12/4/22

Wajib Tahu, Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Halo Desember, Masha Allah gak berasa yaa kita sudah berada di penghujung tahun 2022 sebentar lagi akan masuk 2023 dan siap masuk usia baru lagi deh. Duh ngomongin usia baru, ada yang merasa seperti saya gak sih semakin bertambah usia rasanya tuh semakin jompo aja? Sekarang tuh segala kerasa tulang sering rasanya linu-linu, jadi butuh banget kalsium dan suplemen vitamin D setiap harinya.

Suplemen Vitamin D


Semakin Bertambah Usia Rawan Kesehatan Tulang Menurun

Seiring bertambahnya usia maka tulang manusia pun akan mengalami perubahan, tahukah kamu saat bayi kita memiliki 300 tulang lalu semakin bertambah usia hingga dewasa tulang kita mengalami pengurangan menjadi 206 tulang. Wah, itu gak kita sadari ya. Hal ini terjadi karena saat kita tumbuh maka  tulang jadi menyatu.

 

Kondisi tulang bisa menjadi memburuk seiring berjalannya usia, apalagi jika kita kurang olahraga, kalsium, vitamin A, vitamin K dan vitamin D dari makanan yang biasa kita konsumsi. Apalagi saat kita memasukin usia lanjut lansia biasanya usia saat menopause atau sekitar usia 45 sampai 50 tahun, rawan mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis.

 

Baca juga :

Moms, Ini Loh Manfaat Makan Sayur dan Buah untuk Anak

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Yuk Sikat Gigi Sekarang

Tips Memilih Jasa Konsultasi Kesehatan yang Terpercaya


Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Oleh sebab itu mumpung kita masih muda nih wajib banget harus tau cara menjaga kesehatan tulang, agar saat usia lanjut nanti tulang kita tetap terjaga kesehatannya. Saya akan share ya beberapa cara menjaga kesehatan tulang, yaitu :

 

1. Berjemur saat pagi hari

Tidak hanya bayi saja yang baik di jemur di bawah sinar matahari, kita pun orang dewasa membutuhkan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi ini merupakan sumber vitamin D yang baik untuk tubuh dapat membantu penyerapan kalsium. Jika tulang kekurangan kalsium maka kita bisa terjadi pengeroposan tulang dan mengurangi kepadatan tulang. Secara rutin setiap 2 – 3 kali seminggu kita berjemur di bawah sinar matahari, agar lebih mendapatkan manfaatnya sebaiknya dilakukan pada jam 9 pagi sampai jam 2 siang sekitar 20 – 25 menit saja. Kalau saya lebih suka di jam 9 pagi karena panasnya pas menurut saya.

 

2. Rajin olahraga

Kita pasti tau yaa aktivitas olahraga ini baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, jika kita jarang bergerak atau olahraga maka otot dan tulang kita bisa melemah dan bisa mengalami berbagai masalah tulang. Sebaiknya dalam seminggu kita berolahraga salama 150 menit, bisa kita bagi misalkan 30 menit dalam 5 hari. Kalau saya biasa dilakukan saat pagi hari sekalian berjemur di bawah matahari, lakukan saja olahraga yang ringan seperti jogging atau jalan santai.

 

3. Cukupi kebutuhan kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti kacang kedelai, tahu, kacang-kacangan, produk olahan susu, sayuran hijau, ikan salmon, ikan sarden. Makanan-makanan ini bisa kita masukan dalam menu makan kita setiap harinya.

 

4. Konsumsi suplemen

Selain berjemur untuk mendapatkan vitamin D kita bisa konsumsi Suplemen Vitamin D untuk memenuhi kebutuhan vitamin D setiap harinya, karena kan kadang pagi hari tidak ada matahari karena tertutup awan mendung. Suplemen vitamin D ini juga bermanfaat agar kita terhindar dari defisiensi vitamin D, menurut penelitian di Asia Tenggara sekitar 6 – 70 % mengalami defisiensi vitamin D jangan sampai ya kita termasuk di dalamnya. Vitamin D ini baik dalam menjaga kesehatan tulang.

 

5. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal ini baik untuk kesehatan tubuh dan juga menjaga kesehatan tulang. Jika mengalami obesitas maka akan rawan terkena cedera tulang. Untuk itu kita harus selalu menerapkan pola hidup sehat agar berat badan pun bisa tetap terjaga.

 

Suplemen Vitamin D yang Baik untuk Tubuh

Ada banyak suplemen vitamin D yang baik untuk tubuh di pasaran yang bisa kamu dapatkan, salah satunya kamu bisa coba CDR. Saya sendiri sudah lama mengkonsumsi CDR apalagi saat saya hamil dan menyusui sangat butuh sekali CDR. Selain mengandung vitamin D CDR juga mengandung Kalsium, Vitamin C, Vitamin B6 semua kandungan ini baik untuk menjaga kesehatan tulang.


CDR


Manfaat rutin konsumsi CDR ini adalah baik untuk masa pertumbuhan, masa penyembuhan, membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi agar sehat dan kuat, serta mencegah gangguan penyerapan makanan.

 

Yuk ah mulai hidup sehat demi kesehatan tulang di masa kini dan depan.

 

 

 

CatatanRia.com

 

 

 

 

 

8 comments:

  1. Intinya sih jangan mager yah, Mbak, haha.. Dan harus didukung juga sama suplemen Vitamin D dari CDR dong biar makin sehat tulang dan gigi kita

    ReplyDelete
  2. Duuh, perlu banget suplemen tulang kayak CDR ini biar bisa lebih kuat gendong anak, 🤭🤭
    Udah mulai jompo nih tulang2nyaa

    ReplyDelete
  3. Menjaga kesehatan tulang memang penting apalagi kalau usia semakin bertambah mendekati kepala 3 ya, CDR ini emang andalan

    ReplyDelete
  4. saya belakangan ini jarang banget olahraga dan sering buat tulangnya kayaknya kurang sehat, wajib banget setelah ini konsumsi makanan bergizi dan banyak dengan kalsium lagi

    ReplyDelete
  5. Tertabok baca ini, karena baru kemarin ultah ke-30 wkwkwk langsung auto disuruh "tulang noh dijaga baik-baik, makin tua" hihihi. Siap kak, makasih nih remindernya untuk konsumsi CDR ^^

    ReplyDelete
  6. Nah benar kak butuh suplemen buat tambahan asupan, apalagi kalau udah umur bertambah ya. Kalau berjemur udah juga mulai aku rutinkan kak, walau kadang absen dulu saat banyak kerjaan

    ReplyDelete
  7. Ini bener banget, kalo ngga dijagain dengan terus kasih asupan macam vitamin begini kelak tua bakal nyesell tuh baru kerasaa tulangnya gimana huhu

    ReplyDelete
  8. pengurangannya cukup signifikan ya, mbak. hampir 100 tulang. CDR ini memang penting banget buat tambahan vitamin buat kesehatan tulang, ya.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V