3/4/23

Musim Hujan No Bocor-Bocor lagi, Ini toh Caranya

Hai, berasa gak sih musim hujan tuh terasa panjang sekarang. Kalau sudah hujan turun lama  berhentinya, seperti beberapa hari lalu hujan dari pagi sampai malam. Memang gak besar tapi ya lumayan juga bikin udara jadi dingin, dan efeknya lagi anak-anak jadi pilek karena sering kehujanan pas berangkat atau pulang sekolah.


Toko Bangunan


Selain menganggu kesehatan musim hujan gini juga membawa dampak banjir dan macet, rumah orang tua saya yang sering terkena dampak banjir kalau mulai musim penghujan. Dan yang bikin mengganggu juga rumah suka jadi bocor, dulu saya pikir punya rumah pakai genteng gampang bocor jadi rumah sekarang di cor beton semua atasnya. Eh ternyata sama saja hahaha, tetap saja ada rembesan air, sampai netes banyak juga pernah.

 

Cara Mengatasi Atap Beton yang Bocor

Inget dulu lampu teras rumah sampai meledug gara-gara kebasahan rembesan dari atap betonnya. Waduh kaget banget waktu itu, listrik juga sampai padam mungkin karena ada konsleting listrik. Dari sini saya baru menyadari mau rumah atap genteng atau atap beton sama saja pasti bisa bocor, tinggal bagaimana kita menyiasatinnya agar atap tetap aman dari kebocoran.

 

Sebelum kita mengatasi atap beton yang bocor, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja penyebab atap beton bisa bocor. Ada banyak sih penyebabnya antara lain terdapat keretakan pada dak beton yang diakibatkan peyusutan kandungan air, ternyata beton ini malah memiliki daya serap air yang tinggi apalagi beton yang berpori besar maka lebih rawan mengalami kebocoran, terdapat rongga pada beton yang diakibatkan oleh proses pengadukan beton yang tidak benar sehingga membentuk gelembung dan saat kering membentuk rongga, lapisan beton yang kurang tebal pun bisa menyebabkan bocor.

 

Ini beberapa cara mengatasi atap beton yang bocor :

 


1.  Menutup sumber bocor

Jika sudah ketemu sumber bocornya dimana kamu bisa langsung menutupinya agar tidak merembes kembali. Untuk menutupnya kamu bisa menggunakan plastik, terpal, pakai seng atau pakai apapun yang kamu miliki untuk menutupnya. Kalau saya memakai plastik kemudian dilapisi kembali dengan seng dan beberapa genteng untuk pemberat agar plastik tidak bergeser.

 

2. Perbaiki Retakan

Jika terdapat retakan pada beton yang menyebabkan kebocoran, segera lakukan perbaikan dengan menambalnya kembali. Sebelum memperbaikinya pastikan beton dalam keadaan kering ya, jika retakannya besar kamu bisa langsung beri semen yang sebelumnya sudah diberi cairan additive bonding agent. Namun jika retakan kecil, kamu perlu buat retakan menjadi agak besar baru diberi semen kembali.

 

3. Melapisi cat waterproof

Lapisi atap beton dengan cat waterproof terutama di bagian yang retak. Cat waterproof ini mudah terkikis oleh air, jadi kalau sering kena hujan maka akan bisa menipis dan kembali bocor. Jadi sebaiknya di lapisi secara berkala, dan saat melapisi kondisi atap beton harus dalam keadaan kering ya.

 

Beli Bahan Bangunan ya di Toko Bangunan

3 cara mengatasi atap beton yang bocor ini termasuk yang paling efektif dan bisa kamu coba sendiri dirumah. Iya bisa kok kamu lakukan sendiri tanpa harus meminta orang lain, lumayan kan bisa menghemat uang. Untuk bahan-bahan seperti seng, cat waterproof bisa kamu beli sendiri di Toko Bangunan.

 

Di Toko Bangunan tentu sangat komplit semua kebutuhan untuk membangun, memperbaiki ataupun merenovasi rumah semua ada. Seperti untuk memperbaiki atap yang bocor ini kamu bisa beli di Toko Bangunan dan nanti kamu tinggal eksekusi sendiri dirumah.

 

Untuk mengetahui produk cat waterproof apa yang bagus, kamu bisa diskusikan dengan pegawai di Toko Bangunan pasti mereka tahu lebih banyak produk apa saja yang bagus. Kalau sudah tau cara mengatasi atap beton yang bocor, gak perlu khawatir lagi saat musim penghujan datang gak perlu lagi sedia ember kosong untuk menadah air deh.

 

Tetap sehat-sehat selalu yaa di musim hujan ini.

 

 

 

CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V