2/25/22

Tips Mengatur Keuangan Saat Imlek

Imlek adalah salah satu perayaan yang sangat dinantikan oleh warga keturunan Tionghoa  Saya teringat waktu kecil walau tidak merayakan Imlek tapi saya suka ikut mama kerumah temannya yang sedang merayakan Imlek. Jadi mama saya sering diundang untuk datang ke perayaan Imlek dirumah temannya. Yang paling saya suka tentu menerima angpao hihi gak lihat jumlahnya tapi senang aja.





Iya biasanya setiap perayaan Imlek identik dengan si amplop merah kecil atau angpao, selain memberikan angpao ada berbagai acara bahagia lainnya dalam perayaan Imlek. Namun saat perayaan Imlek maka mau tidak mau harus bisa mengatur keuangan walau gampang-gampang susah, terutama kalau sedang memiliki banyak tanggungan.


Perayaan Imlek sama saja dengan perayaan hari besar lainnya dirayakan bersama dengan keluarga besar dengan khidmay, walau dirayakan secara sederhana tetap saja pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu sebaiknya sebelum hari H kamu sudah mempersiapkan anggaran yang akan dikeluarkan pas Imlek, seperti berapa banyak angpao yang akan dibagikan nanti, baju baru untuk perayaan Imlek, membeli makanan untuk hidangan saat berkumpul bersama keluarga atau jika ada rencana jalan-jalan perlu juga direncanakan keuangannya.

Tips Mengatur Keuangan Saat Imlek

Pusing ya kalau sudah mulai mengatur keuangan takutnya tidak akan sesuai rencana dan pengeluaran malah jadi lebih besar, eh tenang saja kebetulan nih FWD Insurance memiliki tips keuangan agar dompet kamu tetap aman terkendali, ini lah beberapa tips mengatur keuangan saat Imlek :





1. Memberi angpao sesuai budget
Dalam perayaan Imlek sudah menjadi tradisi turun menurun ya memberikan angpao, konon angpao diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada saudara dan kerabat yang belum menikah. Untuk menekan pengeluaran saat membagikan angpao, sebaiknya berikan angpao untuk orang-orang tertentu saja seperti kepada keluarga inti saja.

Lalu untuk jumlah angpao kamu bisa batasi sesuai dengan kemampuan, tidak perlu malu atau gengsi karena isi angpao yang sedikit. Karena bagi yang menerima angpao bukan dilihat dari jumlahnya tapi doa dan kasih sayangnya lah yang terpenting. Dengan begitu sisa uang bisa kamu pakai untuk keperluan lainnya. Inget waktu kecil juga saya seneng banget dapet angpao, gak lihat jumlahnya malah sama disimpen aja kenang-kenangan gak dilihat sama sekali isinya baru dilihat pas udah jauh hari hehe.


2. Makan bersama dirumah
Salah satu kegiatan yang penting dalam perayaan Imlek adalah saat makan bersama keluarga dan kerabat. Biasanya keluarga membuat acara makan malam bersama dengan tujuan untuk mempersatukan dan mempererat hubungan keluarga. Kalau hari biasa kan semua terpencar, sibuk dengan kegiatan dan keluarga masing-masing.

Yang saya ingat dahulu makanan saat Imlek ada banyak sekali, namun biasanya menu makanan yang hampir selalu ada saat Imlek adalah mie panjang umur, ikan bandeng utuh, dan sayuran khas Imlek. Konon katanya makanan-makanan tersebut merupakan simbol pengharapan agar keberuntungan tidak pernah habis. Oh iya, dulu juga dirumah teman mama itu ada banyak sekali jeruk, mungkin bisa berdus-dus jeruknya. Kalau jeruk ini mungkin ada yang tahukah simbol dari apa?

Dengan makan makanan dirumah tentu bisa menekan budget kamu daripada harus makan di tempat makan luar yang bisa menghabiskan uang berkali lipat. Dan makan bersama dirumah tentu akan berasa lebih intim dan hangat bersama keluarga.


3. Berburu diskon saat imlek
Seperti hari raya lainnya pasti saat hari raybarua Imlek ingin memakai pakaian yang baru, biasaya kalau Imlek identik dengan warna merah maka pakaian pun banyak yang memilih pakai baju merah. Warna merah sendiri dalam perayaan Imlek merupakan simbol pengharapan di tahun yang baru, dimana harapan kesedihan agar berganti kebahagiaan.

Agar lebih hemat sebaiknya kamu membeli baju baru yang sedang diskon, biasanya menjelang Imlek suka ada beberapa toko di marketplace yang sedang diskon dan bisa kamu manfaatkan sehingga budget bisa dipakai untuk keperluan lainnya. 

Saat Imlek tidak hanya baju saja yang menawarkan promo, FWD Insurance perusahaan asuransi yang berbasis digital ini juga menawarkan promo pada saat Imlek. Promonya berupa diskon 30% dari periode 25-31 Januari 2022 untuk pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana dan Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id.

Memiliki asuransi bukan sekedar gaya hidup dan penjamin hari kita di masa depan, tapi memiliki asuransi terutama asuransi kesehatan dan asuransi jiwa maka hidup akan terasa lebih bahagia dan tentram. Jadi ingat ya saat akan belanja keperluan Imlek jangan sampai kalap membeli yang tidak diperlukan. 


4. Perhatikan gaya hidup
Berdasarkan artikel dari national geographic, sebagian besar gaya hidup orang Tionghoa hidup sederhana. Mulai dari suka memasak makanan dirumah tidak beli diluar jadi lebih hemat. Uangnya lebih baik ditabung  atau diputar untuk modal bisnisnya. Nah, ini gak heran ya banyak pedagang orang Tionghoa yang sukses berjualan. Tapi memang saya perhatikan teman-teman mama yang memang mayoritas orang Tiongha seperti itu, bukan pelit tapi memang mereka lebih senang hidup sederhana.


Yang terpenting dalam membuat anggaran perayaan Imlek atur sesuai kemampuan kamu saja, jangan sampai perayaan yang seharusnya membawa kebahagiaan malah menjadi masalah buat kamu karena harus menarik simpanan tabungan. Jadi lebih baik kita bijak ya dalam mengatur keuangan.





CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V