi jika berkunjung ke kota Yogyakarta. Saya takjub juga bagaimana bisa zaman dahulu yang masih minim alat-alat modern untuk membangun, tapi bisa membangun candi semegah dan seindah Candi Borubudur.  Sulit memang kalau dipikir memakai logika, tapi daripada pusing berpikir bagaimana caranya mending menikmati indahnya Candi Borobudur.

Saya sih agak kwatir kalau membawa Iyas yang masih 2 tahun kesini karena candi ini cukup tinggi, takut kalau Iyas bermain disini. Amannya sih bawa gendongan kalau membawa anak yang masih kecil kesini. Dulu juga ada satu hal yang membuat saya bertanya-tanya saat ke ke Candi Borobudur, kemanakah kepala dari sang Budha? Soalnya beberapa saya lihat kepalanya sudah enggak ada.

3. Keraton Yogyakarta
pic from wiki
Keraton Yogyakarta merupakan istana kesultanan Ngayogyakarta hadiningrat. Sampai saat ini Keraton ini masih dijadikan tempat tinggal dari sultan. Sebagian dari Keraton Yogyakarta ini dijadikan museum untuk menaruh barang-barang koleksi kesultanan.

Sewaktu dulu study tour ke Yogyakarta, tempat ini terlewat oleh saya untuk dikunjungi tetapi saya mengunjungi keraton Solo. Saya lihat foto punya ibu saya yang pernah mampir ke Keraton Yogyakarta, kalau saya lihat hampir mirip dengan Keraton Solo. Ini menjadi salah satu tujuan wisata saya jika berkunjung ke Yogyakarta karena saya ingin mengajarkan anak-anak tentang sejarah kota Yogyakarta.

4. Kebun Binatang Gembira Loka
pic from wiki

Kalau berwisata bareng anak kebun binatang selalu menjadi favorit untuk dikunjungi, karena disana anak-anak bisa belajar sambil bermain mengenal binatang.
 
5. Pantai Parangtritis
Pic from wiki

Pantai Parangtriris merupakan salah satu pantai yang harus dikunjungi jika ke Yogyakarta. Pantai Parangtritis berlokasi di Bantul, Yogyakarta. Saya pernah sekali kesini kebetulan saat itu sekalian berkujung kerumah saudara, yang rumahnya tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis.

Sewaktu saya akan kesana orang  tua saya mengingatkan kepada saya untuk tidak memakai pakaian berwarna merah dan hijau, entahlah sepertinya ini mitos sudah turun menurun. Sebagai anak yang patuh ya sudah saya pakai warna putih saja yang netral. Ombak dipantai ini menurut saya cukup besar, hati-hati jika mengajak anak berenang disana. Pantainya yang indah membuat saya ingin balik lagi mengajak keluarga kecil saya.

6. Istana Air Taman Sari
pic from wiki
Taman Sari Yogyakarta adalah bekas taman atau kebun dari istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sudah sejak lama saya tertarik sekali dengan situs bersejarah di Yogyakarta satu ini dan ingin sekali bisa mengunjunginya.

7. Jalan Malioboro
 
pic from wiki
Jalan Malioboro menjadi tempat wajib disinggahi jika berkunjung ke kota Yogyakarta. Dikawasan ini ramai sekali dengan pedagang kaki lima yang berjualan pernak-pernik khas Yogyakarta. Dan kalau malam hari suasana disini akan lebih ramai lagi, ada banyak warung makan lesehan dan berkumpulnya para musisi lokal Yogyakarta.

Saya sewaktu kesini, saya manfaatkan untuk berbelanja membeli oleh-oleh untuk keluarga di Tangerang. Dulu disini terkenal dengan aksesoris berbahan baja putih dan perak. Saya pernah membelikan abang saya gelang rantai berbahan baja putih kalau tidak salah, dan gelang itu awet sekali berpuluh-puluh tahun warnanya masih saja kinclong. Padahal tidak ada perawatan khusus, sayang gelang tersebut sekarang hilang entah kemana.

Itulah beberapa tempat di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi semoga dilain kesempatan saya bisa mengunjungi semuanya bersama keluarga kecil saya. Lalu kalau berkunjung ke Yogyakarta nanti saya akan menginap dimana? Sebenarnya saya memiliki beberapa saudara sepupu yang tinggal di Yogyakarta, namun saya pribadi lebih memilih tinggal dihotel daripada menginap dirumah saudara. Bukan karena tidak suka dengan mereka, tetapi saya tidak ingin merepotkan saja dan bisa lebih bebas.

Hotel mahal donk? Enggak juga sekarang sudah ada Traveloka, saya tinggal masuk link http://www.traveloka.com/hotel/indonesia/city/yogyakarta-jogja-107442 lalu saya bisa mencari hotel yang sesuai dengan budget saya nantinya. Jadi saya tidak perlu kwatir akan tinggal dimana jika sedang berwisata ke kota Yogyakarta, jauh-jauh hari sebelumnya saya tinggal pesan hotel melalui traveloka. It's so simple.  



CatatanRia.com

6 comments:

  1. Ria, ih bikin postingan tempat wisata tapi ga pake gambar.... Tambahin gambar dong biar pembaca puasss wass wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya nih bro enggak punya stock foto di yogya, fotonya ada di kampung halaman :D nanti deh ambil di wiki :P atau lo ada mau nyumbang boleh boleh boleh hehe

      Delete
  2. waahh yogya memang keren mbak ria
    aku kalo ke yogya mailoboro pasti gx bakal terlewatkan hihii

    ReplyDelete
  3. Sekarang malah klaten yg lagi hits sama wisata umbulnya ya mbak.. biasanya ke Klaten cuma lewat doank kalo mau ke Jogja, :D

    Dari sekian wisata di atas, yg belum pernah cuma ke parangtritis.. gak tertarik, udah serem duluan sama mitos2nya, haha cemen

    ReplyDelete
  4. Huaaaaa, pengen ke Jogja lagi. Dari 7 tempat tadi baru ke Malioboro saja saya waktu itu. Mungkin bs ditambahin Taman Pintar Mbak, cari buku2 dgn harga miring bs disana. Trus Taman Lampion, saya waktu itu kesana, cantik Mbak tempatnya, banyak lampu2 dgn aneka bentuk lucu.:)

    Semoga thn depan kesampean ke Jogja lg buat reuni ma teman2 Pelayaran :D

    ReplyDelete
  5. Mb bukannya borobudur di magelang hihi
    Aku kangen malioboro ih
    Klo ke sana bisa blanja blinji murah, en kulineran enak2

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V