1/19/24

Tips Memilih Pakan Ikan Koi yang Bagus

Hai, mau tanya deh. Apa sih yang bikin kalian bisa betah dalam rumah saja? Kalau saya selain anak-anak yang bikin saya betah adalah salah satunya peliharaan kesayangan di rumah. Yups, ada ikan-ikan di rumah yang sudah lama saya pelihara anak-anak,  awalnya sih suami yang pelihara tapi lama-lama saya juga ikutan beli ikan hias. 


Tips Memilih Pakan Ikan Koi yang Bagus


Memelihara Ikan Bisa Menurunkan Stress

Sejak kecil saya suka sekali melihara ikan, bahkan dulu sampai saya taruh dalam kamar biar bisa dipandangi terus. Tapi sekarang gak mungkin ditaruh kamar, bisa habis diobok-obok sama anak-anak nanti haha. Tentunya sekarang ditaruh ditempat yang aman, yang tidak terjangkau anak-anak. Entah ya apa hanya saja yang merasa kalau sedang memandangi ikan dan mendengarkan suara gelembung udaranya, rasanya tuh jadi relax yang tadinya bawaan kesal gundah gulana jadi lebih tenang. Makanya saya selalu memelihara ikan dari kecil sampai sekarang.


Tips Memelihara Ikan Hias

Anak-anak juga suka sama ikan hias, biasanya mereka paling suka kasih makan ikan. Tentunya saya yang takar makanannya, kalau tidak bisa hambur mereka kasih makanan terlalu banyak. Pernah kejadian saya yang kurang memperhatikan, anak saya memberi pakan ikan koi kebanyakan sampai aquarium hampir penuh pakan ikan. Duhh pe er deh untuk saya menguras aquarium, karena kalau tidak segera dibersihkan khawatir ikan akan mati. Ikan hias seperti ikan koi airnya harus selalu bersih biar ikan juga sehat bisa hidup lama.


Pakan ikan koi


Baca juga : Cara merawat ikan mas koki


Selain air yang bersih ikan koi juga membutuhkan pakan ikan yang bagus, agar ikan bisa tetap sehat dan hidup lama. Tidak tepat dalam memilih pakan ikan koi akan mempengaruhi kesehatan ikan, melihara ikan itu susah-susah gampang. Kalau salah saja dalam memelihara ikan koi bisa cepat mati. 


Tips memilih pakan ikan koi yang bagus

Awalnya saya pikir memilih pakan ikan koi itu bisa sembarang jadi bisa pakai merk apa saja. Eh ternyata kalau mau ikan koi hidup lebih lama harus pilih pakan ikan hias yang bagus. 


Tips memilih pakan ikan hias yang bagus


Ada beberapa tips nih untuk kamu yang sedang bingung dalam memilih pakan ikan koi yang bagus :


1. Pilih pakan ikan koi yang mengandung nutrisi komplit

Dengan memilih pakan ikan yang sudah bernutrisi lengkap maka kamu tidak perlu suplemen tambahan untuk ikan koi kesayangan kamu. Pilihlah pakan ikan yang mengandung protein untuk pertumbuhan ikan koi, probiotik yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ikan dan daya tahan tubuh ikan, Omega 3 dan Vitamin C yang bermanfaat untuk mecegah serangan bakteri dan untuk sistem kekebalan tubuh ikan, Spirulina dan Carotenoid yang bermanfaat untuk mencerahkan warna ikan dan terakhir Wheat germ yang memiliki manfaat sama dengan probiotik yaitu menjaga kesehatan saluran cerna ikan. 


2. Pilih pakan ikan koi yang mengapung

Pakan ikan ada dua jenis ada yang mengapung dan tenggelam. Lebih bagus jika pilih yang mengapung, karena kita jadi bisa mengontrol banyaknya pakan ikan dan mencegah overfeeding. Dengan memberikan pakan ikan yang mengapung maka ikan akan lebih aktif dan terlatih jika lapar maka akan berenang ke atas. Ini yang saya suka jadi bisa diajak main ikannya. 


3. Pilih pakan ikan koi sesuai usia

Dulu saya kira semua pakan ikan itu sama saja mau buat anak ikan atau dewasa. Ternyata ada bedanya ada yang khusus buat anak ikan dan buat ikan dewasa. Untuk anak ikan sebaiknya diberikan pakan alami seperti cacing, kutu air, dan ulat sutra. Dan untuk ikan dewasa bisa menggunakan pelet ikan yang bernutrisi lengkap, karena pada ikan remaja atau dewasa lebih fokus ke pertumbuhan, kesehatan dan keindahan.


Pakan ikan hias cppetindo

Itulah beberapa tips memilih pakan ikan koi yang bagus, mudah yaa. Kalau untuk pakan ikan hias saya selalu percayakan belinya di website cppetindo.com. Disana pilihan pakan ikan koi ada lengkap dengan berbagai ukuran dan jenisnya. Tenang saja kamu tidak akan bingung dalam memilih pakan ikan disana, karena pada web CPPETINDO tertulis detail produk yang lengkap dan jelas. Jadi kamu bisa pilih pakan ikan hias yang sesuai dengan ikan kesayangan kamu. 


Untuk ikan koi yang berukuran 5-15 cm atau lebih, saya sih merekomendasikan beli San Koi Spirulina Fish Food. Soalnya produk ini udah paket komplit mengandung nutrisi lengkap dan seimbang untuk kesehatan ikan, mengandung protein, lemak, serat. Produk ini juga mengandung spirulina yang bisa mempercantik si koi. Terbuat dari bahan alami gak pakai pewarna buatan sehingga air kolam tidak mudah keruh. 


Berat bersih San Koi Spirulina Fish Food ini 1kg, cukup banyak yaa isinya jadi tidak perlu bolak-balik membelinya karena cepat habis kalau kemasan kecil. Ukuran peletnya ada yang 2mm (small) dan 5 mm (medium), tinggal sesuaikan saja denga ukuran ikan di rumah. Yang saya suka kemasannya ziplock jadi aman tidak mudah tumpah dan kualitas pelet tetap terjaga. 


Ada yang pakai juga gak San Koi Spirulina Fish Food di rumah buat si koi? 



Penutup

Memiliki hewan kesayangan di rumah itu memang menyenangkan bisa mengobati stress dan jadi ada kegiatan juga. Tapi yang harus selalu kita ingat dalam memelihara hewan, berarti kita bertanggung jawab penuh untuk kehidupan hewan yang kita pelihara. Sehingga selalu beri yang terbaik yaaa untuk hewan peliharaan mulai dari kebersihannya, makanannya dan kesehatannya. 




Catatanria.com

19 comments:

  1. Memelihara ikan Koi selain untuk hobi, cocok juga untuk dijadikan bisnis karena harga jualnya memang lumayan tinggi kalau kondisi ikannya bagus. Maka memang perawatan ikan koi ini harus dilakukan sangat seksama, termasuk dalam pemilihan pakan terbaiknya

    ReplyDelete
  2. Udah lama ndak pelihara ikan. Melihat ini jadi kangen. Apalagi ada rekomendasi pakan ikan yang oke, sehingga ikan pun bisa tumbuh bagus ya kak

    ReplyDelete
  3. Ikan mahal ya ini kak. perawatannya mesti tepat termasuk masalah pakannya. Tak sekedar memenuhi kebutuhan sebagai makhluk hidup harus melengkapi kebutuhan lain supaya Koi nya tetap sehat

    ReplyDelete
  4. Walaupun aku sedang nggak pelihara ikan koi melainkan ikan mas koki yang kubeli di babang babang penjual ikan hias keliling, mampir ke mari jadi bisa belajar nih kalau ngasih pakan ikan itu sebaiknya yang mengapung. Iya juga sih, tipe ikanku yang doyan makan pun suka bikin deg degan dia kekenyangan berujung bye bye pulang ke akhirat karena overfeeding.

    ReplyDelete
  5. Mbak Ria dari dulu mah suka pelihara hewan ya, kucing, ikan jadi peliharaan andalannya ya.
    ohh jadi tahu nih tips memilih pakan ikan, ini bisa untuk semua jenis ikan kan? Atau spesifik hanya ikan koi sajakah? Ikan koi mahal sih, jadi perawatannya juga harus ekstra sih ya :D

    ReplyDelete
  6. ternyata kasih ikan koi juga berdasarkan panjang mereka ya, aku kira dari segi warna atau jenis mereka, harus bener-bener diperhatikan biar tetap sehat

    ReplyDelete
  7. Wah, jadi pengen piara ikan biar anakku nggak bosen di rumah. Bisa main sama ikan hihi. Sekaligus ngelatih dia memelihara binatang

    ReplyDelete
  8. Aku pernah baca juga memang memelihara ikan atau tanaman bisa mengurangi stres karena kita bisa ajak ngobrol juga. Pemilihan ikan hias harus dipilih betul ya agar ikan hidup sehat dan tahan lama. Cppetindo lengkap juga pilihan pakannya ya. Jadi nggak susah lagi deh cari pakan buat ikan hias.

    ReplyDelete
  9. Impian banget punya kolam ikan di rumah.
    Seneng dengerin gemericik air dan isinya ikan koi yang selalu riang gembira menyambut pakan yang diberikan. Aku baru tau kalau pakan yang baik adalah yang mengapung. Jadi, memilih San Koi Spirulina Fish Food adalah pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
  10. saya belum pernah sih pelihara ikan tapi suka lihat orang yang memelihara ikan soalnya kayaknya adem ya lihat ikan di dalam kolam atau aquarium gitu

    ReplyDelete
  11. Ternyata ga bs sembarangan ya pilih pakan ikan koi. Ikannya aja udh mahal. Masa ngasih makan seadanya doank. Kan kasihan ikannya ntar.

    Aku baru tahu jg ternyata ada pakan ikan yg mengapung dan tenggelam. Dan yg lbh bgs utk pakan ikan ternyata yg mengapung ya kak. Ikan jd aktif bergerak mencari makan. Seru bgt sih pas ngasih makan ikan gt.

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat dulu pernah salah beli pakan ikan yang harusnya doi bisanya makan yang mengapung, aku belikan yang sink alias tenggelam. Akhirnya ikanku mati karena aku nggak paham soal ini

    ReplyDelete
  13. Sekarang memelihara ikan koi tidak hanya bisa melepas stres tapi juga bisa dijadikan sumber penghasilan, ya. Sudah banyak yang sukses memiliki bisnis ikan hias koi. Memang butuh perhatian ekstra supaya ikan koi-nya bisa sehat terus.

    ReplyDelete
  14. Baca ini jd pengen pelihara ikan deh, memang benar lihat ikan berenang di kolam itu bisa menenngka pikiran ini yg aku rasakan sendiri saat berkunjung di rumah seseoranh yg punya kolam ikan di rumahnya,

    ReplyDelete
  15. Memelihara ikan hias butuh tenaga ekstra ya, Kak. Mulai membersihkan kolam, memberisihkan rumput.. Perjuangan lainnya adalah mendapatkan pakan ikan

    ReplyDelete
  16. Biar ikan koi sehat tentyunya milih pakan koi ga boleh sembarangan ya maaaak.. baru tau nih ada web CPPETINDO, jadi lebih memudahkan pemelihara ikan hias saat mau beli makanan ikan yaaa

    ReplyDelete
  17. Wah, terima kasih banget atas tipsnya! Jadi makin paham nih cara memilih pakan ikan koi yang baik. Apalagi rekomendasinya untuk San Koi Spirulina Fish Food, kelihatannya bagus banget. Nanti mau coba deh, semoga ikan koi di rumah makin sehat dan warnanya semakin cantik ya! 🐟🌈

    ReplyDelete
  18. Setuju banget memelihara ikan dapat menghilangkan stress. Soalnya aku dulu juga ngerasain, lucu banget lihat ikan yang berenang, apalagi ikan koi. Suka sama warnanya...

    ReplyDelete
  19. Wooo baru tau kalau pakan ikan mengapung lebih bagus daripada yg tenggelam. Eh emang ada yang tenggelam ya. Huhuhu... Baru tau. Thanks kak udah dikasih tau lewat artikel ini

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V