Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

11/13/13

Macam - Macam Customer OS

Menjadi pedagang di online shop saya sudah cukup lama sejak awal tahun 2011, mulai punya OS bernama Alaria dan lalu ganti dengan nama Toko Anabella. Walau pernah sempat fakum sebentar dan akhirnya melanjutkan kembali. Biasa sih menjual barang ready stock tapi pernah juga dropship. Sebenarnya menjadi dropship lebih untung karena tidak perlu keluar modal untuk membeli barang, cukup modal pulsa. Tapi ya ada enggak enaknya yaitu kalau suppliernya slow respon jadi kena omel customer deh.

Jadi penjual online itu harus sabar-sabar melayani customer, karena customer bermacam-macam ada yang enak cepet pesen barang langsung deal transfer, ada yang udah dijawab eh balasnya lama mungkin mikir dulu kali ya, ada yang enggak sabaran belum dibalas pesannya PING PING terus nah yang kayak gini nih bikin kesel.

Customer enggak pakai ribet
Biasanya customer model gini kalau sms/bbm langsung kasih tau barang yang dipesan dan memberikan alamat lengkapnya tanpa diminta, Jadi saya tinggal konfirmasi total harga dan nomer rekening. Enggak lama si customer konfirmasi kalau sudah transfer. Nah seneng banget kalau ketemu customer model gini tapi agak langka hehe. Tapi saya kalau belanja online termasuk customer model gini, saya enggak suka ribet paling yang saya tanya sedikit seperti jenis bahan dan ukuran.

Customer serba cepat
Ada nih customer yang pengennya serba cepat dilayaninnya, kalau saya lama balasnya pasti deh di PING PONG atau nanya terus. Padahal kan saya juga lagi ada kerjaan lain makanya belum bisa membalas tapi pasti saya balas secepat mungkin koq. Ada juga nih customer model gini enggak inget waktu, jam sudah menunjukkan jam11 malam dia bbm ya saya enggak balas karena sudah ngantuk besok pagi aja balasnya. Eh saya di bom PING PONG walah padahal kan saya juga manusia butuh istirahat.

Cutomer panjang x lebar = 0
Kalau yang model ini biasanya nanya-nanya ke saya melalui bbm/sms, panjang lebar pertanyaannya dan saya selalu jawab pertanyaannya. Sampai pada akhirnya deal dengan item yang akan dipesan dan total harga, nomor rekening pun sudah diberikan. Tapi detik demi detik, jam demi jam, hari demi hari enggak ada kabar berita hilang bagaikan ditelan bumi si customer.

Cutomer penuh kejutan
Customer model ini biasanya sudah deal harga dan dikasih nomer rekening lalu sama seperti customer panjang x lebar = 0 hilang bagai ditelan bumi. Namun beberapa hari kemudian malah pernah ada yang seminggu kemudian, ada pesan masuk ke handphone saya yang bilang "Sist, saya udah transfer ya." Nah loh saya kaget ini customer yang pesan apa saya bingung. Kadang barang yang dia pesan juga sudah saya jual ke orang lain, karena peraturan di toko saya max booking cuma 2hari lewat dari 2hari enggak ada kabar maka dianggap batal. Biasa paling saya refund atau saya tawarkan baju yang lain.

Masih banyak lagi macam-macam dari customer OS tapi yang paling sering terjadi ya yang empat itu. Tapi ditempat saya sih enggak ada sistem blacklist, jadi kalau ada yang hit and run terus datang lagi mau pesan ya saya layanin lagi, siapa tau orang itu udah bener-bener mau pesan namanya rezekin mah enggak ada yang tau. Sampai saat ini sih saya masih sabar melayani mereka walau kadang dibikin kesel anggap aja ujian dalam berdagang hehehe.



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

4 comments:

  1. nah aku juga adalah customer ngga pake ribet. tapi emang langka. haha. kalo yg ping ping ping itu sih, udah pasti ga gw ladenin. ngga ngaruh jg karena bb ntah di taro dimana... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang sih aku jg naro hp klo tdur jauh, tapi geuleuh aja pas buka hp isinya ping pong :P

      Delete
  2. Replies
    1. mba lidya termasuk yg gak rempong cepet bgt layaninnya hehehe

      Delete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V