2/24/22

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Cuaca di Bandung saat ini lagi dingin sekali matahari disini masih enggan menampakkan diri, bagaimana dengan tempat kalian apakah sama lagi musim hujan? Ditambah lagi angka penderita Covid 19 sedang tinggi-tingginya setelah kehadiran virus terbaru Omicron. 


asuransi kesehatan


Lelah juga ya rasanya dengan situasi pandemi ini, tidak bisa beraktifitas bebas diluar bebas seperti sebelum pandemi. Sudah hampir 2 tahun eh atau sudah 2 tahun ya pendemi ini? Semua kegiatan lebih banyak dilakukan dirumah, mulai dari kerja dirumah, sekolah dirumah. Kalau keluar rumah pun kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan, mulai mengurangi kegiatan sosialisasi yang dirasa tidak perlu. Semua hal itu lebih banyak dilakukan secara online. Tapi ya mau gimana lagi toh semua ini juga demi kebaikan bersama, kita harus bisa saling menjaga.


Namun ada juga hal positif yang bisa kita ambil dari pandemi ini, dimana kita menjadi lebih sadar dan aware akan kesehatan tubuh kita dan keluarga. Yang tadinya mageran sekarang jadi lebih sering olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, mulai mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, lalu kita juga rajin konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Dan kita pun jadi menyadari bahwa kesehatan itu mahal, jadi musti harus selalu dijaga.


Tips Menjaga Kesehatan Mental

Selama pandemi ini tidak hanya kesehatan tubuh yang kita jaga, namun kesehatan mental pun tak kalah penting harus dijaga. Apalagi seorang ibu dituntut menjadi ibu yang bahagia demi tumbuh kembang anak-anaknya. 



Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan mental yang dapat kamu lakukan :

1. Eksplorasi Diri

Selama pandemi ini sebaiknya kita mulai membatasi diri dari kegiatan sosial di luar, mulai membiasakan diri untuk menghabiskan waktu dirumah saja. Awalnya memang terasa jenuh sekali, apalagi bagi kamu yang terbiasa berkegiatan di luar bertemu orang banyak pasti perubahan ini membuat rasa tidak nyaman. Tapi ada sisi positifnya loh selama dirumah saja, kamu jadi memiliki kesempatan untuk lebih mengeksplor diri. Coba deh mulai dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai misalnya memasak dan mencoba berbagai resep yang sedang viral, bercocok tanam, menulis atau banyak hal lainnya yang bisa dilakukan. Dengan kamu fokus pada diri sendiri, maka kadar stress dalam diri kamu bisa berkurang dan kesehatan mental kamu pun bisa terjaga.


2. Mendengarkan Lagu

Tahukah kamu kalau mendengarkan lagu saat beraktifitas dapat membangkitkan mood kamu loh. Menurut seorang ahli psikolgi, Emmeline Edwards mengungkapkan bahwa sistem pendengaran kita terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat motivasi, dan pengendalian. Dan ada beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mengurangi stress seseorang, kecemasan dan depresi ringan.


3. Bermedsos dengan positif

Saat pandemi semakin banyak orang yang semakin aktif di sosial media untuk menghilangkan rasa bosan dirumah. Namun terkadang media sosial juga bisa membuat seseorang bertambah stress karena masifnya pemberitaan tentang Covid-19, terlepas berita tersebut fakta atau hanya hoaks saja. Bahkan WHO pun menyarankan agar kita terlalu banyak mengakses berita tentang pandemi, karena dapat menyebabkan kita semakin cemas dan stress dengan keadaan.

Sebaiknya kamu menggunakan media sosial hanya untuk sarana hiburan saja. Seperti misalnya kamu bisa menonton video-video lucu, film kesukaan, lihat resep masakan dan lainnya. Menonton konten yang menghibur tentu bisa menaikan mood kamu dalam menjalani hari.

Oh iya apakah kamu sudah memiliki asuransi kesehatan atau asuransi jiwa atau asuransi lainnya? Jaman sekarang penting sekali memiliki asuransi karena dapat menghindari resiko diri dan kesehatan finansial masa depan. BTW, untuk kamu yang sudah membeli asuransi FWD Insurance periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021 tahun lalu ada kabar menggembirakan nih, Tahun baru punya mobil baru pasti menyenangkan. Untuk mengetahuinya siapa yang berhasil memenangkan Toyota Raize, kamu bisa lihat pengundian Grand Prize #ProteksiON Lucky Draw di vidio.com pada tanggal 28 Januari 2022 pukul 15.00. Saksikan juga keseruan lainnya akan ada talkshow dari Dee Lestari dan Reza Chandika. Untuk info program cek di fwd.co.id/proteksion.


4. Jaga relasi dengan keluarga dan teman

Selama pandemi ini kita jadi semakin terbatas dalam bersosialisasi, tidak bisa bertatap muka langsung dengan keluarga jauh dan juga teman-teman. Tapi ada untungnya saat ini kita hidup dijaman yang modern, semua sudah serba canggih. Untuk berkomunikasi kita bisa secara virtual seperti misalnya bisa dengan melakuka video call, video call/conference, dan sebagainya. Berkomunikasi secara virtual, kita jadi bisa tetap dirumah saja namun tetap bisa bersosialisasi dengan keluarga dan teman-teman.


5. Menjaga kesehatan finansial dengan asuransi rawat jalan

Aspek finansial ini merupakan permasalahan yang selalu menjadi sumber keresahan banyak orang sejak tahun lalu, tepatnya sejak pandemi Covid-19 melanda negeri ini. Akibat dari pandemi ini tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan, terkena kebijakan pengurangan gaji, dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Hal ini lah yang dapat mengganggu kesehatan mental, karena orang-orang menjadi stress memikirkan biaya hidup sehar-hari.

Untuk kamu yang sedang sakit dan sedang melakukan rawat jalan, manfaat rawat jalan seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah saat rawat jalan kamu ke dokter umum terlebih dahulu baru ke dokter spesialis dalam kondisi khusus? Jika kamu ingin mengutamakan kenyamanan dan kecepatan tindakan maka sebaiknya kamu langsung menemui dokter spesialis yang sesuai kebutuhanmu.

FWD Insurance sebagai salah satu perusahaan asuransi berbasis digital terkemuka di Indonesia, telah menghadirkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care Protection memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan. Para nasabah nantinya dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayag geografis dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Selain manfaat rawat inap dan rawat jalan, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan juga manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan nasabah. Masih ada manfaat lainnya yaitu manfaat limit booster, no claim bonus, dan santunan pemakaman. FWD Insurance juga memberi kemudahan kepada nasabahnya, produk ini didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim dapat dilakukan melalui aplikasi FWD MAX.


Pandemi ini memberikan pelajaran berharga sekali untuk kita ya, untuk lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan lebih baik lagi. Mulai lah membuat anggaran perencanaan keuangan sederhana mencatat semua income yang masuk dan juga pengeluaran. Jangan lupa juga untuk menyisihkan dana darurat, asuransi dan investasi.


Semoga pandemi bisa segera berakhir ya dan semua bisa kembali normal, stay safe ya semuanya.



CatatanRia.com

2 comments:

  1. Nah, bener banget saat pandemi banyak banget tekanan seperti banyak orang terdekat yang sakit dan belum kekhawatiran terkena virus ini. Apalagi selama ini kita menjalani isoman dan banyak lagi tekanan, memang penting untuk tetap menjaga kesehatan mental.

    ReplyDelete
  2. Kesehatan mental menjadi salah satu yang harus diperhatikan di masa pandemi seperti ini sebab semua orang terdampak dan sebagian merasa antara siap tak siap dengan pandemi, nah setuju, salah satunya dengan asuransi.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V