11/6/22

Suka Masak WAJIB TAU nih, Tips Memilih Tepung Terigu Yang Bagus

Akhir-akhir ini saya lagi senang sekali membuat kue atau cemilan anak-anak, ya memang bukan kue yang susah juga tapi yang mudah dibuat maklum masih chef pemula. Kegemaran saya ini sampai membuat saya mencari tips memilih tepung terigu yang bagus, ya maksudnya biar hasil dari kuenya juga bagus.


merk tepung terigu protein sedang


Mengenal Beberapa Jenis Tepung Terigu

Untuk mendapatkan hasil kue atau masakan lainnya yang baik memang sebaiknya kita memilih tepung terigu yang kualitasnya bagus, saya pernah membuat kue memakai tepung terigu yang kualitasnya sudah kurang bagus dan hasilnya kuenya gagal total setelah saya teliti ternyata sebabnya dari tepung terigu. Oleh sebab itu sekarang saya selalu memperhatikan kualitas dari tepung terigu.


Baca juga :

Menu Ramadhan Praktis dengan Bakso Sehat ya Bakso Bonanza

Menu Berbuka Puasa Nugget Dino SO GOOD saus Oriental ala Rumahan

Menu Praktis dan Lezat Ayam Dadu Kalasan


Selain harus pilih tepung terigu yang bagus kamu juga harus mengetahui jenis-jenis dari tepung terigu karena kegunaan dari setiap jenis itu berbeda-beda, ada tiga jenis tepung terigu yaitu


1. Tepung terigu protein rendah

tepung terigu protein rendah


Kandungan protein dalam tepung terigu ini lebih rendah sekitar 8% saja. Biasanya tepung terigu protein rendah digunakan untuk membuat kue kering seperti kue kering saat lebaran.


2. Tepung terigu protein sedang

tepung terigu protein sedang


Kandungan protein dalam tepung ini sekitar 10-12% saja. Tepung ini bisa digunakan untuk adonan fermentasi seperti roti dengan tingkat pengembangan sedang. Terigu ini biasa digunakan untuk hidangan seperti bakpau, panada, cupcake, dan aneka kue lainnya. Selain itu juga biasa digunakan untuk aneka gorengan.


3. Tepung terigu protein tinggi

tepung terigu protein tinggi


Kandungan protein dalam tepung ini tinggi sekitar 11-13%. Tepung ini mudah dicampur, digiling, difermentasikan dan juga memiliki daya serap yang tinggi. Sehingga tepung terigu protein tinggi ini cocok digunakan untuk membuat semacam roti, mie atau pasta.


Saya sendiri paling sering menggunakan tepung terigu protein sedang, karena memang lebih sering membuat kue-kue biasa atau gorengan. Untuk merk tepung terigu protein sedang yang paling sering saya pakai merk segitiga biru tapi tak jarang saya juga memakai merk lainnya, biasa saya memilih tepung terigu di ceklist.id ada banyak pilihan tepung disana.


Tips Memilih Tepung Terigu yang Bagus

Setelah mengetahui jenis tepung terigu yang cocok dengan hidangan yang akan dibuat, kamu juga harus tau tips memilih tepung terigu yang bagus. Tepung terigu yang bagus dan berkualitas bukan dari harga yang mahal saja loh ya, yuks simak ini tips memilih tepung terigu yang bagus :


1. Tepung tidak berbau apek

Sebelum kamu memakai tepung terigu sebaiknya dicium dulu aromanya, jika aromanya berbau apek sebaiknya jangan digunakan. Karena terigu yang berbau apek akan membuat kue jadi gagal dan berbau tak sedap. Biasanya terigu bisa berbau apek karena terigu disimpan terlalu lama atau penyimpanan yang tidak benar seperti di tempat yang lembap.


2. Tidak ada kutunya

Perhatikan tepung terigu sebelum digunakan, jika terdapat kutu dalam tepung sebaiknya hentikan pemakaian tepung. Sebenarnya tepung yang ada kutunya masih bisa digunakan asal tidak ada bau apek dengan cara diayak terlebih dahulu hingga kutunya terbuang semua. Tapi kalau saya memilih untuk tidak menggunakannya.


3. Tidak berubah warna dan texturnya

Tepung terigu yang bagus biasanya berwarna putih kecoklatan, jika tepung sudah berubah warna sebaiknya jangan digunakan lagi. Lalu sebelum digunakan juga rasakan terlebih dahulu textur dari tepung terigu, jika halus dan lembut maka aman namun jika kasar dan bergerindil jangan gunakan tepung terigunya.


Baca juga :

Membuat Kulit Risoles Mudah dengan Crepe Maker Vicenza

Resep Pizza Tanpa Topping Mozarella

Resep Dorayaki dan Selai Coklat Homemade


Gimana moms mudah kan memilih tepung terigu yang bagus? Semoga bermanfaat yaa. Kalau moms biasa menggunakan merk tepung terigu protein sedang apa? Share ya di kolom komentar, eh iya jangan lupa pilih tepung terigu berkualitas di ceklist.id saja.



CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V