Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

8/28/16

Panduan Tepat Sholat Idul Adha

Sebentar lagi umat islam diseluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha adalah hari besar umat islam yang dilakukan satu tahun sekali setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Di momen ini kita dapat menunaikan amalan-amalan Sunnah lainnya, seperti menyembelih hewan qurban, mengumandangkan takbir, sholat Sunnah IdulAdha dan masih banyak lagi. Tahun ini Iyas mau saya ajak ikut sholat Idul Adha semoga saja dia bisa anteng kali ini, kalau tahun lalu absen dari sholat Idul Adha hanya ikut nonton pas sembelih hewan Qurban.

Untuk sholat Idul Adha terdiri dari 2 rakaat yang dikerjakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah dan hukumnya Sunnah mu’akkad serta sholat ini dimulai sejak matahari terbit sampai condong ke barat. Agar sholat Sunnah Ied kita tidak sia-sia, ada baiknya kita mengetahui Panduan Tepat Sholat IdulAdha, baik dari segi bacaan dan gerakan. 

Cara melaksanakan Sholat Idul Adha 
Sholat idul Adha hendaknya dimulai lebih awal karena setelah sholat Idul Adha berakhir, umat islam yang tergolong mampu disunnahkan untuk menyembelih hewan Qurban. Tempat untuk melaksanakan sholat Idul Adha boleh di masjid, musholla, lapangan terbuka. Tidak disunnahkan adzan ataupun iqamah pada saat sholat Ied akan dilaksanakan. Saya biasanya melaksanakan sholat Idul Adha di Alun-alun Ujung Berung, karena di masjid raya ujung berung diisi jamaah lelaki sedangkan yang wanita di alun-alunnya.

Berikut adalah tata cara pelaksanaan sholat Idul Adha :

1. Berdiri tegak sempurna seperti sholat fardhu dan merapikan shaf sholat. 

2. Membaca niat sholat Sunnah Idul Adha. 

Niat Sholat Sunnah Idul Adha Sebagai Ma'mum
 اُصَلِّىسُنُّةًعِيْدِالْاَضْحَىرَكْعَتَيْنِمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِمَأْمُوْمًاِللهِتَعَالَى 
USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA 
Artinya: Saya berniat sholat sunnah Idul Adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala 

Niat Sholat Sunnah Idul Adha Sebagai Imam
 اُصَلِّىسُنُّةًعِيْدِالْاَضْحَىرَكْعَتَيْنِمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِاِمَامًاِللهِتَعَالَى 
USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA 
Artinya: Saya berniat sholat sunnah Idul Adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala 

3. Memulai dengan takbiratulikhrom, sebagaimana sholat-sholat lainnya. 

4. Bertakbir dengan mengangkat keduatangan ke telinga sebanyak tujuh kali takbir (Selain takbiratul ikhrom) sebelum memulai membaca Al Fatihah. Di antara takbir-takbir tersebut tidak ada bacaan dzikir tertentu. Namun kita diperbolehkan untuk membaca dzikir-dzikir pendek yang menyanjung dan memuji Allah. Berikut contohnya: 
سُبْحَانَاللَّهِوَالْحَمْدُلِلَّهِوَلَاإلَهَإلَّااللَّهُوَاَللَّهُأَكْبَرُ .اللَّهُمَّاغْفِرْلِيوَارْحَمْنِي 
SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR. ALLAHUMMAGHFIRLII WAR HAMNII 
Artinya: Mahasuci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku. 

5. Kemudian membaca surat Al-Fatihah kemudian diikuti dengan membaca surat-surat lainnya. Nabi membaca surat Qaaf pada rakaat pertama dan surat Al Qomar pada rakaat kedua. Kita juga diperbolehkan membaca surat Al-A’laa pada rakaat pertama dan Al Ghosiyah pada rakaaat kedua. 

6. Setelah membaca surat, dilanjutkan dengan melakukan gerakan sholat seperti biasa, yakni ruku’, I’tidal, sujud, dan seterusnya. 

7. Kemudian lanjutkan bertakbir ketika bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua. 

8. Lalu bertakbir sebanyak lima kali sebelum memulai membaca Al-Fatihah. 

9. Membaca surat Al Fatihah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat lainnya. Lakukan gerakan sholat lainnya hingga salam berakhir. 

10. Setelah sholat Idul Adha selesai dilaksanakan, jangan langsung berdiri dan meninggalkan tempat sholat. Sebaiknya kita harus mendengarkan khutbah yang disampaikan.


Setelah melaksanakan sholat Idul Adha, Kita bisa melakukan proses penyembelihan. Apabila kita belum mampu berkurban, kita bisa membantu tetangga atau kerabat kita yang sedang melaksanakan Qurban. Bagi kalian yang mampu berkurban namun tidak memiliki lahan yang cukup berkurban dan ingin mencoba berqurban online, kalian bisa membeli hewan Qurban di Bukalapak. Bukalapak bekerja sama dengan ACT menyediakan hewan qurban seperti sapi, kambing, dan unta. Tidak perlu kwatir jika membeli hewan Qurban di Bukalapak karena terjamin aman dan terpercaya. Hewan Qurban yang sudah kita beli akan di kurbankan di tempat-tempat yang membutuhkan, seperti Papua, Palestina, dll dan kita pun akan mendapatkan sertifikat PengQurban serta laporan mengenai hewan Qurban kita, baik sebelum dan sesudah sembelih. BerQurban menjadi lebih mudah dengan adanya Bukalapak. Yuk segera membeli hewan Qurban di Bukalapak dan bantu saudara kita yang membutuhkan.





CatatanRia.com

3 comments:

  1. Wah sekarangpun berqurban juga bs online ya😊

    ReplyDelete
  2. Sekarang berkurban pun bisa dilakukan secara online ya mbak, lebih mudah dan aman

    ReplyDelete
  3. Wah, iya bentar lagu Idul Adha, makasih sudah mengingatkan Mba Rina.
    Salam kenal

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V