3/20/23

Tips Berbelanja dengan Bijak, Jangan Sampai Mengganggu Finansial

Siapa nih yang hobinya berbelanja? Bagi sebagian orang, berbelanja bisa menimbulkan perasaan happy yang nggak bisa digambarkan dengan kata-kata. Saat memborong barang-barang favorit, mood langsung membaik.


Aplikasi belanja yang ada PayLater


Tapi, banyak di antaranya yang langsung sedih dan menyesal habis berbelanja. Pasalnya, mereka menggunakan dana yang seharusnya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Alhasil, mereka harus mencari pemasukan dari tempat lain untuk menambal kekurangan.


Traveloka PayLater untuk Kamu yang Suka PayLater

Nah, buat kamu yang suka berbelanja, fasilitas PayLater bisa jadi salah satu solusi. Aplikasi belanja yang ada PayLater saat ini udah banyak banget. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Traveloka PayLater untuk berbelanja. 


Hal ini dimungkinkan dengan fitur Virtual Number yang bisa digunakan. Limitnya berasal dari limit PayLater di aplikasi ini. Oya, Traveloka PayLater merupakan layanan pembiayaan yang didukung oleh PT. Caturnusa Sejahtera Finance. Perusahaan yang termasuk dalam grup Traveloka ini udah berdiri sejak 2018, lho!


Meski memiliki PayLater dengan limit yang besar, jangan sekali-kali langsung gegabah membelanjakannya. Yuk, simak dulu beberapa tips berbelanja dengan bijak berikut ini!


1. Lacak pendapatan dan pengeluaran 

Sebelum kamu berbelanja, kamu harus tahu dulu kondisi keuangan saat ini. Apakah ada dana lebih yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan yang tidak terlalu penting? Jika pendapatan pas-pasan dan sesuai dengan pengeluaran, jangan memaksakan diri untuk berbelanja.

Kalau nggak, kamu mungkin akan terjebak utang yang nggak habis-habis karena perlu gali lubang dan tutup lubang. Walaupun menggunakan PayLater, kamu juga wajib untuk membayarnya di kemudian hari.


2. Simpan catatan belanja dengan rapi

Nggak sedikit orang yang langsung membuat catatan belanja sesaat setelah mereka selesai berbelanja. Padahal catatan tersebut bisa berguna lagi. Pertama, kamu bisa mengecek jumlah pengeluaran dan menganalisisnya dengan cermat. Kedua, kamu bisa membandingkan pengeluaran bulan ini dengan bulan sebelum atau setelahnya.

Catatan belanja juga bisa berguna untuk mengecek pola berbelanja kamu. Apakah kamu udah membeli benda yang merupakan prioritas atau kamu justru membeli sebuah benda secara impulsif? Semua bisa dicek melalui catatan belanja.

Jika kamu menggunakan PayLater Traveloka, ada riwayat transaksi yang bisa kamu cek ulang. Dengan informasi tersebut, kamu bisa merenungkan kembali, pembelian mana yang layak dan mana yang sifatnya terburu-buru.


3. Selalu membayar tagihan bulanan

Kalau kamu menggunakan PayLater Traveloka, ada opsi membayar dengan cicilan atau secara langsung. Intinya, kamu harus menyisihkan sejumlah uang setiap bulan untuk membayar tagihan di PayLater.

Jangan sampai menunda pembayaran tagihan. Selain akan menumpuk, kamu juga akan dikenakan denda keterlambatan yang membuat nominal utang semakin besar. Biar kamu nggak lupa, kamu bisa menyalakan fitur pengingat di aplikasi ini. 


4. Tentukan batas pembelian setiap bulan

Kalau kamu tipe orang yang boros dan nggak mudah buat mengontrol diri, berbelanja bisa menjadi jebakan yang berbahaya. Salah satu strateginya adalah selalu menentukan batas pembelian setiap bulan. Jangan sampai kamu melewati batas tersebut karena risikonya akan lebih berat.

Nah, kamu bisa memanfaatkan batas berupa limit PayLater saat kamu menggunakan aplikasi Traveloka. Kalau limitnya udah habis, otomatis kamu akan berhenti untuk berbelanja dan tidak melewati batas.


Rencanakan pembelian 

Selanjutnya, kamu wajib merencanakan pembelian karena keputusan yang mendadak bisa jadi kurang tepat. Apakah kamu harus membeli tiket pesawat untuk mudik bulan depan? Pertimbangkan dengan matang sesuai kebutuhan. Niscaya kamu bakal mendapatkan keputusan terbaik yang lebih menguntungkan.

Jangan berbelanja dengan asal atau sekadar beli. Kalau kamu nggak memikirkannya dengan matang, kamu mungkin akan rugi karena ternyata benda atau pembelian tersebut nggak sepadan. So, mulailah atur finansial dengan berbelanja penuh rencana.


Baca juga :

Liburan Seru di Rabbit Town dengan Traveloka Xperience

Begini Caranya Liburan Jalan Terus Ketika Dompet Sedang Kurus

Cari Tempat Nongkrong Asyik di Traveloka Eats


Mendaftar PayLater Traveloka

Salah satu keunggulan PayLater Traveloka adalah bisa digunakan untuk berbelanja di situs belanja. Konsepnya persis seperti kartu kredit. Bukan hanya itu, keunggulan lain adalah proses pengajuan yang cepat dan mudah. Nggak percaya? Simak langkah praktisnya berikut ini!


  • Pertama, pasang aplikasi Traveloka di ponsel kamu. Buat akun di Traveloka.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Traveloka dan pilih menu travelokaPay
  • Mulailah pengajuan dengan mengisi informasi yang benar dan tepat pada kolom yang tersedia. Informasi tersebut terkait data personal, keluarga dan pekerjaan. Informasi ini diperlukan untuk data bagi pihak Traveloka.
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk menunjukkan KTP dan wajah. Hal ini diperlukan sebagai verifikasi terhadap data yang dimasukkan sebelumnya.
  • Apabila semua sudah sesuai, kamu hanya perlu menunggu proses persetujuan. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 jam kerja.
  • Setelah disetujui, PayLater Traveloka bisa langsung digunakan. Mudah, bukan?


Nah, ini dia beberapa tips berbelanja yang perlu kamu ketahui dan terapkan. Dengan begitu, kondisi finansial nggak akan bermasalah. Manfaatkan juga PayLater Traveloka dalam pembayaran sehingga mudah mengelola pengeluaran.

1 comment:

  1. Sekarang banyak online shop bahkan menjamur, uniknya lagi ada yang menjual barang yang sama tapi harganya berbeda. Ada juga kasus kecewa karena barang yang datang tidak sesuai, memang harus bijak-bijak dalam berbelanja. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V