7/3/24

Efektivitas Kamera CCTV dalam Mencegah Tindakan Kriminal

Saat ini penggunaan kamera CCTV sebagai alat pengawasan sudah menjadi hal yang umum. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah tindakan kriminal. Dengan kemampuannya untuk merekam kejadian secara real-time dan menyediakan bukti visual, kamera CCTV memberikan dampak signifikan dalam menjaga keamanan publik dan meningkatkan efektivitas penegakan hukum. Gunakan merk CCTV terbaik untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

CCTV dapat mencegah kejahatan
pic from freepik.com


Memang salah satu fungsi CCTV adalah untuk mencegah terjadinya tindak kriminal. Menurut studi yang diteliti, telah terjadi penurunan tingkat kejahatan pada properti yang memiliki CCTV dibandingkan dengan yang tidak terpasang CCTV. Ini adalah bukti jika CCTV efektif untuk mencegah terjadinya tindakan kejahatan.


Efektivitas Kamera CCTV dalam Mencegah Tindakan Kriminal

cctv terbaik
pic from pixabay

Banyak penelitian yang menyatakan jika kamera CCTV bisa sangat efektif saat digunakan untuk memberantas kejahatan yang ada di lingkungan. Ada banyak pengaruh dari pemasangan CCTV dalam mencegah agar tindak kriminal tidak terjadi. Bagaimana sebenarnya pengaruh penggunaan CCTV dalam upaya pencegahan kriminal?


1. Meningkatkan Ketertiban Masyarakat

Kamera CCTV dapat meningkatkan ketertiban masyarakat secara signifikan. Kehadiran CCTV dapat membuat masyarakat lebih disiplin dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan. Anggota masyarakat akan lebih berhati-hati dalam berperilaku dan mematuhi semua peraturan  yang berlaku di masyarakat. Dengan begitu ketertiban masyarakat akan meningkat dibanding jika tidak ada CCTV.


2. Menurunkan Kehilangan Kendaraan Bermotor di Parkiran

Pemasangan CCTV di area parkir akan mencegah tindakan kriminal pencurian kehilangan kendaraan bermotor. Dengan adanya CCTV di area parkir yang biasa dipasang di pintu keluar dan masuk parkiran makam para pelaku curanmor akan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya jika mengetahui bahwa aksinya akan terekam di sana. Maka dari itu kamera CCTV memang efektif menurunkan tindakan kriminal pencurian.


3. Mencegah Pencurian di Lingkungan Rumah

Pemasangan CCTV di lingkungan rumah memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah dapat mencegah terjadinya pencurian di lingkungan rumah dan sekitarnya. Bagaimana bisa? CCTV mungkin bukan alat yang dapat menangkap pencuri secara langsung, akan tetapi memang efektif untuk mencegah terjadinya pencurian. CCTV akan menimbulkan rasa was-was pada pelaku yang ingin mencuri. Ketika pelaku melihat CCTV akan timbul rasa takut terekam sehingga keinginan mencuri pun sirna.


4. Bisa Digunakan Sebagai Alat Bukti

Tahukah Kamu jika di seluruh dunia hasil rekaman kamera CCTV dapat digunakan untuk melakukan penyelidikan kriminal? Rekaman CCTV sangat efektif saat digunakan untuk mengupas teka-teki dalam sebuah kejahatan kriminal yang terjadi. Polisi dapat dengan mudah menangkap pelaku kejahatan dengan melihat CCTV yang ada di TKP atau sekitar TKP. Hal ini karena CCTV mampu menangkap setia momen yang terjadi, sehingga setiap tindakan pelaku akan terekam dengan jelas dan kejahatannya pun terbongkar. 


Cara Meningkatkan Efektivitas CCTV Secara Maksimal

meningkatkan keamanan dengan cctv
pic from pixabay

Kamu bisa memanfaatkan CCTV untuk melakukan meningkatkan keamanan di sebuah area. Fungsi CCTV akan menjadi maksimal jika pemasangan dilakukan dengan benar. Berikut ini cara memanfaatkan kamera CCTV agar lebih efektif:


1. Pilih Lokasi Terbaik

Lokasi pemasangan kamera CCTV sangat berpengaruh pada hasil rekamannya. Secara umum Kamu bisa memasangnya pada ketinggian 3-4 meter dari tanah untuk menangkap semua momen yang terjadi dengan jelas. Dengan ketinggian yang sesuai, area pandang kamera pun akan lebih luas sehingga area pengawasan jauh lebih luas. Selain itu pilih lokasi utama yang umumnya dipasang CCTV seperti pintu masuk, garasi dan jalan masuk. Titik-titik lokasi tersebut sangat penting diberi kamera CCTV karena dapat mengawasi dengan jelas siapa yang keluar masuk.


2. Pastikan Fiturnya Lengkap

Sebelum memasang CCTV Kamu harus memastikan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengawasan maka Kamu harus menggunakan merk CCTV terbaik yang memiliki fitur yang terbaik dan paling lengkap. Misalnya saja fitur merekam di tempat gelap atau minim cahaya sehingga CCTV mampu menghasilkan rekaman dalam momen terang dan banyak warna. Selain itu juga memiliki fitur zoom yang dapat digunakan melihat rekaman yang tidak jelas.


3. Pasang di Tempat yang Aman

Selanjutnya sebelum memasang kamera CCTV pastikan bahwa tempat pemasangan aman. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi perangkat dari tangan-tangan jahil. Kamu bisa meletakkannya pada ketinggian 3-4 meter dari atas tanah agar cukup aman. Dengan ketinggian seperti itu maka kamera sudah tidak dapat dijangkau dengan tangan. Kamu juga bisa menempatkan kamera pada tempat yang cukup tersembunyi dari pandangan orang, sehingga tidak mengundang keinginan untuk mengambil atau merusaknya secara sengaja.


Memiliki CCTV pada properti adalah sebuah investasi yang berharga mengingat fungsi CCTV yang sangat penting untuk sektor keamanan. Pemasangan kamera CCTV akan memberikan banyak manfaat terutama dalam hal meningkatkan keamanan. Kamu bisa mengawasi area rumah atau usaha Kamu selama 24 jam nonstop dengan menggunakan kamera pengawas CCTV.


Jangan lupa untuk menggunakan merk CCTV terbaik seperti Hikvision ColorVu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan Hikvision ColorVu seluruh momen akan terekam dalam warna yang terang, hasil kamera CCTV Zoom pun dapat dilihat dalam warna yang cerah. Resolusi gambar yang dihasilkan sampai 4K, sehingga dapat menjadi bukti yang kuat jika terjadi tindak kriminal. Tertarik dengan kamera CCTV canggih ini? Cek informasinya di sini.





CatatanRia.com

9 comments:

  1. Waah, jadi kepikiran pasang CCTV di toko nih, supaya aman

    ReplyDelete
  2. CCTV Hikivision emang bagus sih, apalagi bisa dipantau dari jauh via aplikasi di hp. Zaman sekarng emang riskan, perlu cctv

    ReplyDelete
  3. Wah baca postingan ini saya teringat kejadian dua minggu yg lewat,tetangga saya kemalingan ,walau hanya tabung gas 3 buah tapi lumayan ngeselin karena itu buat usaha jualan dia,ketauan karena ada cctv yg terpasang di depan rumah saya...emang jadi keliatan pencuri nya, ada beberapa kejadian yg ketahuan dari cctv, hilang motor,tabung gas dan pencurian besi.

    ReplyDelete
  4. nah di kantorku tuh rencananya sampai mushola dan pantry pun dipasangin cctv lho, untuk keamanan dan keselamatan bersama

    ReplyDelete
  5. Ngomongin CCTV, engga hanya di kantor atau rumah. Sekarang makin banyak yang aware pentingnya cctv sampai di lingkungan rumah saudaraku itu di jalannya dipasang CCTV, ya patungan warga. Eh kelihatan dong anak kecil yang suka ambil permen di warung 😅

    ReplyDelete
  6. Emang yaa.. Jaman now itu perlu banget cctv. Soalnya maling juga beraksinya kadang siang2 bukan malam lagi.

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat pertama kali memutuskan masang CCTV di area parkiran rumah. Saat itu tempat kami sering kecurian jemuran, khawatir nanti merambah ke motor akhirnya pasang CCTV dan memang betul harus pandai cari posisi yang pas buat penempatan posusi CCTV supaya tidak terlalu mencolok dan bisa jadi bahan bukti juga kalau ada tindakan kriminal.
    Sangat membantu banget CCTV buat di area rumah.

    ReplyDelete
  8. Pasang CCTV nggak bisa di spot sembarangan ya, malah jadi mubazir. Sehingga kudu yang tepat sasaran, biar dapat memantau sekitar secara menyeluruh

    ReplyDelete
  9. Sekarang ini memang keberadaan CCTV tuh penting banget, terutama untuk di rumah ya karena ini salah satu cara juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V