6/8/24

Serba-serbi tentang Farmasi yang Wajib Kamu Ketahui

Alhamdulillah di bulan Juni ini tepat 6 bulan sudah anak saya selesai pengobatan TB, segala drama selama 6 bulan selama pengobatan bisa terlewati. Bersyukur sekali saat pengobatan dapat dokter anak yang baik dan informatif sekali padahal saya pasien BPJS tetap mau diajak konsultasi yang panjang. Salah satu drama yang ada saat pengobatan adalah mengantri ambil obat di farmasi. Obat TB anak ini memang lebih lama daripada yang lain, karena obatnya di racik dulu di timbang dan di haluskan. Salut saya sama mereka yang bekerja di bagian farmasi, bisa dengan sabar dan teliti meracik obat yang jumlahnya tentu tidak sedikit. Makanya mereka juga salah seorang yang berjasa akan kesembuhan anak saya ini.

mengenal lebih jauh tentang farmasi


Mengenal Singkat Tentang Farmasi

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang obat-obatan, mulai dari penyiapan, penyimpanan, penyediaan, dan penggunaan obat-obatan. Dalam farmasi melibatkan tiga ilmu yaitu biologi, kimia, dan fisiologi. Jika kamu tertarik di bidang obat-obatan maka kamu bisa pilih sekolah kejuruan farmasi, agar bisa mendalami lebih lagi tentang ilmu obat-obatan.


farmasi adalah ilmu tentang obat-obatan


Lalu apakah setelah lulus sekolah farmasi akan mudah mencari pekerjaan, tentu saja lulusan farmasi masih banyak di cari di instasi yang bergerak di bidang kesehatan. Profesi yang bisa kamu pilih saat akan bekerja di bidang farmasi adalah Apoteker Komunitas dimana kamu bekerja di apotik ritel dan bertugas memberikan obat resep dan menyarankan tentang obat, Apoteker Rumah Sakit dimana kamu bekerja di rumah sakit bertugas mengelola obat untuk pasien rawat inap dan rawat jalan, dan disini kamu harus berkerja sama dengan tim medis lainnya, Peneliti Farmasi yang bertugas melakukan penelitian untuk pengembangan obat-obatan baru atau meningkatkan obat yang sudah ada, dan terakhir ada profesi Regulasi dan Kebijakan dimana kamu berkerja sama dengan pengatur obat untuk memastikan keamanan obat, kualitas obat dan efektivitas obat.


Organisasi Perkumpulan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Ngomongin farmasi, tahukah kamu di Indonesia para ahli farmasi sudah ada sejak di proklamasikan kemerdakaan Indonesia 17 Agustus 1945. Mereka pun ikut berjuang bersama-sama bersama masyarakat Indonesia berjuang melawan penjajah dan melenyapkannya dari tanah air Indonesia. Selain itu para ahli farmasi juga turut andil dalam pembangunan Indonesia agar lebih maju.


organisasi pafibangka



Seiring berjalan waktu akhirnya para ahli farmasi Indonesia mendirikan sebuah organisasi perkumpulan yang bernama Perkumpulan Ahli Farmasi Indonesia yang di singkat PAFI, tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946 hampir satu tahun setelah proklamasi Indonesia. Di PAFI ini semua orang yang berkerja di bidang farmasi berkumpul menjadi satu, menyatukan visi dan misi.


PAFI sendiri memiliki banyak cabang di setiap daerah di seluruh Indonesia, salah satunya ada pafibangka dari Bangka Belitung. 


Tujuan didirikannya PAFI

Pengurus PAFI dan anggota dari PAFI semua berkedudukan di seleruh wilayah Indonesia, dan menjunjung tinggi nilai Pancasila. Sifat dari organisasi ini sendiri adalah kekaryaan dan pengabdian. Adapun tujuan didirikannya PAFI ini adalah :


1. PAFI ingin mewujudkan terciptanya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

2. PAFI pun ingin mewujudkan terciptanya derajat kesehatan yang optimal untuk seluruh  masyarakat Indonesia

3. PAFI ingin mengembangkan dan meningkatkan lagi aspek pembangunan Farmasi Indonesia

4. PAFI akan selalu meningkatkan kesejahteraan anggotanya


Struktur Organisasi PAFI

Setiap organisasi pasti memiliki struktur organisasi, agar semua visi dan misi bisa terealisasi dengan baik. Pengurus dari PAFI ini sendiri adalah orang-orang yang sudah berkecimpung lama di dunia farmasi dan sudah berpengalaman. Seperti pengurus si pafibangka ini kebanyakan kelulusan dari sekolah farmasi ternama. Berikut adalah strukur organisasi pafibangka untuk periode 2022 sampai dengan 2027 :

Ketua,  Ida Ayu Made Manuastiniari, A. Md, Farm, merupakan kelulusan dari Akademi Farmasi Saraswati Desember tahun 2016

Wakil Ketua, I Made Pasek Swarya Yasa, A, Md, Farm, merupakan kelulusan dari SMK Farmasi Saraswati Denpasar tahun 2007 dan Akademi Kesehatan Bintang Persada tahun 2021

Bendahara, Ni Nyoman Noni, A. Md, Farm, merupakan kelulusan dari Akademi Farmasi Saraswati tahun 2016

Sekretaris 1, Erlina Dwi Handayani, A. Md, Farm, merupakan kelulusan dari Akademi Farmasi Saraswati tahun 2016

Sekretaris 2, Ni Komang Ristayani, merupakan kelulusan dari SMK Negeri 1 Tembuku tahun 2016, Akademi Kesehatan Bintang Persada tahun 2021

Seksi Organisasi, I Komang Harris Wijaya, A. Md, Farm, merupakan kelulusan dari Akademi Farmasi Saraswati Denpasar tahun 2018

Seksi Pendidikan, Dewa Gede Andika Pramartha, merupakan kelulusan dari Akademi Farmasi Saraswati Denpasar tahun 2018

Seksi Usaha dan Kesejahteraan, Ni Nyoman Trisna Ayu Andani, merupakan kelulusan dari Akadami Farmasi Saraswati Denpasar tahun 2013

Seksi Informasi dan Teknologi, Ni Made Erlina Widyasari, A. Md, Farm, merupakan kelulusan dari Akademi Farmasi Saraswati Denpasar tahun 2018


Penutup

Tidak bisa di pungkiri ya orang-orang yang berkecimpung dalam dunia farmasi ini memiliki peran penting dalam bidang kesehatan, berkat ketelitian dan kegigihan dalam bekerja dari para ahli farmasi maka bisa menjadi pendukung kesembuhan pasien. Semoga saja dengan adanya wadah seperti PAFI dan pafibangka juga maka akan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V