Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

9/9/16

Resep Dorayaki dan Selai Coklat Homemade

Sebentar lagi sudah pertengahan bulan september dan saya baru menulis satu eh dua postingan sama yang ini. Kali ini bukan karena si M atau Malas tapi karena memang kondisi yang lagi tidak memungkinkan. Beberapa hari ini harus menahan pusing dan mual seharian, belum lagi harus nungguin warung pagi, kerjaan rumah yang menumpuk, Abang Iyas yang masih suka rewel. Hiks begini lah nasib menjadi wanita, nikmatnya tiada terkira. Hari ini mumpung lagi enakan langsung aja deh cuss update postingan, biar enggak semakin membengkak si alexa.

Hari rabu sore perut keroncongan, mau makan nasi masih mual, mau jajan koq ya sayang uangnya *emak irit*. Akhirnya niat pengen bikin roti, sudah lama tidak bikin si menul menul roti. Pas lagi bongkar lemari cari bahan-bahan, ternyata si ragi enggak ada. Yah malas ke pasar cuma untuk beli ragi aja, kelamaan enggak bikin cemilan sampai lupa bahan apa saja yang habis dan yang masih ada.

Cek instagram kira-kira bikin apa ya yang enggak jauh-jauh dari roti dan bahannya sesuai dengan ada yang dirumah. Jatuh lah pilihan ke dorayaki, tadinya sih mau pancake tapi sudah sering kalau bikin pancake. Ini pertama kalinya bikin si dorayaki, cara bikinnya enggak beda jauh sama pancake. Bedanya di adonan, kalau adonan dorayaki cenderung lebih kental sedikit dibanding pancake.


Resep Dorayaki 
By : momylicious.com

Bahan 
2 butir telur
80gr gula pasir (saya 60 gr)
1sdm madu (saya skip kehabisan)
1/2 sdt soda kue
50ml air
130gr terigu protein rendah (saya protein sedang)

Cara membuat 
1. Kocok telur, gula, madu dengan whisk sampai agak mengembang / pucat
2. Masukkan tepung dan soda kue. Aduk dengan whisk, secukupnya. Agak kasar memang. Nanti akan menghalus setelah air masuk.
3. Masukkan air. aduk lagi dengan whisk. diamkan 15 menit. aduk lagi.
4. Tuang dengan sendok sayur ke teflon datar, api kecil. setelah muncul gelembung gelembung dan pinggiran tidak basah, balik adonan. panggang sebentar. Angkat.

Untuk isian si dorayaki, saya oles selai coklat. Selai coklatnya pun homemade, niat banget ya sampai bikin selai homemade. Alasan yang simple saja saat itu saya malas ke supermarket untuk membeli selai coklat jadi browsing saja ke cookpad nyari selai coklat homemade dan kebetulan ada resep yang sesuai dengan bahan yang ada dirumah, dan enggak ribet juga bikinnya.


Resep selai coklat 

Bahan 
3 sdm tepung terigu (saya protein sedang)
5 sdm coklat bubuk (saya merk java yg red)
6 sdm gula pasir (saya 5 sdm)
50 gr dcc (saya merk colatta)
1 sachet SKM coklat 100 ml air
1 sdm mentega (saya blue band cake&cookie)

Cara membuat 
1. Campur bahan kering (terigu, gula, coklat bubuk), aduk sampai rata.
2. Masukan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan SKM sambil terus diaduk. Masukkan dcc yg sudah dicincang kecil/diparut dan garam. Aduk rata.
3. Masak diatas api kecil. Terus diaduk supaya tidak gosong. Ketika mulai kental. Matikan api.
4. Masukkan mentega. Aduk rata. Simpan dalam toples/wadah. Simpan dikulkas biar lebih awet lama.

Alhamdulillah dorayakinya laris manis, bikinnya cukup lama habisnya cuma sekejap saja. Kalau pak suami requestnya yang setengah matang dorayakinya, katanya lebih enak yang setengah matang. Sisa selai coklatnya lumayan bisa buat olesan roti tawar. 

Selamat Mencoba :)



CatatanRia.com

8 comments:

  1. sekali nyoobain dorayaki tp pas ga enak :( trus jadi sedih. tp yakin aslinya pasti enak. buktinya doraemon aja ampe tergila-gilaa :D. Makasih info resepnyaa

    ReplyDelete
  2. Coba aaaaah.... Keliatannya enakan yang setengah matang ya...

    ReplyDelete
  3. Duh sehat banget nih resepnyaaa, selali coklatnya handmade. Bebas bahan pengawet ya maaak. Ntar coba buat aaah. Makasi resepnya maaaaak

    ReplyDelete
  4. mbak, selai cokelat di kulkas gak beku gitu kah? soalnya aku gapernah simpen selai dalem kulkas krn beku gitu pengen dioles ke roti keras :(

    ReplyDelete
  5. Kesukaan anakku banget ini kalo berhubungan dg coklat.. itu bagus banget mbak bentuk dorayakinya, padahal gak pakai cetakan ya?

    Aku mah mending beli selai coklat mbak, gak ada semua bahannya itu di rumah.. tetep aja kudu ke supermarÄ·et *ketauan jarang masak* :D

    ReplyDelete
  6. akhh... mau bikin ini dah lama
    sampe skrang lom punya teflon hikss hihiii
    aku save dulu mbak resepnya

    ReplyDelete
  7. Aiihh Mbak, saya lapaaarr. Pengen buat tp gak ada tepung terigu nih di rumah, DCC jg gak ada, ihiikkss

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V