8/27/16

Resep Sederhana Mie Tek Tek

Entah mengapa saya sekarang ini lagi terobsesi sekali dengan yang namanya mie, dimasak apa saja asalkan mie pasti disantap. Dan dari semua jenis masakan mie, saya paling suka mie tek tek. Dan saya lebih suka membuatnya sendiri. Kenapa enggak beli aja? Kan lebih simple. Iya sih memang lebih enak beli, cuma bayar 12rb sudah dapat seporsi mie tek tek yang bisa dimakan berdua suami. Yang jadi permasalahan saya makannya hampir setiap hari dan kepengennya diwaktu yang tidak tepat. Pagi-pagi pengen sarapan mie tek tek nah loh beli dimana pagi-pagi. Lagipula enggak sehat juga beli diluar, secara si abang pakai penyedap rasanya banyak serem ah. Kalau bikin sendiri kan lebih hemat dan sehat.

Dalam pembuatan mie tek tek ini sebenarnya saya ada dua cara, pertama mie telurnya direbus bareng sama kuah mie tek tek dan yang kedua mie direbus terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan kuah mie tek tek. Kalau soal kenikmatan, lebih enak mie telurnya direbus bareng sama kuah mie tek tek. Namun saya ingat pernah ada yang bilang, kalau kuah air rebusan mie mengandung lemak jahat. Jadi saya prefer memakai cara yang direbus dulu baru dicampur biar lebih sehat. Yang nikmat itu kenapa ya selalu identik dengan tidak sehat, hmmm...

Baiklah ini dia saya share resep dari mie tek tek ala saya, lumayan lah rasanya. Enak sekali dimakan pas cuaca dingin, jadi hangat badan.



Resep Mie Tek Tek

Bahan
1 keping mie telor, rebus (1 bungkus mie telor ada 3 keping)
1 butir telur ayam
Sawi putih secukupnya, iris (bisa diganti sawi hijau, daun kol atau sayuran lainnya)
1 buah sosis ayam, iris
4 buah cabe rawit, iris
1 sdm kecap manis (boleh tambahkan kalau suka manis)
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Air secukupnya

Bumbu Halus
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 butir kemiri
2 buah cabe  merah keriting

Cara Membuat
1. Orak-arik telur dalam minyak panas, kemudian sisihkan ke sisi wajan. Masukkan bumbu halus, tumis hingga harum. Kemudian masukkan irisan sosis, sayur dan cabe rawit. Tuang air secukupnya, beri kecap manis, garam, gula dan lada bubuk. Koreksi rasa.
2. Masukkan mie telor yang sudah direbus, aduk rata. Matikan api. Sajikan selagi hangat.

Iyas juga suka makan ini *apa sih yang anak ini enggak suka*, tapi kalau bikin buat Iyas tanpa cabe. Jadi biasanya saya pisahkan dulu punya Iyas kemudian baru saya tabur cabe rawit yang jatah punya saya. Selamat mencoba :)




CatatanRia.com

3 comments:

  1. simpel banget.. tapi pasti enak...
    pengen nyobain deh... bumbunya ada didapur semua...

    ReplyDelete
  2. Jadi laperr deh Mbak.

    Duuhhh bumil ini makin rajin nguplek2 dapur ;)

    ReplyDelete
  3. aduh baca ini asli jadi ngeces...gampil bener bikinnya. Makasih ya mbak resepnya....

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V