4/19/22

3 Hal yang Perempuan Perlu Prioritaskan untuk Menjadi Manajer Keuangan yang Mahir

Halo sudah tahukah jika tanggal 8 Maret 2022 yang lalu perempuan kembali dirayakan sebagai Hari Perempuan Nasional yang mengusung tema Break the Bias atau singkirkan bias. Seperti yang kita ketahui didalam kehidupan masyarakat ada beberapa anggapan negatif terhadap sosok perempuan, khususnya dalam pengambilan keputusan, namu secara paradoks perempuan sering kali menjadi Manajer Keuangan dalam keluarga. Dan biasanya perempuan yang sudah menikah sering dianggap lebih ahli dalam mengatur keuangan alur kas keluarganya.




Prioritas Untuk Menjadi Manajer Keuangan yang Mahir

Saya pun sebelum bisa mengatur keuangan kas keluarga, sebelumnya dari sebelum menikah sudah sering mengelola keuangan pribadi. Bahkan dari sejak masih bersekolah saya sudah suka mengatur keuangan menyisihkan uang jajan dan uang hasil berjualan di sekolah lalu saya kelola agar bisa menjadi lebih bermanfaat uangnya. Sejak masih sekolah saya memang belajar mandiri suka mencari uang sendiri dengan jualan kecil-kecilan.


Kunci dalam mengelola keuangan adalah menentukan prioritas yang sejalan dengan pola hidup dan cita-cita. Dan inilah beberapa hal yang bisa kita prioritaskan agar keuangan dapat dikelola dengan baik, yaitu :


1. Kesehatan

Di kondisi pandemi seperti saat ini semakin mengingatkan kita akan pentingnya menyediakan dana darurat. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk memastikan kita terjamin saat sedang sakit tak terduga. Kita tidak pernah bisa menerka kapan kita akan mengalami sakit kepala biasa atau termasuk dalam penyakit akut yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Setiap rumah sakit biasanya memiliki tarif yang berbeda-beda untuk perawatan di unit gawat daruratnya. Tarif itu mencakup biaya kamar, dokter yang dibedakan antara dokter jaga UGD dan dokter spesialis, lalu biaya obat-obatan yang akan diberikan sesuai dengan persetujuan pasien, dan lainnya. Oh iya untuk biaya APD yang dikenakan dokter dan perawat akan dibebankan kepada pasien, dan tarifnya pun berbeda-beda setiap rumah sakit.

Lalu kira-kira berapa ya dana darurat yang kita perlukan? Dan bagaiman cara menyisiasatinnya?

Pertama yang bisa kamu lakukan, kita harus mempelajari uang pemasukan yang kita dapatkan setiap bulannya, lalu tinggal tentukan kira-kira berapa besarnya kisaran yang sanggup kita sisihkan setiap bulannya. Kemudian dana darurat tersebut kita bagi dua, masing-masing kita tabung di layanan perbankan dan layanan asuransi. Di FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan yang bisa diakses melalui jalur keagenan, bancassurance, corporate care, ataupun jalur eCommerce. Salah satu produk asuransi kesehatan dari FWD Insurance yang dapat diakses melalui eCommerce adalah Asuransi Bebas Handal. Produk ini memberi manfaat rawat inap lengkap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp. 75.000 dan pilihan manfaat tahunan Rp 50 juta atau Rp 100 juta.

Selain itu di FWD Insurance ada produk asuransi kesehatan bernama FWD Hospital Care Protection yang dipasarkan melalui jalur keagenan. Produk ini memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Nasabah pun dapat memilih beragam layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka.

Ada juga manfaat tambahan dari produk ini yaitu limit booster, no claim bonus dan santunan makam. Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX.

Dengan memiliki asuransi terutama asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sedari dini, maka kamu tidak perlu khawatir akan kerugian dan ketidak pastian yang terjadi di masa depan.


2. Pendidikan

Saat ini perempuan memiliki kebebasan lebih untuk memilih fokus pada karir dan pendidikan, atau berkeluarga menjadi ibu rumah tangga atau bahkan keduanya sekaligus. Untuk mendukung karir yang langgeng, beberapa profesi tertentu mengharuskan pekerjanya memiliki kompetensi pendidikan yang memadai, mulai dari gelar sarjana, master, doktor atau bahkan sertifikasi keahlian tertentu. Sementara itu untuk ibu rumah tangga tantangannya adalah memikirkan pendidikan untuk anak-anaknya.

Situasi ini bisa dengan menyisihkan pemasukan bulanan dalam jumlah tertentu yang disanggupi dan membuat proyeksi hingga beberapa tahun ke depan. Jika kamu ingin menabung di layanan perbankan konvensional, cobalah pelajari investasi keuangan yang dapat memberikan lebih. Contoh sederhana saja, jika usia saat ini 30 tahun dan kamu menabung Rp 500.000 setiap bulannya, maka pada saat usia kamu 50 tahun nilai investasi yang bisa kamu cairkan adalah Rp 265 jutaan yang bisa dipakai untuk biaya pendidikan anak. FWD Loop dari FWD Insurance memberikan perlindungan yang optimal berbasis investasi dengan menyediakan biaya tanggungan berupa manfaat penyakit kritis, rawat inap, dan resiko tutup usia yang akan dicairkan untuk ahli waris. 

Selain FWD Loop, kamu bisa memberikan perlindungan untuk orang-orang yang kamu sayangi dengan rangkaian produk dari FWD Insurance, yang bisa dengan mudah kamu akses melalui jalur distribusi online dengan premi yang terjangkau seperti Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana dan Bebas Aksi. Rangkaian produk ini menawarkan promo khusus dengan diskon hingga 25% dari periode 25 Maret - 31 Maret 2022 untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama. 

Jadi kamu tidak perlu khawatir, kamu dapat fokus menjalani hidup dan passion karena kamu sudah terlindungi dari resiko kesehatan terutama resiko finansial.


3. Kemewahan

Bagi seorang perempuan bisa melakukan perawatan diri adalah sebuah kemewahan, baik perempuan yang sudah berumah tangga ataupun perempuan yang berkarir, setuju kan? Sekedar santai-santai dirumah tanpa mengerjakan tugas beberes, bisa ke salon, ataupun bisa staycation bersama keluarga merupakan kemewahan yang sungguh tak ternilai.

Tentunya untuk mewujudkan semua kemewahan itu membutuhkan anggaran khusus, jadi kita harus bisa menyisihkan dari pemasukan setiap bulannya agar kemewahan tersebut bisa terwujud. Pertama yang bisa kamu lakukan adalah pilih kebutuhan yang memang sangat kamu butuhkan dan frekuensinya dalam setiap bulan atau setiap tahunnya. Jika memungkinkan, pisahkan dana bersenang-senang ini dari tabunganmu yang lain, agar tidak mengganggu alur kas.


Semoga kamu sekarang kamu jadi lebih bisa menentukan prioritas mana yang paling utama dan maksimalkan potensi kemahiran dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan pribadi maupun keluarga. Mulai aplikasikan dalam kehidupanmu sehari-hari agar kamu bisa lebih membebaskan langkahmu sebagai si Manajer Keuangan.




CatatanRia,com

1 comment:

  1. Seorang perempuan memang harus pandai manajemen uang mengingat nantinya yang mengatur keungan dalam keluarga adalah dia. Bener banget, sebagai perempuan juga harus memperhatikan kesehatan dan dua hal lainnya itu penting banget.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V